cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23555467     EISSN : 23555475     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 11 Documents clear
PEMIKIRAN PENDIDIKAN AS SA’DI (W 1956 M) TENTANG KEIKHLASAN PENDIDIK Muhammad Arifin
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.6508

Abstract

Abstrak : Latar belakang tulisan ini ingin membangun ulang kerangka berpikir tentang makna ikhlas. Tulisan ini dibangun atas dasar kajian kualitatif yang bersifat perpustakaan dengan titik focus pada konten analisis. Perpustakaan yang dijadikan rujukan primer adalah buku tafsir Sa’di yang berjudul Taysir al-Karim ar-Rahman fi Tafsir Kalam al-Mannan dan dikhususkan dalam membahas satu surat al-Ikhlash dan satu ayat dari surat Yasin ayat 21. Kesimpulan, bahwa keikhlasan pendidik menurut Sa’di memiliki 4 pilar pembangunan: (1) dari “untuk Allah,” (2) diisi dengan pemahaman Islam dan (3) ikut Nabi, (4) tujuannya “rida Allah”. Prinsip ikhlas yang dia bangun dan amalkan adalah (1) hanya mukmin yang ikhlas karena mereka beriman kepada Allah yang maha ikhlas, seperti yang tertuang di dalam surat al-Ikhlas, dan (2) dunia dan harta bukan tujuan, tapi sarana. Temuan dari tulisan ini bahwa term ikhlas bagi Sa’di itu hanya berlaku bagi muslim, bukan yang lain. Kata kunci : ikhlas, pemikiran, pendidikan, Sa’di 
Pengaruh Kecerdasan (Intelligence) Sebagai Komponen Sistem Informasi Dalam Perilaku Inovatif dan Motivasi Mengajar TerhadapKinerja Guru (Studi Kasus Di SDIT Miftahul Ulum Cinere) Atikah mardi
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.5431

Abstract

Kinerja guru menjadi dasar keberhasilan sekolah dalam mencerdaskan dan membentuk karakter siswa sesuai dengan UUD dan Pancasila. Dalam penelitian ini terdapat fenomena yang terjadi, yaitu terdapat kecenderungan melemahnya kinerja guru. Terdapat beberapa guru yang belum mempunyai kemampuan yang  baik saat menggunakan sistem informasi. Selain itu, setiap tahun, lebih dari 6 orang guru mengundurkan diri. Hal ini tentu akan menjadi masalah jika tidak secepatnya diatasi.Penelitian ini difokuskan pada pengaruh kecerdasan (intelligence) sebagai suatu komponen sistem informasi dalam perilaku inovatif serta motivasi guru dalam mengajar dalam kaitannya dengan peningkatan kinerja guru di Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan sebagai komponen sistem informasi terhadap kinerja guru, menganalisis pengaruh perilaku inovatif terhadap peningkatan kinerja guru, menganalisis pengaruh motivasi guru dalam mengajar terhadap kinerja guru, dan menganalisis secara simultan pengaruh kecerdasan, sikap inovatif dan motivasi guru dalam mengajar terhadap kinerja guru dan faktor manakah yang lebih berpengaruh.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Dari hasil wawancara peneliti dengan informan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan sebagai komponen sistem informasi terhadap kinerja guru. Semakin baik kecerdasan guru maka semakin baik kinerjanya. Perilaku inovatif berpengaruh terhadap kinerja guru.Sistem informasi juga berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif guru.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS X SMK Made Agustia Permata Wardani; Rufi'i Rufi'i; Harwanto Harwanto
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.3459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis ICT terhadap pencapaian hasil belajar sistem komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan model posttest only control group design. Subjek penelitian adalah siswa SMK kelas X pada kompetensi keahlian Multi Media dan Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 90 orang yang terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis ICT dan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengukur hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah T-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (10,012) > t tabel (1,66) dengan p–value 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem komputer antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis ICT dan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran berbasis ICT berpengaruh sangat nyata terhadap pencapaian hasil belajar sistem komputer siswa kelas X SMK.Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis ICT; metode konvensional; hasil belajar
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBSASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR mahlianurrahman mahlianurrahman
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.5943

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar dan efektivitas Perangkat Pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SD Mustika Denpasar. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Kelayakan perangkat dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 5. Efektivitas perangkat dianalisis dengan gain score, dan uji-t. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran yang efektif diterapkan pada pembelajaran dan berpengaruh terhadap literasi sains siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER Rina Wahyundari
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.6365

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model kooperatif tipe numbered head together di kelas VIII.D SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D SMP Negeri 10 Tambun Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 36 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data hasil tes evaluasi pembelajaran yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu data hasil tes pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,44%, yang mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 77,72 dengan ketuntasan klasikal 69,44%, mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,22 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model kooperatif tipe numbered head together di kelas VIII.D SMP Negeri 10 Tambun Selatan.Kata kunci: Hasil belajar, matematika, numbered head together
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PJJ PADA MASA PANDEMI COVID 19 PRIARTI MEGAWANTI; erna megawati; siti Nurkhafifah
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.6411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap PJJ pada masa pandemic covid 19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang mencoba untuk mengkaji persepsi peserta didik terhadap PJJ. Instrumen penelitian ini berupa angket yang disebar dengan bantuan google form pada bulan April 2020 berhasil mengumpulkan 155 respon atau jawaban peserta didik dari lokasi yang berbeda-beda (Jakarta, Depok, Wanasari). Hasil penelitian menunjukkan hampir semua responden yang terdiri dari peserta didik dari jenjang SD sampai SMA sepakat bahwa mereka tidak senang dengan ketetapan perpanjangan masa belajar dari rumah atau School from Home. 
PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM KEGIATAN MAGANG KEPENDIDIKAN BAGI MAHASISWA CALON GURU Dilla - Octavia
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.6401

Abstract

Penguasaan materi pada sebuah bidang ilmu memang diperlukan dalam proses pembelajaran, tetapi kemampuan seorang guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik juga tidak kalah pentingnya. Sebagai seorang mahasiswa calon guru, perlu mengetahui dan memiliki kompetensi pedagogik agar dalam pelaksanaan praktik mengajar dapat menerapkan kompetensi tersebut ke dalam kelas yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan dan pentingnya kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran sehingga ke depan dapat diterapkan dengan baik oleh mahasiswa calon guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan studi pustaka/ literature review, yaitu dengan cara mengumpulkan buku maupun artikel yang membahas tentang kompetensi pedagogik bagi pada ranah guru maupun mahasiswa calon guru. Kriteria buku dan artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2012-2016. Hasil dari literature review menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik masih kurang diperhatikan oleh sekolah-sekolah sehingga perlu adanya suatu upaya untuk mempersiapkan mahasiswa calon guru agar dapat menerapkan kompetensi pedagogik dengan baik. Selain itu, kompetensi pedagogik sangat penting dalam memahami karakteristik peserta didik sehingga peserta didik merasa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dengan penguasaan kompetensi pedagogik sejak dini oleh mahasiswa calon guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di masa yang akan datang.
PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK di MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN NURUL HARAMAIN NAHDHATUL WATHON CIGOMBONG BOGOR ismail akbar brahma
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.5023

Abstract

ABSTRACT Criminality and by the misbehavior minors will be attention for  parents, teacher and  the society. Function of education is to alter behavior students from negative to a positive direction, developing moral and personality of bad attitude and students can retain a of good in their character. The purpose of this research is to know the role in form the character of students in Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Haramain Cigombong Bogor. The method of this research is descriptive . Data was collected by in the interview, observation, and documentation. Data analysis was performed by data reduction, data presentation and conclusion on verifications. The results of this research are 1) Role of the teacher on the student character is very high . it can be realised through of learningin a class and out side. Teacher can give example to students by their behavior such as discipline, their mastery of the material and understand about Al-Qur’an and hadits, 2) to develop student character can implanted through extracurricularactivities by school such as Organisasi Pondok Pesantren Modern and Pramuka. Teacher can supervised all positive activites to form student character.  Keyword: Teacher, Form Character, Student  ABSTRAK Meningkatnya kriminalitas dan kenakalan yang dilakukan anak di bawah umur tentunya menjadi perhatian khusus bagi orang tua, guru dan lingkungan masyarakat sekitar. Tujuan dari pendidikan yaitu untuk mengubah perilaku peserta didik dari negatif ke arah positif, mengembangkan kepribadian dari akhlak buruk ke akhlak mulia serta peserta didik dapat mempertahankan karakter yang baik dalam dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Haramain Cigombong Bogor. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru dalam membentuk karakter peserta didik sangatlah besar, hal ini dapat diwujudkan melalui pembelajaran yang kondusif baik di dalam dan diluar kelas. Guru dapat memberikan contoh atau teladan terlebih dahulu kepada peserta didik tentang kedisiplinan, penguasaan materi ajar, pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, 2) Pembentukan karakter peserta didik di dapat ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah seperti Organisasi Pondok Pesantren Modern dan Pramuka yang dapat dibina dan diawasi oleh guru dalam membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan-kegiatan positif pada ekstrakurikuler tersebut. Kata Kunci: Guru, Pembentukan Karakter, Peserta didik
PENELITIAN TINDAKAN KELAS: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI COOPERATIVE LEARNING Samin samin
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.6526

Abstract

Abstraks:  Suatu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan memperbaiki kegiatan belajar mengajar, analisis perbaikan pembelajaran yaitu dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar melalui beberapa siklus pembelajaran,  metode  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dengan sample penelitian sebanyak 36 siswa kelas 8 Sekolah menengah pertama.Negeri 239 Jakarta. Dengan hasil penelitian adalah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra siklus ke siklus pembelajaran pertama, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus pembelajaran pertama ke siklus pembelajaran kedua. Pada siklus pembelajaran kedua dengan hasil test menunjukan sebagian besar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang di tetapkan pada nilai 70. Dengan kesimpulan bahwa model pembelajaran tipe STAD dengan tambahan tugas pekerjaan rumah dapat memaksimalkan hasil belajar matematika.Kata kunci: penelitian tindakan kelas, cooperative learning, dan hasil belajar matematika. 
SELAYANG PANDANG TENTANG STRATEGI PENERJEMAHAN Rina Husnaini Febriyanti
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v7i2.6390

Abstract

Penerjemahan merupakan hal yang menantang dan tidak mudah untuk mencapai kesepadan pada hasil terjemahan. Diperlukan strategi yang sesuai dan tepat ketika melakukan penerjemahan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui beragam strategi penerjemahan yang dapat diterapkan dari teks sumber yang akan diterjemahkan dalam teks target. Metode yang dipergunakan dalam studi ini kualitatif, data yang diambil yaitu 10 artikel mengenai strategi penerjemahan kemudian dikumpulkan dan selanjutnya dikategorikan sesuai kriteria artikel yaitu judul, tujuan, metode, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan. Temuan yang diperoleh bervariasi sesuai dengan teks sumber. Implementasi dari studi ini dapat dijadikan sebagi referensi dalam bidang studi pembelajaran penerjemahan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 3 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2022): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 1 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2020): Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 2 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 3 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 1 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 3 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 2 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 1 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 3 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 2 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 1 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 3 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 2 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 1 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan More Issue