cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain" : 6 Documents clear
Kajian Estetis dan Bahasa Indonesia pada Sistem Tanda Museum Indonesia Taman Mini “Indonesia Indah” Yulianto Hadiprawiro; Dewi Indah Susanti; Jatut Yoga Prameswari
Jurnal Desain Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2503.82 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v3i02.657

Abstract

Sistem tanda sebagai media komunikasi menjadi bagian dari proses interaksi dan penyampaian pesan. Keberadaan Museum Indonesia Taman Mini “Indonesia Indah’ mewakili secara singkat sejarah, budaya, kehidupan dan lingkungan, seni dan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh para penduduk lokal di tiap provinsi di Indonesia. Sistem tanda pada Museum Indonesia yang dibahas merupakan sistem tanda yang tidak hanya meliputi petunjuk arah saja melainkan petunjuk identitas, informasi, dan layanan. Dalam kajian estetis mengenai sistem tanda Museum Indonesia dilihat dari asas dasar logika yang terdiri dari asas kesatuan, asas tema, asas variasi menurut tema, asas evolusi, asas keseimbangan dan asas tata-jenjang. Sementara itu, fenomena penggunaan bahasa Indonesia dalam sistem tanda yang terdapat di Museum Indonesia mencakup tata cara penulisan dan peletakkannya, juga diteliti secara kaidah Bahasa Indonesia. Pada penelitian baik secara kajian estetis maupun penggunaan bahasa Indonesia ditemukan ketidakkonsistenannya pada sistem warna, tipografi, tata letak, dan peletakkan bahasa Indonesia serta penggunaan bahasa Indonesia.
Kajian Penggunaan Prinsip Desain pada Fasad Restoran Cepat Saji Kentucky Friend Chicken (KFC) di Jakarta Selatan Rita Laksmitasari Rahayu
Jurnal Desain Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v3i02.654

Abstract

Fasad atau wajah bangunan merupakan identitas dari restoran cepat saji KFC, yang mengusung industri bisnis. Penting mendesain fasad sehingga pesan marketing dapat disampaikan dengan baik, dari pemilik bisnis pada calon konsumen dan menjadi suatu karya yang menarik. Fasad pada bangunan tunggal gerai Kentucky Fried Chicken menggunakan semua unsur pada tata susun seni, mulai dari garis, bidang, tekstur, warna, dan intensitas. Prinsip penyusunan dari unsur tersebut sudah maksimal digunakan pada fasad gerai KFC, yaitu: irama, kontras, dan selaras. Fasad menggunakan warna merah dan abu abu, merah sebagai warna primer beradu dengan warna abu abu sebagai warna netralnya. Fasad bangunan ini banyak menggunakan jarak kolom yang sama. Bentuk kontras digunakan sebagai node, meskipun hampir sebagian besar menggunakan warna merah, tetapi penggunaan bentuk yang lebih tinggi. Secara keseluruhan fasad bangunan tunggal KFC memiliki unsur garis vertikal dan horisontal pada bidang merah memiliki pola dengan jarak garis. Kolom bermodul, irama kolom. Hampir diseluruh bidangnya menggunakan warna merah. Ada perkembangan strategic development, menjadikan adanya perubahan unsur yang digunakan pada fasad KFC. Pergeseran pemakaian warna dominan merah, menjadi warna coklat. Komposisi warna antara warna dominan dan warna netralnya, tetap menggunakan maksimal empat warna, yaitu: merah, abu abu, putih, dan/atau coklat.
Peningkatan Prestasi Belajar Dan Nilai Afektif Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pelajaran Apresiasi Seni Lukis Kelas X Mia 4, Sma 32 Jakarta Semester 2 Tahun 2014/2015 Zulmartin Zulmartin
Jurnal Desain Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.399 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v3i02.658

Abstract

Model Jigsaw adalah salah satu model Cooperatif Learning, yang teknik pelaksanannya dimulai dari pembentukan kelompok yang disusun oleh guru, agar siswa tidak memilih teman yang disenangi saja (heterogen). Setiap anggota kelompok diberi tugas untuk mempelajari materi tertentu. Kemudian ada perwakilan kelompok bertemu dengan perwakilan kelompok lain mereka belajar materi yang sama. Kemudian kelompok dari perwakilan kelompok kembali ke kelompok asalnya, dan menjelaskan apa yang sudah mereka bahas dalam pertemuan perwakilan kelompok tadi. Hasi penelitian ini adalah materi pembelajaran Apresiasi Seni Lukis dengan model Jigsaw, mampu meningkatkan prestasi belajar dan nilai afektif siswa. Belajar kelompok model Jigsaw telah mampu membuat siswa mudah memahami pelajaran, siswa lancar memaparkan sendiri materinya, tidak jenuh, lebih kreatif, dan inovatif, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menggembirakan. Keuntungan lain dalam pembelajaran dengan metode ini adalah dinamika kelompok menjadi meriah dan siswa menjadi percaya diri.
Custom Typefaces Pada Web Menggunakan Embedding Font Agung Zainal Muttakin Raden
Jurnal Desain Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1211.458 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v3i02.609

Abstract

Tipografi dalam Web memegang peranan yang sangat penting, Bagaimana sebaran huruf dalam tampilan halaman Web mampu menjadi daya tarik pengguna. Sebaran huruf dalam sebuah halaman Web dapat kita lihat pada tombol navigasi, konten-konten, hasil pencarian dan lain sebagainya. Dalam membangun konten pada halaman Web perlu diperhatikan arah baca, kualitas kenyamanan dalam membaca (readability) , kemudahan huruf dikenali (legibility) termasuk tracking, kerning dan leading serta  informasi yang diterima pengguna  jelas (clarity). Hal ini sangat penting dan berdampak sangat besar bagi pengguna, selain itu kontras dan hirarki merupakan kaidah yang harus diterapkan agar informasi mampu dipahami dan diserap dengan baik. Karena masing-masing perangkat yang digunakan oleh pengguna beragam serta usia, kualitas penglihatan pengguna yang mengakses halaman Web memiliki keragaman. Custom typyfaces adalah sebuah alternatif bagi perancang Web dalam berkreasi dengan huruf-huruf yang tidak terdapat pada komputer pengguna dan kompatibel di semua browser dengan menggunakan teknik embedding font.
Bukan sekedar hiasan: gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat Ariefika Listya
Jurnal Desain Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.502 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v3i02.593

Abstract

Gaya grafis khas sebagai identitas visual korporat memegang peranan penting. Secara estetis gaya grafis memperindah tampilan pada media komunikasi dan promosi suatu perusahaan, sedangkan secara fungsional, gaya grafis memperkuat identitas visual. Bentuk dan warna pada gaya grafis khas biasanya diambil dari logo untuk kemudian ditata pada ruang media tertentu. Meskipun pada umumnya hanya mengambil dari bentuk logo, ternyata penyajian gaya grafis khas banyak macamnya. Sebagai identitas visual korporat, gaya grafis khas ini belum pernah dibahas secara mendalam pada buku teks maupun buku populer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan estetika terapan. Dengan mengumpulkan data dan mengamati gaya grafis pada media promosi empat Bank di Jakarta, akan dibuat pengkategorisasian jenis-jenis gaya grafis khas dalam identitas visual korporat dan juga fungsinya. Hasil penelitian berguna untuk keperluan akademis maupun praktis. Melalui temuan ini, literatur mengenai identitas visual korporat khususnya gaya grafis khas akan bertambah sehingga membantu akademisi dalam memperoleh pengetahuan teoritis berkaitan hal tersebut. Secara praktis, hasil penelitian ini akan memudahkan maupun menginspirasi praktisi untuk membuat dan mengaplikasikan gaya grafis khas yang tepat pada identitas visual korporat.
Asimilasi Aksara Latin dengan Tokoh Wayang Arjuna sebagai Upaya Mengenalkan Wayang Kepada Generasi Muda Taufiq Akbar; Abdul Basyir
Jurnal Desain Vol 3, No 02 (2016): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.922 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v3i02.656

Abstract

Wayang adalah warisan budaya yang wajib dilestarikan agar keberadaannya tidak mudah hilang termakan modernisasi zaman. Namun kenyataannya, saat ini minat, perhatian, dan apresiasi generasi muda terhadap kesenian wayang sudah sangat menurun. Semakin hilang dan berkurangnya minat serta antusiasme generasi muda terhadap cerita dan pementasan-pementasan seni wayang mengakibatkan terancamnya eksistensi dan perkembangan wayang dimasa mendatang. Berdasar kepada permasalahan inilah maka penulis menempatkan objek wayang sebagai dasar penciptaan bentuk font yang berbasis budaya tradisi. Penulis menciptakan Font wayang dengan dasar pertimbangan bahwa font merupakan salah satu media yang sangat sering digunakan dalam proses berkomunikasi melalui tipografi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6