cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
ISSN : 25021923     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The publication of Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains seven articles consisting of Education topics.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi" : 9 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Savi Di Kelas III SD Negeri 1 Madurejo Anang Hajeni
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.644 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1328

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas III SD Negeri 1 Madurejo. Penelitian TIndakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan. Sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Hasil belajar siklus I pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 18 siswa atau 58,6%, sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 13 siswa atau 42,9%. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 22 siswa atau 70,9%, peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤ 75 sebanyak 9 siswa atau 29,03%. Pada pertemuan ke 3 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 26 siswa atau 83,8%, sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 5 siswa atau 16,12%. Hasil belajar siklus II pertemuan 1, peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 30 siswa atau 96,7% dan didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 1 siswa atau 3,2%. Lalu pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 31 siswa atau 100% dan peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≤ 75 sebanyak 0 siswa atau 0%.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Kd 3.2 Menjelaskan Bilangan Sampai 2 Angka Dan Nilai Tempat Penyusun Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Di Kelas I SD Negeri 1 Raja Seberang Nur Dewi Sri Purnama
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.58 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1329

Abstract

Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 1 Raja Seberang, pada subjek penelitian Kelas I dengan jumlah siswa 32 siswa. Pada pelaksanaannya dibutuhkan ketrampilan tertentu dalam penggunaan metode ini yaitu prosedurnya memakan banyak waktu, membutuhkan pengumpulan dan analisis data ekstensif. Penelitian ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan. Sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Hasil Belajar Siklus I siswa yang mendapat nilai ≥60 sebanyak 25 siswa atau 80,7 %, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai ≤60 adalah 6 siswa atau 19,23 %. Siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM≥ 60 sebanyak 31 siswa atau 100 dan yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤60 sebanyak 0 siswa atau 0%.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPA KD.2 Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup Melalui Model Quantum Teaching Di Kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo Satiran Satiran
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.895 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1330

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 25 siswa. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan penelitian. Pada tahap pelaksanaan dibagai menjadi beberapa siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan, sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Pada pertemuan ke 3 siklus I peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥72 sebanyak 32 siswa atau 92,8%. Pada pertemuan ke 2 siklus II peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 72 sebanyak 35 siswa atau 100%.
Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Media LKS Di Kelas VI SD Negeri 5 Madurejo Dini Karti
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.648 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1331

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Madurejo.. Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan. Objek penelitian dilakukan di Kelas VI yang terdiri dari 35 siswa.PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di Kelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran.Hasil penelitian ini dilakukandalam beberapa poin yaitu siklus I danSiklus II .Pada siklus I skor yang diperoleh dari observasi guru adalah 236 sedangkan skor hasil observasi guru pada siklus II adalah 325.Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat mengikuti penerapan metode Jigsaw Dan Media LKS dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 93,3 %. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% , maka penelitian ini sudah dinyatakan tuntas pada siklus II. Dengan kata lain, analisis ini menunjukkan bahwa metode Jigsaw Dan Media LKS mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengaruh Media Sosial Dan Televisi Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa SMKN 2 Marabahan Sri Normuliati; Istiqamah Istiqamah
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.403 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1332

Abstract

Keterampilan berbicara berhubungan erat dengan perkembangan kosa kata yang diperoleh melalui kegiatan menyimak dan membaca. Di era teknologi dan perangkat media yang ada saat ini, banyak orang menggunakan media sosial dan televisi dalam membaca dan menyimak berbagai informasi, pengetahuan maupun hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan televisi terhadap terhadap keterampilan berbicara pada siswa SMKN 2 Marabahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional.
Meningkatkan Kemampuan Mengoperasionalkan Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda Konkret Siswa Kelas I SDN 1 Mendawai Seberang Hamidah Hamidah
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.227 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1333

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu Pendekatan Kualitatif yang menggambarkan masalah sebenarnya yang ada di lapangan, kemudian direflesikandan dianalisis berdasarkan teori penunjang dilanjutkkan dengan pelaksanaan tindakan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas I SD Negeri 1 Mendawai Seberang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawiringin Barat yang berjumlah 28 siswa dan siswi.Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian mengikuti langkah Hopkins (1993:151) dengan tiga tahap analisis yaitu tahap kategorisasi, validasi dan intepretasi data. Kategorisasi data dilakukan dengan memilih-milih data yang terkumpul berdasarkan kategori tertentu yang di tetapkan. Kategori yang dimaksud meliputi konsepsi awal siswa, jenis pertanyaan siswa, eksplorasi siswa, aktivitas siswa, penilaian akhir siswa.Jenis data yang dihimpun adalah data yang kualitatif, berupa hasil observasi, diskusi dan penilaian. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran Matematika tentang operasional penjumlahan dan pengurangan bilangan. Dari hasil Observasi ini peneliti banyak menemukan masalah-masalah pada siswa kelas I diantaranya siswa sebagian besar belum bisa mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan.Tes dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan membandingkan bilangan cacah. Hasil ulangan harian siswa Sebelum Siklus I pada konsep membandingkan bilangan cacah tanpa adanya tindakan penggunaan media pembelajaran benda konkret rata-rata nilai siswa adalah 63,3. Nilai rata-rata tes akhir Siklus I adalah 75,4 dan nilai rata-rata pada tindakan Siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,3.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Metode Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Madurejo Sudarsih Sudarsih
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.099 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1334

Abstract

Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Rancangan penelitian metode campuran (mixed methods research design) adalah suatu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, “dan mencampur” metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian untuk memahami permasalahan penelitian. Pada pelaksanaannya dibutuhkan ketrampilan tertentu dalam metode ini, yaitu : (1) prosedurnya memakan banyak waktu, (2) membutuhkan pengumpulan, (3) analisis data ekstensif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Madurejo sebanyak 29 siswa. Sumber data yang digunakan dalam metode ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan, Hasil siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 19 siswa, nilai rata-rata mencapai 76,06. Siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 29 siswa, nilai rata-rata mencapai 81,86.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 8 Mendawai Marmini Marmini
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.007 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1335

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Mendawai. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan (4 minggu). Hasil penelitian siklus I adalah proses pembelajaran materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri, sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dirancang, pembelajaran materi Mengenal Kosa Kata Dan Ungkapan Perkenalan Diri melalui media kartu huruf sudah dilaksanakan dengan baik dan sistematis, dan sebagian besar siswa sudah tampak aktif, namun masih terdapat beberapa siswa terlihat pasif (kurang menunjukkan partisipasi) dalam kegiatan pembelajaran. Siklus II . siswa tampak sudah mampu melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, menunjukkan keaktifan dan berusaha untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru, hasil observasi hasil belajar siswa meningkat dibandingkan dengan keaktifan sebelum menggunakan media kartu huruf, sebagian besar anggota kelompok sudah tampak aktif, anggota kelompok yang semula (pada siklus I) belum mampu berpartisipasi secara aktif sudah terbiasa dengan media kartu huruf sehingga tampak menunjukkan keaktifannya, proses pembelajaran lebih interaktif antara guru dengan siswa, dan siswa juga sudah tidak tampak canggung untuk bertanya ataupun menggukakan pendapatnya.
Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala Ade S. Permadi; Febriana Mentari
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2020): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.215 KB) | DOI: 10.33084/bitnet.v5i1.1336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik, mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan media Powerpoint pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Mahkluk Hidup di kelas VIII A SMPN 1 Kahayan Kuala. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Kahayan Kuala yang terdiri dari 26 peserta didik. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini di peroleh aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII A SMPN 1 Kahayan Kuala setelah menggunakan media Powerpoint lebih baik dan mengalami peningkatan di setiap siklus, adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media Powerpoint pada SMPN 1 Kahayan Kuala yang menunjukan Hasil belajar IPA pada Siklus I memperoleh nilai rata–rata 74,46 dengan ketuntasan klasikal 61,53 dan pada Siklus II memperoleh nilai rata–rata 87,61 dengan ketuntasan klasikal 100.

Page 1 of 1 | Total Record : 9