cover
Contact Name
Sowanya Ardi Prahara
Contact Email
insight@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
insight@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 16932552     EISSN : 25481800     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1: Februari 2020" : 7 Documents clear
PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN KEADILAN PROSEDURAL TERHADAP INTENSI MOGOK KERJA BURUH PEREMPUAN DI SERIKAT GABUNGAN SOLIDARITAS PERJUANGAN BURUH KABUPATEN BEKASI Abdul Gafur Thalib
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.376 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.1140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap intensi mogok kerja buruh perempuan di serikat Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) di kabupaten Bekasi. Sampel penelitian sebesar 60 buruh perempuan dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode Skala Keadilan Distributif, Skala Keadilan Prosedural, dan Skala Intensi Mogok Kerja. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari hasil analisis korelasi product moment pertama diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar ¬-0,512 (p0,0). Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif antara keadilan distributif terhadap intensi mogok kerja pada buruh perempuan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari hasil analisis korelasi product moment kedua diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi sebesar ¬-0,665 (p0,0). Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif antara keadilan prosedural terhadap intensi mogok kerja pada buruh perempuan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai F sebesar 27,932 (p0,0). Hal tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama ada pengaruh antara keadilan distributif dan keadilan prosedural terhadap intensi mogok kerja pada buruh perempuan. Intensi mogok kerja dapat diprediksi dari keadilan distributif dan keadilan prosedrual secara bersama-sama sebesar 49,5%, sedangkan sumbangan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 50,5%. Variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini antara lain keadilan interaksional, keadilan konvensional dan keadilan moral.
GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI DALAM RELASI SOSIAL SUAMI DENGAN ISTRI BEKERJA YANG MENGALAMI KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA (DALAM KELUARGA JAWA) : PENDEKATAN INDIGENOUS PSYCHOLOGY Triana Noor Edwina; Muhammad Wahyu Kuncoro; Sowanya Ardi Prahara
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.449 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.1023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk dukungan suami dan relasi sosial antara suami dengan istri  bekerja yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga, dalam keluarga Jawa, berbasis pendekatan indigenous psychology. Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu pusat budaya Jawa. Subjek penelitian yang digunakan memiliki karakteristik : seorang istri mengidentifikasikan dirinya sebagai etnis Jawa,  memiliki anak yang usianya kurang dari 12 tahun, menetap bersama suami, dan memiliki pekerjaan sebagai tenaga profesional. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument open-ended questionaire yang diberikan pada subjek penelitian, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik (thematic analysis) untuk memperoleh gambaran dukungan suami dan relasi sosial antara suami dengan istri bekerja yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga (dalam keluarga Jawa) berbasis pendekatan indigenous psychology. Selanjutnya aspek-aspek ini akan dioperasionalisasikan menjadi indikator perilaku yang lebih konkrit dan akan dikembangkan menjadi aitem-aitem dalam skala dukungan dan relasi sosial suami dengan istri bekerja yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga.
PERBANDINGAN EFIKASI DIRI DALAM PENGASUHAN ANAK PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS DAN TIDAK MEMILIKI ANAK DISABILITAS Diana Permata Sari
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.983

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan efikasi diri dalam pengasuhan anak yang dimiliki oleh ibu yang memiliki anak disabilitas dan tidak memiliki anak disabilitas. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan efikasi diri dalam pengasuhan anak pada ibu yang memiliki anak disabilitas dan yang tidak disabilitas. Ibu yang memiliki anak disabilitas memiliki tingkat efikasi diri dalam pengasuhan anak yang lebih rendah dibandingkan ibu yang tidak memiliki anak disabilitas. Responden penelitian adalah orangtua siswa dari sekolah inklusi serta komunitas-komunitas orangtua dengan anak disabilitas seperti POTADS (Persatuan Orang Tua dengan Anak sindrom down), WKCP (Wahana Keluarga Cerebral Palsy) dan ADHD Indonesia. Terdapat 214 responden yang berpartisipasi mengisi secara online skala Parenting Sense of Competence Scale (PSOC) pada sub skala efikasi yang terdiri dari 8 buah aitem. Hasil uji beda menggunakan Mann-Whitney menunjukkan hasil taraf signifikansi sebesar 0.113 (p 0.05). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Tidak ada perbedaan signifikan tingkat efikasi diri dalam pengasuhan anak pada Ibu yang memiliki anak disabilitas dan tanpa disabilitas Kesamaan latar belakang pendidikan dari para responden menjadi salah satu alasan tidak adanya perbedaan tingkat efikasi diri dalam pengasuhan anak antar dua kelompok.
KEKUATAN KARAKTER DAN KOMITMEN OKUPASI (SUATU STUDI PENDAHULUAN PADA PROFESI DOSEN) Evi Ema Victoria Polii; Meta Dwijayanthy
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.436 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.982

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu studi pendahuluan yang dilakukan pada okupasi/profesi tertentu, dalam hal ini yaitu profesi Dosen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kekuatan karakter terhadap masing-masing komponen komitmen okupasi yaitu komitmen afektif, komitmen normatif dan komitmen kontinyu  Subjek penelitian adalah 80 dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik klaster; setiap klaster mewakili satu fakultas. Penelitian ini mengukur dua variabel yaitu komitmen okupasi dan kekuatan karakter. Variabel komitmen okupasi diukur menggunakan kuesioner yang disusun oleh tim peneliti dengan mengacu pada Teori Meyer Allen (2016), sedangkan variabel kekuatan karakter diukur menggunakan kuesioner adaptasi dari Original VIA Adults Assesment (www.viacharacter.org) Masing-masing kuesioner kemudian diujicobakan kembali untuk menentukan besaran koefisien validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan karakter memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan komponen komitmen normatif dengan besaran kontribusi 54,3% (p ≤ 0.05 dan R2 = 0,543). Hasil penelitian awal ini menunjukan bahwa kekuatan karakter sebagai salah satu konsep kepribadian berdasarkan sudut pandang Psikologi Positif dapat menjadi faktor yang menentukan terbentuknya komitmen normatif secara optimal dalam menjalankan profesi sebagai seorang dosen. Dalam menjalankan profesi sebagai dosen di perguruan tinggi swasta tersebut, komitmen okupasi yang paling dihayati oleh responden adalah komitmen afektif, sedangkan  kekuatan karakter yang paling dominan (distribusi frekuensi ≥ 50%) yang terbentuk dalam diri seorang dosen di perguruan tinggi swasta tersebut adalah Keingintahuan, Keadilan, Memaafkan, Pertimbangan, Kepemimpinan, Ketekunan, Pandangan (Perspektif), Kerjasama Tim dan Gairah (Semangat).
PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA KELUARGA BROKEN HOME Aris Munandar; Santi Esterlita Purnamasari; Sheilla Varadhila Peristianto
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.142 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.959

Abstract

Ketidakharmonisan dalam suatu keluarga yaitu akibat kondisi broken home dapat berdampak pada tingkat kesejahteraan psikologis individu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesejahteraan psikologis yang mengalami broken home pada usia dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik usia dewasa awal berjenis kelamin laki-laki dan berasal dari keluarga broken home. Partisipan berjumlah tiga orang yaitu dalam rentang usia masa dewasa awal berkisar antara 18 hingga 25 tahun. Pengumpulan data penelitian dengan cara wawancara mendalam dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga partisipan memiliki aspek aspek kesejahteraan subyektif yang berbeda-beda. Kesejahteraan psikologis OD bersifat kurang positif sedangkan RY dan WM bersifat positif.
MOTIVASI BERPRESTASI DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/SISWI METHODIST 5 MEDAN Madeline Tanadi; Sri Hartini; Achmad Irvan Dwi Putra
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.458 KB) | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.951

Abstract

Pendidikan membantu anak dalam berkembang sehingga menjadi anak yang berpengetahuan dan berkepribadian yang lebih baik. Tujuan penelitian terhadap 167 siswa-siswi SMA Methodist 5 Medan ini ialah untuk mengetahui adanya korelasi konsep diri dengan motivasi berprestasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode disproportionate stratified random sampling. Didapatkan data pada penelitian ini melalui Skala Konsep Diri dan Skala Motivasi Berprestasi yang telah disusun dan ditentukan oleh peneliti untuk mengukur konsep diri dan motivasi berprestasi. Kemudian data dihitung dengan memakai uji asumsi. Data hasil analisis dengan memanfaatkan korelasi Product Moment. Hasil korelasi r= 0,668 (p 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut penilaian positif siswa terhadap dirinya berkaitan erat dengan dorongan siswa dalam meraih prestasi yang lebih baik dari orang lain.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DAN KENDALANYA DI SDN BETET 1 KOTA KEDIRI Khoirul Umam Alfaaroqi; M Arif Khoiruddin
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 22, No 1: Februari 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i1 Feb.924

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendidikan inklusif di SDN Betet 1 Kediri. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif studi kasus. Responden penelitian yaitu kepala sekolah, guru pembimbing khusus (GPK), dan terapis. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknis analisis trianggulasi data. Implementasi pendidikan inklusif pihak sekolah dengan melakukan asesmen bagi calon peserta didik ABK bekerjasama dengan laboratorium Psikologi IAIN Kediri dan dinas pendidikan kota Kediri, tujuannya sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jenis layanan pendidikan yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Tenaga pengajar yang dimiliki mempunyai latarbelakang pendidikan khusus dan guru umum yang diberi pelatihan. Sarana dan prasarana penunjang khusus bagi ABK sekolah  ini sudah memiliki ruang terapi, alat asesmen, alat terapi dan media pembelajaran. Lingkungan sekolah yang ramah dan bersahabat bagi ABK diwujudkan melalui program yang baik disekolah termasuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, orangtua dan pemerintah. Kurikulum yang pakai menggunakan kurikulum 2013 yang telah dimodifikasi. Untuk kendala yang dihadapi yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai sesuai kebutuhan, minimnya Honor GPK, tidak adanya perbedaan dana BOS antara sekolah reguler dengan sekolah inklusif padahal kebutuhannya berbeda serta tidak dibedakan soal UN dan UASBN antara siswa reguler dengan ABK.

Page 1 of 1 | Total Record : 7