cover
Contact Name
Rahmat Faizal
Contact Email
rahmatfaizal27@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jbe@borneo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 25811134     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil (ISSN Online 2581 - 1134) diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember . Artikel tersebut dapat berupa produk penelitian , pemikiran ilmiah atau studi kasus dalam teknik sipil.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021" : 10 Documents clear
Pengaruh Air Lahan Gambut di Kalimantan Selatan Terhadap Beton Porous dengan Penambahan Fly Ash Eka Purnamasari; Muhammad Saukani; Fitriani Ridzeki
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1581

Abstract

Penelitian terhadap kuat tekan beton beton porous yang menggunakan agregat kasar dengan tambahan material pozzolan fly ash dan direndam dalam air gambut/rawa bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya yang di wilayahnya dikelilingi oleh lahan gambut/rawa bahwa fly ash ternyata dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Selain itu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk dapat seluas mungkin memanfaatkan limbah pembakaran batu bara (fly ash) misalnya diplikasikan untuk campuran bahan bangunan seperti beton dan mortar. Kemudian akhirnya masyarakat juga memiliki pengetahuan bahwa tidak selamanya beton itu harus dicampur dengan pasir, berbobot berat dan kedap air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental di laboratorium. Variabel penelitian di sini adalah porsi penambahan fly ash pada beberapa variasi porsi campuran beton non pasir dan pengaruh perendaman menggunakan air lahan gambut. Kuat tekan beton porous mengalami penurunan saat perawatan perendaman dengan air gambut. Pada sampel beton porous yang diberi perawatan perendaman dengan air rawa mengalami penurunan kuat tekan beton sebesar 10,28% dibandingkan dengan sampel beton porous yang direndam dengan air PDAM. Kuat tekan beton porous dengan fly ash 10%  yang direndam dengan air gambut yaitu sebesar 6,89 Mpa dan uat tekan beton porous dengan fly ash 20%  yang direndam dengan air gambut yaitu sebesar 7,85 Mpa. Pola retakan yang terjadi dikarenakan penyebaran tegangan pada benda uji akibat proses ikat pegangan pada benda uji dan juga berpengaruh terhadap homogenitas agregat penyusun beton. Pada model yang dilakukan perawatan perendaman dengan air PDAM dan air rawa gambut berdasarkan hasil penelitian pola retak yang terjadi yaitu retakan pada ujung samping.
Identifikasi Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Luar Kota Banjarbaru Utami Sylvia Lestari; Annisa Khairat
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1849

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Provinsi Kalimantan Selatan terus meningkat, termasuk di Kota Banjarbaru. Faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas berkaitan erat dengan unsur-unsur pembentuk lalu lintas yaitu pemakai jalan, kendaraan, jalan, dan lingkungan. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan Skala likert. Tahap analisis data dengan uji analisis regresi yaitu uji regresi logistik dengan alat bantu program SPSS (Statistical Product and Service Solution) Versi 25 dengan menggunakan angka koefisien (B) dan nilai signifikansi hasil Variabel in Equation. Hasil identifikasi yang paling dominan pada masing-masing faktor disebabkan oleh kelelahan dan mengantuk pada faktor manusia. Pada faktor kendaraan yang paling mendominasi adalah kerusakan pada sistem lampu lalu lintas. Sedangkan pada faktor lingkungan adalah binatang yang berkeliaran di jalan. Indikator dominan diperoleh dari hasil analisis regresi logistik dalam tabel variabel in equation berdasarkan besaran nilai koefisien (B) pada masing-masing faktor.
Metode Perkuatan Struktur Tangga Miftahul Iman; Noerman Adi Prasetya
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1873

Abstract

Kerusakan pada struktur pelat tangga seringkali diabaikan. Upaya perbaikan hanya sebatas menutupi permukaan pelat tangga yang rusak hanya dengan pasta semen. Penelitian ini membandingkan 2 buah metode perkuatan struktur pelat tangga berturut-turut yaitu penambahan tulangan dan perkuatan profil baja siku. Studi kasus dalam penelitian ini adalah struktur pelat tangga utama gedung Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini mengguanakan metode analisis struktur kesetimbangan momen lentur dengan cara mengevaluasi kenaikan kapasitas momen nominal struktur pelat akibat perkuataan dari tulangan baja dan profil baja siku. Berdasarkan hasil studi evaluasi kinerja dan metode perkuatan struktur pelat tangga beton bertulang dengan metode perkuatan, maka dapat diambil kesimpulan: (a) Hasil pemeriksan mutu beton digunakan estimasi mutu beton minimal yaitu 17 MPa. (b) Berdasarkan hasil pengamatan visual struktur tangga yang terdapat pada tepi struktur disarankan untuk tidak digunakan karena tebal pelat tangga relatif tipis dan terlihatnya beberapa tulangan. Selain itu terdapat retak yang cukup besar dan memanjang pada pelat bordes. (c). Struktur tangga utama aktual berbeda dengan perencanaan, hal itu dapat dilihat pada panjang pelat tangga dan perletakan tumpuan. (d) Secara umum kedua metode perkuatan dapat meningkatkan kapasitas momen nominal tereduksi 40% sampai dengan 60%. (e)metode perkuatan dengan penambahan tulangan baja D10-150 dan penambahan selimut beton 20 mm relatif lebih tinggi daripada metode perkuatan menggunakan profil baja BJ37 L70x70x6 (10,98%).
Analisa Faktor Produktivitas Fabrikasi Konstruksi Baja Pada Tenaga Kerja Siti Choiriyah; Fahmi Firdaus Alrizal; M Irsyad Aly Daffa
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1973

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan proyek konstruksi di tentukan oleh tenaga kerja, karena berdampak pada kemajuan dan produktifitas pekerjaan di lapangan. Peningkatkan produktivitas dengan fabrikasi lebih baik daripada sistem konstruksi konvensional. Penentuan produktifitas dalam pekerjaan fabrikasi baja perencanaan jadwal sebuah proyek sehingga perlu dianalisa produktivitas pekerjanya. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa produktivitas tenaga kerja dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja pada pekerjaan fabrikasi. Metode pengukuran produktivitas dilakukan dengan metode work study. Metode work study adalah metode pengukuran produktivitas pekerja dengan observasi langsung dilapangan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai produktivitas pekerja pada pekerjaan marking pelat: 563,25 kg/orang/hari, WF: 886,47 kg/orang/hari. Sedangkan pekerjaan pemotongan pelat: 891,85 kg/orang/hari, WF  259,53 kg/orang/hari. Untuk nilai produktivitas pada pekerjaan perakitan 282,43 kg/orang/hari. Dari hasil analisis produktivitas menunjukkan bahwa jumlah pekerja, relaxation allowances, material yang digunakan, dan penggunaan alat dalam pekerjaan adalah faktor faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja pada pekerjaan fabrikasi baja.
Pemodelan Penurunan Pondasi Struktur Bangunan di Tanah Lunak Kota Banjarmasin Menggunakan Ansys Darmansyah Tjitradi; Eliatun Eliatun; Oktafianus Steven Tjitradi
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1964

Abstract

The soil in Banjarmasin City is of soft clay type having a very low bearing capacity. Hence, it is normal for buildings in this area to have gelam wooden piles as part of the foundation. Foundations based on gelam wooden piles rely on friction which results in the building experiencing differential settlement, tilt, and cracks on the structural elements. This foundation settlement will be modeled using ANSYS software involving fifteen building structural models with brick walls under loads according to SNI 1727:2013 and due to settlement at the support. The modeling aims at understanding the effects of using tie beams on the pattern of structural damage in buildings that experience differential settlement on soft soil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tie beam pada pondasi pada tanah lunak berpengaruh terhadap pola kerusakan. Pada tanah keras, ini tidak membawa efek seperti itu tetapi sebaliknya, itu meningkatkan tingkat ketidaktentuan statis struktur. Dalam kasus portal bentang tunggal, pola retakan menyerupai huruf "V" terbalik jika penurunan terjadi pada tumpuan samping. Di portal bentang ganda, di sisi lain, pola retakan dinding bata menyerupai huruf "V" jika penurunan terjadi pada penyangga samping, dan "V" terbalik jika terjadi di antara penyangga.
Potensi Banjir Bandang Pada Wilayah Sigi Sulawesi Tengah Indonesia Riki Chandra Wijaya
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1838

Abstract

Banjir bandang merupakan salah satu bencana yang berbahaya bagi suatu wilayah. Kuantitas air permukaan yang besar dengan kecepatan yang tinggi akan memberikan momentum yang besar pada seluruh objek yang dilewatinya. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang besar terhadap kerusakan yang akan dihasilkannya. Pada wilayah Sigi Sulawesi Tengah berdasarkan informasi kejadian bencana merupakan daerah yang sering dilanda banjir bandang. Untuk itu, kajian potensi banjir bandang ini dilakukan dalam penelitian ini. Berdasarkan data kejadian banjir pada tahun 2017 maka analisis ini dilakukan menggunakan data curah hujan harian pada tahun 2017 di daerah Sigi Sulteng. Berdasarkan hasil analisis diketahui potensi banjir yang terjadi memiliki kedalaman hingga 70 cm lebih dengan kecepatan aliran mencapai 0,085 m/detik. Daerah yang terdampak banjir berdasarkan hasil analisis ini sangatlah besar hampir semua wilayah terdampak banjir. Kondisi topografi yang mendatar menyebabkan area genangan air akan lebih mudah menyebar. Kemiringan yang tajam pada wilayah hulu menyebabkan banjir berpotensi datang secara tiba-tiba. Untuk itu, potensi banjir dari hasil analisis ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam penelitian selanjutnya dalam mengatasi permasalahan ini.
Analisis Biaya Konstruksi Balok Beton Gradasi dengan Penggunaan Tulangan Maksimum M. Mirza Abdillah Pratama
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1961

Abstract

Desain tulangan maksimum merupakan konsep desain yang harus dihindari karena risiko terhadap kegagalan getas. Namun demikian, perencana struktur kerap kali mendapati batasan desain untuk merancang elemen dengan dimensi minimalis sehingga penggunaan rasio tulangan maksimum menjadi tidak terhindarkan. Hal tersebut masih diperkenankan dengan tetap memperhatikan nilai regangan tulangan tarik agar melampaui titik lelehnya ketika mengalami kegagalan. Pada penelitian ini, penulis bermaksud untuk menganalisis lebih lanjut terkait analisis biaya terhadap kinerja yang dihasilkan dari balok beton gradasi dengan penggunaan tulangan maksimum. Balok didesain dengan ukuran 1720 x 130 x 260 mm dan 1400 x 130 x 195 mm, dan diuji lentur dengan metode four point bending. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dengan rasio dimensi 2/3, penambahan biaya konstruksi sebesar 3.69% akan meningkatkan kinerja balok sebesar 3.57% apabila pembesiannya didesain terhadap mutu beton terendahnya; 2) Penerapan gradasi mutu dapat menurunkan biaya pekerjaan hingga 25.32% dengan kompensasi kinerja sebesar 33.91% pada balok dengan rasio dimensi 1/2 yang pembesiannya didesain terhadap mutu beton tertingginya; 3) Balok gradasi dapat mengoptimasi biaya pekerjaan tanpa mengkompensasi kinerja struktur secara signifikan khususnya pada penggunaan tulangan maksimum.
Analisis Penanganan Daerah Rawan Kecelakaan Kabupaten Karanganyar Yogi Oktopianto; Tri Prasetyo; Yusuf Maulana Arief
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.2018

Abstract

Indeks fatalitas kejadian kecelakaan di Kabupaten Karanganyar paling rendah terjadi pada tahun 2016 yaitu sebesar 3% dan terus mengalami kenaikan hingga sebesar 5% pada tahun 2020. Hal ini tentunya harus menjadi catatan penting, serta perlu adanya upaya untuk mengubah peningkatan fatalitas tiap tahunnya menjadi menurun. Penelitian dilakukan untuk menganalisis penanganan daerah rawan kecelakaan Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode EAN dan Frekuensi untuk menganalisis penentuan daerah rawan kecelakaan. Metode Cumulative Summary untuk menganalisis titik rawan kecelakaan, and analisis lalu lintas dalam skala mikro pada lokasi atau daerah rawan kecelakaan. Rekomendasi yang di usulkan penanganan daerah rawan kecelakaan Kabupaten Karanganyar antara lain Pengadaan rambu batas kecepatan, rambu peringatan persimpangan, rambu petunjuk putar balik, rambu peringatan DRK, rambu hati-hati, pengadaan APILL dengan satu warna (kuning), perbaikan marka dan sosialisasi terhadap masyarakat.
Identifikasi Kebutuhan Infrastruktur Penunjang Pengembangan Pariwisata di Wilayah Perbatasan Utara Kalimantan Efraim Bavo Priyana; Eko Prihartanto
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.1699

Abstract

Tourism as a support for the economy of a region requires special attention to attract tourists both from home and abroad. Nunukan Regency as an area directly adjacent to the State of Malaysia still lacks infrastructure. The need for supporting infrastructure adds to the attractiveness of a tourist area. So to know what are the needs of tourist areas need to be done research by identifying.The research method used is descriptive statistics with respondents from Stakeholders in Nunukan Regency, data obtained by the dissemination of questionnaires and interviews. This research object is a potential tourist area as well as tourist attractions in Nunukan Regency.The results that have been obtained from this study there are 3 variables including Access, accommodation, Facilities with a total of 17 indicators. Where there are 3 invalid indicators such as the existence of roads through land transportation, the existence of places of worship, passive recreational facilities (Seating, campfires). Identification obtained with a percentage value of 85% is available facilities to enjoy the beauty of nature, this is because the dominant tourism in Nunukan Regency is Natural Beauty.
Analisis Kapasitas Drainase Perumahanan Pesona Citra Cemerlang 2 Kota Tarakan Menggunakan EPA SWMM 5.1 Rahmat Faizal
Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/be.v5i2.3580

Abstract

SWMM is a rain-runoff simulation model that is used to simulate the quantity and quality of runoff from urban areas. Based on the evaluation using SWMM software at Pesona Citra Cemerlang 2 Housing, it was found that the drainage system in the long sections JU29-O5, JU4-O8, and JU5-O8 could not accommodate rainwater runoff. This is influenced by the dimensions of the drainage channel which cannot accommodate the existing water runoff and thick sediment deposits that cover the drainage channel so that the capacity is reduced, consequently if it rains it will cause puddles of water at several points in Tarakan City. So to overcome the puddle, it is necessary to change the dimensions of the channel and routinely dredge the sediment deposits that cover the drainage channel

Page 1 of 1 | Total Record : 10