cover
Contact Name
Nia Windyaningrum
Contact Email
nia.windyaningrum@um.ac.id
Phone
+6285650855460
Journal Mail Official
wsekolahdasar@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang Kampus PP3 Universitar Negeri Malang, Blitar Jalan Ir. Soekarno No.3, Blitar 66112, Telepon/Faksimil: (0341) 801176
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Wahana Sekolah Dasar
ISSN : 08548293     EISSN : 26225883     DOI : http://dx.doi.org/10.17977/um035
Core Subject : Education,
Wahana Sekolah Dasar publishes articles on research, studies and application of theories, practical writing, and conceptual ideas related to Primary Education which includes, but is not limited to : Development of Educational Technology in Primary Education Effective Teaching Strategies in Primary Education Assessing Student Learning in Primary Education Character Building in Primary Education Teaching Practice Guidance and Counseling for Primary Education Policy and Practice Primary Education School Management and Leadership in Primary School Cognitive Development of Children Science and Mathematics Education in Primary Education Language and Literacy Education in Primary Education Civics and Moral Education in Primary Education Art and Creativity in Primary Education Physical Activity and Health in Primary Education Special Needs Education in Primary Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 41 Documents
PERANAN GURU SEKOLAH DASAR (GURU SD) DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING Widada, Widada
Wahana Sekolah Dasar Vol 26, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.869 KB) | DOI: 10.17977/um035v26i12018p029

Abstract

Abstrak: Dalam proses belajar siswa tidak pernah lepas dari kesulitan, meski bagaimanapun hebatnya siswa itu. Kesulitan-kesulitan yang paling banyak muncul berdasar kenyataan yang ada ialah kesulitan belajar. Karena guru adalah menajemen proses belajar mengajar (PBM) di kelas maka peranan guru dalam memberikan bimbingan khususnya bimbingan belajar sangat besar. Peranan itu bisa bersifat aktif dan langsung yaitu berupa pemberian tindakan pengarahan belajar, memberikan informasi-informasi belajar, dan peranan lain yang bersifat tidak langsung yaitu memberikan kemudahan atau penciptaan situasi belajar yang menyenangkan sehingga siswa menjadi bergairah dalam belajarnya.Kata kunci: kesulitan belajar, peranan guru
Meningkatkan Ketrampilan Mendeskripsikan Gambar melalui Model Example Non Example pada Siswa Sekolah Dasar Diantoro, Yuswandi; Damayanti, Ivo; Siska, Siska
Wahana Sekolah Dasar Vol 27, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.219 KB)

Abstract

The purpose of this study is to describe the improvement in writing description skills using the example non example model in third grade students. The results of this study indicate that the application of learning to write descriptions using non-sample model examples can increase. It was proven that most of the students had finished their study at the first meeting of Cycle 1. At the second meeting most students were complete. Besides that, in Cycle 2 the first meeting most students had finished learning. Finally, at the second meeting, all students had finished learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan model example non example pada siswa kelas tiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis deskripsi menggunakan contoh model non contoh dapat meningkat. Itu terbukti sebagian besar siswa sydah tuntas belajar siswa pada pertemuan pertama Siklus 1. Pada pertemuan kedua sebagian besar siswa sudah  lengkap. Selain itu, pada Siklus 2 pertemuan pertama sebagian besar siswa sudah tuntas dalam belajar. Akhirnya, pada pertemuan kedua, semua siswa sudah tuntas dalam pembelajaran.
MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SD Putriani, Ida; Murdiyah, Sri; Rochani, Rochani
Wahana Sekolah Dasar Vol 25, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.67 KB) | DOI: 10.17977/um035v25i22017p058

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian di SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan rata-rata persentase aktivitas guru 97% dan aktivitas siswa 94%. Hasil menulis siswa meningkat mencapai ketuntasan klasikal 100%.
ANALISIS PERTANYAAN BACAAN BUKU SISWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM Yuningtiyas, Afrilia; Madyono, Suhel
Wahana Sekolah Dasar Vol 25, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.14 KB) | DOI: 10.17977/um035v25i12017p028

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsi tingkat pertanyaan bacaan, jumlah pertanyaan tertinggi dan terendah dalam buku siswa tema mengenal olahraga dan permainan tradisional kelas III SD berdasarkan Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen lembar perekam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 68 pertanyaan bacaan yang tersebar tidak merata. Jumlah tingkat pertanyaan tertinggi adalah kategori C2/memahami dan terendah adalah kategori C5/menilai. Hal ini menunjukkan kategori Taksonomi Bloom lainnya kurang mampu menunjang pertanyaan bacaan dalam buku tersebut. Kata Kunci: pertanyaan bacaan, buku siswa
MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI TARI KREASI PADA ANAK KELOMPOK B Urbaningrum, Anis; Suminah, Suminah; Madyono, Suhel
Wahana Sekolah Dasar Vol 26, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.616 KB) | DOI: 10.17977/um035v26i12018p001

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan tari kreasi dan mendeskripsikan peningkatan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kabupaten Blitar. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas dengan penerapan tari kreasi serta meningkatkan motorik kasar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan tari kreasi dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kabupaten Blitar.Kata kunci: motorik kasar, tari kreasi, kelompok b
Penerapan Model Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perpindahan Kalor pada Siswa Kelas V SD Azizah, Yunita Nur; Untari, Esti; Mudiono, Alif
Wahana Sekolah Dasar Vol 28, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.889 KB) | DOI: 10.17977/um035v28i12020p011

Abstract

The purpose of this study is to describe learning result through the application of the contextual teaching learning model. The research approach uses qualitative design with classroom action research. Data collection uses observation, tests, documentation and field notes. The results showed that the application of the contextual teaching learning model can improve learning outcomes of knowledge, skills and attitudes. Tujuan dari penelitian ini, mendeskripsikan hasil belajar melalui penerapan model contextual teaching learning. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif yang dirancang dengan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching learning dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar Wahyudi, Mukammad; Madyono, Suhel; Mudiono, Alif
Wahana Sekolah Dasar Vol 27, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.582 KB) | DOI: 10.17977/um035v27i12019p018

Abstract

This study aims to find out 1) an increase in learning activities in writing narratives using series drawing media and 2) improving narrative writing skills using serial image media in class III of Kanigoro 04 Elementary School Blitar District. The approach used is a qualitative approach to the type of classroom action research. The study carried out 2 cycles in each cycle consisting of 2 meetings. Data obtained from interviews, observation sheets, field notes and documentation. The results obtained showed Student activities increased from cycle I 77% to 93% in cycle II. The results of students' narrative writing skills in cycle I 55%, in cycle II it increased to 89 %. Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) peningkatan aktivitas belajar menulis narasi menggunakan media gambar seri dan 2) peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan media gambar seri di kelas III  SDN Kanigoro 04 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.  Penelitian dilaksanakan 2 siklus yang dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari wawancara, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan Aktivitas siswa meningkat dari siklus I 77% menjadi 93% pada siklus II. Hasil keterampilan menulis narasi siswa pada siklus I 55 % dan, pada siklus II meningkat menjadi 89%.
PENINGKATAN HASIL MENGIDENTIFIKASI KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS, DAN AGAMA DI PROVINSI SETEMPAT MELALUI MODEL CROSSWORD PUZZLE KELAS IV Iswanti, Mira; Suminah, Suminah; Sutansi, Sutansi
Wahana Sekolah Dasar Vol 26, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.38 KB) | DOI: 10.17977/um035v26i22018p056

Abstract

Abstrak Peneliti ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model crossword puzzle pada materi mengidentifikiasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat kelas IV. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dengan II pertemuan pada setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan model ini dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: keragaman, hasil belajar, crossword puzzle
ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN Ridwan, Muhammad Habib; Mudiono, Alif
Wahana Sekolah Dasar Vol 25, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.839 KB) | DOI: 10.17977/um035v25i12017p001

Abstract

Abstrak: Penelitian ini untuk menganalisis nilai karakter dalam buku siswa tema indahnya kebersamaan kelas IV SD yang di dalamnya mencakup (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) santun, (5) percaya diri, (6) peduli, dan (7) tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen berupa lembar perekam data. Sumber data penelitian ini berupa buku tema ?Indahnya Kebersamaan di Kelas V SD?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan nilai karakter religius, percaya diri dan peduli sudah dilakukan dengan cukup baik. Sementara itu, nilai karakter jujur, disiplin, santun, dan tanggung jawab masih perlu dikembangkan. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis muatan nilai-nilai karakter pada tema-tema yang lain sehingga nilai-nilai karakter yang dikembangkan dapat teridentifikasi secara dengan jelas sesuai dengan nilai-nilai karakter yang dikembangkan.Kata kunci: nilai-nilai karakter, buku siswa SD, dan tematik terpadu.
Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar Ashari, Dona; Bintartik, Lilik; Mudiono, Alif
Wahana Sekolah Dasar Vol 27, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.334 KB)

Abstract

Learning Natural Sciences in Elementary Schools in the application of inquiry models that have not been maximized so that it requires teaching materials to make active and independent in learning science especially the material of heat transfer. The purpose of this study is to develop LKPD based on guided inquiry heat transfer material for class V in elementary schools. The research method uses R&D development according to Borg & Gall. The stages in the study consisted of 8 steps due to time limitations including: (1) potential & problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product trials, (7) product revisions, (8) trial use. The results of the material validation are 87% (very valid), 100% media validation (very valid), 100% language validation (very valid), 92% user validation (very valid), and 100% product trial (very practical). So it can be concluded LKPD is declared to be very valid and practically used in learning science. On the material of heat transfer. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dalam penerapan model inquiry yang belum maksimal sehingga memerlukan bahan ajar untuk membuat aktif dan mandiri dalam belajar IPA khususnya materi perpindahan kalor. Tujuan pada penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis guided inquiry materi perpindahan kalor untuk kelas V di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pengembangan R&D menurut Borg & Gall. Tahapan dalam penelitian terdiri atas 8 langkah karena keterbatasan waktu meliputi: (1) potensi & masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Hasil validasi materi 87% (sangat valid), validasi media 100% (sangat valid), validasi bahasa 100% (sangat valid), validasi pengguna 92% (sangat valid), dan uji coba produk 100% (sangat praktis). Sehingga dapat disimpulkan LKPD dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA.pada materi perpindahan kalor.