cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran" : 7 Documents clear
KESALAHAN BAHASA: SEBERAPA BANYAK KAITANNYA DENGAN SIKAP BAHASA? Saripudin, Agus
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesalahan dalam berbahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari terutama oleh pembelajar bahasa, baik seorang anak yang sedang belajar bahasa pertama maupun orang dewasa yang sedang belajar suatu bahasa kedua atau bahasa asing. Sering dikatakan bahwa salah satu faktor utama yang menyebabkan kesalahan dalam berbahasa Indonesia adalah sikap terhadap bahasa Indonesia. Pada kenyataannya, mereka yang bersikap positif pun terhadap bahasa Indonesia masih membuat sejumlah kesalahan. Menurut ahli, salah satu kelebihan dari orang yang memiliki sikap bahasa positif adalah kesadarannya akan kaidah bahasa. Sebagaimana kita amati, dalam keseharian berbahasa, ada dua bentuk atau struktur bahasa yang sama-sama lazim dan berterima di masyarakat, misalnya kalimat Guru menceritakan tentang kejadian itu dan Guru menceritakan kejadian itu. Ketika sedang menggunakan yang manapun dari keduanya, orang-orang awam atau orang pada umumnya tidak akan merasa bahwa ada yang salah dengan bahasa mereka. Akan tetapi, mereka yang bersikap lebih positif terhadap bahasa Indonesia, mungkin akan merasa penasaran tentang mana yang benar, dan akan mencari tahu baik dengan cara bertanya kepada ahli maupun dengan cara membaca buku tata bahasa. Dengan cara ini, kesalahan bahasa yang mereka buat tidak akan sebanyak kesalahan bahasa mereka yang bersikap “tidak mau tahu” dan “asal dipahami saja”.
APLIKASI KESANTUNAN BERBAHASA BERBASIS KARAKTER DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA PAUD DI KOTA PALEMBANG UNIVERSITAS SRIWIJAYA Oktarina, Santi; Sumarni, Sri; alwi, zahra
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul, “Aplikasi kesantunan berbahasa berbasis karakter Dalam Perangkat Pembelajaran pada PAUD di kota Palembang” ini bertujuan untuk mengaplikasikan hasil penelitian yang sudah diperoleh pada tahun pertama. Temuan hasil tahun pertama berupa deskripsi kesantunan berbahasa anak PAUD di kota Palembang yang sudah berbasis pendidikan karakter dan yang belum dan deskripsi strategi pemakaian bahasa anak PAUD yang berbasis pendidikan karakter. Keduanya disosialisasikan kepada guru PAUD di kota Palembang. Selain itu disusun perangkat pembelajaran berbasis karakter pada  PAUD melaui kolaborasi dengan para guru PAUD. Para guru pun diminta menyusun proposal PTK dan melaksanakan penelitian PTK, serta mensosialisasikan hasilnya pada seluruh guru PAUD di kota Palembang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru PAUD menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, lembar pengamatan, angket, tes, dan wawancara, dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini sangat bermanfaat, baik secara teroretis dan  praktis. Secara teoretis, penelitian ini dapat dijadikan sumbangan teori kesantunan berbahasa anak yang berbasis pendidikan karakter. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi guru PAUD dalam mengemas perangkat pembelajaran bahasa, khususnya dalam mengajarkan karakter santun anak-anak didiknya. Guru melaksanakan penelitian tindakan kelas menerapkan perangkat pembelajaran berbahasa yang berbasis pendidikan karakter.  
PERTANYAAN TERTUTUP SEBAGAI PERWUJUDAN PENGGUNAAN TINDAK TUTUR LANGSUNG DALAM GELAR WICARA DI TELEVISI INDONESIA Tressyalina, Tressyalina
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan bentuk kalimat bahasa Indonesia dengan berbagai modus turut andil menambah khazanah praktik berbahasa Indonesia. Oleh sebab itu, tulisan ini mendeskripsikan penggunaan tindak tutur langsung sebagai perwujudan dari tipe pertanyaan yang diajukan pewawancara-narasumber, khususnya pertanyaan tertutup. Semua tuturan yang berupa pasangan ujaran pewawancara-narasumber dikumpulkan melalui observasi partisipan tak langsung dan studi dokumen berupa hasil rekaman video audio-visual dari laman www.matanajwa.com Januari 2014—Maret 2014 yang telah diizinkan pihak  PT. Media Televisi Indonesia (Metro TV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pertanyaan tertutup yang dilakukan pewawancara sebagai penentu dalam penggunaan tindak tutur langsung, baik untuk menghendaki informasi berupa penegasan maupun penyebutan. Dengan demikian, penggunaan tindak tutur yang dimaksud dapat mengindikasikan adanya karakteristik dan modus tuturan dari pemakai bahasa dalam gelar wicara di televisi.
PENGEMBANGAN MODUL SASTRA INDONESIA BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS XI SMAN SUMATERA SELATAN Lidyawati, Yenni
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan modul sastra berbasis website yang valid dan praktis dan 2) menentukan efek dari modul sastra berbasis web pada aspek afektif dan kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Sumatera Selatan tahun akademik 2013/2014. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes untuk melihat kebutuhan siswa, mengamati sikap mereka terhadap modul berbasis web, dan untuk mengukur aspek kognitif mereka. Temuan penelitian ini adalah: 1) modul sastra berbasis web adalah sah dan praktis, 2) siswa terlibat aktif selama pelajaran digunakan modul sastra berbasis web; 3) modul berbasis web memiliki efek positif pada hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL MIND MAPPING KONSTRUKTIF IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA SMA NEGERI 19 PALEMBANG Ernalida, Ernalida; Ayob, Adenan
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif (MMKI) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMA Negeri 19 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Palembang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 4 yang berjumlah  28 orang dan kelas eksperimen kelas XI MIA 5 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis cerpen. Tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan menulis cerpen. Analisis data menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas kontrol terdapat rata-rata tes awal yaitu 52.32 dan tes akhir 59.13.Sementara itu, tes awal pada kelas eksperimen 63.71 dan tes akhir 73.89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan menerapkan model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif (MMKI) mempunyai pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.  Hal ini terbukti dari hasil uji t yaitu t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,00 > 1,999) dengan sig.0,05. Ini berarti bahwa MMKI dapat digunakan oleh guru-guru bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis cerpen.
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA KELAS MPK FKIP UNSRI PALEMBANG nurbaya, nurbaya; Mulyani, Sri Rarasati; alwi, zahra
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 1 Kelas Matematika  FKIP Unsri Palembang Menggunakan Pendekatan contextual teaching and learning ” ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia,  mahasiswa semester 1prodi Matematika MPK Bahasa Indonesia kelas Palembang. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan penilaian serta refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan  lembar pengamatan. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah: deskripsi perencanaan/silabus perkuliahan bahasa Indonesia yang dirancang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam perkuliahan bahasa Indonesia di MPK. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan motivasi mahasiswa dalam kuliah bahasa Indonesia, dan nilai yang diperoleh mahasiswa juga mengalami peningkatan.  Nilai rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan dari 66 menjadi 67, dan menjadi 81. Selain itu, mahasiswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, dari 11 orang menjadi 24 orang, dan menjadi 34 orang.
PERSEPSI GURU SMP, SMA, DAN SMK DI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR TERHADAP PENULISAN KARYA ILMIAH Supriyadi, Supriyadi; Kasmansyah, Kasmansyah; Masri, Ali; Ramadhan, Rahmat
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi guru SMP, SMA, dan SMK di  Kabupaten Ogan Komering Ilir tentang pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman guru menulis karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sampel penelitian adalah  guru SMP, SMA, dan SMK sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tentang  pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman guru menulis karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pemahaman guru  terhadap  penulisan karya ilmiah cukup rendah  (32%), pengetahuan guru tentang penulisan karya ilmiah (34%), guru mengaku kesukaran  menemukan topik-topik penelitian dalam penulisan karya ilmiah (76%),  guru mengaku kesukaran merumuskan masalah penelitian untuk menulis karya ilmiah (64%),  dan guru kurang berpengalaman menulis karya ilmiah (24%), baik dalam lingkup mata pelajaran ataupun di luar mata pelajaran yang diasuh. Hal ini membuktikan bahwa persepsi guru terhadap penulisan karya ilmiah termasuk kategori rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue