cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROSES DI KELAS V SEKOLAH DASAR Sumarwati Sumarwati
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.174

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis pada siswa sekolah dasar dengan menerapkan pendekatan proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses yang meliputi lima fase kegiatan menulis, dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis siswa sekolah dasar. Lima tahap tersebut adalah pramenulis, menulis, merevisi isi, mengedit bahasa, dan berbagi tulisan. Peningkatan ini ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah siswa yang termotivasi dan memiliki partisipasi yang sangat baik selama proses penulisan kreatif. Selain itu, peningkatan juga terlihat dengan semakin banyaknya siswa yang mencapai prestasi belajar menulis yang baik.Persentase siswa yang mendapat nilai 75 meningkat setiap siklusnya (45%, 70%, dan 75% masing-masing untuk Siklus I, II, dan III). Cara penerapan pendekatan proses yang efektif adalah(1) tahap prapenulisan melalui pemilihan dan pembatasan pedoman topik esai serta pedoman dalam penyusunan sketsa esai, (2) tahap penulisan dengan panduan untuk mengembangkan topik dalam sketsa esai menjadi paragraf untuk menghasilkan draft esai, (3) tahap revisi dan tahap penyuntingan dengan memberikan umpan balik tentang kesalahan pada konten esai dan kesalahan dalam tata bahasa serta dengan memberikan panduan tentang bagaimana meningkatkan konten dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, dan (4) ) tahap publikasi yang dicapai dengan memajang karya siswa di papan informasi.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS SINTAKSIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA Awalludin Awalludin
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks sintaksis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Metode penelitian ini adalah Research and Development. Subjek penelitian ini berjumlah 26 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner), wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan rumus uji t. Data uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil tes pada tes sintaksis dan ruang lingkupnya mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 53,46 menjadi 71,27 (selisih 17,81). Hasil tes kata sebagai satuan sintaksis menunjukkan nilai 52,81 menjadi 71,81 (selisih 19,00). Hasil tes frasa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 52,08 menjadi 69,00 (selisih 16,92). Hasil Tes klausa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 52,31 menjadi 70,27 (selisih 17,96). Selanjutnya, hasil tes kalimat menunjukkan nilai rata-rata 56,23 menjadi 73,88 (selisih 17,65). Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan adanya pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah sintaksis bahasa Indonesia.
PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA KARYAWAN FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG mulyati mulyati
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.176

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan prinsip kesantunanberbahasa yang digunakan oleh karyawan yang meliputi maksim kearifan,maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksimkesepakatan, dan maksim simpati di Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah teknik rekam dan teknik catat. Analisis data yangdigunakan adalah analisis proses pemaknaan. Data yang didapatkan melaluiproses observasi, perekaman dan catat kemudian dianalisis denganmenggunakan metode padan pragmatik dan metode agih. Adapun hasiltemuan dan analisis kesantunan berbahasa karyawan di Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang diperoleh 20data tuturan yang terdiri atas 3 tuturan maksim kearifan, 2 tuturan maksimkedermawanan, 3 tuturan maksim pujian, 3tuturan maksim kerendahan hati,5 tuturan maksim kesepakatan, dan 4 tuturan yang terkandung maksimsimpati serta dalam berkomunikasi antarkaryawan kesantunan berbahasasangat penting untuk diterapkan.
MENJADIKAN LEGENDA PUTRI PINANG MASAK SEBAGAI IDENTITAS DESTINASI WISATA Dian Susilastri
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.177

Abstract

Makalah ini membahas ‘Legenda Putri Pinang Masak’ Sumatera Selatan tersebut merupakan tempat ziarah karena diyakini sebagai makam Putri untuk dijadikan sebagai identitas destinasi wisata yang berlokasi di Desa Senuro, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Daerah Pinang Masak. Mengingat popularitas legenda tersebut, maka ‘Legenda Putri Pinang Masak’ sangat potensial dijadikan sebagai identitas untuk pengembangan Desa Senuro sebagai destinasi wisata. Dengan mengedepankan identitas tersebut, destinasi wisata itu akan memiliki keunikan sebagai daya tarik wisata. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini ada dua tahap. Pertama, analisis teks (cerita legenda) dengan hasil skenario representasi sebagai dasar pembentukan tema-tema destinasi wisata; kedua, metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threaths) sebagai alternatif saran bagi pembangunan destinasi wisata yang menghubungkan antara kenyataan di lapangan dengan skenario representasi. Hasilnya menunjukkan bahwa 'Legenda Putri Pinang Masak' dapat dijadikan sebagai sebuah identitas bagi Desa Senuro dalam pengembangan wisata dengan berbagai tema dan strategi.
KONTEKSTUALISASI TRADISI: PENJELAJAHAN AWAL MENUJU TEATER KONTEMPORER riyana riyana
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.178

Abstract

Teater Putih dan Teater Embrio, sama-sama berusaha mengeksplorasiteater kontemporer dengan menjadikan tradisi sebagai sumberpenciptaan lakon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estetikaTeater Putih dan Teater Embrio melalui naskah Memaling Anak Umatdan Satu Lawan Satu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdesktiptif yang menjadikan kata-kata dalam teks lakon sebagai datautama. Memaling Anak Umat dan Satu Lawan Satu merupakan lakonyang masih belum sepenuhnya menerapkan konsep garapan teaterkontemporer sepenuhnya. Kedua pertunjukan menjadikan tradisi hanyasebagai konten, sementara bentuk garapan pertunjukannya cenderungdipengaruhi oleh spirit modern, karena memposisikan tradisi sebagaisesuatu yang buruk (pada Memaling Anak Umat) dan perludikontekstualisasikan dengan tuntutan kehidupan modern (pada SatuLawan Satu).
PERBANDINGAN CITRA LAKI-LAKI DALAM NOVEL BUKAN RUMAHKU KARYA TITIS BASINO DAN NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Aranti Guslinda; Zahra Alwi; Nandang Heryana
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.179

Abstract

Perbandingan citra laki-laki dalam novel Bukan Rumahku karya Titis Basino dan novel Kartini karya Abidah El Khalieqy membahas citra laki-laki dalam hubungannya dengan Tuhan, alam, masyarakat, manusia lain, dan dirinya sendiri dengan menggunakan teori Oemarjati, dkk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan berupa persamaan dan perbedaan citra laki-laki dalam novel Bukan Rumahku karya Titis Basino dan novel Kartini karya Abidah El Khalieqy serta mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dan pendekatan objektif. Citra laki-laki yang muncul dalam novel Bukan Rumahku karya Titis Basino seimbang antara citra laki-laki baik dan citra laki-laki buruk, yaitu 4 citra laki-laki baik dan 4 citra laki-laki buruk. Namun, dari segi karakter yang paling dominan adalah karakter baik. Citra laki-laki yang muncul dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy lebih dominan citra laki-laki baik, yaitu tujuh citra laki-laki baik.
ANALISIS KEBUTUHAN BUKU TEKS SEJARAH SASTRA BERDASARKAN PENDEKATAN GENRE Santi Oktarina
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.180

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan buku teks Sejarah Sastra berbasis pendekatan genre yang efektif. Metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori Jolly dan Bollitho, Richard, dan teori Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dalam analisis kebutuhan ini adalah angket, telaah pustaka, wawancara, dan focus group discussion. Lokasi penelitian ini dilakukan di FKIP Unsri kampus Palembang dan kampus Inderalaya, pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data dari kuesioner dan tes, sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara, observasi, diskusi kelompok terpupun, dan dokumen. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kampus Palembang dan mahasiswa kampus Inderalaya, dosen pengampu mata kuliah sejarah sastra, dan dokumen yang berkaitan dengan Mata Kuliah Sejarah Sastra. Hasil penelitian menunjukkan Buku teks Sejarah Sastra yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen adalah buku teks yang mampu memberikan informasi tentang teori sejarah sastra yang maksimal, contoh-contoh karya sastra setiap periode, dan contoh analisis karya sastra secara langsung.
PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMP Zahra Alwi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v6i2.181

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini bertujuan membantu para guru agar dapat merancang, melaksanakan, dan melaporkan PTK sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru menulis dan meningkatkan profesionalitasnya, di samping untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah pelatihan dengan metode yang bervariasi, meliputi: ceramah, tanya jawab, diskusi, model, dan tugaskelompok, yang dilakukan secara integratif. Materi yang disampaikan meliputi konsep PTK, prosedur, manfaat, sistematika proposal disertai contoh, sistematika laporan, dan contoh makalah hasil PTK. Khalayak sasarannya adalah 23 guru yang tergabung dalam MGMP, kegiatan dilakukan di SMAN 1 Kota Pagar Alam, 19—21 Oktober 2019.Rancangan evaluasi menggunakan pretes dan postes. Hasil postes (71,40) lebih besar dari pretes (47,82), menunjukkan bahwa kemampuan peserta mengalami peningkatan setelah mendapatkan pelatihan, peserta sangat aktif dan antusias, mereka juga berhasil membuat proposal PTK yang akan ditindaklanjutinya di sekolah masing-masing, sehingga menghasilkan laporan yang dapat dibuat makalah atau artikel (ongoing). Peserta dan pihak Diknas berharap kegiatan serupa dapat berlanjut dan di masa mendatang perlu ada kerja sama dengan pihak FKIP Unsri.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue