cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA Ahmad Fatah; Suci Herwani
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.443

Abstract

ABSTRACK Laskar Pelangi (2008) is a film adapted from the novel Laskar Pelangi by Andrea Hirata. This film was directed by Riri Riza which was released on September 26, 2008. The screenplay was written by Salman Aristo. Laskar Pelangi film can be said to be an edutainment genre film because it conveys educational story messages that are packaged nicely. The film is also classified as a religious film because the background and values ​​presented are sourced from Islamic teachings. This research includes library research with a descriptive approach. Data sources are divided into two, namely primary data and secondary data. Primary data in the form of dialogue while secondary data in the form of supporting literature sources. Data collection techniques using documentation techniques. The data analysis technique is to analyze the contents of the dialogues of the characters. The problem raised is what character education values ​​are contained in the film Laskar Pelangi by Andrea Hirata and their relevance to commendable morals and human values. The expected goal is to analyze the values ​​of character education and their relevance to commendable morals and human values. The results showed that there were eight character education values ​​and their relevance to commendable morals and human values. The eight values ​​in question include tolerance, creativity, democracy, national spirit, respect for achievement, care for the environment, and social care. Keywords: Character Education Values, Praiseworthy Morals, Human Values
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI FILM DRAMA KOREA Sri Indrawati; Rice Astriani; didi suhendi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran menulis naskah drama melalui film drama Korea yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Terdapat lima langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Produk; dan 5) Revisi Produk. Dalam penelitian ini digunakan empat instrumen pengumpulan data yaitu wawancara, angket, observasi, dan lembar penilaian. Wawancara, angket dan observasi digunakan untuk menganalisis kebutuhan siswa dan guru sedangkan lembar penilaian digunakan untuk menguji kelayakan produk yang dihasilkan. Terdapat tiga aspek yang divalidasi yaitu kelayakan isi/materi, kelayakan media/desain, dan kelayakan kebahasaan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli/pakar diperoleh hasil 85,71% (sangat layak) untuk kelayakan isi/materi, 92,72% (sangat layak) untuk aspek kalayakan media/desain, dan 74,28% (layak) untuk aspek kelayakan kebahasaan.
NILAI MORAL DALAM NOVEL “NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI” KARYA MARCHELLIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMA Fachrurrozi Gumay; zahra alwi; Nandang Heryana
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.590

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) nilai-nilai moral dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P; (2) implikasi nilai-nilai moral dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P terhadap moral siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P. Subjek penelitian ini adalah aspek nilai moral yang terdapat dalam Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P. Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut. Hubungan manusia dengan tuhan terdiri dari: 1) 2 nilai berserah diri kepada Tuhan; 2) 3 nilai bersyukur kepada Tuhan; dan 3) 2 nilai memanjatkan do’a. Hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari: 1) 7 nilai kesabaran; 2) 2 nilai tanggung jawab; 3) 11 nilai pantang menyerah dan bekerja keras; 4) 8 nilai menerima kenyataan; 5) 3 nilai keikhlasan 6) 1 nilai percaya diri; 7) 4 nilai kesadaran diri; 8) 1 nilai kejujuran; 9) 2 nilai ketegasan dan teguh pendirian; 10) 5 nilai ketenangan dan jangan mempersulit diri sendiri; 11) 8 nilai optimis. hubungan manusia dengan manusia lain lingkup sosial terdiri dari: 1) 10 pemberian nasihat kepada manusia; 2) 5 peduli sesama; 3) 3 saling menghargai dan menghormati; 4) 5 tolong-menolong; dan 5) 3 berbuat baik. Implikasi nilai-nilai moral dalam novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P terhadap Moral Siswa SMA yaitu pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada kurikulum 2013 diformulasikan dengan kompetensi dasar antara bahasa dan sastra Indoneisa dengan seimbang. Dalam kurikulum 2013 untuk kelas X SMA/MA terdapat KD pembeljaaran sastra dengan menggunakan media novel. Hal tersebut tertuang dalam KD.3.9 mengidentifkasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca menentukan nilai-nilai kebahasaan cerita. Kompetensi dasar ini diajarkan pada semester ganjil kelas X.
MENTAL DISORDER TOKOH DALAM NOVEL LIKA LIKU LUKA KARYA SEPLIA DAN NOVEL SEPAYUNG BERDUA (KETIKA HUJAN MENATA) CINTA KARYA CHATREEN MOKO & HARDY ZHU Sonia Sonia
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i1.594

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sebab-sebab sosial-kultural dan psikologis timbulnya mental disorder tokoh dalam novel Lika Liku Luka Karya Seplia dan novel Sepayung Berdua (Ketika Hujan Menata Cinta) Karya Chatreen Moko & Hardy Zhu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengungkapkan permasalahan dalam novel ini yakni, dengan menggunakan teori psikologis Kartono. Data penelitian ini berupa kata-kata, frasa atau kalimat yang sesuai dengan konteks permasalahan dalam novel Lika Liku Luka karya Seplia dan novel Sepayung Berdua (Ketika Hujan Menata Cinta) Karya Chatreen Moko & Hardy Zhu. Adapun metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode deskripf kualitatif dengan pengumpulan data berupa teknik baca dan catat. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Lika Liku Luka karya Seplia dan novel Sepayung Berdua (Ketika Hujan Menata Cinta) Karya Chatreen Moko & Hardy Zhu. Teknik analisis data dilakukan dengan menjabarkan data sebab-sebab sosial-kultural dan psikologis timbulnya mental disorder sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian ini terdiri 6 dari 9 sebab-sebab timbulnya mental disorder diantarnya: 1) Overproteksi (perlindungan yang berlebih-lebihan) orangtua terdapat 8 data, 2) Anak yang ditolak (rejected child) terdapat 2 data, 3) Keluarga/rumah tangga yang berantakan (broken homes) terdapat 6 data, 4) Cacat jasmaniah terdapat 11 data, 5) Lingkungan sekolah yang tidak menguntungkan terdapat 1 data, 6) Meningkatnya aspirasi dan pengejaran kemewahan material terdapat 58 data. Jadi hasil dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa, sebab-sebab sosial-kultural dan psikologis timbulnya mental disorder yang paling banyak adalah meningkatnya aspirasi dan pengejaran kemewahan material.
Buku Elektronik Teori Sastra Berbasis Flash Flipbook Yenni Lidyawati; Akhmad Rizqi Turama; novritika novritika
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.596

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan buku elektronik Teori Sastra berbasis flipbook yang valid serta praktis dan menentukan efek dari bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia berbasis web pada aspek afektif dan kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 kelas Indralaya tahun akademik 2021/2022. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes untuk melihat kebutuhan siswa, mengamati sikap mereka terhadap modul berbasis web, dan untuk mengukur aspek kognitif mereka.Temuan penelitian ini adalah buku elektronik teori sastra berbasis flipbook adalah sah dan praktis.
KESALAHAN DALAM BERNALAR PADA KARANGAN MAHASISWA: ANALISIS ISI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA Hani Atus Solikhah; ernalida ernalida; zahra alwi; novritika novritika; khalidatun nuzula
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.597

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan dan mengetahui kesalahan dalam bernalar pada karangan argumentasi. Penelitian dilaksanakan terhadap mahasiswa Universitas Sriwijaya pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia, dengan subjek penelitan tentang kesalahan bernalar yang dilakukan mahasiswa semester 2 angkatan 2021 pada karangan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi. Sumber data penelitian adalah karangan argumentasi mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan nalar yang ditemukan hanya kesalahan yang disebabkan penggunaan bahasanya atau kesalahan informal. Kesalahan formaldan informal yang dijadikan acuan berdasarkan teori Hurley. Kesalahan formal tidak didapati. Kesalahan informal terdiri 18, yaitu appeal to the people, red herring, missing the point, accidence, hasty generalization, weak analogy, false cause appeal to ignorance, slippery slope, appeal to the author, amphiboly, begging the question, complex question, false dichotomy, suppressed evidence, division dan composition. Kesalahan nalar baru penulis namakan kesalahan kompleks. Jumlah kesalahan nalar yang ditemukan adalah 214. Jenis kesalahan nalar yang berfrekuensi paling tinggi adalah kesalahan amphiboly, sebanyak 23,14%, sedangkan yang paling rendah adalah kesalahan appeal to authority, accidence, composition, dan division, masing-masing 0,58% atau 1 kesalahan. Kesalahan nalar yang tidak ditemukan berjumlah lima, yaitu appeal to force, appeal to pitty, argumentum againts the person, straw man, dan equivocation. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa adanya kesalahan nalar menunjukkan bahwa penalaran memiliki peran yang sangat penting dalam karangan argumentasi. Permasalahan eksternal mengacu pada faktor mahasiswa itu sendiri, minimnya buku tentang penalaran, serta permasalahan pengajaran terkait pemahaman penalaran mahasiswa.
VARIASI BAHASA DALAM KONTRAKAN REMPONG PADA YOUTUBE WARINTIL OFFICIAL EPISODE 390-415 Kartina Kartina; Alia Alia
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan variasi bahasa pada Kontrakan Rempong YouTube Warintil Official Episode 390-415 dari Segi Penutur. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah mengklasifikasikan data, menganalisis data berdasarkan hasil klasifikasi, menginterpretasi hasil klasifikasi dan menarik kesimpulan Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik simak, dan teknik catat. Sumber data penelitian ini sebanyak 26 video pada bulan Oktober dan November 2021 episode 390-415 dari YouTube Warintil Official Berdasarkan deskripsi data penemuan hasil penelitian dan pembahasan variasi bahasa dari segi penutur para pemain Warintil Official di peroleh kesimpulan bahwa: varias bahasa dari segi penutur terbagi menjadi empat macam idiolek, dialek, kronolek dan sosiolek. a) Idiolek berkenaan dengan terdapat warna suara, pilihan kata, gaya bahasa, dan susunan kalimat. b) Dialek berkenaan dengan dialek peneliti menemukan 4 dialek yaitu dialek Medan, dialek Sunda, dialek Jawa, dan dialek Melayu, c) Kronolek berkenaan dengan penggunaan bahasa lama dilihat dari penkitian ditemukan 4 kata lama yaitu nek, kereta, ratu, dan bertapa. d) Sosiolek berkenaan dengan sosial peneliti menemukan 3 golongan sosial yaitu pendidikan sosial, jenis kelamin, dan pekerjaan, dan juga terdapat pengkelompokan sosiolek dengan 8 golongan yaitu akrolek, basilek, argot, jargon, koliak, slang, vulgar, dan ken. Dari uraian di atas simpulan terkait penelitaian ini peneliti menemukan keempat variasi bahan segi penutur yang ada di Kontrakan Rempong YouTube Warintil Official.
PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA: STUDI KASUS SISWA KELAS IV SD Khalidatun Nuzula; Ansori Ansori; Novritika Novritika; Akhmad Rizqi Turama
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v9i2.602

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi siswa yang memiliki masalah terkait dengan keterampilan berbicara diakibatkan oleh faktor-faktor tertentu yang menyebabkan anak tersebut mengalami kesulitan dalam belajar khususnya bahasa Indonesia, serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian Studi Kasus menggunakan pendekatan Open-Ended Problem. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD yang mengalami permasalahan berbicara. Terdapat enam langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) identifikasi kasus dengan cara observasi dan wawancara dengan orang-orang di sekitar siswa; (2) identifikasi masalah dengan cara menandai dan melokalisasi letak permasalahan yang dihadapi siswa tersebut; (3) diagnosis menggunakan lembar observasi, wawancara dan lembar penilaian keterampilan berbicara yang dikembangkan untuk siswa; (4) prognosis dengan menggunakan pendekatan Open Ended Problem; (5) remedial, yaitu upaya untuk melaksanakan perbaikan atau penyembuhan masalah yang dihadapi klien, berdasarkan keputusan yang diambil dalam langkah prognosis; dan (6) evaluasi untuk melihat bagaimana pengaruh tindakan bantuan (treatment) yang telah diberikan. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa terdapat adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan keterampilan berbicara siswa dan peningkatan yang dialami siswa setelah diberi treatment. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui aspek-aspek penilaian yang mencadi acuan kriteria penilaian berbicara antara lain aspek pemilihan kata, ketepatan ucapan, kelancaran, keberanian, kenyaringan, dan gerak-gerik/mimik yang meningkat dibanding sebelumnya. Penilaian aspek kebahasaan dan nonkebahasaan yang meningkat dari tahap presiklus yang awalnya sebesar 49,68 dan masuk kriteria “sangat kurang baik”, meningkat menjadi 69,58 atau “cukup”, hingga pada kegiatan yang dilaksanakan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,03 dalam kategori “sangat baik”.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue