cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2018): Agustus" : 7 Documents clear
Perbandingan Metode Fuzzy Inferensi Stukamoto Dan Sugeno Untuk Memprediksi Pemesanan Roti Jordan dwi marisa efendi; ferly ardhy ardhy
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.147

Abstract

PD Nur berkah jaya merupakan usaha dagang yang menjual berbagai macam jenis makanan terutama roti dengan nama roti jordan.Pd Nur Berkah jaya sangat membutuhkan permalan untuk menentukan jumlah permintaan dan pembelian barang untuk meningkatkan jumlah keuntungan dan menghindari terjadinya kelebihan dan kekurangan persediaan di gudang .peramalan atau prediksi yang digunakan adalah dengan membandingkan dua metode yaitu metode stukamoto dan sugeno dengan menggunakan sembilan rule untuk mentukan metode yang mana yang memiliki nilai MSE terendah.Berdasarkan perbandingan metode yang digunakan diketahui bahwa metode sugeno memiliki nilai MSE terendah dengan nilai mencapai 0,0176% Kata Kunci : Metode Stukamoto Dan Sugeno, MSE 
Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Masjid Istiqomah Berbasis Desktop Amarudin Amarudin; Agung Sofiandri
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.148

Abstract

Ikhtisar kas masjid adalah proses penyajian informasi yang merangkum atas transaksi kas yang dikelola masjid. Masjid Istiqomah adalah salah satu masjid yang mempunyai rangkuman atas transaksi kas yaitu kas masuk dan kas keluar. Pada masjid Istiqomah sering terjadi hilangnya data yang ada dalam rangkuman atau buku catatan. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu adanya penelitian yang dapat mempermudah dalam pendokumentasian dan pelaporan ikstisar kas masjid. Dalam penelitian tersebut dibuatlah rancangan aplikasi ikhtisar kas menggunakan metode prototype. Adapun dalam metode prototype tersebut dilakukan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Adapun dalam mendesain sistem yang dibangun menggunakan UML meliputi Use Case, Class Diagram, dan Activity Diagram. Berdasarkan hasil implementasi aplikasi ikhtisar kas tersebut didapatkan hasil bahwa aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat mendokumentasikan setiap transaksi ikhtisar kas serta dapat menampilkan laporan dengan baik.Kata Kunci : Perancangan, Implementasi, Aplikasi, Masjid Istiqomah, Ikhtisar Kas.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA KPRI ANDAN JEJAMA KABUPATEN PESAWARAN Damayanti Damayanti; Muhammad Yusuf Hernandez
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.152

Abstract

KPRI Andan Jejama adalah merupakan salah satu koperasi di Lampung yang bergerak di bidang jasa simpan pinjam. Seperti koperasi pada umumnya yang menerapkan sistem informasi penerimaan dan pengeluaran kas. Penerimaan kas pada KPRI Andan Jejama salah satunya berasal dari angsuran piutang anggota, sedangkan pengeluaran kas diantaranya pemberian pinjaman kepada anggota dan biaya oprasional kantor. Dalam proses penerimaan dan pengeluaran kas dibutuhkan dokumen awal yang digunakan yaitu dokumen yang berisi tentang data anggota dan data karyawan. Bagian bidang keuangan bertugas untuk mencatat data anggota yang ingin melakukan penyetoran pinjaman dan mencatat bukti kas masuk serta membuat jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas perbulan menggunakan microsoft excel. Kemudian diserahkan kepada bagian bidang pembukuan untuk dicatat dalam buku besar. Penyimpanan bukti penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas belum menggunakan database management system. Hal tersebut menjadi kendala ketika pencarian data saat dibutuhkan karena dokumen tersebut ditumpuk sehingga penyampaian informasi yang dibutuhkan oleh bagian bidang pembukuan dan pimpinan seringkali mengalami keterlambatan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI Andan Jejama dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterffal. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada tahap requirement analysis dan defenisi melakukan analisis kebutuhan sistem. Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI Andan Jejama. Sehingga membantu memudahkan karyawan dalam pengelolaan data penerimaan kas dan pengeluaran kas, mempercepat dalam penyajian laporan dan mempermudah dalam proses pencarian data kas masuk dan kas keluar pada KPRI Andan Jejama Kabupaten Pesawaran.
Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Piutang Usaha untuk Menyajikan Pernyataan Piutang (Open Item Statement) Pada PT Chandra Putra Globalindo Heni Sulistiani; Retno Triana; Neneng Neneng
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.97

Abstract

Piutang merupakan aktiva lancar yang sangat penting perputarannya dalam kegiatan usaha. PT Chandra Putra Globalindo merupakan salah satu perusahaan dagang yang menyalurkan pupuk pestisida ke berbagai kantor atau toko di Propinsi Lampung. Kendala yang dihadapi dalam proses pengelolaan piutang usaha pada PT Chandra Putra Globalindo yaitu dalam pembuatan laporan pernyataan piutang masih dilakukan dengan cara posting manual satu persatu untuk setiap debitur. Untuk itu diperlukan pengelolaan piutang yang efektif agar dapat terjaga keamanannya dan dapat menghasilkan informasi yang akurat serta jumlah dana yang diinvestasikan di dalam piutang tidak mengganggu aliran kas sehingga perusahaan dapat mencapai laba maksimal yang diharapkan.Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem yang digunakan untuk pengelolaan data piutang agar dapat melakukan pengelolaan data pengguna, pengelolaan data barang, mencetak rincian daftar barang, pengelolaan data daftar pelanggan, pengelolaan data pesanan, pengelolaan data retur, pengelolaan transaksi penerimaan dan pelunasan piutang serta berdasarkan data yang tersimpan dalam database dapat menghasilkan laporan penjualan dan laporan faktur yang belum lunas (open item statement). Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan Standar ISO 9126-1.
PERANCANGAN MONITORING PRESTASI AKADEMIK DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (STUDI KASUS SMA N 1 KALIREJO) Suaidah Suaidah; Irvan Sidni
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.154

Abstract

Sekolah saat ini adalah prioritas utama bagi pihak orang tua agar anak-anaknya dapat menuntut ilmu dan menjadi anak yang cerdas, pintar dan berbakti kepada orang tua dan dapat membanggakan nama baik keluarga maupun bangsa, namun saat ini kondisi pendidikan yang ada di Indonesia khususnya di tempat pedalaman atau tempat-tempat yang jarang dapat perhatian oleh pemerintah mengalami kemunduran bagi sarana dan prasarana dan kurangnya pemanfaatan teknologi sekarang ini, sehingga harus dilakukan perubahan agar dapat memanfaaatkannya dengan baik.                     Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah pada penelitian ini adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall serta perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language): Usecase Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram, sedangkan untuk bahasa pemrograman menggunakan PHP, aplikasinya dreamweaver dan MySQL sebagai database Monitoring.Perancangan Monitoring prestasi akademik dan aktifitas siswa berbasis web  dapat memudahkan guru, orang tua  dalam mengetahui informasi nilai si anak dengan cara membuka website Perancangan Monitoring Prestasi Akademik dan Aktifitas Siswa.Kata Kunci : Monitoring Web, UML, Metode Waterfall
EDUCATION DATA MINING UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK BELAJAR UJIAN NASIONAL DI SMK Ninik Tri Hartanti
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.123

Abstract

Pengayaan materi untuk materi ajar merupakan salah satu persiapan siswa untuk menempuh ujian nasional. SMK Syubbanul Wathon Magelang dalam menerapkan langkah ini hanya dengan melihat nilai rapor  semester 1 sampai dengan semester 5, sehingga proses pengelompokan kemampuan siswa untuk pengayaan materi ajar di SMK SW masih belum maksimal. Oleh karena itu,untuk menambah keakuratan data maka diperlukan data nilai tambahan yaitu berupa tes tulis sesuai dengan kemampuan siswa.  Metode K-means clustering digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Data yang digunakan untuk pengelompokan kemampuan siswa ini adalah data rapor semester 1 sampai dengan semester 5 dan nilai tes tulis, sehingga akan terbentuk kelompok belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa,. Penelitian ini menghasilkan proses K-Means sebanyak 6 kali, dan jumlah siswa untuk kelompok IND cluster 1 terdapat 24 siswa, cluster 2 terdapat 43 siswa, dan cluster 3 terdapat 44 siswa, dan untuk  kelompok ING cluster 1 terdapat 131 siswa, cluster 2 dan cluster 3 tidak ada siswa, kelompok MAT cluster 1 terdapat 7 siswa, cluster 2 terdapat 114 siswa, dan cluster 3 tidak ada siswa, kelompok MM cluster 1 dan cluster 3 tidak ada siswa, tetapi cluster 2 terdapat 120 siswa, kelompok PAI cluster 1 terdapat 31 siswa, cluster 2 terdapat 36 siswa, dan cluster 3 terdapat 21 siswa, kelompok PPKN cluster 1 dan cluster 2 tidak ada siswa, tetapi cluster 3 terdapat 100 siswa, selanjutnya kelompok KKPI cluster 1 terdapat 30 siswa, cluster 2 terdapat 50 siswa, dan cluster 3 terdapat 42 siswa. 
PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION WEBSITE START-UP KAOSYAY Faruk Ulum; Rinaldi Muchtar
Jurnal Tekno Kompak Vol 12, No 2 (2018): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v12i2.156

Abstract

Pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk menghadapi intensitas tantangan yang semakin berat, perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dituntut berfikir kreatif untuk menemukan berbagai terobosan strategi yang mampu menciptakan sinergi yang memberikan kontribusi optimal bagi pencapaian tujuan perusahaannya. Oleh karena itu, maka penting diadakannya penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan situs berbelanja online kaosyay.com Penelitian ini dilakukan untuk mengukur penilaian pelanggan terhadap variabel e-service quality dan e-customer satisfaction. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variabel e-service quality dan e-customer satisfaction. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kausal. Item kuesioner yang digunakan sebanyak 28 item. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada pengguna dari situs berbelanja online kaosyay.com yang telah mengakses kaosyay dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang ditentukan dengan metode nonprobability purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer satisfaction. Adapun saran bagi perusahaan adalah dengan meningkatkan e-service quality baik dari segi manajemen dan infrastruktur, lebih memperhatikan proses pelayanan kepada pelangggan, dan meningkatkan pelayanannya. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat menyempurnakan dengan teori dan data yang lebih baik dan penelitian tidak hanya pada sektor e-commerce tapi juga pada bidang bisnis berbasis teknologi lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7