cover
Contact Name
Safira Permata Dewi
Contact Email
saphire2687@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpb@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557192     EISSN : 26139936     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 articles for each issue. We accept scientific articles for the field of Biology Education and Biological Studies in learning.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 6 Documents clear
STUDI MORFOMETRIK IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN KAWASAN TELUK MAUMERE Sukarman Hadi Jaya Putra; Esterlia Da Costa
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i2.13974

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ukuran tubuh ikan hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan morfometrik dan  meristik di sepanjang teluk Maumere. Beberapa jenis ikan memiliki ukuran morfometik dan meristik yang berbeda-beda. Penelitian dilakukan disepanjang teluk Maumere dengan titik pengambilan sampel yaitu Kelurahan Wuring meliputi Nanghure dan Wuring,  Kelurahan Kota Uneng, Kelurahan Beru, dan Desa Watumilok(Waipare). Sampel yang diambil disetiap titik ialah ikan hasil tangkapan dari tiga nelayan yang ada di masing-masing titik pengambilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran morfometrik yang paling besar adalah ikan bengkumis yaitu dengan panjang total (PT) 50 cm dan lebar badan (LB) 15,53 cm. Ikan yang paling kecil ialah ikan selar yaitu 13,8 cm (PT), 7,96 cm (LB). Adapun meristik dari ikan yang diperoleh bervariasi tergantung dari ikan yang ditangkap. Jenis ikan hasil tangkapan nelayan yang tersebar di Teluk Maumre ialah 8 jenis ikan , yaitu ikan batu, ikan selar, ikan bengkumis, ikan tongkol, ikan meda, ikan layang, dan ikan mertasi.
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK KELAS VIII.A SMP NEGERI 19 TANJUNG JABUNG Rina Rozana; Hotmaida Hotmaida
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i2.13656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check di SMP Negeri 19 Tanjung Jabung. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan proses tindakan dan satu kali evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa instrumen non tes berupa lembar observasi, catatan harian, angket sebelum dan sesudah siklus, tes tulis berupan ulangan harian akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, di mana rata-rata hasil ulangan akhir pra siklus  adalah 74,03 yaitu dengan persentase ketuntasan 55,17 % sementara rata-rata akhir hasil akhir siklus I adalah 77,1 atau dengan persentase ketuntasan yaitu 62,07 % atau mengalami peningkatan 6,9 % dan pada siklus II mencapai 89.66 % yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 26 siswa dari 29 siswa atau mengalami peningkatan 27,59 %, yang berarti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
VALIDASI TERHADAP KELAYAKAN PRODUK VIRTUAL LABORATORIUM PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MATERI PENCEMARAN AIR Elvira Destiansari; Susy Amizera; Zainal Arifin
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v8i1.14314

Abstract

This study aims to explain the results of the validation of the feasibility of virtual laboratory products in practicing water pollution materials. This research is a descriptive research and is also part of the development of a virtual laboratory on water pollution which consists of a preliminary study stage, a research planning stage and a product development stage. In this study, the data used were data at the develop preliminary product stage, namely product validation data. The results of material validation include 80.00% (sufficient) in the first validation and 88.57% (valid) in the second validation. The results of display validation include 77.14% (sufficient) in the first validation, 80.00% (sufficient) in the second validation, and 94.28% (valid) in the third validation. The results of language validation include 80.00% (sufficient) in the first validation and 93.33% (valid) in the second validation. Based on these results, the results of virtual lab development on water pollution material based on the results of material validation, appearance, and language constructs by a team of experts are categorized as valid and can be used for further processing.
EXPLORATION OF MANGROVE ECOSYSTEM AMONG TEACHER TRAINEES THROUGH INQUIRY Norazizah Abdul Rahman; Noor Ashikin Mohd Yusop; Ilyana Afiera Mohd Azaman
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i2.11993

Abstract

This study aims to explore the 5E elements mastered by trainee teachers in the exploration of mangrove swamp ecosystem through inquiry method in Mangrove Forest, Johor. The research participants of this qualitative case study was involved two teacher trainees from Institute of Teacher Education Technical Education Campus Study. The research data were obtained through observations, documents and unstructured interviews. The findings showed  that trainee teachers have high curiosity, acquire 'big ideas' on the issues studied, able to solve problems, build new ideas that are more diversified and structured. Meanwhile, build and apply new science concepts in new situations. The results of the evaluation of drawings, writing and peers showed that the level of knowledge of trainee teachers increased after the process of exploration. In conclusion, this study may serve a guide in exploration activities at real field sites through inquiry-based learning for enhance scientific knowledge and concepts towards the growth of environmentally-smart citizen.
PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) Safira Permata Dewi; Kodri Madang; Didi Jaya Santri; Ermayanti Ermayanti; Lucia Maria Santoso
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v8i1.13172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan video pembelajaran dalam pembelajaran dalam jaringan yang berlangsung selama pandemic Covid-19. Data dihimpun dengan menggunakan metode penelitian survey dengan memberikan kuesioner yang diberikan kepada sampel penelitian. Sampel penelitian pada penelitian ini berjumlah 31 orang guru di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil survey menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, guru-guru SMK Tri Dharma lebih sering menggunakan aplikasi Whats app dan Google Classroom. Hal ini dapat disebabkan karena masih minimnya pelatihan pembelajaran daring yang didapatkan oleh guru-guru. Dan hanya 5 dari jumlah responden menunjukkan telah mengaplikasikan moodle dalam proses pembelajaran. Pengaplikasian video pembelajaran sendiri masih telah digunakan oleh 18 orang guru walaupun masih didominasi oleh video pembelajaran yang diambil dari Youtube, bukan membuat sendiri. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam membuat video pembelajaran lebih disebabkan karena fasilitas yang tidak mendukung dan pengetahuan pembuatan video pembelajaran yang masih sangat kurang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang memberikan pengetahuan dan keteranpilan kepada guru-guru untuk membuat dan mengedit video pembelajarannya sendiri untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.
MENGUKUR KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Fajar Okta Widarta; Fajri Fajri; Nursafiah Nursafiah
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i2.13265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru serta menemukan metode alternatif untuk mengukur penguasaan keterampilan dasar mengajar tersebut pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala Gayo Lues yang memprogram mata kuliah pengajaran mikro. Aspek keterampilan dasar mengajar yang dianalisis meliputi keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan keterampilan mengelola kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar performance assessment dengan cara menganalisis video praktik mengajar mahasiswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa secara umum berada pada kategori baik. Menganalisis video praktik mengajar menggunakan lembar performance assessment dapat menjadi alternatif untuk mengukur penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pada masa pandemi Covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 6