cover
Contact Name
JPPM
Contact Email
jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal_pls@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Palembang-Prabumulih, Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557370     EISSN : 26851628     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan nonformal di Indonesia . Masalah yang dibahas meliputi topik, (1) Pendidikan Berbasis Masyarakat: melek huruf, kesetaraan, kursus, pelatihan, keterampilan hidup, konseling komunitas, pemberdayaan masyarakat, pekerjaan sosial; (2) Pendidikan Berbasis Keluarga: pengasuhan anak, pendidikan anak usia dini, kelompok bermain, homeschooling.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT" : 9 Documents clear
PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GASSEBO KABUPATEN KENDAL Sri Wahyuni; Joko Sutarto
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8275

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran kursus menjahit serta faktor pendorong dan penghambat dalam pembelajaran kursus menjahit di LKP Gassebo Kendal. Desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Wujud data tentang subjek penelitian, yaitu 1 pengelola, 1 instruktur menjahit, dan 4 peserta didik kursus menjahit. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa proses pembelajaran ada tiga tahap, yaitu perencanaan yang sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan, pelaksanaan berpedoman pada tujuan dan materi belajar dengan metode teori dan praktik, evaluasi dilaksanakan ketika pembelajaran berlangsung dan akhir pembelajaran kursus menjahit. Faktor pendorong dalam pembelajaran, yaitu kemauan belajar peserta didik, instruktur, sarana dan prasarana serta biaya. Faktor penghambat dalam pembelajaran, yaitu keberagaman dan keterlambatan peserta didik serta tempat praktik yang kurang luas.
HASIL PELATIHAN KERAJINAN TANGAN AKRILIK PADA IBU RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TUT WURI HANDAYANI PALEMBANG) Futhri Mardhatillah; Azizah Husin; Didi Tahyudin
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelatihan kerajinan tangan akrilikpada ibu rumah tangga dan faktor pendukung dan penghambat hasil pelatihan kerajinan tangan akrilik. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil pelatihan kerajinan tangan akrilik pada ranah kognitif ialah belum adanya dari ke lima responden mendapatkan pengetahuan mengenai arti kerajinan tangan akrilik, sedangkan pada ranah kognitif adanya pemahaman kegunaan alat dan bahan kerajinan tangan akrilik dan ke lima responden memahami dan mengerti penerapan (aplikatif) berfikir pada tehnik dan rumus kerajinan tangan akrilik. Dan dari ke lima responden belum ada yang mengembangkan jenis dan model kerajinan tangan akrilik dengan kreatifitasnya setelah mengikuti pelatihan kerajinan tangan akrilik. Kemudian pada ranah afektif adanya dorongan minat dari dalam dan luar responden dilihat dari keberminatan, tujuan berpartisipasi, kepuasan tersendiri dan dua responden yang telah menerapkan hasil belajarnya dari kerajinan tangan akrilik. Sedangkan ranah psikomotorik hanya tiga responden yang telah bertambah ketelitian dalam penglihatan, karena sering menghitung manik-maniknya berulang-ulang dan fokus sehingga semakin bertambahnya kemampuan ketelitian dalam membuat suatu kerajinan tangan akrilik. Adanya peningkatan hasil pelatihan kerajinan tangan akrilik dari yang belum terampil menjadi terampil dan pada ranah psikomotorik ke lima responden hanya bisa mencapai tahapan menengah yaitu materi pada tahapan menengah ini ialah materinya membuat jenis dan model wadah tisu, wadah aqua, bunga dan vas bunga. Faktor pendukung meliputi lingkungan belajar seperti interaksi sosial antar teman dan tutor dan sehingga menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan dan menggairahkan dan faktor penghambat ialah faktor fisiologis yaitu penglihatan dan psikologis berupa ingatan/lupa. Saran pada pihak lembaga PKBM Tut Wuri Handayani lebih memerhatikan manajemen pembelajaran terlebih dahulu sehingga hasil belajar dari pembelajaran di pelatihan dapat sesuai dengan tujuan pelatihan.
LAYANAN PEKERJA SOSIAL DI PANTI TERATAI KOTA PALEMBANG Bella Melinda; Azizah Husin; Evy Ratna Kartika Waty
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Layanan Pekerja Sosial di Panti Teratai Kota Palembang untuk mengetahui pelayanan yang diberikan pekerja sosial terhadap Lansia meliputi pelayanan makanan, pelayanan kesehatan, pelayanan keagamaan, pelayanan sosial dan pelayanan keterampilan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data yang diperoleh dalam bentuk data primer dan skunder. Dalam menentukan key informan peneliti dimana informasi atau data yang dikumpulkan dengan memilih subjek peneliti yang di anggap berkompeten untuk menjadi sumber data, diantaranya Kepala Panti sosial Teratai Palembang, staf pekerja sosial dan Lansia sebagai subjek peneliti yang tinggal dipanti serta masih aktif dalam mendengar, berbicara dan bersosialisasi terhadap peneliti. Dari hasil penelitian dan simpulan dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan sudah cukup baik, didalam pelayanan makanan, pelayanan keagamaan, pelayanan sosial, pelayanan keterampilan. Sedangkan untuk permasalaahan yang menonjol dalam pelayanan panti adalah pelayanan kesehatan dikarenakan petugas panti tidak ada yang dari ahli medis atau dokter.
PROSES PENDAMPINGAN ANAK SOSIOPATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MORAL DAN SOSIAL EMOSIONAL (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Indralaya) Yeri Setiawan
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8276

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendampingan anak sosiopatik di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Indralaya. Subjek dalam penelitian ini merupakan 2 orang pembina panti dan 4 warga binaan yang sedang menjalankan proses pendampingan. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan ialah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pendampingan anak sosiopatik di Panti Sosial Marsudi Putra Dharamapala Indralaya meliputi tahap orientasi, tahap asesmen, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap terminasi. Adapun materi bimbingan yang diajarkan diantaranya bimbingan mental dan agama, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan, dan bimbingan ekstrakulikuler. Pelayanan yang diberikan yaitu pelayanan sandang pangan berupa alat kebutuhan belajar, kebutuhan makan sehari-hari dan pakaian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pendampingan anak sosiopatik di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Indralaya sudah cukup baik karena dalam menjalankan proses pendampingan terhadap warga binaan dilakukan pendekatan individu agar warga binaan merasa baik dan nyaman berada didalam panti selama proses rehabilitasi sosial.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGIKUTI KEGIATAN POSYANDU MAWAR DI KECAMATAN INDRALAYA OGAN ILIR Sari Puspita; Evy Ratna Kartika Waty; Azizah Husin
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8282

Abstract

Partisipasi masyarakat serta minat masyarakat dalam memanfaatkan Posyandu masih rendah, hal ini menjadi salah satu masalah yang menghambat terlaksananya pelayanan kesehatan melalui Posyandu. Keikutsertaan masyarakat dapat mempengaruhi keberlangsungan program Posyandu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam hal ini menyangkut layanan ibu yang memiliki balita, ibu hamil dan Lansia dalam kegiatan Posyandu Mawar di Kelurahan Indralaya Mulya Kecamatan Indralaya Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara deskriptif. Tingkat partisipasi ibu yang memiliki balita adalah tinggi karena sebagian ibu yang memiliki balita sudah memiliki kesadaran akan pentingnya keberadaan Posyandu dalam meningkatkan dan memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Tingkat partisipasi ibu hamil adalah sedang, karena masih ada ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilannya ke Bidan, dikarenakan kegiatan Posyandu Mawar yang hanya dilaksanakan satu bulan sekali. Tingkat partisipasi Lansia adalah sedang, karena hanya sebagian dari Lansia yang ikutserta dalam kegiatan Posyandu dan melakukan pemeriksaan kesehatannya ke Posyandu Mawar.
MOTIVASI PEREMPUAN MENGIKUTI PELATIHAN SENAM AEROBIK DI SANGGAR SENAM SANTA ANNA SEMARANG Sholihatun Sholihatun; Liliek Desmawati
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8272

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan motivasi perempuan mengikuti pelatihan senam aerobik di Sanggar Senam Santa Anna Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana data yang dianalisi di dalamnya berbentuk deskriptif serta tidak berbentuk angka. Lokasi penelitian di Sanggar Senam Santa Anna Semarang. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumetasi. Subjek penelitian 5 peserta pelatihan senam aerobik, 3 Instruktur Senam, dan 1 pengelola. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data melalui reduksi data, display data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi perempuan mengikuti pelatihan senam aerobik ada 2 yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik meliputi: kebutuhan, harapan, dan minat. Sedangkan faktor ekstrinsiknya yaitu: dorongan keluarga dan lingkungan Sanggar Senam. Faktor pendukung motivasi perempuan mengikuti pelatihan senam aerobik yaitu lokasi sanggar yang strategis, biaya relatif murah, sarana dan prasarana, pelayanan yang diberikan, dan instruktur senam yang berpengalaman. Faktor penghambatnya adalah musim yang berubah-ubah, serta susahnya membagi waktu.
FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH JENJANG SMP DI KELURAHAN TALANG BETUTU KOTA PALEMBANG Merista Desiliani; Didi Tahyudin; Imron A Hakim
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8283

Abstract

Seiringnya perkembangan zaman, banyak kalangan remaja yang mulai putus sekolah dari jenjang SMP hingga SMA yang sering terjadinya putus sekolah, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab anak putus sekolah jenjang SMP di Kelurahan Talang Betutu Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan angket dan wawancara. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 55 orang yakni sesuai dengan jumlah siswa putus sekolah di SMP Kelurahan Talang Betutu Kota Palembang. Dari analisis hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab siswa putus sekolah di SMP Kelurahan Talang Betutu Kota Palembang adalah sebagian besar dikarenakan faktor lingkungan bermain, hal ini terbukti (80%). Sedangkan faktor berikutnya adalah faktor ekonomi merupakan faktor penyebab kedua yakni (52,72%). Faktor perhatian orangtua menyebabkan penyebab ketiga yang mendorong terjadinya putus sekolah (43,63%). Sementara faktor kemampuan siswa dalam belajar menempati urutan keempat yang menjadi siswa putus sekolah (36,36%). Disarankan kepada orangtua siswa, agar dapat mengutamakan kepentingan pendidikan anak – anaknya dan berusaha supaya jangan sampai anaknya berhenti sekolah demi masa depan mereka.
VALIDASI TES BUATAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN Evy Ratna Kartika Waty
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8273

Abstract

Validasi tes buatan guru merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Kajian ini bertujuan menilai tes buatan guru Ujian Sekolah (US) bentuk pilihan ganda berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, indeks diskriminasi, efektivitas distraktor. Menilai kompetensi guru dalam membuat Ujian Akhir Sekolah (UAS) Subjek kajian meliputi 60 guru yang mengajar US. Hasil kompetensi tes buatan guru dapat dinyatakan bahwa sebagian besar tes buatan guru mempunyai kriteria  validitas masih cukup sebesar 58 persen dan sudah 42 persen yang mempunyai kualitas tinggi. Kajian ini diharapkan memberi informasi yang berguna untuk pembentukan lembaga penjamin mutu yang menjaga kualitas tes semua jenjang sekolah di seluruh Indonesia.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KECAKAPAN HIDUP DI PKBM HARAPAN KECAMATAN TANJUNG RAJA OGAN ILIR Rayjif Priatna
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Vol 5, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppm.v5i2.8284

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan menjahit yang dilihat dari aspek pengetahuan, keterampilan, sikap mental, pekerjaan dan penghasilan. Penelitian menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Sampel penelitian adalah lulusan dari kursus menjahit tahun 2012 berjumlah 14 orang. Teknik sampel menggunakan purposive sampling adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dari data hasil penelitian bahwa masyarakat lulusan program kecakapan hidup dalam bentuk menjahit di PKBM Harapan sudah mendapatkan kebermanfaatan program tersebut sesuai aspek yang telah dilihat. Maka dapat disimpulkan bahwa program kecakapan hidup dalam bentuk menjahit di PKBM Harapan sangat memberikan  manfaat kepada lulusan program ditunjukan dengan pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang di dapat dan penghasilan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9