cover
Contact Name
Maltha Kharisma
Contact Email
psrunp@gmail.com
Phone
+6282284572574
Journal Mail Official
maltha.kharisma@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Padang Fakultas Bahasa dan Seni Departemen Seni Rupa Jl. Prof Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Serupa : The Journal of Art Education
ISSN : -     EISSN : 23023236     DOI : https://doi.org/10.24036/stjae
Core Subject : Education, Art,
Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan mempromosikan pengetahuan di bidang yang muncul dan berkembang dalam studi pendidikan dan seni rupa. Bahasa naskah bisa dalam bahasa Indonesia. Harus ada diskusi kritis tentang masalah dan kontribusi baru dan signifikan untuk bidang terkait. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut: Pendidikan seni rupa, Seni Rupa, Kriya, Seni Grafis, Seni Patung, Seni Lukis, Seni Ukir Kayu,.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 4 (2022)" : 9 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MATERI SENI RUPA DI KELAS XI MAN 1 MUKOMUKO rahmat efendi; ernis ernis
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118560

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan guna mengetahui, faktor-faktorryangimempengaruhi motivasiidan hasil belajarrseni rupa siswa,pada mata pelajaran seni budaya, materi seni rupa di kelas XI MAN 1 Mukomuko, analisis dilihatidari faktorrinternal,dan eksternal yang mempengaruhi motivasi,idan hasilibelajar seniirupa. Subjek dari penelitian inii adalah siswa kelas XI dani guru yang mengajar mata pelajaraniseni budaya, materiaseni rupa di kelas XI MAN 1,Mukomuko. Jenis penelitiani ini adalah: penelitiani deskriptif kualitatif, Pengumpulan.data,yangidigunakan,adalah metodeiobservasi, wawancara danndokumentasi..Analisis datappenelitian, ini menggunakan teknik model Miles dan Huberman (1984) danipengecekan keabsahanidata,penelitian ini,menggunakan prosedur,triangulasi. Berdasarkan hasili observasi, wawancara dan dokumentasi, diketahui faktor-faktori yang mempengaruhi,motivasi dan hasilibelajar siswa di MAN 1 Mukomuko terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: Faktor, Motivasi, Hasil, Seni Rupa
KAJIAN MOTIF, FUNGSI DAN MAKNA SONGKET PETOK PASAMAN SUMATRA BARAT Azumal Al Manru; Efrizal Efrizal
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Motif, Fungsi Dan Makna Songket Petok Pasaman Sumatra Barat. Penelitian ini berlokasi di Petok Pasaman, Sumatra Barat dengan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan pengamatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian tentang Kajian Motif, Fungsi dan Makna Songket Petok Pasaman Sumatra Barat adalah nama-nama motif songket Petok, fungsi songket Petok sebagai pelindung tubuh manusia dari cuaca, serta makna dari motif songket Petok equator di ranah minang khususnya Pasaman. Kata Kunci : Motif, Fungsi, Makna, Songket
RE-DESIGN INTERIOR “SAVA KOFFIE” DENGAN KONSEP MODERN MINIMALIS Mohan Kurniawan; Heldi Heldi
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118636

Abstract

Ketersediaan coffee shop haruslah menyediakan fasilitas yang aman, nyaman, dan keestetikan tampilannya, serta dapat memberikan penikmat kopi daya tariknya, namun Sava Koffe belum menerapkannya. Faktor penyebab ketidaknyamanan adalah pengunjung mengeluh dengan ruangan yang panas, furnitur yang kurang ergonomis dan tata letak furnitur yang sempit. Untuk itu diadakan kembali Re-Desain Interior Sava Koffe dengan menggunakan konsep modern minimalis. Tujuan perancangan ulang coffee shop sava koffie adalah pengunjung akan mendapatkan suasana yang lebih nyaman aman dan estetis untuk mendukung semua kegiatannya.Perancangan Sava Koffie mengacungkan modern minimalis sebagai penerapan konsep elemen standar ruang, diantaranya adalah pencahayaan, penghawaan, dinding, lantai, dan plafon, bahkan fasilitas lengkapnya ketika di dalam Sava Koffie agar pengunjung merasa nyaman berada dalam ruangan.Metode penciptaan pada karya desain interior coffee shop modern minimalis ini menggunakan metode perancangan beberapa langkahnya, yaitu:1._Define (pendefinisian)_2._Design(perancangan)3._Develop(pengembangan):4.Disseminate(penyebaran). Inti karya ditampilkan yaitu rancangan kembali.Re-Desain.interior Sava Koffe dengan dua lantai yang mempunyai luas 17,952 m2 dan video animasi.
AKTIVITAS PETANI PADI DALAM KARYA SENI LUKIS EKSPRESIONIS Sepri Yanto; Lisa Widiarti
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118522

Abstract

Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk memvisualisasikan aktivitas petani padi dalam seni lukis ekspresionis. Profesi petani sangat dikenal dalam masyarakat karena jasa petani kita bisa memperoleh bahan pangan terutama padi merupakan tanaman budidaya penghasil beras yang memegang peranan penting dalam kehidupan ekonomi, hal ini menjadikan sumber ide penciptaan dan pokok permasalahan bagi penulis untuk melahirkan sebuah karya seni lukis ekspresionis. Selain itu karya ini bertujuan untuk mengenalkan fenomena sosial tentang aktivitas petani padi selama proses bercocok tanam. Metode penciptaan karya menggunakan lima tahap yaitu persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep, dan penyelesaian. Dalam pencapaian bentuk melalui kombinasi garis, bidang, ruang, warna, gelap terang, bentuk, dan keseimbangan sehingga menghasilkan karya lukis yang menarik. Dalam karya lukis yang penulis ciptakan, terdapat 10 karya dengan judul; “Usaha dalam kegelapan”, “Kesedihan masa tua”, “Meracun”, “Memupuk“, “Hama, “Menyiangi“, “Predator“, “Menjaga dalam penantian“, “Melepaskan air“, “Nasib Kedalaman“. 
Figur Ayah Sebagai Ide dalam Karya Lukis Ekspresionis Ari Priana Herdian; yasrul sami batubara
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118791

Abstract

Dalam proses penyelesaian tugas akhir ini penulis bertujuan untukmenjabarkan dan memvisualkan tiga bagian ungkapan kehidupan figur ayah yaitu, karakter atau sifat ayah, figur ayah sebagai kepala keluarga, dan figur ayah dalam kehidupan sosial masyarakat melalui karya lukis dengan gaya ekspresionis. Tahapan yang dilakukan pada pembuatan karya akhir ini yaitu, tahap persiapan, tahap elaborasi, tahap sintesis, tahap realisasi konsep, serta tahap penyelesaian. Berdasarkan metode yang telah dilakukan terciptalah sepuluh karya lukis dengan gaya ekspresionis berjudul : (1) Keberanian, (2) Bijaksana, (3) Optimis, (4) Tanggung Jawab, (5) Sahabat, (6) Perhatian, (7) Panutan, (8) Wibawa, (9) Tokoh, (10) 10 November 2019. Kata kunci: Figur, Ayah, Gaya Ekspresionis 
Owa dalam Karya Ilustrasi Fadilah Kurniawan; Ariusmedi Ariusmedi
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118544

Abstract

Tujuan karya akhir ini adalah untuk memvisualisasikan owa dalam karya ilustrasi untuk pengenalan kepada masyakarat tentang Owa. Penciptaan karya akhir ini menggambarkan objek owa terkait dengan karakteristik, kebiasaan dan ancaman owa di lingkungannya dalam bentuk karya ilustrasi buatan tangan (manual). Metode dan proses pembuatan karya yang dipakai dalam penciptaan karya ilustrasi ini melalui beberapa tahapan yaitu, persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep dan penyelesaian. Hasil dari pembahasan merupakan visualisasi dari kegelisahan dan keprihatinan terhadap masalah yang sedang terjadi pada lingkungan saat ini. pembuatan karya ini terbagi dalam 10 karya dengan masing-masing judul: 1) Owa Ungko; 2) Owa Jawa: 3) Owa Kalewat; 4) Monogami; 5) Keluarga Kecil; 6) Brakiasi; 7) Bernyanyi; 8) Makan; 9) Rumah Impian; 10) Terancam digusur.
AKTIVITAS PETANI GAMBIR DALAM KARYA SENI LUKIS POST IMPRESIONISME Anggi Pratama; Abd . Hafiz
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118974

Abstract

Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk memvisualisasikan aktivitas petani gambir dalam seni lukis post impresionis. Petani gambir adalah orang yang melakukan pengolahan daun gambir dengan melakukan beberapa proses sehingga menghasilkan getah gambir, hal ini menjadikan sumber ide penciptaan dan pokok permasalahan bagi penulis untuk melahirkan sebuah karya seni lukis post impresionis. Metode penciptaan karya menggunakan lima tahap yaitu persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep, dan penyelesaian. Dalam pencapaian bentuk melalui kombinasi garis, bidang, ruang, warna, gelap terang, bentuk, dan keseimbangan sehingga menghasilkan karya lukis yang menarik. Dalam karya lukis yang penulis ciptakan, terdapat 10 karya dengan judul;  Manuai, Melepas Lelah, Maisi Kopuak, Menyiram Daun, Malilik, Mendongkrak, Piaku, Saringan Getah, Mancupak, Perjalanan Pulang
STUDI TENTANG MINAT MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH PILIHAN PAKET PATUNG PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI PADANG Riga Andapes; Lisa Widiarti
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor internal dan eksternal yang memengaruhi minat mahasiswa pada mata kuliah pilihan paket seni patung pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu metode yang membuat gambaran mengenai kejadian dan situasi yang sebenarnya. subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa sebanyak 49 orang yang mengambil mata kuliah pilihan paket yang terdaftar pada Semester Januari – Juni 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik yaitu proportionate stratified random sampling. Penyusunan instrumen penelitian berpedoman pada skala Linkert. Sebelum alat pengumpulan data digunakan, langkah yang dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji coba mengetahui validitas dan reliabilitas instrument. Analisis validitas menggunakan rumus pearson produk moment dan reliabelitas menggunakan rumus Alpha. Hasil analisis relibilitas instrumen adalah 0.936. Teknik analisis data ini mengunakan  program SPSS versi 16.0 dan Microsoft Exel 2010. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi minat  mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang terhadap mata kuliah pilihan paket seni patung yang terdiri dari faktor internal tinggi (75.02%) antara lain faktor perhatian (79.12%), faktor bakat (68.16%), dan faktor kesiapan (71.02%). Faktor eksternal sangat tinggi (80.89%) antara lain faktor kurikulum (82.45%), faktor metode pembelajaran (85.61%), faktor tugas (79.71%), faktor dosen yang mengajar (78.37%), dan sosial dan lingkungan (79.18%).Kata kunci : pengaruh minat, mata kuliah, mahasiswa
STUDI HASIL KARYA MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN Safwan Muhajir; Tetty Mirwa; Adek Cerah Kurnia
Serupa The Journal of Art Education Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v11i4.118285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii kualitasi hasil karya  siswai SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil dalam menggambar ragam hias flora pada vas bunga. Populasii dalam penelitian ini adalah seluruh karya siswa kelas VII dengan jumlah populasi 200 dan besar sampel penelitian ditentukan dengan teknik (cluster randomi sampling) sebanyak  20 karya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan teknik analisis Data kualitatif yang terkumpul menggunakan observasi dan dokumentasi. Penilaian diperoleh dari tim validator yang terdapat tiga gurui Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Jumlah skor (r) 83,35(baik), sudah melewatinilai KKM 75 karya (25%) memperoleh predikat C (cukup baik), 14 karya (70%) memperoleh predikat B (baik), 1 karya (5%) memperoleh predikat A (sangat baik) dan D (kurangbaik) sebanyak 0%. Skor total tertinggi (90) dan skor total terendah (76). Simpulannya kualitas karya sudah baik dan kemampuan siswa menerapkan prinsip-prinsip Seni Rupa dalam menggambar Ragam Hias Flora pada Vas Bunga   sudah baik. Disarankan siswa bisa lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi pembelajaran tentang menggambar Ragam Hias terkhusus Ragam Hias Flora.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2021): Seri D Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 3 (2020): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri A Vol 8, No 2 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri C Vol 8, No 1 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri A Vol 7, No 4 (2019): Seri A Vol 7, No 4 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri C Vol 7, No 3 (2019): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 1 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri B Vol 6, No 3 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri B Vol 6, No 2 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri C Vol 6, No 2 (2018): Seri D Vol 6, No 2 (2018): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri D Vol 6, No 1 (2017): Seri C Vol 6, No 1 (2017): Seri F Vol 6, No 1 (2017): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri G Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 6, No 1 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri D Vol 5, No 1 (2016): Seri B Vol 5, No 1 (2016): Seri C Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 4, No 1 (2015): Seri B Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri B Vol 3, No 2 (2015): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri D Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 3, No 1 (2014): Seri E Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri C Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri B Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri C Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 3 (2013): Seri B Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B More Issue