cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018)" : 16 Documents clear
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPRIBADIAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Setyanti, Sri Wahyu L H; Herlambang, Dedikasi; Prajitiasari, Ema Desia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.355 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1711

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sosial dengan mediasi kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Jember. Fenomena penelitian ini adalah semakin meningkatnya minat mahasiswa untuk berwirausaha dengan adanya program kewirausahaan dari Universitas Jember seperti program mahasiswa wirausaha, pelatihan kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 105 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sosial berpengaruh melalui mediasi kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Kata Kunci: lingkungan keluarga, lingkungan sosial, minat berwirausaha, kepribadian
PENGARUH FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA TOKO ONLINE “PULCHRAGALLERY” Zakiyyah, Amalina Maryam
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.431 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penawaran flash sale yang dilakukan toko online “Pulchragallery” mengarah pada terjadinya pembelian impulsif serta untuk mengetahui motif konsumen dalam melakukan pembelian impulsif, motif hedonis atau motif utilitarian konsumen atau keduanya. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dengan isntrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dengan bantuan google form. Setelah link kuisioner disebar kemudian dilakukan analisis data menggunakan statistic deskriptif terhadap hasil jawaban 32 responden. Dan disimpulkan bahwa pembelian impulsif terjadi saat penawaran flash sales. Pembelian impulsif yang dilakukan saat flash sale dimotivasi baik oleh motif hedonis dan motif utilitarian. Dan terdapat korelasi yang tidak signifikan antara lama waktu mengakses instagram dengan perilaku pembelian impulsif saat flash sales.Kata Kunci: flash sales, motif hedonis, motif utilitarian, pembelian impulsive
KAITAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DENGAN KEPEMIMPINAN SEBAGAI MODERATING VARIABLE (Studi Pada Kantor UPT. Bina Marga Jember) S, Ira Puspitadewi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.98 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1712

Abstract

Penelitian mengenai kontribusi kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan dengan kepemimpinan sebagai moderating variable. Merupakan studi pada UPT Bina Marga Jember. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh kontribusi kompensasi, interaksi antara kontribusi kompensasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 31 orang karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Teknik pengujian data menggunakan Uji instrumen data yang meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Uji Normalitas Data. Untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian, menggunakan metode; Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif Statistik, Regresi Linear Sederhana, Moderated Regression Analysis (MRA) dan terakhir, dilakukan pengujian hipotesis yang meliputi Uji t dan Koefisien Determinasi. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa kontribusi kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan dengan arah positif dan ada interaksi antara kontribusi kompensasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini berarti bahwa kepemimpinan merupakan variabel pemoderasi antara kontribusi kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan.Kata Kunci: Kontribusi Kompensasi, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MANAJEMEN ORGANISASI MUHAMMADIYAH DI PANGANDARAN Anggarasari, Nandhini Hudha; Nurkamilah, Milah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.097 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal dalam manajemen organisasi Muhammadiyah di Pangandaran. Manfaat penelitian adalah agar dapat menjadi salah satu acuan dalam merumuskan langkah kebijakan dan program kerja organisasi Muhammadiyah di Pangandaran. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah metode stratified sampling. Metode penelitian ini dengan survey dan kualitatif wawancara. Subjek penelitian adalah warga muhammadiyah di Pangandaran dan masyarakat umum. Berdasarkan hasil survey angket, kategori  rata-rata komunikasi interpersonal pada warga Muhamamdiyah adalah 19,4, yang mengindikasikan bahwa warga Muhammadiyah memiliki komunikasi interpersonal yang baik. Namun berdasarkan hasil wawancara, ada beberapa hal yang ditemukan antara lain kurangnya komunikasi interpersonal antar warga dan pimpinan yang mengakibatkan kesalahpahaman dalam menjalankan organisasi dan kurangnya melakukan komunikasi dan interaksi sosial dengan masyarakat. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Manajemen, Organisasi Muhammadiyah.
DAMPAK BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK JASA PT. ASURANSI SINARMAS JEMBER Indriani, Devita; Azhad, M Naely
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.878 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1718

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Jasa PT. Asuransi Sinarmas bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, tempat, dan promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT Asuransi Sinarmas dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, tempat, dan promosi yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT Asuransi Sinarmas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu nasabah PT Asuransi Sinarmas yang berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis data penulis menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membel produk jasa PT. Asuransi Sinarmas Jember. Variabel produk merupakan variabel dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT. Asuransi Sinarmas Jember.Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Keputusan Pembelian
PENGARUH PELATIHAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI ROYAL HOTEL JEMBER Husnah, Lutfiatul; Setyowati, Trias; S, Wahyu Eko
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.267 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja, lingkungan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di Royal Hotel Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 52 responden  dengan  teknik  sensus. Metode penelitian menggunakan penelitian kausal. Hasil penelitian menggunakan uji t, diperoleh nilai koefisien variabel pelatihan kerja (X1) nilai signifikasi hitung sebesar 0,001>0,05 dan t hitung (3,533) > t tabel (1,677), variabel lingkungan kerja (X2) nilai signifikasi hitung sebesar 0,003>0,05 dan t hitung (3,125) > t tabel (1,677), dan variabel komitmen organisasi (X3) nilai signifikasi hitung sebesar 0,032>0,05 dan t hitung (2,208) > t tabel (1,677). Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Royal Hotel Jember, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Royal Hotel Jember, dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Royal Hotel Jember. Kata Kunci: Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan
PENINGKATAN KINERJA BERBASIS LINGKUNGAN KERJA, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN PELATIHAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. MITRATANI DUA TUJUH JEMBER Hafifi, Muhammad Adip; Qomariah, Nurul; Anwar, A
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.162 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1715

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh lingkungan kerja, gaya kepemimpinan dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan divisi produksi pada PT. Mitratani Dua Tujuh Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan dan parsial. Jenis penelitian deskriptif  kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 54 orang responden. Adapun sifat dari penelitian adalah penjelasan (explanatory). Hasil uji yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, dan pelatihan kerja mampu menjelaskan variasi yang terjadi terhadap kinerja karyawan divisi produksi pada PT. Mitratani Dua Tujuh Jember. Masing-masing variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan divisi produksi pada PT. Mitratani Dua Tujuh Jember. Kata Kunci: divisi produksi pada PT. Mitratani Dua Tujuh Jember, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, pelatihan kerja, dan kinerja karyawan.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN ANGGOTA ‘AISYIYAH SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN KEMAJUAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH (Studi Kasus Pada Cabang ‘Aisyiyah Balung Jember) Fatimah, Feti
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.441 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1717

Abstract

Amal usaha Muhammadiyah di wilayah Balung Jember belum berkembang cukup baik. Anggota ?Aisyiyah diharapkan memiliki semangat kewirausahaan sehingga mampu meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah. Rumusan masalah yang diangkat adalah: Bagaimana pengaruh faktor dari diri sendiri, Lingkungan Sekitar, dan Kebijakan Pemerintah terhadap semangat kewirausahaan para anggota ?Aisyiyah sehingga dapat meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah cabang Balung Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel faktor dari diri sendiri, Lingkungan Sekitar, dan Kebijakan Pemerintah terhadap semangat kewirausahaan anggota ?Aisyiyah sehingga dapat meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah cabang Balung Jember. Variabel independen dalam penelitian ini adalah: Faktor dari diri sendiri, Lingkungan Sekitar, Kebijakan pemerintah. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah semangat kewirausahaan anggota ?Aisyiyah. Hasil penelitian adalah secara simultan faktor dari diri sendiri, lingkungan sekitar, dan kebijakan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kewirausahaan. Secara parsial kebijakan pemerintah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap semangat kewirausahaan.Kata Kunci: diri sendiri, lingkungan, kebijakan pemerintah, semangat kewirausahaan
DAMPAK BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK JASA PT. ASURANSI SINARMAS JEMBER Devita Indriani; M Naely Azhad
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.878 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1718

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Jasa PT. Asuransi Sinarmas bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, tempat, dan promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT Asuransi Sinarmas dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, tempat, dan promosi yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT Asuransi Sinarmas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu nasabah PT Asuransi Sinarmas yang berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis data penulis menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membel produk jasa PT. Asuransi Sinarmas Jember. Variabel produk merupakan variabel dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT. Asuransi Sinarmas Jember.Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Keputusan Pembelian
PENGARUH PELATIHAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI ROYAL HOTEL JEMBER Lutfiatul Husnah; Trias Setyowati; Wahyu Eko S
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.267 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v4i1.1714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja, lingkungan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di Royal Hotel Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 52 responden  dengan  teknik  sensus. Metode penelitian menggunakan penelitian kausal. Hasil penelitian menggunakan uji t, diperoleh nilai koefisien variabel pelatihan kerja (X1) nilai signifikasi hitung sebesar 0,0010,05 dan t hitung (3,533) t tabel (1,677), variabel lingkungan kerja (X2) nilai signifikasi hitung sebesar 0,0030,05 dan t hitung (3,125) t tabel (1,677), dan variabel komitmen organisasi (X3) nilai signifikasi hitung sebesar 0,0320,05 dan t hitung (2,208) t tabel (1,677). Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Royal Hotel Jember, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Royal Hotel Jember, dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Royal Hotel Jember. Kata Kunci: Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan

Page 1 of 2 | Total Record : 16