cover
Contact Name
Akim Manaor Hara Pardede
Contact Email
akimmhp@live.com
Phone
+6281370747777
Journal Mail Official
lppm-kaputama@kaputama.ac.id
Editorial Address
LPPM STMIK KAPUTAMA : jln veteran no 4A-9A Binjai, 20714 Sumatera Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Informatika Kaputama (JIK)
Published by STMIK Kaputama Binjai
ISSN : 25489739     EISSN : 26855240     DOI : https://doi.org/10.59697/jik
Jurnal Informatika Kaputama adalah jurnal resmi STMIK kaputama dalam bentuk bunga rampai untuk menyajikan tulisan ilmiah berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang ada hubungan atau keterikatan dengan ilmu komputer berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal adalah sebagai berikut 1. Clustering and Classification 2. Document Mining and Text Mining 3. Spatial Data Mining, 4. Multi-Agent Systems, 5. Bayesian Networks and Probabilistic Reasoning, 6. Computational Intelligence, 7. Soft Computing, 8. Database Management and Information Retrieval, 9. Computer Vision Pattern Recognition, 10. Genetic Algorithm, Machine Learning, 11. Neural Networks and Applications, 12. Optimization and Decision Making, 13. Self-Organizing Systems, 14. Fuzzy Logic, 15. Decision Support and Expert System 16. Business Intelligence, 17. Data Mining Application 18. Intelligence System, 19. Web and mobile Intelligence 20. Dan lain-lain
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023" : 17 Documents clear
PENERAPAN METODE RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS WEBSITE Achmad Rifa'i; Rini Agustira; Ridan Nurfalah; Mochammad Rizky Kusumayudha; Wawan Kurniawan
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.19

Abstract

Manajemen aset menggunakan sistem manual dapat menyulitkan dalam proses pencarian data. Terlebih lagi kerusakan aset yang terjadi secara tiba-tiba dikarenakan masa manfaat aset yang sudah lewat juga tanpa adanya dilakukan monitoring aset dapat menghambat proses bisnis yang berjalan. Sebuah sistem yang dapat mengakomodir distribusi aset, sehingga alurnya menjadi jelas sangat diperlukan oleh PT. Putra Jamil Textile. Mengetahui alur sistem dalam manajemen aset yang berjalan di lingkungan perusahaan serta kekurangan sistem manajemen aset saat ini yang berjalan disana, sehingga perlu diadakan sistem informasi aset sebagai bentuk pengawasan terhadap aset guna mempermudah pimpinan perusahaan dalam mengawasi peredaran aset dan menjadi tonggak awal dalam pendataan aset secara terpadu di lingkungan perusahaan PT. Putra Jamil Textile. Metode RAD (Rapid Application Development) telah mengatur tahapan, peningkatan program yang dapat diselesaikan dengan waktu yang sempurna dengan menekankan pada siklus yang pendek, membuat kritik dari klien semakin cepat didapat dan semua kebutuhan pengguna dapat segera teralisasi. Sistem informasi manajemen aset “ASETpujatex” yang dilengkapi fitur-fitur menu yang dapat mengatasi kendala yang terjadi pada PT. Putra Jamil Textile. Hal ini membuktikan bahwa sistem ASETpujatex dapat menjadi tonggak awal pendokumentasian manajemen.aset mereka..
ANALISA SISTEM PENDAFTARAN DAN KEAMANAN MEMBER MANDJHA HIJAB PADA APLIKASI MOKA DENGAN METODE SERVQUAL Mahmud Safudin; Eko Yulianto; Setiaji; Syifa Hasan
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.20

Abstract

Mandjha Hijab merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak dibldang fashion, dimana Produk yang dljualnya berupa Hljab dan Busana yang dl rancang langsung oleh Deslgner sekaligus artls ternama yaitu Ivan Gunawan. Sistem yang digunakan oleh Mandjha untuk dijadikan device pendaftaran data membership yaitu aplikasi Moka. Sistem ini dianalisa oleh peneliti bertujuan agar database Member loyal Mandjha Hijab lebih tersusun rapih dan mudah dibedakan sesuai level kartu Pemilik Member. Pada penelitian ini metode service quality (Servqual), adalah salah satu metode yang digunakan untuk menilai kelayakan sebuah aplikasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebar link kuisioner yang berupa pertanyaan dengan permasalahan yang ditelitl untuk memperoleh data berupa jawaban responden mengenal variabel kinerja aplikasi Moka. Setelah data diperoleh untuk menentukan nilai persepsi dan nilal harapan, kemudlan data tersebut dlolah menggunakan metode service quality, sehlngga penellti dapat menylmpulkan bahwa nllai persepsl leblh kecll darl nilai harapan, yang artlnya aplikasl Moka yang dlgunakan pada Mandjha Hljab saat pendaftaran member perlu perbaikan.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PARIWISATA BERBASIS ANDROID Suwaebatul Aslamiyah
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.22

Abstract

Sektor pariwisata adalah sumber devisa utama dari sebuah negara serta merupakan sumber pendapatan utama bagi sebuah daerah. Pengelolaan informasi pariwisata serta metode penyebaran informasi pariwisata sangat berpengaruh terhadap jumlah wisatawan yang berkunjung pada suatu daerah. Kota Bima memiliki fungsi strategis sebagai kota Transit serta memiliki berbagai Potensi Wisata yang ditawarkan, Khususnya wisata Alam dan Budaya. Masalah yang dialami oleh Dinas Pariwisata Kota Bima adalah informasi yang tidak terpusat atau menyebar dibeberapa website maupun platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile berbasis android yang memuat informasi terkait dengan pariwisata kota Bima, baik wisata alam maupun wisata budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Tiwana. Hasil dari penelitan adalah sebuah aplikasi smartphone yang dapat dioperasikan dengan baik pada perangkat seluler. dan kerangka kerja Tiwana adalah karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode untuk perancangan KM lainnya. Kelebihan dari kerangka kerja Tiwana adalah memiliki tahapan yang jelas dalam perancangan KM, mulai dari tahapan analisa infrastruktur yang telah ada sampai dengan tahapan evaluasi KM yang dibangun.
PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN (AIJ) KELAS XI TKJDI SMK NEGERI 1 RAO SELATAN Afrida Yanti; Ami Anggraini Samudra; Anggri Yulio Pernanda
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.31

Abstract

The purpose of this study is to develop e-module-based learning media using the Sigit editor software. Development of learning media based on e-modules in AIJ subjects that are valid and practical. Based on the problems previously described, this type of research uses the R&D (Research and Development) development research model which aims to produce application products and test the effectiveness of these products. The results of research on the development of E-modules in AIJ subjects that have been tested for the validity of developing E-modules in AIJ Class XI TKJ subjects at SMK Negeri 1 Rao Selatan, state that the e-module is very valid, namely material validity is 0.9 and media validity is 0.822 and the practicality test for the development of E-modules in the AIJ Class XI TKJ subject at SMK Negeri 1 Rao Selatan, declared practical by the teacher and with 100% practicality and 86.6% students.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMKN 1 TANJUNG RAYA Muhammad Iqbal; Faiza Rini; Haris Kurniawan
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.33

Abstract

The purpose of this study is to produce valid learning media in the subject of Network Systems Administration at SMKN 1 Tanjung Raya. Type of research conducted This research uses research and development (R&D) methods with a development model. Development has the ADDIE research model because the product being developed is learning media not software engineering, so the ADDIE model is suitable for the product development process. research results and discussion of the development of mobile-based learning media in the subject of Network System Administration at SMKN 1 1 Tanjung Raya. The validity test of mobile-based learning media was carried out by 3 validators, namely the media validator and material validator, for media validators it was carried out by 3 lecturers, while Material control was carried out by 1 lecturer and 2 teachers who taught Network System Administration at SMKN 1 Tanjung Raya. The validity for media experts is 91,67% with a valid category, material validity is 92% with a valid category.
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X BIDANG TEKNOLOGI DI SMK N 1 SIJUNJUNG Edri Faldo; Adlia Alfiriani; Irsyadunas
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.34

Abstract

The aims of this study are know students' perceptions of the technology-based learning environment at SMK N 1 Sijunjung. Knowing how student learning outcomes in the subject of computer systems. Knowing the relationship between students' perceptions of the technology-based learning environment on student learning outcomes in computer systems subjects.This study used a quantitative research approach in the form of numbers and statistical analyzes which were carried out by collecting data and using a structured questionnaire (questionnaire) which was compiled based on measurements of the variables studied which then produced quantitative data. Results obtaineddata obtained from a questionnaire on student perceptions of the technology-based learning environment at SMK N 1 Sijunjung, that student perceptions of the learning environment on the learning conditions indicator were 64.79% in the good category. teaching method of 54.75%, teacher-student relations of 65.64% with a good category of student learning outcomes, the average student learning outcomes in the subject of computer systems is 75.92.
SISTEM INFORMASI PENGUKURAN MATRIKS ISO USABILITY TESTING BERBASIS WEB: STUDI KASUS SHOPEE Rahma Fitria; Muhammad Ikhwani
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.52

Abstract

The manual metric measurement is time-consuming due to the large number of users and test criteria. Additionally, not all tester is able to complete all metrics measurement correctly in time. Software testers can process and analyze test data much more easily when using information systems in conducting usability testing. The purposes of this study is to develop a web-based information system of ISO metrics measurement and conducting usability tests on the Shopee application with 10 users. The level of usability of the Shopee application is highly dependent on measuring user happiness with the application. Usability testing matrics measurements are based on ISO measures that include effectiveness, efficiency, and satisfaction. The system is feasible to use and runs normally, according to the calculation results interpreted based on the Likert Scale, which came to 66.924%. However, there are still many users who do not understand how to use the features. It’s expected that this research will help sotware tester to improve the quality in conducting usability testing as well as provide feedbacks from the user in order to elevate the ease of use of the application.
PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF (DMI) DI SMK NEGERI 1 SIJUNJUNG M.Rafiq Fadhillah; Sofia Edriati; Ami Anggraini Samudra
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.55

Abstract

The goal to be achieved in this study is to find out the valid and practical characteristics of the Interactive Multimedia Design subject at SMK Negeri 1 Sijunjung, the method used is Research and Development (R&D), while the development model used is the ADDIE development model, namely the development which consists of five stages, namely, Analysis (analysis), Design (design), Development (development), Implementation (implementation), and Evaluation (evaluation). Research on the development of the ADDIE model was carried out only up to the Development stage, because the purpose of this research was only limited to developing and producing a valid and practical learning media, to be implemented. Making learning media in this Android-based interactive multimedia design subject uses the MIT App Inventor. The validity test of this Android-based learning media was carried out by 3 validators, namely the media validator and the material validator, for the media validator it was carried out by 3 lecturers, while the material validation was carried out by 1 lecturer and 2 teachers who teach interactive multimedia design subjects at SMKN 1 Sijunjung. the validation results of media experts were 0.903% in the valid category and material experts were 0.859% in the valid category. Android-based learning media is declared valid. The practicality Test of Android-based learning media from teacher practicality data is 91.66% in the very practical category.
PENERAPAN TEKNIK SMOTE DALAM MEMPREDIKSI KEGAGALAN MESIN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE DAN LOGISTIC REGRESSION irmawati irmawati
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.86

Abstract

Kegagalan peralatan dan waktu henti yang singkat dari proses manufaktur sering menyebabkan kerugian ekonomi yang besar bagi perusahaan. Berdasarkan tingkat keparahan degradasi kinerja mesin dan penggalian pengetahuan dari beberapa input, model penurunan kinerja dari berbagai jenis peralatan yang sama, tetapi faktor manusia, mesin, dan lingkungan yang berbeda. Dengan evaluasi efektivitas perawatan pada kebijakan perawatan yang berbeda, biaya relevan, sumber daya, dan strategi perawatan yang optimal dapat ditentukan. Dengan memanfaatkan berbagai model machine learning, pengklasifikasi diharapkan mampu memprediksi kondisi mesin apakah gagal mesin atau tidak gagal mesin sehingga dapat menjadi input dalam mengestimasi biaya pemeliharaan serta peningkatan masa pakai mesin produksi. Pada penelitian ini memanfaatkan model machine learning dengan menggunakan dua algoritma yaitu Support Vector Machine dan Logistic Regression, kedua model tersebut menggunakan teknik Smote untuk mengatasi imbalance class dan menggunakan metode data preprocessing yang sama, kan tetapi mendapatkan hasil yang berbeda, dengan perbedaan persentase sebesar 9%. Sehingga dapat disimpulkan model dengan menggunakan algoritma SVM bisa lebih baik dalam memprediksi kegagalan mesin atau tidak dengan tingkat keakuratan sebesar 93% dibandingkan dengan model menggunakan algoritma Logistic Regression yang hanya menghasilkan keakuratan sebesar 84%.
SISTEM PAKAR PENENTUAN TREATMENT MASALAH KULIT WAJAH PADA PASIEN NAAVAGREEN CIANJUR MENGGUNAKAN ALGORITMA DEMPSTER SHAFER Resita Agustin Widaningsih
Jurnal Informatika Kaputama (JIK) Vol 7 No 2 (2023): Volume 7, Nomor 2, Juli 2023
Publisher : STMIK KAPUTAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59697/jik.v7i2.93

Abstract

Kulit adalah organ yang sangat penting bagi manusia yang berfungsi untuk melindungi dari berbagai macam bahaya luar, kulit juga sebagai indra peraba, mengatur suhu tubuh, serta sebagai pelindung dari organ dalam. Khususnya kulit wajah yang sering mendapat perhatian karena memiliki permukaan lapisan kulit yang tipis, maka dari itu kulit wajah perlu perawatan secara khusus. Treatment atau perawatan wajah merupakan perlakuan, pengobatan, hingga pelayanan, bertujuan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, dan terawat. Naavagreen cianjur merupakan klinik kecantikan yang menyediakan jasa konsultasi mengenai masalah kulit wajah, layanan treatment, serta menyediakan skincare. Semakin tingginya minat masyarakat untuk melakukan treatment tidak diimbangi dengan sistem yang baik. Terbatasnya jumlah dokter kulit membuat pasien tidak dilayani secara maksimal. Dengan adanya sistem pakar penentuan treatment masalah kulit wajah pada pasien naavagreen cianjur menggunakan algoritma dempster shafer diharapkandapat membantu pasien naavagreen untuk dapat konsultasi secara online kapanpun dan dimanapun.

Page 1 of 2 | Total Record : 17