cover
Contact Name
Adi Sumarsono
Contact Email
adi@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
adi@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227827     EISSN : 26227835     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review article.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)" : 12 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Taufik Hidayat
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2520

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PJOK ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Dengan subyek siswa kelas VII A Mts Al Munawwarh Merauke yang berjulah 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa putra dan 13 siswa putri. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan metode kooperatif tipe STAD berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 56 dengan ketuntasan 43% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 74 dengan ketuntasan 90% yang berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.
Pengembangan Alat Peraga Sistem Pencernaan Manusia Pada Mata Kuliah Anatomi Alchonity Koni Harika Fitri
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2705

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar berupa alat peraga pada mata kuliah Anatomi materi sistem pencernaan pada manusia, untuk itu perlu dikembangkannya alat peraga khususnya alat peraga sistem pencernaan pada manusia guna memperlancar berlangsungnya proses perkuliahan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan alat peraga system pencernaan pada manusia dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D), yang terdiri dari 4 tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Dari 4 tahap tersebut penulis hanya mengembangkan sampai pada tahap pengembangan. Penilaian alat peraga menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada tenaga validator, lembar praktikalitas yang diberikan kepada praktisi, dan soal pretest yang diberikan kepada mahasiswa Penjaskesrek, guna melihat efektifitas alat peraga.Hasil pengembangan alat peraga sistem pencernaan pada manusia menggunakan model 4-D pada tahap validasi mendapatkan hasil 78,3% yang berarti valid, artinya alat peraga mempunyai ketepatan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Pada tahap praktikalitas mendapatkan hasil 82,6% yang berarti sangat praktis, artinya alat peraga tersebut dapat digunakan dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa. Tahap efektifitas mendapatkan persentase peningkatan hasil belajar siswa 84.73% yang berarti sangat efektif, artinya alat peraga tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan data hasil pengembangan alat peraga tersebut maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga ini valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan dengan menggunakan alat peraga tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa
Persepsi Pelatih Dalam Penerapan Sistem Permainan Sepak Bola Muhammad Ismail; Hendra Jondry Hiskya
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2732

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A Mts Al Munawaroh Merauke yang berjulah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan metode kooperatif tipe STAD berdampak positif hal ini terlihat pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 56 dengan ketuntasan 43% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 74 dengan ketuntasan 90% yang berada pada kategori baik.
Pengaruh Latihan Satu Sentuhan Diam Dan Bergerak Terhadap Peningkatan Passing Futsal Deni Mudian; Aris Risyanto
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Satu Sentuhan Diam Dan Bergerak Terhadap Peningkatan Passing Bawah Permainan Futsal. Metode yang digunakan eksperimen dengan membandingkan dua jenis latihan. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 30 orang.Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan Uji t didapatkan hasil kelompok A diperoleh nilai t: thitung = 2,50 dan ttabe1 = 1,70, pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk =14 ini berarti thitung lebih besar dari ttabe1 dapat disimpulkan Ho ditolak dan menerima Ha, yang berarti Latihan satu sentuhan diam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing pada klub Futsal ‘Alamy Subang.Sedangkan kelompok B diperoleh thitung = 2,10 dan ttabe1 = 1,70, pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk =14 ini berarti thitung lebih besar dari ttabe1 dapat disimpulkan Ho ditolak dan menerima Ha, yang berarti Latihan satu bergerak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing pada klub Futsal ‘Alamy Subang.Berdasakan penghitungan data dan analisis data, penulis mengambil kesimpulan latihan satu sentuhan diam dan latihan satu sentuhan bergerak sama-sam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing dalam permainan futsal klub Futsal ‘Alamy Subang, tetapi latihan satu sentuhan diam memberikan pengaruh yang lebih berarti dibandingkan dengan latihan satu sentuhan bergerak.
Latihan Lari Menggunakan Karet Terhadap Kecepatan Lari 100 m Alexander Ohoiwutun
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2830

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan lari dengan karet beban terhadap kecepatan lari 100-meter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttes design, dengan jumlah sampel sebanyak 15. Hasil penelitian nilai sig hitung data pretest dan posttest adalah 0.000 artinya kecil daripada 0,05 maka, disimpulkan ada pengaruhnya latihan dengan berlari menggunakan karet beban terhadap kecepatan berlari jarak pendek 100-meter yaitu nilai t hitung sebesar -15. 965 sedangkan t tabel sebesar 1.761 dan perhitungan yang dilakukan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (-15.965 < 1.761).
Upaya Peningkatan Gerak Dasar Langkah Lay-Up Melalui Penggunaan Metode Ban Berwarna Syamsudin Syamsudin; Jori Lahinda
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.4198

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan media ban berwarna untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lay-up. Hal ini berdasarkan pada kendala pendidik saat mengajar teknik menembak dalam permainan bola basket salah terkhusus taknik lay-up. Objek penelitian adalah siswa kelas VIB SD Negeri Cenderawasih Spadem yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara data sebelum menerapkan media dan sudah menerapkan media ban berwarna. Peningkatan pemahaman, keterampilan dan interaksi social menjadi hasil yang didapat dari penelitian ini. Selanjutnya, kepada guru pendidik agar terus berinovasi dan berkreasi untuk membuat, mengembangkan, serta mengaplikasikan media dalam proses pembelajaran khususnya Pendidikan jasmani agar hasil yang didapat menjadi maksimal.
Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Taufik Hidayat
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2520

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PJOK ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Dengan subyek siswa kelas VII A Mts Al Munawwarh Merauke yang berjulah 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa putra dan 13 siswa putri. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan metode kooperatif tipe STAD berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 56 dengan ketuntasan 43% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 74 dengan ketuntasan 90% yang berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK.
Pengembangan Alat Peraga Sistem Pencernaan Manusia Pada Mata Kuliah Anatomi Alchonity Koni Harika Fitri
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2705

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar berupa alat peraga pada mata kuliah Anatomi materi sistem pencernaan pada manusia, untuk itu perlu dikembangkannya alat peraga khususnya alat peraga sistem pencernaan pada manusia guna memperlancar berlangsungnya proses perkuliahan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan alat peraga system pencernaan pada manusia dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D), yang terdiri dari 4 tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Dari 4 tahap tersebut penulis hanya mengembangkan sampai pada tahap pengembangan. Penilaian alat peraga menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada tenaga validator, lembar praktikalitas yang diberikan kepada praktisi, dan soal pretest yang diberikan kepada mahasiswa Penjaskesrek, guna melihat efektifitas alat peraga.Hasil pengembangan alat peraga sistem pencernaan pada manusia menggunakan model 4-D pada tahap validasi mendapatkan hasil 78,3% yang berarti valid, artinya alat peraga mempunyai ketepatan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Pada tahap praktikalitas mendapatkan hasil 82,6% yang berarti sangat praktis, artinya alat peraga tersebut dapat digunakan dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa. Tahap efektifitas mendapatkan persentase peningkatan hasil belajar siswa 84.73% yang berarti sangat efektif, artinya alat peraga tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan data hasil pengembangan alat peraga tersebut maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga ini valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan dengan menggunakan alat peraga tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa
Persepsi Pelatih Dalam Penerapan Sistem Permainan Sepak Bola Muhammad Ismail; Hendra Jondry Hiskya
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2732

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A Mts Al Munawaroh Merauke yang berjulah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan metode kooperatif tipe STAD berdampak positif hal ini terlihat pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 56 dengan ketuntasan 43% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar yaitu sebesar 74 dengan ketuntasan 90% yang berada pada kategori baik.
Pengaruh Latihan Satu Sentuhan Diam Dan Bergerak Terhadap Peningkatan Passing Futsal Deni Mudian; Aris Risyanto
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 2 No 02 (2020): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v2i02.2821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Satu Sentuhan Diam Dan Bergerak Terhadap Peningkatan Passing Bawah Permainan Futsal. Metode yang digunakan eksperimen dengan membandingkan dua jenis latihan. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 30 orang.Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan Uji t didapatkan hasil kelompok A diperoleh nilai t: thitung = 2,50 dan ttabe1 = 1,70, pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk =14 ini berarti thitung lebih besar dari ttabe1 dapat disimpulkan Ho ditolak dan menerima Ha, yang berarti Latihan satu sentuhan diam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing pada klub Futsal ‘Alamy Subang.Sedangkan kelompok B diperoleh thitung = 2,10 dan ttabe1 = 1,70, pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk =14 ini berarti thitung lebih besar dari ttabe1 dapat disimpulkan Ho ditolak dan menerima Ha, yang berarti Latihan satu bergerak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing pada klub Futsal ‘Alamy Subang.Berdasakan penghitungan data dan analisis data, penulis mengambil kesimpulan latihan satu sentuhan diam dan latihan satu sentuhan bergerak sama-sam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap passing dalam permainan futsal klub Futsal ‘Alamy Subang, tetapi latihan satu sentuhan diam memberikan pengaruh yang lebih berarti dibandingkan dengan latihan satu sentuhan bergerak.

Page 1 of 2 | Total Record : 12