cover
Contact Name
Mariana Rista Ananda Siregar
Contact Email
marianasiregar@unpak.ac.id
Phone
+62251-8338650
Journal Mail Official
jpsik@unpak.ac.id
Editorial Address
Jl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Pakuan
ISSN : -     EISSN : 26568306     DOI : https://doi.org/10.33751/jpsik
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komuniasi telah terdaftar di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan telah memiliki e-ISSN: 2656-8306. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan. Jurnal ini mengundang para peneliti, akademisi, praktisi, dan mahasiswa untuk mengirim artikel ilmiah dari hasil penelitian, makalah, dan gagasan ilmiah dengan berbagai topik tentang ilmu sosial dalam ilmu komunikasi. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (peride April dan November)dalam bentuk digital. Jurnal ini menjalin kerja sama dengan editor lokal berstatus guru besar universitas yang akan meninjau artikel sebelum dipublikasikan. Jurnal ini ditinjau (review) dengan metode double blind dan ditinjau oleh dua orang reviewer. Fokus jurnal ini, meliputi: 1. Ilmu Komunikasi 2. Media 3. Public Relations 4. Jurnalistik 5. Komunikasi Strategik 6. Televisi dan Film 7. Periklanan 8. Komunikasi Pemasaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023" : 10 Documents clear
ANALISIS FUNGSI HUMAS SEKSI REHABILITAS PENYANDANG DISABILITAS DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TERHADAP KEGIATAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS Riska Marwah
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7166

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi humas Seksi rehabilitas penyandang disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Bogor terhadap kegiatan pemenuhan hak penyandang disabilitas, mendeskripsikan fungsi humas seksi rehabilitas penyandang disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Bogor, menganalisis kegiatan fungsi humas seksi rehabilitas penyandang disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan satu teori yaitu fungsi humas milik Effendy. Indikator yang digunakan yaitu Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik baik internal maupun eksternal, menciptakan komunikasi dua arah untuk memperoleh feedback, Melayani publik dan memberikan pendapat kepada pimpinan lembaga untuk kepentingan umum. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Sosial Kabupaten Bogor pada bulan Januari 2022. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan purpositive sampling yaitu karyawan seksi rehabilitas penyandang disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Bogor. Sumber dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah adalah wawancara dengan informan kunci dan informan, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan seksi rehabilitas penyandang disabilitas berfungsi menjadi jembatan untuk membantu penyandang disabilitas memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan haknya untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki juga dapat hidup berdampingan dengan masyarakat umum dengan memberikan pelatihan-pelatihan juga bantuan berupa bantuan sandang, pangan, alat bantu, serta finansial. Kegiatan tersebut telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi kehumasan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bogor.Kata Kunci: Dinas Sosial, Fungsi humas, Kegiatan, Penyandang Disabilitas.AbtractThis study aims to identify public relations function of the Rehabilitation Section of Persons with Disabilities Bogor Regency Social Service on the activities of the rights of persons with disabilities. to describe public relations function of rehabilitation section for persons with disabilities in Department of Social Bogor Regency, to analyse the activity of public relations function in rehabilitation sections for persons with disabilities in Department of Social Bogor Regency. The method that used in this study is quantitative-descriptive using one Effendy’s theory about public relations function. The indicator of this study is support management activities to reach the goals of the organisation, build a good relations between organisation and public either internal or external, build two-way communication to get feedback, serve the public and give opinion to the leader for public interest. The research location is at the Department of Social Bogor Regency on January 2022. This study used purposive sampling that consisted of the employee at rehabilitation section for persons with disabilities in Department of Social Bogor Regency. Data collected by interview with key informant and informant, observation, and documentation. The data analyse in this study are data reduction, data presentation, and drawing and testing conclusion. The results of the study show that the activities of the rehabilitation section for persons with disabilities function as a bridge to help persons with disabilities fulfill their needs and rights to be able to develop their potential and can live side by side with the general public by providing training as well as assistance in the form of clothing, food, and assistive devices, as well as financially. The activity has been running well in accordance with the public relations function carried out by the Bogor Regency Social Service.Keywords: Activity, department of social, persons with disabilities, public relations function
Pola Komunikasi Masyarakat Adat Kasepuhan Cicarucub Dalam Kegiatan Adat Ngaseuk Rosy Destiana; Dini Valdiani; Yogaprasta Adi Nugraha
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.8297

Abstract

Ngaseuk is the activity of growing rice in huma (dry land) using aseuk (to lift the taper). Ngaseuk is a traditional activity carried out by the Kasepuhan community to start ngamumule pare activities (maintaining rice). This activity is special because it is an early activity in the life cycle of the kasepuhan community. Because the interest of people, not only tourists but also academics, is the basic reason for this. This study was conducted to identify the communication patterns that exist in the Kasepuhan Cicarucub through traditional ngaseuk activities. The researcher dissected based on communication activities, the interaction of symbols, and components of ritual communication that occur during traditional activities. This study used a qualitative method with an ethnographic approach to focus on the traditional communication process of ngaseuk. The data collection technique used was in-depth interviews, observation, and document studies. The results showed that the Kasepuhan Cicarucub community still adhered to customary rules which included ngamumule pare (maintaining rice) as a life cycle that the Kasepuhan community had to live, which was inherited from their ancestors. The ngaseuk activity which is an escort for the life cycle of the Kasepuhan community has a deep meaning of communication with God, nature, and fellow human beings to produce a unique and distinctive communication pattern. So that it finds that the communication pattern that occurs in the Kasepuhan Cicarucub community in Ngaseuk traditional activities forms a transcedental communication pattern because the communication between indigenous peoples and something supernatural.
Manajemen Promosi Event Teenage Calling (Studi Kasus Keberhasilan Pengelolaan Promosi Kegiatan Mahasiswa Di Media Dalam Jaringan) Andika Pramudya Ananta; Fariz D Septiansyah; Adinda Dwi Cahya; Mariana Rista Ananda Siregar
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.8286

Abstract

Teenage Calling is a form of event organizer managed by a group of Pakuan University Communication Science students as one of the final assignment collections for special event management courses. This study aims to determine the success of promotional management at the teenage calling event in various online media. This research uses qualitative research methods with data collection techniques including interviews, observation, documentation of 3 in-depth sources, and literature studies. The results showed that promotion is the main key to the success of the event because promotion provides engagement with the event. The teenage calling event involves management functions, namely by implementing POAC so that an event runs smoothly, how the audience is interested in the event being held, and how to make an event interesting. Publication through online media is quite effective in this event considering that at the teenage calling event, the audience who came was so crowded that all tickets were sold out.
Pengaruh Media Online Reviews terhadap Keputusan Menonton Film Anindita Lintangdesi Afriani; Dede Suprayitno; Nuril Ashivah Misbah
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7573

Abstract

AbstrakFilm menjadi kebutuhan rekreasi yang paling diminati. Dalam proses menentukan film apa yang akan ditonton, seseorang akan mencari informasi melalui media, terutama media daring. Media daring dapat memberikan manfaat beragam, salah satunya adalah sebagai media untuk memberikan penilaian dan penjelasan atau ulasan tentang film yang disebut dengan movie review. Media daring yang diteliti dalam penelitian ini adalah situs web dan media sosial Twitter yang sering memberikan ulasan film. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh online review terhadap keputusan menonton film dan mengidentifikasi perbedaan media online review yang digunakan sebagai sumber pengambilan keputusan menonton film. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui penyebaran kuesioner secara online terhadap 115 responden yang mengikuti akun Twitter movie review. Hasil penelitian adalah online review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menonton. Selain itu, online review melalui situs web lebih dipercaya sebagai sumber informasi serta memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan menonton individu. Kata kunci: Keputusan menonton, Online review, Situs web, Twitter AbstractMovies are the most popular recreational needs. In determining what movie to watch, someone will look for information through the media, especially online media. Online media can provide various benefits, one of which is as a medium for providing assessments and explanations or reviews about movies called movie reviews. The online media examined in this study are websites and Twitter social media that often provide movie reviews. This study aims to identify the effect of online reviews on movie viewing decisions and identify differences in online review media used as a source of movie viewing decisions. The research method was conducted quantitatively by distributing online questionnaires to 115 respondents who followed the Twitter movie review account. The result of the study is that online reviews have a positive and significant effect on viewing decisions. In addition, online reviews through websites are more trusted as a source of information and strongly influence individual viewing decisions. Keywords: Viewing decision, Online review, Website, Twitter
ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DOMINASI PATRIARKI DALAM BENTUK KEKERASAN SIMBOLIK PADA TAYANGAN SINETRON ISTRI KEDUA Aryo Wibisono
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7529

Abstract

Semiotika dapat berupa relasi tanda-tanda seperti dominasi patriarki yang berkaitan erat dengan kekerasaan simbolik. Dominasi patriarki pada dasarnya adalah kekuasaan pria. Patriarki menyebabkan ketimpangan dalam relasi antara pria dan wanita. Patriarki mengakibatkan posisi wanita selalu berada di bawah posisi pria, artinya patriarki dapat dijelaskan sebagai keadaan masyarakat yang menempatkan kedudukan dan posisi pria lebih tinggi daripada wanita dalam segala aspek kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi. Sedangkan, kekerasan simbolik merupakan kekerasan yang sangat halus, dapat mengundang persetujuan karena telah mendapat dukungan ataupun telah dianggap sebagai sesuatu yang sah oleh kelompok masyarakat tertentu karena, bentuknya sangat halus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda atau simbol dominasi patriarki dan kekerasan simbolik dengan menganalisis teori semiotika Roland Barthes terhadap wanita pada tayangan sinetron Istri Kedua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti melihat fenomena yang ada yaitu analisis dominasi patriarki menggunakan teknik analisis semiotika dari Roland Barthes. Hasil analisis semiotika Roland Barthes dominasi patriarki dalam bentuk kekerasan simbolik terhadap wanita pada tayangan sinetron Istri Kedua terdapat tiga tahap, antara lain tahap denotasi, konotasi, dan mitos. Tahap denotasi dapat dilihat secara langsung dari proses dialog antar pemeran. Tahap konotasi dapat dilihat dari penggambaran dominasi patriarki dalam bentuk kekerasan simbolik yang terjadi antar pemeran dengan melibatkan nilai-nilai kultural. Tahap mitos merupakan tahap lanjutan dari tahap konotasi dapat terlihat dari penilaian aspek-aspek patriarki yang ada dan diyakini oleh masyarakat. Hasil dari triangulasi teknik berdasarkan wawancara dapat disimpulkan bahwa dominasi patriarki dalam bentuk kekerasan simbolik pada tayangan sinetron Istri Kedua tersebut sesuai dengan fakta yang ada dimasyakat. Hal ini terbukti dalam setiap cuplikan adegan pada beberapa episode yang penulis perlihatkan sama dan sesuai seperti penjelasan yang dipaparkan juga oleh para narasumber.
Bauran Promosi RSUD Ciawi Kabupaten Bogor dalam meningkatkan Brand Awareness Muhammad Ivan Maulana
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7854

Abstract

Komunikasi pemasaran rumah sakit merupakan bagian penting dalam promosi rumah sakit sebagai tujuan untuk menjalankan bisnis demi mendapatkan profit dan memastikan keberlanjutan usaha rumah sakit. Proses pemasaran merupakan salah satu hal yang menantang dalam aktivitas manajemen rumah sakit. Sebagai penerapan misi preventif, kegiatan pemasaran rumah sakit juga harus mengikuti aturan dan kode etik profesi yang harus senantiasa diperhatikan. Namun, di sisi lain aspek bisnis yang menjadi salah satu tujuan operasional rumah sakit juga harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, pendekatan pemasaran rumah sakit memiliki penyesuaian dan harus diadaptasi dengan baik dari konsep pemasaran pada dunia bisnis pada umumnya, diperlukan strategi-strategi yang tepat dalam promosi rumah sakit agar  memberikan value yang unik dan berbeda dari pesaing di dunia usaha rumah sakit. Dengan strategi komunikasi pemasaran melalui promosi yang terencana dan baik akan membawa dampak yang baik pada peningkatan brand awareness sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi elemen bauran promosi yang dilakukan oleh RSUD Ciawi Kabupaten Bogor dalam meningkatkan brand awareness.  Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif deksriptif melalui wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah RSUD Ciawi Kabupaten Bogor melakukan lima bauran promosi yaitu Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Penjualan Personal (Personal Selling), Pemasaran Langsung (Direct Marketing), Hubungan Masyarakat (Public Relations) untuk meningkatkan brand awareness. Melalui berbagai informasi program dan layanan kesehatan RSUD Ciawi Kabupaten Bogor mampu dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan brand awareness.  
REPOSISI CITRA MNC TV DALAM MEMBENTUK REBRANDING IDENTITY SEBAGAI TELEVISI DANGDUT DI INDONESIA (STUDI KASUS PROGRAM KDI DI MNC TV) Annory langga o
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7852

Abstract

Along with the Times and technology, companies engaged in products, especially event programs. Required to always develop, attract and innovate. Companies will compete to make corporate identity or corporate image good to the community. The impression created starts from making typical programs or flagship programs in a television station which will make the company's image and brand identity known to the public as corporate identity.TPI itself is already known as dangdut television in Indonesia, where TPI made the biggest dangdut singer Talent Search Program at that time, before competitors made similar programs. From 2004 to 2009. Approximately 6 years, the KDI program has aired on TPI. Until where TPI changed its name to MNC TV in 2010, the KDI (Indonesian dangdut contest) Program aired again in 2010 to 2022. The problem in this study is how to reposition the image of MNC TV in continuing the KDI program (Indonesian dangdut contest) by forming a rebranding identity as dangdut television in indonesia the purpose of this study is to determine how MNC TV forms a rebranding identity as dangdut television in Indonesia by continuing the KDI program (Indonesian Dangdut contest) which focuses on the KDI program (Indonesian Dangdut contest) in 2018, by adding similar programs. This research uses constructivist paradigm and presented qualitatively. Data collection techniques used are case studies, by observing, interviewing and literature studies on news contained in company documentation, websites and mass media. The theory used is the theory of image and Rebranding theory. The results of the study were that the image of TPI at that time produced a good rating but not comparable with the existing income and there was no change in the scheme of interesting programs in airing KDI programs on TPI while the repositioning of the image of MNC TV now airs similar programs to support the repositioning of the image of MNC TV itself due to the change of name. It is undeniable that MNC TV's big name by rebranding the KDI program which focuses on 2018 using the same concept but making differences such as stage arrangement, lighting, sophisticated equipment, bigger and attractive prizes and bringing in more competent judges. Indications of the success of repositioning the image and rebranding of the KDI 2018 program on MNC TV is one of the many advertising revenues and seen from the number of contestants who participated in the KDI program (Indonesian Dangdut Contest ) 2018. As well as articles that contain MNC TV as the home of dangdut television.Keywords: MNC TV, Rebranding Identity, Repositioning, image,TPI, program KDI
STRATEGI KOMUNIKASI ANGGOTA PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM KEGIATAN PENYULUHAN PENANGANAN STUNTING KEPADA ORANG TUA DI KELURAHAN BARANANGSIANG Muhammad Fauzi Syawal
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7161

Abstract

Abstrak Kegiatan penyuluhan penanganan stunting merupakan kegiatan yang digagas oleh Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Baranangsiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam kegiatan penyuluhan penanganan stunting kepada orang tua di Kelurahan Baranangsiang dan efek komunikasi yang terjadi pada orang tua setelah kegiatan penyuluhan berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan penyuluhan penanganan stunting telah menerapkan tahapan strategi komunikasi dengan baik. Tahapan strategi komunikasi menurut Anwar Arifin, yaitu, (1) Mengenal Khalayak dilakukan dengan melihat karakteristik dan kondisi khalayak sasaran, (2) Menyusun Pesan, menyampaikan pesan seputar penanganan stunting, (3) Menetapkan Metode, metode komunikasi yang dimanfaatkan adalah metode informatif dan edukatif, dan (4) Seleksi dan Penggunaan Media, media tatap muka secara langsung dan media sosial  WhatsApp. Diketahui pula khalayak mengalami perubahan kognitif, afektif, dan konatif setelah kegiatan komunikasi berlangsung.Kata Kunci: Efek Komunikasi; Penyuluhan Penanganan Stunting; Strategi Komunikasi.Abstract Stunting counseling activities are activities initiated by Empowerment and Family Welfare (PKK) Baranangsiang Village to deal with the problem of stunting in children. This research was conducted to find out how the communication strategies of members of Empowerment and Family Welfare in counseling activities for handling stunting to parents in Baranangsiang Village and the effect of communication that occurs on parents after stunting counseling activities was held. This research uses a qualitative approach. The data collection techniques in this study were depth interviews, field observations, and documentation, as well as checking the validity of the data using triangulation of sources. The results of this study indicate that the counseling activities for handling stunting problems have implemented the stages of communication strategies well. The stages of communication strategies applied to counseling activities for handling stunting are, (1) Getting to Know the Audience, (2) Compiling Messages, (3) Establishing methods, and (4) Selection and Use of Media. It is also known that the audience experienced changes after the communication activities took place.  Keywords: Communication Effects; Communication Strategy; Stunting Counseling Activities.
PENGENALAN PEMBELAJARAN ERA NEW MEDIA BERBASIS MEDIA PENYIARAN ‘PODCAST hafzotillah hafzotillah
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7256

Abstract

Teknologi baru mengubah konten media dan mengubah interaksi manusia dengan lembaga-lembaga sosial seperti pemerintah, lembaga pendidikan, dan sistem perdagangan. Singkatnya, istilah konvergensi ini dipahami sebagai suatu proses dari kondisi yang menghubungkan dengan erat faktor perubahan teknologi. Salah satu media baru yang saat ini kian mendapat perhatian masyarakat adalah podcast. Istilah tersebut merupakan akronim dari Pod dan Broadcasting yang merujuk pada perangkat Apple iPod sebagai platform distribusi podcast pertama. Sedangkan Broadcasting diartikan sebagai siaran atau penyiaran. Tujuan penelitian Untuk mengungkap seperti apa pengenalan Podcast sebagai alternatif media pembelajaran era new media berbasis media penyiaran oleh para dosen. Metode penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. teori ADDIE yang memiliki lima tahapan; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan juga evaluasi bahwa kertertarikan pembelajaran baik dosen maupun mahasiswa melihat podcast sebagai media alternatif yang cukup inovatif
Analisis berita Kekerasan seksual di media online (studi komparasi tempo.com) Mega Putri Kiara
Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : UNIVERSITAS PAKUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/jpsik.v7i1.7492

Abstract

Pada Pemeriksaan ini berencana untuk membedah teks berita di media berbasis web. Tempo.com yang mengangkat isu kebiadaban seksual terhadap anak-anak masa 2022. Eksplorasi semacam ini merupakan Penelitian ini kajian grafis subyektif dengan menggunakan strategi penanganan informasi investigasi outlining, yang merupakan cara untuk menghadapi realitas kekinian yang dikonstruksi dan dibentuk oleh media. Strategi pemeriksaan outline menggunakan model Entman.Kejadian kebrutalan Seks di Indonesia sendiri terjadi di berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ternyata, hal tersebut tidak terjadi begitu saja wanita saja, namun juga terjadi pada pria. Tak hanya di berbagai pertemuan, kebrutalan Seks ini juga bisa terjadi di mana saja, yaitu di lingkungan kerja, tempat umum, tempat belajar, dan yang mengejutkan,di lingkungan keluarga. Hasil investigasi ini menemukan bahwa Tempo.com mengamankan korban dengan tidak memberikan lebih banyak ruang bagi pelaku untuk menjaga diri kepada masyarakat luas melalui media. Hal itu terlihat dari isi berita yang banyak memuat keterangan dari pihak kepolisian, tidak sedikit pun mengutip pernyataan pelakunya. Kebiadaban seksual sendiri sepertinya tidak ada batasnya, siapapun bisa menjadi survivor dari pelakunya yang mungkin adalah orang-orang terdekat kita. Kebrutalan seksual sendiri merupakan suatu bentuk gerakan yang dilakukan oleh pelaku terhadap korban yang pada umumnya dibuntuti oleh bahaya kebiadaban. Sebagian besar orang Indonesia memiliki bidang kekuatan yang serius untuk suatu arahan, sehingga perlakuan terhadap korban biasanya dirusak oleh keluarganya sendiri dengan alasan menjaga nama baik keluarga, atau untuk menjaga harga diri keluarga. Sama halnya dengan bagaimana media membingkai setiap pemberitaan terkait isu ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10