cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan" : 31 Documents clear
HUBUNGAN POWER TUNGKAI DAN TINGGI BADAN TERHADAP HASIL LAY UP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 CIASEM ROYEN NURAFNI; PULUNG RIYANTO
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.713 KB)

Abstract

Hubungan antara tinggi badan dengan keterampilan bermain bolabasket, tinggi badan akan sangat membantu dalam permainan bola basket karena di mana sasarannya berada di atas kepala, sehingga ketinggian itu sangat menguntungkan. .Besaran pengaruh simultan yang ditunjuk dalam kolom model summery (R square) adalah 0,334 atau dibulatkan menjadi 34 % merupakan kontribusi dari variabel efektivitas tinggi badan dan power tungkai berpengaruh signifikan tehadap hasil lay up shoot dalam permaian bola basket . Sedangkan sisanya 66 % dipengaruhi faktor lain. Secara parsial tinggi badan seseorang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil lay up shoot dalam permaian bola basket. Besaran pengaruh parsial dan langsung efektivitas blesded learning terhadap motivasi berprestasi siswa adalah sebesar 0,481 atau dibulatkan menjadi 49 %. Dengan demikian, tinggi rendahnya lay up shoot dalam permaian bola basket dipengaruhi oleh tinggi badan seseorang dasar 37 %, sedangkan sisanya 51 % dipengaruhi dan dijelaskan oleh faktor lain.Secara parsial power tungkai yang dimiliki seseorang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil lay up shoot dalam permaian bola basket .Besaran pengaruh parsial dan langsung koordinasi mata tangan terhadap kepercayaan diri adalah sebesar 0,135 atau dibulatkan menjadi 14 %. Artinya, tinggi rendahnya hasil lay up shoot dalam permaian bola basket dipengaruhi oleh power tungkai sebesar 14 %, sedangkan sisanya 86 % dipengaruhi dan dijelaskan oleh faktor lain.
ISU-ISU KRITIS KEBIJAKAN BAHASA DAN PENGAJARAN BAHASA Ajeng Tina Mulyana
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.377 KB)

Abstract

Bahasa memiliki peran kunci dalam kehidupan manusia. Bahasa memungkinkan manusia berinteraksi dengan sesamanya, dapat saling mengenal, memahami, dan saling bekerja sama untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Bahasa juga merupakan media perolehan informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Terlebih diera informasi dan komunikasi global saat ini peran bahasa makin strategis, sehingga kemampuan dan penguasaan bahasa makin dipersyaratkan. Kebijaksanaan bahasa merupakan satu pegangan yang bersifat nasional, untuk kemudian membuat perencanaan bagaimana cara membina dan mengembangkan satu bahasa sebagai alat komunikasi verbal yang dapat digunakan secara tepat, Kebijakan bahasa ini diatur pada UU No. 24 tahun 2009, kemudian di BAB III, pasal 25 s.d. pasal 45 yang mengatur tentang pengembangan bahasa. Namun, banyak isu-isu kritis yang menjadikan kebijakan bahasa Ini hanyalah aturan semata tanpa ada realisasinya dalam kehidupan dan juga pengajaran. Pengejawantahan mengenai penerapan pengajaran bahasa dituangkan dalam UU No. 20 tahun 2003.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DAMPAKNYA PADA KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA Yunita Wulan Indah; Sumpena Rohaendi; Mariam Ar Rahmah
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.364 KB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMAN 1 Compreng menyatakan bahwa, siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematis dibuktikan melalui perolehan tes (ulangan harian) dengan nilai kurang dari 60. Hal ini menunjukkan siswa kurang menguasai materi dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah. Data lain menunjukkan pula bahwa nilai rata-rata siswa dari tahun ke tahun yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), yaitu 75 dan hanya 30% siswa yang tuntas. Hal ini disebabkan siswa mempunyai anggapan semua guru matematika terkenal dengan sifat negatif yaitu galak. Karena persepsi itulah, menjadikan siswa tidak memiliki keberanian untuk menanyakan materi-materi yang belum dipahami oleh siswa. Selain itu, siswa juga jarang ada yang maju ke depan apabila diberikan soal sebagai bahan latihan. Beberapa siswa yang sudah menguasai materi dan mampu memberikan jawaban tidak merasa takut untuk menuliskan dan memberikan jawaban di depan kelas. Namun, hal ini berbeda dengan siswa yang tidak menguasai materi cenderung ragu dan takut dalam mengekspresikan jawaban. Jumlah siswa yang memiliki kecenderungan ragu dan takut dalam bertanya atau memberikan jawaban jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki keberanian. Penelitian ini menggunakan metode peneliltian quasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Compreng yang menggunakan model pembelajaran gallery walk dan yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Tujuan selanjutnya yaitu untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa yang menggunakan model gallery walk dan pembelajaran ekspositori berbeda atau sama. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan timbal balik antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang dampaknya pada kepercayaan diri siswa dari adanya peningkatan dengan model pembelajaran gallery walk. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model gallery walk dan pembelajaran ekspositori. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis n-gain (gain ternormalisasi) terhadap siswa yang pembelajarannya dengan gallery walk lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Sedangkan hasil analisis angket gallery walk dapat disimpulkan siswa sebagian besar menyetujui pembelajaran dengan menggunakan gallery walk. Serta hasil analisis kepercayan diri siswa dengan penerapan model pembelajaran gallery walk adalah sangat tinggi.
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN YANG BERMUTU DODY WAHYUDI PURNAMA
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.725 KB)

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu tempat untuk menyimpan koleksi buku-buku dan bahan pustaka seperti koran, bibliografi serta bahan grafis seperti film, slide, piringan hitam yang berisikan informasi untuk kebutuhan belajar dan penelitian. Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelatihan yang ada, baik di lingkungan sekolah, luar sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya. Perpustakaan sekolah berfungsi (1) sebagai pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah; (2) sebagai pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya; dan (3) sebagai pusat kegiatan membaca buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0103/O/1981. Pembelajaran bermutu adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan mudah, antusias dan menyenangkan, serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan. Desain pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara bermutu dan efisien. Sebagai desainer inaupun sebagai pengelola/pelaksana pembelajaran, guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun desain pembelajaran
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE BAGIAN DAN PENUGASAN TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SDN IT ALAMY SUBANG DENI MUDIAN
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.737 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengungkapkan perbandingan hasil belajar antara metode bagian dan penugasan terhadap kemampuan menendang permainan sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan “Pre Test - Post Test Control Group Design”. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa putra SD IT ALAMY Subang Dari jumlah sampel 30 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok dengan cara dirangking, yaitu kelompok A yang diberi latihan menendang menggunakan metode bagian sebanyak 15 orang dan kelompok B yang diberi latihan menendang menggunakan metode penugasan sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian sebagai pengumpul data adalah tes keterampilan menendang permainan sepak bola.Hasil pengolahan data dan penghitungan uji – t pada kelompok A (metode bagian) diperoleh nilai t – hitung sebesar 2,92 lebih besar dari nilai – t tabel pada taraf nyata (a) = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 28 sebesar 2,05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima, artinya belajar menggunakan metode bagian memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menendang permainan sepak bola pada siswa putera SD IT ALAMY Subang. Sedangkan hasil penghitungan uji – t pada kelompok B (metode penugasan) diperoleh nilai t – hitung sebesar 1,17 lebih kecil dari nilai – t tabel pada taraf nyata (a) = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 28 sebesar 2,05. Dengan demikian hipotesis nol diterima dan hipotesis kerja ditolak, artinya belajar menggunakan metode penugasan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menendang permainan sepak bola pada siswa putera SD IT ALAMY Subang. Metode bagian lebih efektif dibandingkan metode penugasan dalam kegiatan belajar mengajar teknik dasar menendang permainan sepak bola pada siswa SD IT ALAMY Subang.
PENGARUH METODE LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA PERMAINAN BULUTANGKIS (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis MA Miftahul’ulum) Iwan Hasyim; Iyan Nurdiyan Haris; Deni Mudian
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.979 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta ekstrakurikuler bulutangkis MA Miftahul’ulum belum bisa menguasai teknik kemampuan smash dengan baik, belum ada variasi latihan, cara memlakukan smash masih belum benar, dan program latihan belum dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode latihan sirkuit memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan smash pada permainan bulutangkis pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis MA Miftahul’ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen, penelitian ini termasuk dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Miftahul’ulum, sedangkan sampelnya adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis MA Miftahul’ulum yang berjumlah 30 peserta. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan smash tingkat validitas 0,675 dan reliabilitas 0,768. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic dengan pengujian hipotesis menggunakan paired samples t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa : Ada pengaruh yang signifikan metode latihan sirkuit terhadap kemampuan smash pada permainan bulutangkis siswa ekstrakurikuler MA Miftahul’ulum Dari data uji t dapat dilihat bahwa sig.(2-tailed) = 0,000 <a 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode latihan terhadap kemampuan smash pada permainan bulutangkis siswa ekstrakurikuler MA Miftahul’ulum.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN SATU ATAP 8 BANJARSARI MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA RUSDIAN RIFA"I; CICI DAHLIYAH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.237 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Metode yang di gunakan adalah kuasi eksperimen berdesain kelompok kontrol non-ekiuvalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari dan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 8 Banjarsari. Instrumen penelitian adalah tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
THE EFFECTS OF THE STUDENTS’ PERCEPTION ON LEARNING MEDIA AND PERSONALITY TOWARDS THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY SUNARA SUNARA
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.561 KB)

Abstract

The aim of the research is to know the effects of the students’ perception on learning media and personality towards the students’ speaking ability. The total sample of this research is 82 students. The technique for collecting data of the students’ perception on learning media and personality used questionnaires, and the speaking ability test was acquired from the students’ speaking test by having 15- item interview instrument. The research methodology used is survey, and technique of data analysis used is regression analysis model. The statistic test used F-test, t-test, Rsquare and the data analysis used correlation technique and partial regression. The research findings are 1). There is significant effects of the students’ perception on learning media and personality jointly towards the students’ speaking ability at English education department students of private universities in Subang. The significance of regression coefficient equals to sig.0.000, or 0.000<0.05. The coefficient value of Fobserved equals to 11.555. It turns out that Fobserved > Ftabel, or 11.555>3.1, or H1 is accepted. RSquare coefficient equals to 0.226. It means that the variables of the students’ perception on learning media (X1) and personality (X2) jointly can determine or predict the speaking ability (Y) with contribution 22.6%. α equals to 0.05 and n equals to 82. H1 is rejected. 2). There is significant effects partially students’ perception on learning media towards the students’ speaking ability at English education department students of private universities in Subang. It declares that the sig value of students’ perception on learning media variable (X1) equals to 0.022. It shows that probability or significance is less than 0,05. The value of t coefficient or tobserved equals to 2.339, with ttable equals to 1.99. Since tobserved > ttable and the coefficient value of Sig.< 0,05, H1 is accepted. 3). There is significant effects partially personality towards the students’ speaking ability at English department students of private universities in Subang. It turns out that the sig. value of the personality variable (X2) equals to 0.001. It shows that probability or sig is less than 0,05. The value of t coefficient or tobserved equals to 3.394, with ttable equals to 1.99. Since tobserved > ttable and the coefficient value of Sig.< 0,05 here H1 is accepted
HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN LARI DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CIWIRU KECAMATAN DAWUAN Asep Dedi Paturohman; Deni Mudian; Iyan Nurdiyan Haris
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.359 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dan kegiatan ektrakurikuler lompat jauh dalam rangka pembinaan atlet. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan lari dan power otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan lari dan power otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas V SD Negeri Ciwiru Kecamatan Dawuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei dangan studi korelasional. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas (kecepatan lari dan power otot tungkai) dan satu variabel terikat yaitu hasil lompat jauh gaya jongkok. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa putra kelas V SD Negeri Ciwiru Kecamatan Dawuan sebanyak 30 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecepatan lari 30 meter, tes power otot tungkai dengan standing boad jump dan tes lompat jauh gaya jongkok. Analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Karl Pearson, korelasi ganda, korelasi parsial, sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan lari terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara power otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan lari dan power otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok
PENGARUH BUDAYA LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KEWARGANEGARAAN Dinda Nurul Aini
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.347 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan perkembangan kompetensi kecerdasan kewarganegaraan siswa sebagai pengaruh dari adanya budaya membaca. Latar belakang penelitian ini adalah adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Yang mana di dalamnya terdapat materi mengenai pengembangan potensi peserta didik secara utuh, dengan kegiatan wajib membaca 15 menit setiap hari. Keiatan membaca ini dimaksudkan untuk menciptakan budaya membaca bagi masyarakat Indonesia, yang tujuannya adalah membentuk budi pekerti dan refolusi karakter. Pemerintah menamai gerakan ini sebagai Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Melihat dari adanya Permendikbud ini, peneliti tertarik untuk menjelaskan dampak dari implementasi budaya membaca terhadap perkembangan kompetensi kecerdasan kewarganegaraan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Subang, karena SMP ini merupakan sekolah perintis yang dirujuk untuk melaksanakan GLS. Sementara partisipan dalam penelitian ini terdiri dari guru perintis, guru PPkn, wali kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan angket. Pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa budaya membaca dapat mengembangkan kompetensi kecerdasan kewarganegaraan siswa. Aspek yang paling berkembang secara signifikan dari kecerdasan kewarganegaraan adalah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan moral. Artinya dengan adanya budaya membaca selain dapat membentuk karakter dan budi pekerti, dapat pula meningkatkan kecerdasan kewarganegaraan.

Page 1 of 4 | Total Record : 31