cover
Contact Name
Ns. Sunardi
Contact Email
dosen01030@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalforkamma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25989545     EISSN : 2599171X     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Ini ditujukan untuk Masyarakat Umum, Peneliti dan Dosen Manajemen khususnya Forum Komunikasi Keluarga Besar Alumni Magister Manajemen Universitas Pamulang (FORKAMMA UNPAM) Khusus Peneliti Ilmu Manajemen dan Ekonomi dengan ISSN No. 2598-9545 (cetak) dan 2599-171X (Online).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)" : 8 Documents clear
DETERMINAN INTELECTUAL CAPITAL DENGAN PENDEKATAN iB-VAIC™ TERHADAP EFISIENSI BIAYA IMPLIKASINYA PADA PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Nardi Sunardi
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.354 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2530

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel modal intelektual (iB-VACA, iB-VAHU, iB-STVA) terhadap efisiensi biaya (BOPO) dan profitabilitas (ROA).Penelitian menggunakan metode purposive sampling,Pengujian hipotesis penelitian digunakan pendekatan regresi data panel. Diolah mengunakan program aplikasi bantuan software MS.Exel 2010. Pengolahan data statistik dengan  EVIEWS  9.0.Hasil penelitian menunjukkan secara parsial (uji-t) variabel iB-VACA berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Efisiensi Biaya, iB-VAHU berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Efisiensi Biaya, iB-STVA berpengaruh negatif dan  signifikan terhadap Efisiensi Biaya,  variabel iB-VACA, iB-VAHU, iB-STVA, secara bersama-sama signifikan terhadap Efisiensi Biaya, variabel iB-VACA berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, iB-VAHU berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, iB-STVA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. variabel BOPO, iB-VACA, iB-VAHU, iB-STVA, secara bersama-sama signifikan terhadap Profitabilitas.
PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM CARA MENGAJAR MELALUI PENGEMBANGAN TRAINING NEED ANALYSIS (STUDI KASUS DI PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG) Qurbani, Derita
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.37 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2535

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fenomena dan memperoleh bukti empirik, serta kesimpulan tentang kompetensi dosen Universitas Pamulang dalam cara mengajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kombinasi model atau desain concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yang menggabungkan metode kualitatif yang menjadi metode primer dan metode kuantitatif menjadi metode sekunder. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 307. Adapun alat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan Training Need Analysis (TNA). Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Didapati bahwa kompetensi dosen Universitas Pamulang hanya 8% yang memiliki kompetensi pedagogik tinggi, 14% memiliki kompetensi profesional tinggi, 60% memiliki kompetensi kepribadian tinggi, dan 38% memiliki kompetensi sosial yang tinggi. (2) Setelah dilakukan analisis dengan Training Need Analysis (TNA) terdapat adanya GAP (kesenjangan) yang terjadi pada kompetensi sebagian dosen UNPAM dalam cara mengajar. (3) Dari adanya GAP yang terjadi di lapangan maka sebagian dosen UNPAM yang masih kurang tinggi dalam kompetensi, diperlukan sekali untuk diikuti pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan permasalah pada GAP (kesenjangan) yang ada.
HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA Angga Rovita
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.604 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2531

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai (1) hubungan antara kepemimpinan dengan kepuasan kerja, (2) hubungan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja, dan (3) hubungan antara kepemimpinan dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja secara bersama-sama.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey, yaitu dengan teknik penyebaran angket sebagai instrumen utamanya. Sampel dalam penenlitian ini adalah 80 guru dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis korelasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) hubungan yang positive antara kepemimpinan dengan kepuasan kerja  (2) hubungan positive antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja, dapat disimpulkan bahwa semakin baik budaya organisasi maka semakin baik kepuasan kerja, dan  (3) hubungan positive antara kepemimpinan dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja secara bersama-sama. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan dan budaya organisasi  maka semakin baik kepuasan kerja,
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. GARUDA INDONESIA TBK. (PERSERO) Rosa Lesmana
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.375 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2536

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai (1) citra perusahaan (2) keputusan pembelian konsumen dan (3) pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Garuda Indonesia Tbk (Persero)Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab oleh 100 responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat        (1) Citra perusahaan pada prinsipnya sudah baik, hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif pernyataan sangat setuju (SS) mendominasi sebesar 49,8%. (2) Keputusan pembelian konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk (Persero) cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif pertanyaan sangat setuju (SS) mendominasi sebesar 47,40%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra perusahaan dengan Keputusan pembelian konsumen  PT. Garuda Indonesia Tbk (Persero). Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > t tabel yaitu 10,97 < 1,660, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan memiliki hubungan yang kuat dilihat dari nilai korelasi (r) 0,646. Kontribusi citra perusahaan terhadap keputusan konsumen sebesar 41,7%
HUBUNGAN GAYA MENGAJAR DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI PADA KELAS B RUANG 614-615 Hamdi Supriadi
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.862 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran hubungan Gaya Mengajar Dosen dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di fakultas ekonomi universitas pamulang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan subjek yang diamati berbeda-beda (cross sectional), dan bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner berupa skala. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data penelitian yaitu validitas-reliabilitas, uji normalitas dan product moment. SPSS 16 . Sampel penelitian yang dipakai adalah 40 mahasiswa . Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat ada hubungan yang negative antara     Gaya Mengajar Elementery, Intermediate, Advanced, dan creative – evaluative dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di fakultas ekonomi univesitas pamulang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Gaya Mengajar Dosen berkorelasi secara negative dengan Motivasi Belajar Mahasiswa.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, ORGANISASI PEMBELAJARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS PAMULANG TANGERANG SELATAN Surasni Surasni
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.321 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, organisasi pembelajaran, dan komitmen organisasi terhadap kinerja dosen. Survey dilakukan dalam penelitian ini, pengolahan data dianalisis dengan cara path analisis. Setelah semua variable diterapkan ke dalam matriks (hubungan matrik). Penelitian ini di lakukan di Universitas Pamulang dengan memilih 109 sampel dengan cara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja berpengaruh langsung terhadap kepemimpinan transformasional, organisasi pembelajaran dan komitmen org     anisasi. Ditemukan juga bahwa komitmen organisasi berpengaruh langsung dengan kepemimpinan transformasional dan pembelajaran organisasi. Berdasarkan penemuan penelitian tersebutAda lima hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen; (2) organisasi pembelajaran berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen; (3) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen; (4) Kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi, dan (5) Organisasi pembelajaran berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasi.
ANALISIS PEMBIAYAAN KEPADA KOPERASI KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP AL-MUDHARABAH DALAM PENINGKATAN LABA PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. CABANG BENGKULU Agus Supriatna
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.805 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2529

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme dan pengaruh pembiayaan kepada Koperasi Karyawan  dengan menggunakan prinsip Al-Mudharabah dalam meningkatkan laba pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Bengkulu. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder (secondary data), mulai tahun 2005 sampai 2009. Komponen yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan rasio keuangan yang digunakan rasio rentabilitas bank antara lain NOM, ROA dan ROE serta rasio lainnya yaitu LDR/FDR dan NPL/NPF. Analisis yang dilakukan telah menjawab hipotesis penelitian dimana dibuktikan dengan uji hipotesis yang menyatakan bahwa komposisi penyaluran dana yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bengkulu selama ini yaitu lebih besar rata-rata sekitar 80.37% menggunakan pola pembiayaan dengan Prinsip Al-Mudharabah dibandingkan dengan penyaluran dana mengunakan prinsip Al-Murabahah, Standar terbaik ROA menurut Bank Indonesia adalah 1,5%
ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI, KOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENJALANKAN E-COMMERCE NETWORKING BUSINESS (Pada Grup Facebook E-Commerce Nerworking Business Indonesia) Rissa Hanny
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 1, No 1 (2017): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.027 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v1i1.2534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stretegi Promosi, Komunikasi dan Kepercayaan terhadap Pengambilan Keputusan dalam Mejalankan E-Commerce Networking Business (Pada Grup Facebook E-Commerce Nerworking Business Indonesia).       Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan design dan pendekatan riset secara kausal dan pengujian hipotesis, dengan tekkhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan survey (online) terhadap pebisnis. Populasinya adalah seluruh pebisnis yang tergabung dalam grup Facebook ecommerce networking business Indonesia. Penentuan sampel dengan menggunakan rumus Lamesho dan tekhik pengambilannya dengan menggunakan random sampling sehingga diperoleh sebanyak 94 pebisnis.       Tekhnik analisa data digunakan: 1. Uji Validitas dan Reliabilitas, 2. Uji Asumsi Klasik, 3. Regresi Berganda, 4. Koefisien Dterminasi, dan 5. Pengujian Hipotesis dengan uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (Uji f).

Page 1 of 1 | Total Record : 8