cover
Contact Name
sugiarjo
Contact Email
perpus@pancabudi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ejournal@pancabudi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
ISSN : 2356329X     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Panca Budi Medan sebagai media komunikasi ilmiah yang menyajikan kajian-kajian terkait perkembangan teknologi dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi.
Arjuna Subject : -
Articles 73 Documents
IMPLEMENTASI FILTER RC PADA REDUKSI HARMONISA DALAM PENGOBATAN CERAGEM Faisal Irsan Pasaribu
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.104 KB)

Abstract

Penggunaan beban non-linier pada ceragem mengakibatkan distorsi harmonik yang berdampak pada buruknya kualitas daya. Pada penelitian ini, dirancang sebuah Filter RC untuk mengatasi distorsi harmonik pada beban ceragem di pengaturan suhu 60 ̊ C. Tahapan yang dilakukan yaitu: identifikasi jenis beban suhu 30 ̊ C, 40 ̊ C, 50 ̊ C dan 60 ̊ C pada ceragem dengan melakukan pengukuran harmonik, serta melakukan simulasi uji coba filter. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa filter hasil yang dirancang dapat berfungsi dengan baik, dari pengujian terhadap beban ceragem di suhu 60 ̊ C terdapat reduksi harmonik arus yaitu dari 133,8 % menjadi 12,8 %.
IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN KERJA Andysah Putera Utama Siahaan
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.973 KB)

Abstract

Proses Penentuan kelayakan kerja bagi mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi biasanya diberikandengan nilai yang sama. Dan dalam makalah ini penentuan kelayakan kerja bagi mahasiswa UniversitasPembangunan Panca Budi yang belum layak dibuat berbeda, tergantung berapa kemampuan TPA dan IPK. Sistem Fuzzy Tsukamoto adalah model yang digunakan dalam makalah ini. Setiap variable input dibagi menjadi dua fungsi keanggotaan. Dalam makalah ini, Sembilan aturan model Fuzzy Tsukamoto telah diterapkan. Sistem ini juga menyediakan pergantian parameter konsekuen jika nilai parameternya ingin dirubah. Hasil perbedaan dari kelayakan kerja yang diberikan kepada mahasiswa, semakin besar nilai TPA maka semakin besar kemungkinan nilai kelayakan kerja yang didapat, semakin banyak nilai IPK yang didapat semakin besar juga nilai kelayakan kerja yang didapat.
PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR PIR BERBASIS MIKROKONTROLER Pristisal Wibowo
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.801 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini membuat orang ingin selalu berkreasi dan memicu untuk membuat sesuatu yang baru dimana dapat di aplikasikan serta dapat digunakan dengan mudah dan praktis dan dapat di kendalikan dari jarak dekat maupun jarak jauh. Pada penelitian ini bagaimana merancang sistem keamanan rumah menggunakan sensor PIR (Passive Infra Red) berbasis mikrokontroler. Dimana pengaman ini akan bekerja jika sensor PIR (Passive Infra Red ) mendeteksi adanya manusia yang tidak di inginkan masuk kedalam rumah, dan selanjutnya mikrokontroler memproses dan memerintahkan ponsel 1 untuk mengirimkan tanda bahaya berupa SMS (Short Message Service).
ANALISA TINGKAT KUAT PENERANGAN TERHADAP KELELAHAN MATA PADA PENCAHAYAAN LAPANGAN OLAH RAGA FUTSAL GARUDA LHOKSEUMAWE Badriana
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.935 KB)

Abstract

Kuantitas dari cahaya yang jatuh pada permukaan bidang kerja disebut iluminasi, yang mana mempunyai satuan lux. Cahaya hanya merupakan satu bagian berbagai jenis gelombang elektromagnetis yang terbang ke angkasa. Gelombang tersebut memiliki panjang dan frekuensi tertentu, yang nilainya dapat dibedakan dari energi cahaya lainnya dalam spektrum elektromagnetisnya. Banyaknya cahaya yang jatuh pada suatu permukaan yang menyebabkan terangnya permukaan tersebut dan sekitarnya. Hasil analisa bahwa besarnya lux pada total beban lampu penerangan adalah 47,1 lux. Efikasi cahaya terhadap penerangan pada area adalah 6,79 lm/watt. Intensitas pengukuran penerangan pada area lapangan rata-rata adalah 45,5 lux, sedangkan standar pencahayaan adalah 75 lux jika diperhitungkan berdasarkan tingkat latihan sehingga perbandingan pencahayaan belum memenuhi standar pada lapangan tersebut. Gejala-gejala kelelahan mata tersebut penyebab utamanya adalah penggunaan otot-otot di sekitar mata yang berlebihan.Kelelahan mata dapat dikurangi dengan memberikan pencahayaanyang baik adalah : Iritasi pada mata (mata pedih, merah, berair), Penglihatan ganda, Sakit sekitar mata, Berkurangnya kemampuan akomodasi, Menurunnya ketajaman penglihatan, kepekaan kontras dankecepatan persepsi.
NOVELTY SIMULATOR OPNET DIDALAM KINERJA JARINGAN MPLS Muhammad Rizky Syahputra
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.05 KB)

Abstract

TCP ( Transmission Control Protocol ) Adalah sebuah koneksi berorientasi protocol yang dapat diandalkan dan digunakan bersamaan dengan internet protocol ( IP ). Suatu sistem komunikasi data kompleks tidakmenggunakan sebuah protocol saja untuk menangani seluruh proses dan permasalahan transfer data, melainkan menggunakan sekumpulan protokol yang saling bekerja sama tapi sifatnya independent satu sama lain. Sekumpulan protokol ini disebut protocol suite.digunakan untuk mengetahui bagimana cara memodelkan dan menganalisis kinerja jaringan TCP dengan menggunakan software komputer. Pada penelitian ini penulis menggunakan software OPNET sebagai alat untuk menganalisis kinerja jaringan TCP. Parameter kinerja yang akan dianalisis adalah Througput, paket loss, dan Delay.
ANALISIS STABILITAS SISTEM TENAGA LISTRIK SINGLE MESIN MENGGUNAKAN METODE RUNGE KUTTA ORDE 4 Arnawan Hasibuan
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.423 KB)

Abstract

Dalam sistem tenaga listrik yang melayani beban secara kontinyu sebaiknya tegangan dan frekuensi harustetap konstan, namun apabila terjadi gangguan pada salah satu pembangkit atau pada rel maka hal ini tidak dipungkiri akan terjadi gangguan pada penyaluran daya. Untuk itu perluh dilakukan Penelitian tentang Stabilitas Sistem Tenaga yang berkaitan dengan Penentuan Sudut Pemutus Kritis dan Waktu Pemutus Kritis pada generator, guna mengetahui berapa besar Sudut Pemutus Kritis dan berapa besar Waktu Pemutus Kritis. Dalam penelitian ini digunakan Metode Runge Kutta orde 4 dengan bantuan softwere Matlab.
IMPLEMENTASI HYBRID-BASED RECOMMENDATION DIDALAM SISTEM REKOMENDASI PENCARIAN PEKERJAAN BERBASIS WEB Andre Hasudungan Lubis
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.571 KB)

Abstract

Aktivitas utama yang dilakukan sehari – hari seorang individu untuk mencari uang adalah dengan cara bekerja. Mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kita tekuni tidaklah mudah. Banyak individu yang tidak mengetahui kemampuan diri mereka sendiri dan keterbatasan informasi lowongan pekerjaan juga menjadi hambatan bagi pelamar yang ingin mencari pekerjaan. Karena itu, diperlukan satu ‘alat bantu’ yang dapat memberi rekomendasi bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan belakang pendidikan yang bersangkutan. Metode hybrid approach adalah dengan menggabungkan teknik collaborative-filtering (algoritma decision tree) dan content-based (algoritma nearest neighbor). Algoritma decision tree digunakan untuk pengklasifikasian bidang pekerjaan sedangkan untuk rekomendasi pekerjaan,digunakan algoritma nearest neighbor. Pada nearest neighbor digunakan rumus similarity untuk menghitung kedekatan antara pelamar dan lowongan pekerjaan berdasarkan pencocokan bobot san atribut yang ada. Output yang dihasilkan dari sistem ini berupa daftar rekomendasi pekerjaan yg sesuai dengan latar belakang pendidikan pelamar.
MODEL DAN ANALISIS GANGGUAN SATU KONDUKTOR TERBUKA (ONE-CONDUCTOR OPEN FAULT) SISTEM TENAGA LISRIK MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB Rahmaniar
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.247 KB)

Abstract

Gangguan satu konduktor terbuka merupakan terlepasnya salah satu fasa/konduktor yang menyebabkanterjadinya perubahan tegangan antara bus-bus (gardu induk) yang konduktornya mengalami gangguan.Peningkatan tegangan pada sistem yang mengalami gangguan satu konduktor terbuka menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan sistem yang dapat berpengearuh terhadap pelayanan kepada pelanggan listrik. Sehingga dilakukan kajian khusus tentang gangguan konduktor terbuka dengan pemodelan matematis dari diagram segaris sistem tenaga dengan data-data nilai reaktansi sistem. Pemodelan gangguan satu fasa terbuka sistem tenaga listrik dilakukan dengan membentuk diagram reaktansi dari sistem tenaga listrik, kemudian dengan data-data bersumber dari literatur ilmiah dilakukan pemodelan sekaligus memasukkan data sistem ke dalam m.file matlab untuk menjalankan model yang sudah dibangun. Analisis gangguan satu fasa terbuka digunakan untuk melihat besaran tegangan yang dapat menyebabkan terjadi ketidak seimbangan sistem karena pada kondisi salah satu fasa terbuka pada rangkaian seimbang. Komputer dijadikan alat bantu untuk menganalisis nilai arus gangguan dengan pendukung perangkat lunak Matlab 6.1 membantu memperoleh besaran nilai arus dan tegangan gangguan satu konduktor terbuka secara praktis dan efektif.
ANALISIS ANTENA MIKROSTRIP FRAKTAL SIERPINSKI GASKET MIMO Syarifah Muthia Putri
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.517 KB)

Abstract

Kebutuhan telekomunikasi adalah hal yang sangat utama pada saat ini. Kebutuhan akan layanantelekomunikasi juga semakin meningkat dari waktu ke waktu. Perkembangan layanan telekomunikasi saat ini menuntut agar telekomunikasi memiliki kecepatan transmisi data yang tinggi. LTE adalah teknologitelekomunikasi dengan kecepatan transmisi data tinggi yang sedang dikembangkan saat ini. Salah satuperangkat yang dibutuhkan pada teknologi tersebut adalah antena. Antena yang dapat mendukung teknologi tersebut juga dikembangkan menjadi antena mikrostrip MIMO (Multiple Input Multiple Output). Analisis dan optimasi feedline antena mikrostrip dilakukan pada simulator CST 2010 untuk menghasilkan antena dengan spesifikasi yang diinginkan. Hasil akhir yang diperoleh adalah dengan nilai VSWR ≤ 2 bandwidth yang diperoleh pada hasil realisasi lebih lebar dibandingkan bandwidth yang diperoleh dari CST 2010, parameter s ≤20dB, pola radiasi adalah unidireksional, faktor korelasi mendekati nilai nol, diversity gain ≥ 9, polarisasi adalah elips. Dari hasil yang diperoleh antena yang dirancang dan direalisasikan memiliki bandwidth ≤ 100 MHz sesuai lebar pita pada teknologi LTE, namun antena tersebut masih bisa digunakan untuk teknologi LTE.
METODE PENGENDALI BARU PADA PINTU GERBANG PINTAR BERBASISKAN SENSOR METAL DETECTOR Zulkarnain Lubis
Jurnal Elektro dan Telkomunikasi Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Elektro dan Telkomunikasi
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.226 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi semakin maju dan memberikan banyak kemudahan dalam penggunaan perangkat ataupun alat-alat yang berhubungan langsung dengan kebutuhan hidup manusia. Dengan pemikiran tersebut maka penulis membuat sebuah alat pengendali pintu gerbang menggunakan sinyal bluetooth dari handphone Android dan pengendali pintu garasi menggunakan sensor metal detector berbasis Arduino. Dipenelitian ini menjelaskan pengguna tidak diharuskan turun dari dalam mobil untuk membuka pintugerbang dan garasi,karena melalui sinyal bluetooth dari handphone Android, pengguna sudah dapat membuka dan menutup pintu gerbang garasi secara otomatis dan melalui deteksi dari sensor metal,pintu garasi dapat terbuka dan tertutup otomatis tanpa membebani manusia untuk membuka garasi tersebut.