cover
Contact Name
Lyra Yulianti
Contact Email
lyra@sci.unand.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lyra@si.unand.ac.id
Editorial Address
http://jmua.fmipa.unand.ac.id/index.php/jmua/index
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Matematika UNAND
Published by Universitas Andalas
ISSN : 2303291X     EISSN : 27219410     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Fokus dan Lingkup dari Jurnal Matematika FMIPA Unand meliputi topik-topik dalam Matematika sebagai berikut : Analisis dan Geometri Aljabar Matematika Terapan Matematika Kombinatorika Statistika dan Teori Peluang.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 3 (2022)" : 6 Documents clear
Klasifikasi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Menggunakan Analisis Diskriminan Berganda Mita Oktaviani; YUDIANTRI ASDI; FERRA YANUAR
Jurnal Matematika UNAND Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jmua.11.3.190-198.2022

Abstract

Faktor yang mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi IPK yaitu jalur masuk perguruan tinggi, usia, nilai rata-rata ujian nasional, besar biaya hidup, lama belajar, dan besar penggunaan internet. Dari faktor-faktor tersebut akan dilihat faktor yang secara signikan mempengaruhi pengelompokan IPK mahasiswa pada masing-masing jalur masuk perguruan tinggi dan akan dilakukan prediksi pengelompokan IPK menggunakan metode analisis diskriminan berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online kepada mahasiswa FMIPA UNAND angkatan 2017-2019 dengan ukuran sampel sebesar 303 objek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keakuratan klasikasi pada masing-masing jalur masuk perguruan tinggi lebih dari 50%, sehingga fungsi diskriminan yang diperoleh dianggap akurat dan fungsi dapat digunakan untuk mengelompokkan mahasiswa ke dalam kelompokIPK yang telah ditentukan.
Existence and Uniqueness in the Linearised One and Two-dimensional Problem of Partial Differential Equations With Variational Method Bayu Prihandono; Mariatul Kiftiah; Yudhi Yudhi
Jurnal Matematika UNAND Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jmua.11.3.141-158.2022

Abstract

The classical solution and the strong solution of a partial differential equation problem are continuously differentiable solutions. This solution has a derivative for a continuous infinity level. However, not all problems of partial differential equations can be easily obtained by strong solutions. Even the existence of a solution requires in-depth investigation. The variational formulation method can qualitatively analyze a single solution to a partial differential equation problem. This study provides an alternative method in analyzing the problem model of partial differential equations analytically. In this research, we will examine the partial differential equation modelling built from fluid dynamics modelling.
DIMENSI METRIK DARI GRAF HASIL IDENTIFIKASI Kristiana Wijaya
Jurnal Matematika UNAND Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jmua.11.3.199-209.2022

Abstract

Pada paper ini dibahas mengenai dimensi metrik dari graf hasil identififikasi. Dimensi metrik dari sebuah graf G, dinotasikan dengan dim(G), adalah kardinalitas paling kecil dari setiap himpunan pembeda di G. Poisson dan Zhang telah memberikan batas bawah dan atas dimensi metrik dari graf hasil identifikasi. Pada paper ini dibahas dimensi metrik dari graf reguler yang diidentifikasi dengan graf lintasan. Selain itu, diberikan juga kelas-kels graf yang hasil identifikasinya mempunyai dimensi metrik tepat sama dengan batas bawah yang dihasilkan oleh Poisson dan Zhang.
The Locating-chromatic Number of Disjoint Union of Fan Graphs Fakhri Zikra; DES WELYYANTI; LYRA YULIANTI
Jurnal Matematika UNAND Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jmua.11.3.159-170.2022

Abstract

Let G = (V,E) is a connected graph and c is a k-coloring of G. The color class of G is the set of colored vertexs i, denoted by Ci for 1 <= i <= k. Let phi is a ordered partition from V (G) to independent color classes that is C1;C2; ...;Ck, with vertexs of Ci given color by i, 1 <= i <= k. Distance of a vertex v in V to Ci denoted by d(v,Ci) is min {d(v, x)|x in Ci}. The color codes of a vertex v in V is the ordered k-vector c(Phi|v) = (d(v,C1), d(v,C2), ..., d(v,Ck)) where d(v,Ci) = min {d(v, x | x in Ci)} for 1 <= i <= k. If distinct vertices have distinct color codes, then c is called a locating-coloring of G. The locating-chromatic numberXL(G) is the minimum number of colors in a locating-coloring of G. Let H is a disconnected graph and c is a k-coloring of H then induced partition of Phi from V(H). The coloring c is locating k-coloring of H if all vertices of H have distinct color codes. The locating-chromatic number of H, denoted by XL'(H), is the smallest k such that H admits a locating-coloring with k colors. In this paper, we study the locating-chromatic number of disjoint union of fan graphs.
ANALISIS TITIK TETAP PADA PEMETAAN TERDOMINASI-α DI RUANG METRIK-b SEGI EMPAT Nur Faridah; MALAHAYATI MALAHAYATI
Jurnal Matematika UNAND Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jmua.11.3.171-180.2022

Abstract

Ruang metrik-b segi empat merupakan himpunan tak kosong yang didalamnya dilengkapi oleh suatu pemetaan dan memenuhi tiga aksioma yaitu definitas,simetri, dan ketaksamaan b-segi empat. Penelitian ini membahas tentang teorema titiktetap pada pemetaan terdominasi-α di ruang metrik-b segi empat. Proses konstruksipembuktian melibatkan barisan Picard yang menjadi alat dalam menemukan titik tetapnya.Contoh 3.2 pada jurnal Shoaib [10] kurang tepat, sebab tidak memenuhi semuahipotesa pada Teorema 3.1. Oleh karena itu diberikan contoh baru dengan mendefinisikanulang pemetaan yang memenuhi kondisi terdominasi α sehingga semua hipotesapada teorema terpenuhi.Kata Kunci: Pemetaan terdominasi, Ruang metrik-b segi empat, Titik tetap
PENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA \ BERDASARKAN INDIKATOR PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SUBTRACTIVE FUZZY C-MEANS Dina Maulidya; YUDIANTRI ASDI; HAZMIRA YOZZA
Jurnal Matematika UNAND Vol 11, No 3 (2022)
Publisher : Jurusan Matematika FMIPA Universitas Andalas Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/jmua.11.3.181-189.2022

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tujuan utama dalam rencana pembangunan di Indonesia. Pembangunan pendidikan diukur dengan indikator-indikator terkait pendidikan. Ketercapaian pembangunan pendidikan setiap provinsi di Indonesia berbeda sehingga dengan cara mengelompokkan provinsi- provinsi tersebut berdasarkan kemiripan indikator yang tercapai dapat memudahkan pemerintah memberikan program peningkatan pembangunan pendidikan. Indikator pembangunan pendidikan yang digunakan dalam pengelompokan adalah sarana dan prasarana pendidikan, sanitasi sekolah, partisipasi sekolah, dan angka putus sekolah. Metode yang digunakan adalah metode Subtractive Fuzzy C-Means. Pengolahan data mengambil jari-jari yang beragam yaitu 1.00, 1.10, 1.20, 1.30, dan 1.50. Hasil indeks validitas klaster menunjukkan jari-jari 1.50 yang membentuk 2 klaster merupakan jumlah klaster terbaik. Jumlah keanggotaan klaster pertama sebanyak 20 provinsi. Provinsi-provinsi yang menjadi keanggotaannya tersebar di seluruh indonesia bagian barat kecuali Aceh. Kemudian sebahagian provinsi di Indonesia bagian tengah yaitu Pulau Kalimantan kecuali Kalimantan Tengah, Gorontalo pada Pulau Sulawesi dan Bali. Sedangkan jumlah provinsi yang masuk keanggotaan klaster kedua sebanyak 14 provinsi. Keanggotaannya tersebar pada provinsi-provinsi selain yang menjadi anggota klaster pertama. Berdasarkan karakteristik klaster, klaster kedua merupakan klaster terbaik dibanding klaster pertama.KataKunci : Pembangunan Pendidikan, Pengelompokan, Subtractive Fuzzy C-Means

Page 1 of 1 | Total Record : 6