cover
Contact Name
Berru Amalianita
Contact Email
berru@konselor.org
Phone
-
Journal Mail Official
frischa@konselor.org
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
ISSN : 25413163     EISSN : 25413317     DOI : -
Core Subject : Education,
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and international significance across educational contexts 2) Publish manuscripts that are of local and International significance in terms of design and/or findings 3)Encourage collaboration by local and international teams of researchers to create special issues on these topics. JPGI published biannualy (May and October).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): JPGI" : 5 Documents clear
Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 22 Padang Meilina Wulanda Dwi Putri; Mursyid Ridha; Zikra Zikra
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 2, No 1 (2017): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02215jpgi0005

Abstract

Dukungan sosial orangtua dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Siswa dituntut mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran agar mendapatkan hasil memuaskan. Namun kenyataannya masih ada siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) dukungan sosial orangtua, (2) kepercayaan diri siswa, dan (3) menguji hubungan dukungan sosial orangtua dengan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini kelas VII & VIII di SMP Negeri 22 Padang sebanyak 515 siswa dan sampel sebanyak 225 siswa dengan Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 20. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial orangtua berada pada kategori sangat tinggi, (2) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kepercayaan diri siswa dengan koefisien korelasi 0,649 dan taraf signigikan 0,000.
Peran Orangtua dalam Disiplin Belajar Siswa Welda Wulandari; Zikra Zikra; Yusri Yusri
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 2, No 1 (2017): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02216jpgi0005

Abstract

Orangtua merupakan orang yang pertama dan utama dalam memberikan pendidikan terutama dalam mendisiplinkan anak. Disiplin dipandang sebagai upaya pengendalian diri dan sikap mental individu dalam kehidupan keluarga dan masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib yang berlaku yang bermanfaat dalam belajar. Berdasarkan fakta yang ditemukan di sekolah menunjukan bahwa banyak terjadi ketidak disiplinan oleh siswa seperti sering terlambat daatang ke sekolah, bolos, tidak mengerjakan tugas, keluar masuk di waktu pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua dalam disiplin belajar siswa, yang dilihat dari aspek: 1) peran orangtua dalam mengawasi anak dalam belajar, 2) Peran orangtua dalam mengajarkan kemandirian pada anak , 3) Peran orangtua dalam mengenali teknik belajar anak, 4) membantu menghilangkan kecemasan dan kejenuhan anak dalam belajar. Jenis penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 7 Padang dengan jumlah 902 siswa dan Sampel penelitian ini berjumlah 239 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara keseluruhan peran orangtua dalam disiplin belajar siswa pada umumnya cenderung berada pada kategori cukup baik ditinjau dari aspek :1) Peran orangtua mengawasi anak dalam belajar cenderung berada pada kategori cukup baik, 2) Peran orangtua dalam mengajarkan kemandirian pada anak cenderung berada pada kategori cukup baik, 3) Peran orangtua dalam mengenali teknik belajar anak cenderung berada pada kategori baik, 4) membantu menghilangkan kecemasan dan kejenuhan anak dalam belajar cenderung berada pada kategori cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa peran orangtua dalam disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup baik.
Meningkatkan Hasil Belajar Reading Materi Descriptive Text Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Kelas VII.2 di SMP Negeri 1 Nan Sabaris Susla Murni
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 2, No 1 (2017): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02150jpgi0005

Abstract

Pelajaran Bahasa  Inggris  sering dianggap sukar oleh sebahagian besar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar (ulangan harian) siswa semester 2 kelas VII.2 Tahun Pelajaran 2015 - 2016. dengan rata –rata yang tidak tuntas KKM. Oleh sebab itu seorang guru harus bias memilih dan menggunakan strategi mengajar yang cocok supaya dapat memotivasi siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah metode Model Pembelajaran Cooperative Script.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 1 Nan Sabaris pada Kelas VII.2  TP.2015/2016, dengan Strategi Model Pembelajaran Cooperative Script. Adapun hipotesis yang dikemukakan adalah Pertama, nilai Bahasa Inggris siswa kelas VII.2  SMP Negeri 1 Nan Sabaris TP.2015/2016. Kedua, Penggunaan Strategi Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Siswa
Kontrol Diri Siswa dalam Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Upaya Guru BK untuk Meningkatkan Kontrol Diri Syilvina Sari; Yusri Yusri; Azrul Said
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 2, No 1 (2017): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02234jpgi0005

Abstract

Kontrol diri pada masa remaja sangat diperlukan dalam setiap aktivitas kehidupan, termasuk aktivitas belajar di sekolah. Kontrol diri yang baik dalam belajar di sekolah diperlukan agar siswa menjalani proses belajar dengan baik pula. Akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan masih ada siswa yang  tidak mampu mengontrol dirinya saat proses belajar berlangsung seperti menggangu teman, siswa mudah terpengaruh untuk melakukan kegiatan yang menganggu aktivitas belajar seperti berbicara dengan teman sebangku, ke kantin saat proses belajar berlangsung, mencontek dan kegiatan lainnya yang berdampak tidak efektifnya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontrol diri siswa dalam proses belajar di sekolah dan mengungkapkan persepsi siswa tehadap guru  BK untuk meningkatkan kontrol diri melalui aspek kontol perilaku, kognitif, keterampilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang akan mendeskripsikan kontrol diri siswa dalam belajar di SMKN 10 Padang dan persepsi siswa terhadap upaya guru BK untuk meningkatkan kontrol diri. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI di SMKN 10 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 78 orang siswa dan pengumpulan data  dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan teknik statistik yaitu rumus persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri siswa dalam belajar di sekolah pada aspek kontrol perilaku berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase 60,26%,aspek kontrol kognitif berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase 60,26%, aspek kontrol keputusan berada pada kategori sedang, dengan jumlah persentase 48,72% dan persepsi siswa terhadap upaya guru BK untuk meningkatkan kontrol diri berada pada kategori rendah dengan jumlah persentase 42%
Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Profesionalisme Guru dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Meningkatkan Aktifitas Pembelajaran IPA Semester Juli-Desember 2013 Melalui Penerapan Metode CIRC Asmawarni Asmawarni
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 2, No 1 (2017): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/02151jpgi0005

Abstract

This study aimed to describe the increase in the activities of students learning using learning model Integrated Reading Cooperatif Comprehention (CIRC), which was held on science teaching in the classroom SMPN 4 Lubuk Alung VIII.3.This research is a classroom action research (PTK) implemented two cycles. This study seeks to describe the increased activity of student learning through learning model CIRC on science teaching in the classroom SMPN 4 Lubuk Alung VIII.3. Research procedure has four stages, including planning, implementation, observation and reflection, both in the first cycle and the second cycle. In each cycle the action carried out three times or three times the learning process. Retrieving data using the format of observation. Data were analyzed by percentage formula. The results of the study include: 1) An increase in the activity of students in all aspects compared to the results of initial observations prior learning is done. 2) The highest increase student learning activities in the first cycle of three times the learning happens on the aspect of students' reading and refute the lowest activity. 3) increased activities for students at the second cycle is highest in the concluding activity while the activity is lowest at refute activity. 4) Activity student learning beyond the target achievement for all aspects of learning activities occur in third in the second cycle. 5) The hypothesis about the activities of student learning can be enhanced by the use of CIRC on science teaching methods in the classroom VIII.3 SMP N 4 Lubuk Alung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5