cover
Contact Name
dianru
Contact Email
dianru@unik-kediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jimek@unik-kediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi
Published by Universitas Kadiri
ISSN : -     EISSN : 26212374     DOI : -
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) merupakan jurnal ilmiah yang berisi publikasi beberapa skripsi dan hasil penelitian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri yang berdasar dari teori Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. JIMEK terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018)" : 11 Documents clear
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2012-2016 Ina Riawati; Kartika Yuliari; Dwi Joewarni
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.706 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.282

Abstract

This study aims to measure and analyze financial performance using the method of Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) in cigarette companies namely PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk and PT Wismilak Inti Makmur Tbk. This type of research is descriptive research with a quantitative approach. This study uses secondary data in the form of financial statements of PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk and PT Wismilak Inti Makmur Tbk for the period 2012-2016 which are published on the Indonesia Stock Exchange and share prices on Okesaham. The research results of cigarette companies that are sampled generally show positive EVA and MVA values, meaning that these companies have been able to create added value or the resulting profits have been able to meet expectations for the company's shareholders (investors) and are able to create or increase capital values has been invested by funders. Except for MVA calculations at PT. Wismilak Inti Makmur Tbk., Although in the years 20012 - 2014 had a positive MVA value, but in 2015-1016 the company suffered a loss and had a negative MVA value. Penelitian ini bertujuan mengukur dan menganalisis kinerja keuangan dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) pada perusahaan rokok yakni PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk dan PT Wismilak Inti Makmur Tbk. “Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan PT HM Sampoerna Tbk, PT Gudang Garam Tbk dan PT Wismilak Inti Makmur Tbk periode 2012-2016 yang terpublikasi di Bursa Efek Indonesia” serta harga-harga saham pada Okesaham. “Hasil penelitian perusahaan rokok yang dijadikan sampel pada umumnya menunjukan nilai EVA dan MVA yang positif, artinya perusahaan – perusahaan tersebut telah mampu menciptakan nilai tambah atau laba yang dihasilkan telah mampu memenuhi harapan bagi pemegang saham perusahaan (investor) dan mampu menciptakan atau meningkatkan nilai modal yang telah diinvestasikan oleh penyandang dana”. Kecuali untuk perhitungan  MVA pada PT. Wismilak Inti Makmur  Tbk., meskipun pada tahun 20012 – 2014 memiliki nilai MVA yang positif, tetapi pada tahun 2015-1016  perusahaan tersebut mengalami kerugian dan memiliki nilai  MVA yang negatif.
Front Matter Jimek Volume 1 No 1 2018 ruhamak, m dian
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.703 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.289

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN POS EXPRESS PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS KEDIRI KOTA Oktaviani, Putri; Utami, Sasi; Susanto, Budi
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.053 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.283

Abstract

Customer satisfaction is an important factor to be influenced by several things, namely the quality of service. The aim to see the partial effect of the quality of its Service on Consumer Satisfaction, knowing the effect of the simultaneous Quality of Service on Customer Satisfaction at PT. Pos Indonesia (Persero) Kediri City Post Office on Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri East Java. Determination of the sample using incidental techniques and sampling using the Roscoe formula. The results of the study obtained a regression equation Y = 0.122X1 + 0.188 X2 + 0.249 X3 + 0.138 X4 + 0.134X5. There is an influence between Responsiveness partially with the value of t = 2.034 there is the effect of Response Power simultaneously with the value F = 14.555. Based on the results of the above research, it can be concluded that the significant effect of responsiveness on customer satisfaction at PT. Pos Indonesia (Persero) Kediri City Post Office on Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri East Java. Kepuasan pelanggan merupakan sesuatu faktor yang penting untuk dipengaruhi beberapa hal yaitu berkualitasnya pelayanan. Tujuan untuk melihat berpengaruh parsial berkualitas Pelayananannya terhadap Kepuasan Konsumen, mengetahuinya pengaruhnya simultan Berkualitasnya Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota di Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri Jawa Timur. Penetuan sample menggunakan teknik insidental serta penarikan sampel menggunakan rumus Roscoe. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 0,122X1 + 0,188 X2 + 0,249 X3 + 0,138 X4 + 0,134X5. Ada pengaruh antara Daya Tanggap secara parsial dengan nilai t = 2,034 ada pengaruh Daya Tanggap secara simultan dengan nilai F = 14,555. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan pengaruh yang signifikan  Daya Tanggap terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota di Jl. Mayjen Sungkono, No.32, Pocanan Kediri Jawa Timur.
ANALISIS QUALITY CONTROL UNTUK MENJAGA KUALITAS PRODUK KERIPIK UBI UNGU PADA PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada Industri Kecil Menengah SHA-SHA Tanjunganom Indriati, Eka Yeni Wahyu; Santoso, Ariadi; Arifin, Mohammad
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.34 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.275

Abstract

The objectives of this study are: (1) To determine the quality control of the production process of purple yam chips in the SHA-SHA IKM in an effort to produce quality products that are safe for consumption. (2) To identify potential causes that affect the quality of purple yam chips in the SHA-SHA IKM. (3) To find out the quality control in the production process is controlled or uncontrolled. This study uses a quantitative approach. The sampling method uses purposive sampling method. Methods of collecting data using observation, interviews, and literature. The data analysis method used is Statistical Quality Control (SQC). Based on the results of the study it can be concluded that (1) Quality control in the production process of purple yam chips in the SHA-SHA IKM has produced quality and safe for consumption products (2) The most dominant type of defect in IKM SHA-SHA purple yam chips is defective because of broken fracture (3) Based on the control chart in the production process of the SHA-SHA IKM in January 2018 the CL (central line) value is 0.19 and the value of UCL (upper control limit) is 0.31 while LCL (lower control limit) is 0 , 07). It can be seen that the proportion of defects that occur in the production process of the IKM SHA-SHA purple yam chips in January 2018 (8 observations) is under control because all points are between the control limits. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengendalian mutu pada proses produksi keripik ubi ungu pada IKM SHA-SHA dalam usaha menghasilkan produk yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi. (2) Untuk mengidentifikasi sebab potensial yang mempengaruhi mutu keripik ubi ungu pada IKM SHA-SHA. (3) Untuk mengetahui pengendalian mutu pada proses produksi tersebut terkendali ataupun tidak terkendali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah Statistical Quality Control (SQC). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengendalian mutu pada proses produksi keripik ubi ungu pada IKM SHA-SHA telah menghasilkan produk yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi (2) Jenis kecacatan yang paling dominan pada produk keripik ubi ungu IKM SHA-SHA adalah cacat karena patah remuk (3) Berdasarkan grafik kendali pada proses produksi IKM SHA-SHA bulan Januari 2018 di dapat nilai CL (central line) sebesar 0,19 dan niali UCL (upper control limit) sebesar 0.31 sedangkan LCL (lower control limit) sebesar 0,07). Dapat dilihat bahwa proporsi cacat (ketidaksesuaian) yang terjadi pada proses produksi keripik ubi ungu IKM SHA-SHA di bulan Januari 2018 (8 kali observasi) dalam keadaan terkendali karena semua titik berada diantara batas kendali. 
PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI, DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. DENOV PUTRA BRILIAN TULUNGAGUNG Zulfana Khongida; Nining Purnamaningsih; Daniel Daniel
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.903 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.284

Abstract

The purpose of this study is (1) To determine the effect of variable communication on employee performance in CV. Denov Son Of The Brilliant Tulungagung. (2) To determine the influence of motivation variables on employee performance in CV. Denov Son Of The Brilliant Tulungagung. (3) To determine the effect of the variable of work discipline on employee performance in CV. Denov Son Of The Brilliant Tulungagung. (4) To determine the effect of variable communication, motivation, and work discipline simultaneously on employee performance in CV. Denov Son Of The Brilliant Tulungagung.This study uses a quantitative approach. The sampling method using the sampling method saturated. The sample in this study amounted to 63 respondents. Methods of data collection using questionnaires, interviews, and literature study. Data analysis method used is multiple linear regression. Based on the results of the research can be concluded that (1) Communication has positive and significant effect on employee performance with the results of the t test count 2,130 with significance level 0,037< 0,05. (2) Motivation has positive and significant effect on employee performance with the results of the t test count 4,469 with significance level of 0,000< 0,05. (3) the employee's Performance has positive and significant effect on employee performance with the results of the t test count 2.935 per with the level of significance 0,005< 0,05. (4) Communication, motivation, and work discipline simultaneously influence on the performance of employees with the results of the test F count 68,848 with a significance level of 0,000< 0,05.  Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh variabel komunikasi terhadap kinerja karyawan di CV. Denov Putra Brilian Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi terhadap kinerja karyawan di CV. Denov Putra Brilian Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di CV. Denov Putra Brilian Tulungagung. (4) Untuk mengetahui pengaruh variabel komunikasi, motivasi, dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan di CV. Denov Putra Brilian Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji t hitung 2,130 dengan taraf signifikasi 0,037< 0,05. (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji t hitung 4,469 dengan taraf signifikasi 0,000< 0,05. (3) Kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji t hitung 2,935 dengan taraf signifikasi 0,005< 0,05. (4) Komunikasi, motivasi, dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan hasil uji F hitung 68,848dengan taraf signifikasi 0,000< 0,05.
PENGARUH TESTIMONIAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Pada toko online shop LA FLORIST Kediri) Ahmad Syifa; Budi Heryanto; Sri Rochani
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.715 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.279

Abstract

The purpose of this study is as follows: To determine the effect of testimonials on purchase intention On the Product LA Florist, to identify the Influence of eWOM ( Electronic Word Of Mouth ) towards the Purchase Intention on the Product LA Florist, to identify the Influence of Testimonials And eWOM ( Electronic Word Of Mouth ) toward the Purchase Intention on the Product LA Florist. Population in this research is on consumer product LA Florist that totaled 56. The sample used is the whole of the total population. Methods of data collection using questionnaire, observation, interview, and literature Study. Partial test results showed that the influential and significant between the variables of testimonials on Purchase Intention as evidenced by the significant value of 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000 < 0,05). Partial test results showed that the influential and significant between the variables of eWOM towards Purchase Intention as evidenced by the significant value of 0.005 which is smaller than 0,05 (0,005 < 0,05). Based on the results of the calculation of the obtained significant value is 0.000. This shows that the significant value of F test variable testimonials and eWOM <0.05, which means that the result of simultaneous testing are testimonial and eWOM influence thePurchase Intention Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui pengaruh testimonial terhadap purchase intention Pada Produk LA Florist, untuk Mengetahui Pengaruh Antara eWOM ( Elektronik Word Of Mouth ) terhadap Purchase Intention pada Produk LA Florist, untuk Mengetahui Pengaruh Antara Testimonial Dan eWOM ( Elektronik Word Of Mouth ) teradap Purchase Intention pada Produk LA Florist. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada produk LA Florist yang berjumlah 56. Sampel yang digunakan adalah seluruh dari total populasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, obsevasi, wawancara, dan Studi kepustakaan. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa berpengaruh dan signifikan antara variabel testimonial terhadap Purchase Intention yang dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa berpengaruh dan signifikan antara variabel eWOM terhadap Purchase Intention yang dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,005 dimana lebih kecil dari 0,05 (0,005 < 0,05). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai signifikan adalah 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai signifikan uji F variabel testimonial dan eWOM <0,05 yang berarti hasil dari pengujian simultan ini adalah testimonial dan eWOM berpengaruh terhadap Purchase Intention.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS KADIRI) Daud, Muhaimin; Artono, Andi; Prastiti, Eni
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.46 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.286

Abstract

His research aims to determine the effect of product quality and brand image, with prices on the interest of buyers of Honda brand motorcycles. The research he conducted on students at the University Attended the Faculty of Economics at the Management Study Program. The population in this research is that students at the University Attend the Faculty of Economics at the Management Study Program, which at this time used Honda motorbikes and the products known are Honda motorcycles. The sample is determined by purposive sampling method with the number of respondents as many as 100 people. The collection of data is done using a method of providing questionnaires / questions to respondents who are students of the Faculty of Economics at the Management Study Program at Kadiri University. The hypothesis is tested using Ttest and Ftest. The result of the test is able to explain the variables of buying interest totaling 55% and the remaining 44.6% explained by other variables not included in the study. Penelitiannya ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek, dengan harga terhadap peminatan pembeli sepeda motor merek honda. Penelitian yang ini dilakukannya ke pada mahasiswa/wi di Universitas Kadiri Fakultas Ekonomi di Prodi Manajemen. Populasinya dalam penelitiannya ini yaitu mahasiswa di Universitas Kadiri Fakultas Ekonomi di Prodi Manajemen yang saat yang ini digunakan sepeda motor honda dan yang diketahui produknya yaitu sepeda motor honda. Sampelnya ditentukan oleh metode purposive sampling dengan jumlahnya responden sebanyak 100 orang. Pengumpulannya data dilakukan menggunakan cara memberikan daftar kuesioner/pertanyaan kepada responden adalah mahasiswa/wi Fakultas Ekonomi di Prodi Manajemen di Universitas Kadiri. Hipotesisnya di uji menggunakan Ttest dan Ftest. Hasilnya pengujian mampu bisa menjelaskan variabelnya peminat beli sebesar total 55% dan sisanya 44,6% dijelaskan oleh dengan variabel lain tidak dimasukan dalam penelitian.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BPR AGRO CIPTA ADIGUNA PARE Amelinda Putri Ana; Nur Laely; Heri Subagyo
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.53 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.280

Abstract

Effective saving style can be used as an example and good example for members or people who are led and able to motivate to achieve the goals of the company employees of PT BPR Agro Cipta Adiguna Pare. The method of analyzing this research data is Multiple Linear Regression Test, Classical Assumption Test, and / or Hypothesis Test. The results of this study Leadership Style (X1) on the positive so significant effect on Employee Performance the results of the test t the value is significant 0.003, in the Work Environment (X2) positively or significantly affected the Employee Performance the results t test value is significant His leadership style and work environment are simultaneously positively and significantly affected by Employee Performance as seen from the results of the F Test with sig values (0,000 <0,05) Regression equation obtained results Y = 2,253X1 + 0,1999X2 + eGaya kepemimpan yang efektif dapat dijadikan contoh  dan tauladan yang baik bagi anggota atau orang yang dipimpin serta mampu memotivasi untuk mencapai tujuan perusahaan karyawan PT BPR Agro Cipta Adiguna Pare. Metode analisis data penelitian ini Uji Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik,  dan atau Uji Hipotesis. Hasilnya penelitian ini Gaya Kepemimpinan (X1) terhadap pengaruh yang positif sehingga signifikan terhadap Kinerja Karyawan hasilnya uji t nilainya disignifikan 0,003, di Lingkungan Kerja (X2) terpengaruh positif dan atau signifikan terhadap Kinerja Karyawan hasilnya Uji t nilainya disignifikan 0,001. Gaya kepemimpinannya dan dilingkungan kerjanya secara simultan terpengaruh positif dan tersignifikan terhadap Kinerja Karyawan terlihat dari hasilnya Uji F dengan nilai sig (0,000<0,05) Persamaan regresi diperoleh hasil Y= 2,253X1 + 0,1999X2 + e
PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA (Studi Kasus Pada Galaxy Motor Kediri) Faranisa, Dinar; Sudjiono, Sudjiono; Girahani, Endang
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.199 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.287

Abstract

This study aims to analyze the effect of customer satisfaction and brand trust on consumer loyalty. The problems in this study are (1) How is the influence of customer satisfaction on consumer loyalty, (2) how the influence of brand trust on customer satisfaction and (3) how the simultaneous influence of customer satisfaction and brand trust on consumer loyalty. The population in this study were all Honda motorcycle consumers at Galaxy Motor Dealers. Sampling using accidental sampling (roscoe) technique to obtain a sample of 60 respondents. Data collection methods used were questionnaires and interviews. The data analysis method used is the test instrument (validity test and reliability test), Multiple linear regression test analysis, t test and F test. The results of the study obtained multiple linear regression equation Y = -0.963+ 0.121X1 + 0.415X2 + e. Based on the results of the study it can be concluded (1) There is a significant but not significant effect on customer satisfaction on consumer loyalty, (2) there is a significant influence between brand trust and consumer loyalty (3) there is a significant effect between customer satisfaction and brand trust on consumer loyalty . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, (2) bagaimana pengaruh kepercayaan merek terhadap kepuasan konsumen dan (3) bagaimana pengaruh secara simultan antara kepuasan konsumen dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda motor Honda pada Dealer Galaxy Motor. Penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling (roscoe) sehingga diperoleh sampel 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Analisis uji Regresi linier berganda, Uji t dan uji F. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -0,963+ 0,121X1 + 0,415X2+e. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh tetapi tidak signifikan antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen da (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan konsumen dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen.
ANALISIS METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) SEBAGAI DASAR PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU (STUDI PADA YANKEES BAKERY, KECAMATAN KERTOSONO) Selvi Santosa; Gandung Satriyono; Rinto Nur Bambang
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.507 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v1i1.281

Abstract

            The current study aims to analyze the supply of raw materials for yankees bakery bread specifically for wheat flour, granulated sugar. This research is done for 2 months, from January to February 2018. Data analysis is used by researchers using the EOQ (Economic Order Quantity) to carry out orders to determine how many orders. From the results of this study the amount of inventory is optimal, EOQ of wheat flour in the third quarter of 2017 is 4,807.29 kg, dosage is 137.28 kg, done (ROP), the remaining stock is 265.68 kg, the total cost is Rp. 971,420. The fourth quarter of 2017 is 5,217.66 kg frequency 2 times, safety supplies 69 kg, reorder (ROP) stocks in warehouses remaining 198.11 kg, the total cost of inventory is Rp. 1,054,346. Based on the results of the study concluded that EOQ is more efficient. Then the cost of the raw material for Yankees Bakery is used EOQ in the supply of raw materials. Penelitian saat ini bertujuan menganalisis sediaan bahan baku roti yankees bakery khusus bahan tepung terigu, gula pasir. Penelitian yang ini dikerjakan lamanya 2 bulan, dari bulan Januari hingga bulan Februari 2018. Analisis data dipergunakan peneliti menggunakan EOQ (Economic Order Quantity) melaksanakan pesanan menentukan seberapa banyak pesanan. Dari hasil penelitian ini jumlah persediaan menjadi optimal, EOQ tepung terigu triwulan tiga tahun 2017 banyaknya 4.807,29 kg, sediaan 137,28 kg, dilakukan (ROP) sediaan sisa 265,68 kg, total biaya Rp. 971.420. Triwulan keempat tahun 2017 sebanyak 5.217,66 kg frekuensi 2 kali, persediaan pengaman 69 kg, melakukan pemesanan ulang (ROP) sediaan di gudang tersisa 198,11 kg, total biaya persediaan sebesar Rp. 1.054.346. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan EOQ lebih efisien. Maka hematan biaya sedia bahan baku Yankees Bakery gunakan EOQ di sediaan bahan baku.

Page 1 of 2 | Total Record : 11