Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021"
:
10 Documents
clear
PENGARUH KOMPENSASI, KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA
Aini, Nur
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (908.655 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.2191
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompensasi, komunikasi, dan lingkungan kerja kepada kinerja karyawan PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya baik secara simultan maupun parsial. Data penelitian diperoleh berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada 82 karyawan di PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya yang kemudian dianalisis dengan menggunakan linier berganda analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai signifikansi uji dari F < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, sehinggga secara keseluruhan kesimpulan yang dapat ditarik adalah variabel bebas kompensasi, komunikasi, dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil uji t juga dapat diketahui variabel-variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan merupakan variabel kompensasi karena memiliki t hitung yang lebih besar dibandingkan variabel bebas lainnya.
PENGARUH KEBIJAKAN MONETER TERHADAP NON PERFORMANCE LOAN DAN KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA PERIODE JANUARI 2014 - DESEMBER 2019
sridewi nur pasha;
Tri Wahyono SE, MM;
Dr. Ir. Sugiyono , M.si
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (713.216 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1528
Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kebijakan moneter terhadap NPL dan kinerja keuangan pada industri perbankan di Indonesia. Metode Analisis penelitian ini menggunakan SEM dengan software Lisrel dan jumlah sampel sebanyak 427 kasus. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa Kinerja keuangan perbankan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap NPL, Kinerja keuangan perbankan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perbankan.Saran untuk Bank Indonesia adalah Bank Indonesia sebagai Bank Central mempunyai kewajiban untuk menetapkan kebijakan suku bunga yang tepat, pada inflasi yang kondusif supaya masalah NPL berkurang. Hal ini karena semakin tinggi suku bunga riil maka NPL semakin rendah dari sisi kinerja perbankan. Kondisi ini berbeda kepentingan dengan pemerintah yang menginginkan Bank Indonesia memberlakukan suku bunga rendah, agar para debitur banyak mampu menyerap kredit, sehingga semakin banyak kredit diserap oleh debitur, maka pemerintah berharap perekonomian dapat tumbuh secara lebih cepat. Jika pemerintah memberlakukan suku bunga ketat, kebijakan tersebut berakibat pada keuntungan perbankan yang menurun, dimana negative spread semakin besar. Hal itu terjadi, karena peran LDR yang berperan terbesar sebagai indikator variabel laten kinerja keuangan perbankan.Kata kunci: kebijakan moneter, NPL, kinerja keuangan
PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI
Utami, Retno Annisa;
Subiyanto, Didik
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (826.173 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1527
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Dukungan Organisasi, Kepuasan kerja, Motivasi Kerja terhadap Komitmen Organisasi Hotel Bintang 4 di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada karyawan Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta yang berjumlah 51 orang. Sampel penelitian ini menggunakah metode nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh atau sensus. Pengumpulan data sampel dilakukan dengan pembagian kuesioner dalam bentuk Link Google Form yang dikirim melalui nomor WhatsApp masing-masing karyawan. Jumlah kuesioner yang dibagikan dan diolah adalah sebanyak 20 kuesioner. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, dibantu oleh program SPSS versi 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dukungan Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasional. Hal ini membuat Komitmen Organisasional lebih ditingkatkan dan menjadi lebih baik demi terciptanya lingkup kerja yang positif dan nyaman.
EMPLOYEE PERFORMANCE ASSESSED FROM WORK ETHOS, ORGANIZATIONAL CULTURE AND EMOTIONAL INTELLIGENCE IN THE DEPARTMENT OF TRADE OF SURAKARTA CITY
Muniroh, Fitri Ita
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (905.216 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1498
This research aims to determine the effect of employee performance in terms of work ethic, organizational culture, and emotional intelligence at the Surakarta City Trade Office. The sample in this study used purposive sampling technique which resulted in a sample of 45 employees of the Surakarta City Trade Office. Techniques for obtaining data using questionnaire techniques. Associative research method with data analysis techniques using validity,mreliability, classical assumptions, multiple regression analysis and hypothesis testing. Themresults showed that simultaneously work ethic, organizational culture, and emotional intelligence had a positive and significant effect on employeemperformance while partially workmethic had no effect on employee performance, on the other hand, organizational culture and emotional intelligence had an effect on employee performance
Pengaruh Panic Buying, Bauran Pemasaran, Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Bratamed
Rachmawati Kusasih, Ida Ayu Kade
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (597.415 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1565
Hand sanitizer Bratamed sebagai salah satu dari berbagai produk dari PT. Brataco mengalami kenaikan penjualan yang signifikan pada saat terjadinya pandemi COVID-19. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian hand sanitizer Bratamed apabila ditinjau dari aspek panic buying, bauran pemasaran dan citra merek.Populasi yang dianalisis ialah mereka yang melakukan pembelian hand sanitizer Bratamed di PT. Brataco cabang Yogyakarta dengan sampel yang diambil melalui metode accidental sampling. Data sampel dikumpulkan dengan cara membagikan kuesionmer langsung. Variabel yang digunakan terdiri dari Panic Buying (X1), Bauran Pemasaran (X2), Citra Merek (X3) sebagai variabel bebas serta Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda kemudian dilanjutkan menggunakan SPSS for Windows 19.Bedasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh dari setiap aspek yaitu Panic Buying, Bauran Pemasaran serta Citra.Merek terhadap Keputusan Pembelian hand sanitizer Bratamed.
PERAN MEDIASI CUSTOMER ENGAGEMENT DALAM CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER LOYALTY (Studi Empiris pada Pelanggan 3 Coffee Madiun)
Dyah Kurniawati;
Vivi Ariyani
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (782.651 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.2213
Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh antara customer experience dan customer engagement terhadap customer loyalty serta pengaruh customer engagement sebagai variable mediasi. Obyek penelitian adalah pelanggan 3 coffee Madiun dengan jumlah sampel 96 responden. Hasil penelitian menggunakan analisis jalur ditemukan bahwa customer experience memiliki pengaruh terhadap customer engagement serta memiliki pengaruh juga terhadap customer loyalty. Demikian juga customer engagement berpengaruh terhadap customer loyalty. Customer engagement terbukti memiliki peran sebagai mediasi antara customer experience dan customer loyalty dengan peran sebagai mediasi parsial.
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI
Ndeo, Silviana Dina
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (948.484 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1571
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kebijakan dividen perusahaan manufaktur di BEI periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga yang didapatkan sebanyak 18 perusahaan. Secara simultan, semua variabel bebas (profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan) berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Secara parsial, menunjukan bahwa variabel likuiditas berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Hasil berbeda yang ditunjukan oleh variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan, yakni profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen.
MEMPERKUAT ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: PERAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL
Kurniawan, Ignatius Soni;
Hidayanti, Faitul;
Hidayanti, Faitul
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (288.275 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1516
Having employees who have extra-role performance is a benefit to the organization. The study was intended to determine the effect of job satisfaction directly on Organizational Citizenship Behavior (OCB) and indirectly through organizational commitment. This study uses primary data collected through a questionnaire survey. The sample size was 99 respondents from 132 employees of the Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB) Yogyakarta. The study used simple, multiple regression analysis techniques, and tested the mediation model with the Sobel test. The findings have implications for organizational leaders to consider strengthening job satisfaction and organizational commitment in policies to improve OCB.
PENGARUH PESAN IKLAN DIGITAL TERHADAP MINAT DOWNLOAD APLIKASI MOBILE (STUDI KASUS PRODUK STARTUP APLIKASI VIDEO TELPON)
Erina Sovania;
Rina Ayu Vildayanti
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (169.984 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1600
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pesan Iklan terhadap minat download untuk aplikasi mobile paling efektif dan tepat untuk produk startup yaitu aplikasi menelpon dengan menggunakan Video Tone dalam pencapaian hasil atau jumlah akuisisi download. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menganalisa data-data yang diperoleh melalui hasil pengumpulan data dilapangan. Data yang digunakan adalah data Biaya Promosi selama periode 3 bulan untuk media promosi iklan melalui Televisi, internet/digital Google Ads, dan media sosial Facebook beserta dengan hasil download yang diperoleh. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melakukan iklan untuk produk jenis teknologi aplikasi mobile di televisi tidak efektif dalam memberikan kontribusi hasil jumlah akuisisi download. Untuk media iklan lainnya seperti di media sosial yaitu Facebook, mampu memberikan kontribusi jumlah download sebesar 28,4%, dan berdasarkan penelitian ini yang paling efektif memberikan kontribusi jumlah hasil akuisisi download terbanyak adalah di media internet/ digital yaitu Google Ads, dengan jumlah kontribusi yang signifikan sebesar 71,6%. Dari sisi biaya per download pun diperoleh data bahwa biaya promosi yang dikeluarkan di Google Ads adalah yang paling murah yaitu Rp3.032 per downloadnya (Cost Per Install/ CPI).
Pengaruh Kualitas Layanan Dalam Masa Adaptasi New Normal Terhadap Kepuasan Pelanggan PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda)
Oryza Devirili Putri;
Syahputra Syahputra
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 2 (2021): JIMEK Desember 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (326.243 KB)
|
DOI: 10.30737/jimek.v4i2.1623
Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pertama di Indonesia dikonfirmasi pada 2 Maret 2020. Wabah Covid-19 menyerang semua sektor termasuk industri perbankan Indonesia. PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda) merupakan salah satu bank dibawah naungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan akan mempengaruhi kepuasan nasabah PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda) selama masa adaptasi normal baru yang dilaksanakan oleh pemerintah. Alat utama pengumpulan data adalah kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert. Jumlah responden yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan (X) dengan variabel kepuasan pelanggan (Y). Pengaruh variabel bebas (bebas) terhadap variabel terikat (variabel terikat) yang diteliti yaitu 42,4% hasil atau sisanya 57,56% hasil dipengaruhi oleh variabel yang belum diteliti atau faktor lain yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.