cover
Contact Name
Vikry Abdullah Rahiem
Contact Email
linimasa.ilkom@unpas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
linimasa.ilkom@unpas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 26140373     EISSN : 26140381     DOI : -
LINIMASA merupakan jurnal yang diiniasi oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Pasundan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan bulan Juli. Gagasan jurnal LINIMASA hadir atas fenomena perkembangan ilmu komunikasi yang begitu pesat dan dinamis mengikuti perkembangan jaman. Dilihat dari definisinya, LINIMASA menggambarkan garis waktu atau suatu peristiwa penting dalam subjek tertentu yang ditampilkan dalam urutan kronologis. Jurnal LINIMASA mengakomodir berbagai hasil pemikiran/penelitian komunikasi mulai dari masyarakat bermedia konvensional hingga masyarakat bermedia kontemporer seperti saat ini.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2018): Juli 2018" : 5 Documents clear
Tren’s Personal Branding Youtuber Indonesia Mohammad Insan Romadhan
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4525.482 KB) | DOI: 10.23969/linimasa.v1i2.1080

Abstract

ABSTRAK Youtube sebagai media online berbasis video adalah salah satu media online dengan pengunjung terbesar di Indonesia, tercatat pada situs pemeringkat website alexa.com youtube berada pada peringkat tiga di bawah raksasa mesin pencari google. Besarnya jumlah pengunjung pada media online youtube membuat banyak pihak menggunakan youtube sebagai sarana berbagai aktivitas, termasuk di antaranya digunakan oleh youtuber Indonesia untuk membranding dirinya agar dapat menarik banyak pengunjung sehingga dapat menghasilkan uang dan kepopuleran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melihat tren personal branding yang banyak dilakukan oleh youtuber Indonesia. penelitian ini menggunakan konsep personal branding dan media online youtube sebagai kajian referensi, sedangkan metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Cresswell. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa tren personal branding yang banyak dilakukan oleh youtuber Indonesia lebih membentuk brand personal yang atraktif, humoris, dan informatif.
Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild Nur Aini Shofiya Asy’ari
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2968.246 KB) | DOI: 10.23969/linimasa.v1i2.1081

Abstract

ABSTRAK Iklan dalam paradigma wacana merupakan model komunikasi yang mengkomunikasikan citra secara maksimum dalam waktu yang minimum dan diharapkan dapat mencapai sasaran dan memberikan keuntungan kepada produsen. Karena pengaruhnya yang sangat besar maka khusus untuk iklan rokok dibatasi ruang geraknya oleh undang-undang No.24 tahun 1997 tentang Penyiaran, Tata Krama serta Tata Cara Periklanan Bab II Poin C butir 7. Hal ini menjadi stimulus bagi produsen iklan rokok untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan. Iklan rokok A Mild memilih untuk memproduksi iklan dengan mengangkat fenomena-fenomena yang sedang ramai dibicarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara thematic campaign iklan A Mild (How Low You Can Go, Others can only follow, Bukan Basa-basi, Tanya Kenapa dan Go A head). Dengan brand image rokok A Mild. Untuk mengetahui pesan iklan A Mild penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dari analisis isi pesan iklan diketahui bahwa iklan A Mild merupakan representasi fenomena social yang sedang terjadi di masyarakat. Iklan A Mild menggunakan kampanye tematik dalam pembuatan iklannya disesuaikan dengan fenomena sosial yang sedang terjadi. Thematic campaign How Low You Can Go dan Others can only follow ditandai dengan hadirnya iklan A Mild dengan kalimat-kalimat yang ditujukan pada para kompetitor produsen rokok low tar low nicotin (LTLN) yang mengikuti langkah A Mild, Thematic campaign Bukan Basa Basi dan Tanya Kenapa merupakan tema kampanye iklan yang bertujuan mengkritisi fenomena sosial yang sedang terjadi, Sementara thematic campaign Go Ahead adalah iklan dengan pesan pada khalayaknya untuk terus berani melangkah ke depan. Thematic campaign iklan A Mild secara keseluruhan ingin membentuk citra konsumen yang cerdas, trend setter, kritis dan berani. Dengan bahasa lain bahwa A Mild lewat iklannya ingin menyampaikan bahwa jika konsumen rokok merasa dirinya cerdas, trendsetter, up to date,berani, kritis maka konsumen tersebut pasti akan memilih A Mild sebagai rokok yang dikonsumsinya.
Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja dan Produktivitas Dosen IPDN Rinny Dewi Anggraeni, Uliana Ria Sembiring
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3508.052 KB) | DOI: 10.23969/linimasa.v1i2.1082

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan alat penting bagi suatu organisasi, karena komunikasi merupakan alat utama bagi anggota organisasi untuk dapat bekerja sama dalam melakukan aktivitas manajemen, yaitu untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terpenting, manusia sebagai tenga kerja mempunyai peranan yang sangat menentukan terhadap keberhasilan untuk mencapai tujuan organisasi. Komunikasi-komunikasi yang terjadi dalam organisasi berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan yang terlibat dalam organisasi tersebut. Komunikasi merupakan dasar bagi semua usaha perubahan yang akan dilakukan organisasi khususnya dalam hal perubahan perbaikan mutu dan mutu ini hanya dapat dicapai jika efektivitas dan efisiensi pengelolaan organisasi berlangsung baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan perguruan tinggi di Indonesia saat ini yang semakin dituntut untuk meningkatkan kualitasnya, salah satu isu yang menarik adalah masih rendahnya efektivitas organisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) khususnya pada Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Produktivitas SDM Indonesia selama ini dinilai termasuk paling rendah jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Pasifik. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan studi dokumen yang dirumuskan dalam rating scale yang berupa angka kemudian ditafsirkan dalam bentuk kualitatif. Dengan dilakukan dua metode pengujian yaitu, pengujian model keseluruhan (Overal model), pengujian model struktural (Hipotesis Penelitian). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pesan komunikasi, media komunikasi, saluran komunikasi, dan aliran komunikasi berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap kinerja dosen dan produktivitas dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di IPDN.
Media Sosial Sebagai Sebuah Ruang Hiperealitas: Studi kasus pada twitter Elly Komala
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3306.344 KB) | DOI: 10.23969/linimasa.v1i2.1077

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Media sosial sebagai sebuah ruang hiperealitas; studi kasus pada Twitter”. Zaman modern ini internet sudah dianggap menjadi wadah berkunjung bagi masyarakat yang melek teknologi. Kebutuhan yang disediakan dalam internet mencakup berbagai varian dengan situs kunjungan yang berbeda. Serangkaian proses menempatkan sistem maya sebagai wadah penghubung dengan situs-situs sebagai perantaranya. Teori yang digunakan adalah teori Simulasi/ Hiperealitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi partisipan, dan wawancara dengan 3 orang informan. Berdasarkan hasil penelitian, wawancara dan analisis yang telah peneliti lakukan mengenai media sosial sebagai sebuah ruang hiperalitas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni media social Twitter telah memenuhi unsur-unsur sebagai sebuah ruang hiperealitas menurut teori hiperealitas Baudrilard.
Communicating Health Through Community Radio : Making the Local Community Healthy by Empowering Community Radio Idi Subandi Ibrahim
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2196.045 KB) | DOI: 10.23969/linimasa.v1i2.1079

Abstract

ABSTRACT This article is about community radio in Indonesia, and highlighting the huge potentiality as a medium for health communication relevant with the context of local community. The main focus is to community radio stations in the region of Pantura, West Java. Through field observation and interview with the management of the community radios, this article shows the community radio’s strategy and operation to struggle in their daily local community activities. When traditional communities are dying destroyed by the excesses of free market liberalism, community radio becomes the space to maintain the sense of local closeness, and when liberalization in health can be seen to local levels, community radio promises spaces to share, to make dialog, that grows self-awareness and joint perception concerning local reality appears from inside the community itself. The involvement of community in the management and programs put forward the communal point of view, overcoming government’s point of view, which is very needed to deliver complexity of the programs and promotions related with community health issues in a language comprehensible by poor and low-educated communities. Theoretical discussions concerning health communication explain that the existence of community radios is supposed to encourage health intervention models to be more democratic and sensitive towards the communities. Therefore, in the efforts to make the heterogeneous Indonesian people healthy, the empowerment of community radios and health communication perspective with local culture basis are important agenda.

Page 1 of 1 | Total Record : 5