cover
Contact Name
Vikry Abdullah Rahiem
Contact Email
linimasa.ilkom@unpas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
linimasa.ilkom@unpas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 26140373     EISSN : 26140381     DOI : -
LINIMASA merupakan jurnal yang diiniasi oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Pasundan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan bulan Juli. Gagasan jurnal LINIMASA hadir atas fenomena perkembangan ilmu komunikasi yang begitu pesat dan dinamis mengikuti perkembangan jaman. Dilihat dari definisinya, LINIMASA menggambarkan garis waktu atau suatu peristiwa penting dalam subjek tertentu yang ditampilkan dalam urutan kronologis. Jurnal LINIMASA mengakomodir berbagai hasil pemikiran/penelitian komunikasi mulai dari masyarakat bermedia konvensional hingga masyarakat bermedia kontemporer seperti saat ini.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020" : 7 Documents clear
Perilaku Komunikasi Warga Miskin Kota Solok Penerima Reward Berhenti Merokok Maimunah Maimunah
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2063

Abstract

Perilaku warga miskin penerima reward berhenti merokok sejatinya memperlihatkan perilaku bahwa mereka telah berhenti merokok namun, masih didapati adanya perilaku mereka sebagaimana perokok umumnya. Hal ini dapat kita lihat melalui simbol-simbol yang ditampilkan dalam bentuk verbal dan nonverbal pada saat mereka melakukan interaksi di tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku warga miskin Kota Solok penerima reward berhenti merokok memang telah berhenti merokok, yang dilihat pada komunikasi verbal warga miskin penerima reward berhenti merokok yang menggunakan bahasa Minang sebagai alat utama dalam berkomunikasi. Dan komunikasi nonverbal warga miskin penerima reward berhenti merokok menggunakan gerakan tubuh, gerakan mata, ekspresi wajah, penggunaan jarak dan ruang serta keheningan. Mereka yang mendapatkan reward berhenti merokok sangat bersyukur, senang dan bangga karena mereka adalah orang yang beruntung, yang diperhatikan dan dipercaya oleh pemerintah. Akan tetapi, masih perlu upaya-upaya untuk lebih memotivasi dan menumbuhkan kesadaran diri supaya tidak merokok kembali, dan lebih digalakkan kegiatan serupa agar tercipta masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.
Studi Komunikasi Lingkungan Melalui Komunikasi Kelompok Terhadap Edukasi Pengelolaan Lingkungan Dengan Pendekatan Teori Strukturasi Adaptif Pada Masyarakat Kota Malang Pravinska Aldino, Reza Safitri, Antoni
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2114

Abstract

Environmental management education is a strategy or concept that can be understood by the community personally to protect the environment, take precautions, improve the quality of the environment and be careful of threats to human health and the environment. The Recapitulation of the Malang City Control and Operations Center (Pusdalops PB) in 2019 noted that Bareng and Bandungrejosari sub-districts were included in densely populated areas, thereby reducing the capacity of absorptive capacity which resulted in land movement and increased flooding during the rainy season. The problem studied is how the group decision process carried out by the people of Kelurahan Bandungrejosari and Kelurahan Bareng through kelurahan tangguh as a forum for environmental management education. Cox (2010) sees environmental communication as a more holistic view of pragmatic and constitutive ways to understand the environment and human relations with the natural world. The establishment of resilient kelurahan can also be called group communication which is a gathering place for members to achieve common goals and decision making. The aim is to care for the environment and recognize the potential for disasters in the residential areas of the community (Kelurahan Bandungrejosari and Kelurahan Bareng) to ensure a sustainable life. In kelurahan tangguh each group member can interact with each other both face to face and using certain media / communication tools. In addition there are patterns among group members and continue to grow unnoticed, these patterns are generated through a set of rules and resources owned by group members (Gouran, 2016). Marshall Scott Poole in adaptive structuration theory explains that group decision making is a process in which group members try to create unity and final decisions so as to reach consensus. Poole divides into three dimensions, namely interpretation, morality and strength.
Strategi Word Of Mouth Pada Program Emina Girl Gang Ambassador Sonia Dewi, Itca Istia Wahyuni
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2151

Abstract

PT Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik di Indonesia yang membawahi beberapa merek salah satunya Emina Cosmetics. Untuk meningkatkan customer engagement, Emina Cosmetics membentuk sebuah beauty community yaitu Emina Girl Gang Ambassador yang banyak melakukan kegiatan yang diunggah pada sosial media Instagram. Hal ini akan mendorong terjadinya Word of Mouth. Di dalam word of mouth terdapat elemen-elemen yang mendukung strategi word of mouth itu sendiri. Elemen-elemen tersebut yaitu 5T’s yang terdiri dari: Talkers, Topics, Tools, Taking part, dan Tracking. Penelitian ini menjelaskan Strategi Elemen Word Of Mouth 5T’s pada Emina Cosmetics melalui Program Emina Girl Gang Ambassador dalam deningkatkan Customer Engagement. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Emina Cosmetics menggunakan para anggota Emina Girl Gang Ambassador yang telah dipilih sebagai Talkers. Topics utama yang disusun yaitu campaign. Tools yang banyak digunakan yaitu fitur Instagram Post dan Instagram Story. Taking Part yang diterapkan melalui Emina Girl Gang Ambassador Penggunaan hashtag tertentu dan mengajak audiens terlibat langsung pada aktivitas yang dilakukan Emina Girl Gang Ambassador. Emina Cosmetics menggunakan tiga cara pada tahap Tracking, yaitu melacak dengan cara manual, melihat feedback yang didapatkan dan menerapkan point system pada Emina Girl Gang Ambassador. Dapat disimpulkan bahwa Emina Cosmetics cukup berhasil dalam meningkatkan customer enggagement dengan elemen-elemen word of mouth yang diterapkan.
Pola Komunikasi Organisasi Pengguna Paperless Office Di Institut Pemerintahan Dalam Negeri: Studi Deskriptif kualitatif Pengguna Paperless Office di IPDN Trias Pyrenia Iskandar
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2187

Abstract

ABSTRAC Paperless office (PLO) was first predicted in the June 30 Business Week article in 1975, which says that office automation reduces the overall paper count, especially in routine activities such as data archiving. PLO is a new medium where it has advantages over the old media, which can provide interaction facilities between users that are textual, and visual, and penetrate the boundaries of space and time. The user of the paperless office at the Institute of Government of the Interior is the organization's communication because it binds the organizational unity that is behind the author's curiosity to examine the Paperless Office Pattern Of Communication In Ipdn. The method in this study using descriptive analytics aims to describe and analyze patterns of organizational communication that occurs in applying paperless office The results of this study is that in using paperless office. Communication patterns both from the bottom and bottom and up are not too formal because each user can comment on each other like using social media, in the dissemination of information such as content memo patterned communication Y, Curgas content is patterned circle communication and expression content is stellar patterned communication. However, in using this PLO there are communication barriers such as human resources, leadership, and accostumed in using technology.
Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata Gita Tri Lestari, Dini Salmiyah Fitrah Ali
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2056

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, sektor pariwisata menjadi salah satu industri yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian di suatu daerah ataupun negara. Meningkatnya objek wisata dan kunjungan wisatawan yang terjadi di Kabupaten Purwakarta beriringan dengan perkembangan jaman dari konvensional menuju era digital. Pemasaran digital dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menampung data terkait banyaknya destinasi wisata yang semakin meningkat dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Purwakarta yaitu dengan dibuatnya aplikasi tour guide berbasis Android mobile yang diberi nama Sampurasun Pariwisata Purwakarta dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan. Aplikasi Sampurasun Purwakarta meraih penghargaan sebagai tiga besar juara nasional di Indonesia pada ajang Anugerah Pesona Indonesia Awards (API) 2018 dengan kategori promosi pariwisata digital terpopuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta berdasarkan strategi pesan dan media yang digunakan sehingga mendapat “Promosi Pariwisata Digital Terpopuler 2018”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Disporaparbud Kabupaten Purwakarta menggunakan strategi pesan dan media serta bauran promosi, seperti Advertising, Publisitas, Internet Marketing, dan Event.
Etika Komunikasi Bisnis Budaya Italia Pada Perusahaan Leo Vince Di Indonesia Yulia Segarwati, Almadina Rakhmaniar
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2192

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu hal yang harus diutamakan dalam melakukan sebuah bisnis, dengan adanya suatu komunikasi, kita dapat melakukan pertukaran ide dan informasi yang akan menunjang bagi tujuan perusahaan yang kita miliki. Menggunakan suatu komunikasi yang baik akan memunculkan suatu hubungan yang baik dengan relasi di dunia bisnis. Komunikasi efektif juga akan memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan atau bisnis yang sedang dilakukan. Adanya perbedaan latar belakang antara suatu individu yang satu dengan yang lainnya, membuat kita perlu memahami komunikasi antar budaya. Setiap komunikasi kita dengan orang lain berpotensi menjadi komunikasi antar budaya, karena perbedaan latar belakang memungkinkan adanya perbedaan budaya juga. Komunikasi dan budaya merupakan suatu hubungan timbal balik, begitupun dalam bisnis, perbedaan budaya mempengaruhi kita dalam melakukan proses komunikasi dengan lawan bicara. Setiap budaya memiliki sistem-sistem nilai yang berbeda-beda, oleh karena itu kita perlu memahami budaya dari lawan bicara kita. Dalam bisnis, kita perlu memahami etika bisnis yang tentunya berdasar dari kebudayaan yang dimilikinya. Di era globalisasi saat ini, banyak perkembangan bisnis yang dialami oleh negara kita, banyaknya kemunculan perusahaan-perusahaan asing yang tentunya menuntut kita untuk mampu mengenal komunikasi lintas budaya dan etika bisnis perusahaan-perusahaan asing. Pada kesempatan ini, saya melakukan penelitian tentang etika komunikasi bisnis budaya Italia pada perusahaan Leo Vince di Indonesia.
Manajemen Public Relations PT. Persib Bandung Bermartabat Di Twitter Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Klub Sepakbola Persib Bandung: Managemen public relations PT. Persib Bandung bermartabat di twitter dalam mempertahankan citra perusahaan klub sepakbola Persib Bandung Kiki Esa Perdana
Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020
Publisher : Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/linimasa.v3i1.2130

Abstract

The development of football in Indonesia is very interesting, according to Permendagri number 32 of 2011 and 39 of 2012 rules since 2005, football clubs in Indonesia are required to have a professional company background, may no longer be funded by the state budget or regional finance, therefore, all major clubs in Indonesia , changing the structure of their management into a professional company seeking funding from sponsors. So this transition is pretty much a hassle for many football clubs, not a few clubs that are a little turned into professional management, but stuck in the old way. Still not practicing professional public relations management as it should, but still using government relations, PT. Persib Bandung is one of the clubs deemed successful in carrying out this transformation by turning to a professional company. In epistemology, PT. Persib Bandung with dignity already has many advantages with a supporter base that has been well established for a long time. Public relations management is just continuing their good performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 7