cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Communications
ISSN : -     EISSN : 26848392     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, communication business, media studies, and beyond. Communications strives to serve as a major vehicle for the exchange of ideas and research among communication scholars.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS" : 5 Documents clear
Generasi Digital Natives dalam Praktik Konsumsi Berita di Lingkungan Digital Devie Rahmawati; Giri Lumakto; Deni Danial Kesa
Communications Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.2.5

Abstract

Dominasi interaksi warga di dunia digital masih menyisakan ketidaksetaraan antar generasi. Walau data menunjukkan dari 268 juta penduduk Indonesia, terdapat 355 juta pengguna seluler (133%). Dimana 91% mengakses informasi melalui ponsel, mayoritas interaksi digital ini berasal digital native. Digital natives (17-34 tahun) adalah generasi yang lahir berdampingan dengan perkembangan teknologi. Sedang digital immigrants (45-65 tahun) lahir sebelum teknologi digital berkembang pesat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dua kali wawancara dengan FGD dengan 55 orang responden. Ke 55 responden berasal dari digital natives (20) dan digital immigrants (35). Teknik wawancara menggunakan tidak terstruktur. Dengan analisis data bersifat deskriptif. Penelitian ini menemukan adanya misinterpretasi kompetensi digital, terutama dalam konsumsi informasi hoaks. Dibandingkan dengan generasi digital immigrant dalam mengkonsumsi berita, digital natives menunjukkan ketimpangan schemata dalam mengenali informasi digital. Kedua generasi masih mudah terprovokasi dengan kandungan emosional hoaks. Terjadi kendala untuk digital natives merubah kondisi sosial atas persebaran berita hoaks (digital divide). Pola patron-client menjadi salah satu penyebab hoaks menjadi informasi yang dipercaya juga oleh digital natives.
Peran Humas PT. Pertamina (Persero) Dalam Membangun Komunikasi Dua Arah Yang Efektif Riastri Novianita; Cindya Yunita Pratiwi
Communications Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.2.2

Abstract

PT. Pertamina (Persero) sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang produk Bahan Bakar Minyak dan LPG, tidak dipungkiri akan melakukan kontak dengan pelanggan seperti bagaimana dalam menghandel segala bentuk pertanyaan dan keluhan pelanggan serta menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar. Hal ini penting sebagai upaya untuk meningkatkan citra yang baik di mata masyarakat. Maka dari itu diperlukannya komunikasi dua arah yang efektif. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data peneliti melakukan penelitian dan juga studi dokumen yang ada. Menggunakan metode studi kasus karene peneliti ingin menguraikan bentuk fenomena yang ada serta menguraikan secara mendalam terkait bagaimana humas PT. Pertamina (Persero) membangun komunikasi. Dari hasil peneltian yang didapat, bahwa dalam menerapkan komunikasi yang baik, humas PT. Pertamina (Persero) memfasilitasi para pelanggan dengan menciptakan layanan pelanggan “customer care 135”, selain itu dalam memudahkan akses telah berjalan program digitalisasi SPBU yang diharapkan akan mempermudah konsumen dalam mendapatkan informasi. PT. Pertamina (Persero) juga tidak lupa dengan masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan dalam rangka pencegahan dan juga penanganan covid-19 ke beberapa wilayah area kerja.
Strategi Public Relations Advokasi Perpustakaan PerpuSeru Yenny Feridha
Communications Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.2.3

Abstract

Program Perpustakaan Seru adalah sebuah program pengembangan Perpustakaan Umum di Indonesia menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations yang dijalankan oleh pihak perpustakaan terkait dengan Program PerpuSeru dalam mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dengan melakukan wawancara pada direktur program PerpuSeru dan staff manager komunikasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas public relations PerpuSeru ditujukan bagi publik internal dan eksternal. Terdapat tiga strategi public relations PerpuSeru. Pertama, mengelola relasi yang dilakukan oleh tim media di dalam pelaksanaan menjalin hubungan dengan wartawan. Kedua, mengembangkan materi public relations untuk media massa dan divisi public relations untuk mengikuti workshop, seminar, pelatihan mengenai dunia public relations dan jurnalistik. Ketiga yaitu mengembangkan jaringan yaitu dengan wartawan-wartawan media massa.
Industri Religi Pada Media Online Ary Anggraeni; Eka Wenats Wuryanta
Communications Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.2.4

Abstract

Dunia pers memasuki era baru, hal ini ditandai dengan berkembangkan media online. Dengan sifatnya yang papperless media online lebih hemat dalam pengoperasiannya. Penelitian ini mengulas tentang fakta banyaknya berita-berita tentang ibadah umrah hampir setiap hari di berbagai media online, tanpa memberikan penjelasan tentang masalah yang hampir selalu menyertai pada saat pelaksanaan ibadah umrah. Dilihat dari sudut pandang ekonomi politik, pemberitaan umrah merupakan komoditas yang menguntungkan bagi pemilik media. Oleh karena itu, berita-berita tentang umrah terus dieksploitasi guna meningkatkan rating berita media online tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Ekonomi Politik Media dari Vincent Moscow (2009), dengan mengambil salah satu entry concept nya yaitu komodifikasi. Dengan pendekatan kritis, penulis mencoba meneliti komodifikasi pemberitaan umrah pada media online Tribunnews.com. Disimpulkan bahwa komodifikasi berita umrah di media online Tribunnews.com merupakan bagian dari komodifikasi Islam. Komodifikasi dilakukan dengan membuat banyak liputan yang berisi informasi tentang umrah. Komodifikasi juga terkait dengan banyaknya khaalayak pembaca Tribunnews.com yang jumlahnya banyak sehingga menarik pengiklan untuk beriklan di Tribunnews.com.
Performa Komunikatif Pemerintah Dalam Melakukan Sosialisasi Kebijakan Publik Amnesti Pajak Mercy Lona Silitonga
Communications Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/Communications.2.2.1

Abstract

Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh pemerintah kepada wajib pajak meliputi penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan serta penghapusan sanksi pidana dibidang perpajakan dengan cara membayar tebusan. Program ini diluncurkan pada tanggal 1 Juli 2016 sampai dengan 31 Maret 2017. Pemerintah melakukan komunikasi kebijakan publik kepada masyarakat Indonesia. Komunikasi kebijakan itu berupa sosialisasi yang dilaksanakan untuk menyebarkan informasi tentang amnesti pajak sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya di seluruh Indonesia. Institusi Pemerintah yang bergerak melakukan sosialisasi amnesti pajak adalah Direktorat Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (Dit. P2Humas Ditjen Pajak). Dit. P2Humas Ditjen Pajak merupakan institusi pemerintah yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang penyuluhan, pelayanan dan hubungan masyarakat. Dit. P2Humas Ditjen Pajak melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan berbagai strategi termasuk melibatkan Presiden Jokowi dalam beberapa agenda kegiatan sosialisasi. Tema ini dipilih karena program amensti pajak menjadi fenomena pada saat sosialisasi maupun implementasinya yang hanya berusia Sembilan bulan saja. Selain itu memiliki keunikan yaitu pelaksanan sosialisasi dan implementasinya dilakukan tanpa jeda atau bersamaan waktunya. Selanjutnya, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menghasilkan gambaran performa komunikatif pemerintah dalam melakukan sosialisasi kebijakan publik amnesti pajak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5