cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)" : 10 Documents clear
OPTIMASI PREDIKSI INFLASI DENGAN NEURAL NETWORK PADA TAHAP WINDOWING ADAKAH PENGARUH PERBEDAAN WINDOW SIZE Rizchi Eka Wahyuni
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.534 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5181

Abstract

AbstrakInflasi adalah indikator yang penting dalam penentuan kebijakan pemerintah. Data inflasi dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di setiap awal bulan. Jika data inflasi dapat diprediksi lebih awal, pemerintah bisa menerapkan kebijakan yang tepat. Backpropagation neural network adalah salah satu metode prediksi yang lazim digunakan. Dengan menggunakan data bulan-bulan sebelumnya, inflasi dapat diprediksi menggunakan metode neural network dengan menggunakan teknik sliding window yang juga disebut metode windowing. Windowing adalah pembentukan struktur dari data time series menjadi data cross sectional. Ukuran dari windowing akan mempengaruhi akurasi dari hasil prediksi. Pada penelitian ini, penulis melakukan percobaan dengan tiga window size yaitu 6, 12, dan 18 untuk melihat adakah perbedaan akurasi hasil dari beberapa window size tersebut. Hasil percobaan menyimpulkan bahwa window size 6 memiliki akurasi paling baik untuk memprediksi inflasi dengan RMSE 0,435.Keywords: backpropagation, prediksi, sliding window
APLIKASI PELAYANAN PROGRAM HAJI, UMRAH PRIORITAS DAN JADWAL KEBERANGKATAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA Fitrah Yuridka; Zaenuddin Zaenuddin; Sefto Pratama
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.244 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5176

Abstract

ABSTRAK Kantor Kementrian Agama Kabupaten Barito Kuala terdiri dari beberapa bidang yang mempunyai tugas yang berbeda-beda dalam bidangnya masing-masing yaitu bidang haji dan umroh, bidang pendidikan madrasah, bidang pekapontren, bidang pendidikan agama islam, Bidang penyelenggara syari‟ah, Zakat, dan wakaf dan bidang bimas (bimbingan masyarakat).Dari beberapa bidang di atas ada satu bidang yang paling banyak berhubungan dalam segi pelayanan kepada masyarakat yaitu di bidang haji dan umroh, Haji dan umrah – hukum, Syarat, Rukun, Sunah Haji dan Umrah. naik haji ke Baitullah adalah rukun islam yang terakhir yang artinya berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan  amal ibadah sesuai dengan syarat, rukun, dan waktu yang telah ditentukan. Haji dan umrah adalah menjadi salah satu bagian dari yang di urus oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.kebanyakan pelayanannya masih dilakukan secara manual langsung datang ke kantor dan memerlukan proses yang panjang dan cukup lama dan dari segi aplikasi yang sudah ada yaiu SISKOHAT para calon jamaah haji masih jadi satu dengan jamaah umum dari segi pelayanan dan dari segi informasi pun masih sangat minim sehingga calon jamaah yang sudah tua atau berumur masih perlu menunggu lama bertahun tahunMetode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan uji pustaka. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu terciptanya aplikasi yang dapat mempermudah dalam proses pengolahan data, penyimpanan data, pencarian data serta pembuatan laporan dengan sistem aplikasi berbasis web. Kata Kunci : Aplikasi, Pelayanan Haji dan Umrah, Web
ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN METODE USER PERSONA Sarlita Rizka Anggraeni; Wahyu Andhyka Kusuma
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.508 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5182

Abstract

AbstrakLearning Management System atau LMS merupakan platform atau media bagi dosen dan mahasiswa yang sering digunakan dalam pembelajaran jarak jauh di Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang. Namun dengan banyaknya variasi platform LMS yang berbeda-beda yang digunakan oleh dosen yang berbeda-beda menuntut mahasiswa untuk memahami dan beradaptasi terhadap seluruh platform LMS yang digunakan.  Hal ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi keefektifan proses pembelajaran dan hasil nilai yang didapatkan oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis  kebutuhan pengguna menggunakan pendekatan user persona. Terdapat 3 variabel masalah yang digunakan yaitu fitur dari platform LMS masih memiliki banyak kekurangan, sering terjadi kendala selama penggunaan LMS, dan penggunaan lebih dari 1 platform LMS kurang efektif. Responden menilai bahwa variable permasalahan pertama dan ketiga sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan pengguna.Keywords: LMS, E-Learning, Kebutuhan Pengguna, User Persona
PERANCANGAN APLIKASI MONITORING KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK Muhammad Saidi Rahman; Lilis Anggraini; Dwi Agung Wibowo; Yusup Indra Wijaya
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.494 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5177

Abstract

AbstrakSMK Negeri 4 Banjarmasin merupakan salah satu sekolah SMK Negeri yang ada di Banjarmasin. SMK Negeri 4 Banjarmasin memeliki 7 program keahlian, yaitu: Rekayasa Perangkat Lunak, Tata Busana, Tata Boga, Tata Kecantikan, Akomodasi Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, dan Seni Musik Populer. Banyaknya siswa yang melaksanakan kegiatan prakerin tiap tahunnya mengalami beberapa kendala seperti tidak cepatnya informasi yang didapat guru pendamping prakerin terhadap kegiatan siswa di tempat prakerin karena hanya dilakukan 1 bulan sekali. Selain itu, sulitnya membuatkan laporan-laporan yang diperlukan untuk rekapitulasi data prakerin karena data yang di proses masih menggunakan Microsoft Excel yang tentunya membuat banyak memakan waktu. Dengan adanya aplikasi monitoring kegiatan prakerin siswa berbasis web ini, guru pembimbing dapat melihat kegiatan prakerin siswa secara realtime selama melaksanakan kegiatan prakerin. Memberikan kemudahan kepada operator / admin prakerin dalam membuat laporan-laporan prakerin.Kata kunci : monitoring, prakerin, SMK Negeri 4 Banjarmasin
PERBANDINGAN ANALISA USABILITY DESAIN USER INTERFACE PADA WEBSITE SHOPEE DAN BUKALAPAK MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION Siti Auliaddina; Adiva Arini Puteri; Iedam Fardian Anshori
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.531 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5183

Abstract

AbstrakWebsite e-commerce yang merupakan website untuk melakukan transaksi jual beli haruslah memiliki User Interface (UI) yang menarik agar dapat membuat banyak user tertarik menggunakan websitenya dalam transaksi jual beli. User Interface merupakan salah satu faktor yang menentukan banyaknya pengunjung pada suatu website. User Interface dibahas dalam ilmu disiplin HCI (Human and Computer Interaction) atau biasa disebut juga interaksi manusia dan computer. Karena begitu pentingnya User Interface pada suatu web maka diperlukan Usability Test, untuk mengecek seberapa efisien dan efektifnya User Interface website tersebut. Dalam penelitian ini penulis melakukan perbandingan Usability Test dua website e-commerce yaitu Bukalapak dan Shopee yang merupakan 2 dari 3 besar website e-commerce terbesar di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode Heuristic yang semua karakeristiknya dapat digunakan untuk mengetest semua karakteristik User Interface yang efisien dan efektif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 70 orang koresponden. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa website Shopee lebih efektif dan efisien untuk digunakan diabndingkan dengan website Bukalapak. Kata Kunci : Interaksi Manusia dan computer, Metode Heursitic, Usability Test, User Interface, Website. AbstractAn e-commerce website which is a website for conducting buying and selling transactions must have an attractive User Interface (UI) in order to make many users interested in using their website in buying and selling transactions. The User Interface is one of the factors that determine the number of visitors to a website. User Interface is discussed in the discipline of HCI (Human and Computer Interaction) or also known as human and computer interaction. Because the User Interface is so important on a website, a Usability Test is needed, to check how efficient and effective the website's User Interface is. In this study, the authors compare the Usability Tests of two e-commerce websites, namely Bukalapak and Shopee, which are 2 of the 3 biggest e-commerce websites in Indonesia. The method used is the Heuristic method which all of its characteristics can be used to test all the characteristics of an efficient and effective User Interface. The research was conducted by distributing questionnaires to 70 correspondents. From the results of this study, it was found that the Shopee website was more effective and efficient to use compared to the Bukalapak website. Keywords : Heuristic Method, Usability Test, Human and Computer Interaction, User Interface, Website.
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA MTS. AL-FURQON BANJARMASIN Dian Agustini; Muthia Farida
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.546 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5174

Abstract

ABSTRAKMasalah yang ditemukan adalah  terdapat kesalahan yang cukup besar pada  kegiatan administrasi perpustakaan karena menggunakan beberapa buku induk. Hal itu juga  mengakibatkan  kegiatan  administrasi  menjadi  cukup  rumit.  Selain  itu penyimpanan  data  belum  teratur  dan  membuat  penyusunan  laporan  cukup sulit. Maka hal tersebut berdampak pada penurunan kinerja karyawan perpustakaan Mts. Al-Furqon Banjarmasin.Penelitian ini bertujuan dengan menggunakan sistem informasi perpustakaan sekolah  tersebut dapat memberikan solusi terhadap masalah yang berkaitan dengan sistem informasi perpustakaan pada sekolah tersebut, mempermudah pembuatan laporan perpustakaan dengan menggunakan sarana komputer untuk informasi yang tepat, akurat dan terpercaya dengan menggunakan pemrograman Visual Basic.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan langusng (survei), wawancara dan studi pustaka. Selanjutnya melakukan analisis sistem dan perancangan desain sistem informasi perpustakaan yang dilanjutkan lagi dengan pembuatan sistem informasi perpustakaan sekolah, tahap pembuatan dan pengujian program.Kata Kunci : Sistem Informasi, Perpustakaan, Sekolah, Visual Basic
APLIKASI ADMINISTRASI PENGGAJIHAN GURU DAN KARYAWAN ONLINE SMK ARUNG SAMUDRA BANJARMASIN BERBASIS QUICK RESPONSE (QR) KODE Herry Adi Chandra; Hoiriyah Hoiriyah; Fakhriani Ekawati
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.808 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5178

Abstract

Abstrak Untuk saat ini dalam proses penggajian guru dan karyawan di sekolah masih didominasi dengan cara manual . Kelemahan dari sistem yang sudah ada yaitu sistem tersebut tidak efisien, banyak memakan waktu dalam proses pencatatan dan mengolah proses penggajian. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan   suatu   model   yang   membuat   sebuah   aplikasi   administrasi penggajian karyawan di SMK Arung Samudra Banjarmasin berbasis Quick Response (Qr) Kode , serta mempermudah dalam mengelola data dan gaji pegawai yang tepat dan akurat. dengan aplikasi ini guru dan karyawan dapat melakukan pengecekan gajih dan honor  melalui Quick Response (Qr) Kode yang tertera pada kartu karyawan menggunakan smartphone sebagai pembaca Quick Response (Qr) Kode, sehingga karyawan staf bagian keuangan tidak perlu lagi merekap gajih dan honor  secara manual.   Kata Kunci : Aplikasi Administrasi, Penggajihan, Quick Response (Qr) Kode
RANCANG BANGUN MEDIA PROMOSI KAMPUS BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI PADA UNISKA BANJARMASIN) Dwi Agung Wibowo; Muhammad Rais Wathani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (949.227 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5173

Abstract

ABSTRAKMedia  promosi adalah hal yang sangat penting untuk suatu universitas agar diketahui oleh khalayak ramai, dalam hal ini UNISKA memberi beberapa cara promosi menggunakan media iklan yang berbagai macam, akan tetapi terkadang media iklan dianggap kurang menarik sehingga membuat informasi di dalamnya tidak tersampaikan dengan bagus. Untuk mengatasi hal di atas salah satu teknologi yang semakin berkembang adalah Augmented reality yang menawarkan fitur penggambaran objek menjadi lebih jelas dan rinci karena berbentuk 3 dimensi. Menggunakan teknologi Augmented reality agar promosi yang disampaikan lebih menarik dan juga interaktif. Pada penelitian ini Metode yang digunakan adalah metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun system, sedangkan untuk pembuatan aplikasinya menggunakan Vuforia dan Unity3D, sehingga dapat diimplementasikan pada aplikasi android yang mampu menampilkan gedung serta berbagai fasilitas kampus dalam bentuk 3 dimensi dan video melalui marker yang telah disediakan dalam bentuk gambar. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membuat masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap, menarik dan juga informatif mengenai profil kampus UNISKA. Keywords : Augmented Reality, Media Promosi, Fasilitas Kampus, UNISKA
IMPLEMENTASI SYSTEM USABILITY SCALE PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ANGGARAN DAN KEGIATAN DI BADAN PUSAT STATISTIK Firmansyah Firmansyah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.567 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5180

Abstract

AbstrakKemajuan pesat teknologi informasi di era revolusi 4.0 banyak mengubah proses  bisnis hampir semua bidang termasuk keuangan pemerintahan sehingga kegiatan yang dahulunya dilakukan dengan cara manual sekarang dapat dikerjakan secara otomatis. Permasalahan pengelolaan anggaran menjadi masalah yang serius di BPS Kabupaten Aceh Barat, diantaranya sering terjadi permintaan data laporan realisasi anggaran, pagu anggaran minus, penyerapan pagu anggaran yang lambat, sering terjadinya pengembalian Surat Perintah Pembayaran sehingga harus segera ditangani dengan membuat manajemen pengendalian yang tepat. Dalam mengelola anggaran, satuan kerja harus mampu memenuhi indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA). Untuk mencapai tujuan IKPA dan menghindari kesalahan serta keterlambatan pengelolaan anggaran perlu dibuat suatu aplikasi Pengendalian, yaitu Sistem Informasi Manajemen Anggaran dan Kegiatan (SIMANTAN) yang berbasis web. Sistem informasi ini sangat membantu pengelola anggaran dalam mengoptimalisasikan revisi anggaran, rencana penarikan dana, monitoring realisasi anggaran, monitoring kegiatan dan rekapitulasi permintaan data keuangan. Oleh sebab itu, peneliti perlu mengukur tingkat kebergunaan aplikasi melalui system usability scale. Hasil pengukuran menggambarkan bahwa aplikasi SIMANTAN mudah digunakan dan menyenangkan pengguna, aplikasi berkategori Good dan berada pada grade C dengan skor 75.33 sehingga aplikasi SIMANTAN ini layak untuk mendukung peningkatan kinerja satker di bidang keuangan.Kata Kunci : Kebergunaan, Simantan, System Usability Scale.
SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI MONITORING , EVALUASI DAN PENGUSULAN SURAT KETERANGAN ONLINE AKADEMIK Mokhamad Ramdhani Raharjo; Fathur Rahman; Yusri Ikhwani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 12, No 3 (2021): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.959 KB) | DOI: 10.31602/tji.v12i3.5175

Abstract

ABSTRAK Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin merupakan Perguruan tinggi swasta di Kalimantan Selatan yang cukup besar dan bisa dipastikan juga memiliki jumlah mahasiswa yang banyak .Dengan jumlah mahasiswa yang banyak tidak menutup kemungkian terdapat permasalahan dari sisi profil data mahasiswa pada pada laman PDDIKTI, seperti kesalahan nama, tempat lahir atau jenis kesalahan lainya. Berdasarkan permasalahan tersebut bisa dipastikan terjadi antrian proses pengusulan serta terjadi kerumunan, ditambah lagi pada saat verifikasi data yudisium profil data diri mahasiswa wajib sesuai dengan data yang dijadikan acuan misalkan data ijazah terakhir terdapat banyak kesalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan sistem aplikasi pengajuan jenis kesalahan berbasis website yang dapat membantu proses pengajuan data kesalahan bagi mahasiswa tanpa perlu datang kekampus lagi karena disaat musim pandemi Covid-19 pemerintah pusat atau daerah melarang terjadinya kerumunan serta pembatasan kegiatan dilingkungan kampus guna mengurangi meluasnya wabah Covid-19 serta membantu pihak operator untuk verifikasi data ajuan lebih cepat. Pada penelitian ini mengembangkan aplikasi berbasis website untuk proses pengajuan kesalahan data PDDIKTI serta memonitoring dan verifikasi data ajuan dari admin operator. Beradasarkan hasil dari penelitian ini membantu Biro Akademik UNISKA MAB Banjarmasin dalam memproses data usulan pengajuan kesalahan PDDIKTI Mahasiswa. Kata Kunci : Monitoring, Verifikasi,  PDDIKTI, Pengajuan, Covid-19

Page 1 of 1 | Total Record : 10