cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 3 Documents clear
ENGINEERING PROPERTIES PADA TANAH SEBAGAI SUBGRADE DENGAN VARIASI CLAY CONTENT Kurdin, Muh. Akbar; Ahmad, Siti Nurjanah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.131 KB)

Abstract

Abstrak?Tanah adalah suatu sistem yang dinamis, tersusun dari empat bahan utama yaitu bahan mineral, bahan organik, air dan udara. Bahan-bahan penyusun tanah tersebut masing-masing berbeda komposisinya untuk setiap jenis, kadar air dan perlakuan terhadap tanah. Penggunaan kadar lempung berpengaruh pada kekuatan geser tanah, kohesi dan sudut geser tanah yang secara linier dapat? memberikan kekuatan yang baik terhadap tanah.Teknik yang digunakan dengan penggunaan kadar lempung merupakan upaya untuk melihat pengaruh kekuatan kapasitas tahanan tanah yang berpengaruh pada material dasar berdirinya suatu bangunan.Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui daya dukung tanah dan kekuatan tanah adalah pengaruh dari kadar lempung pada tanah tersebut. Sehingga? dari analisis ini, penambahan dan pengurangan kadar lempung tanah dapat secara efektif dapat digunakan untuk mendapatkan kekuatan geser tanah dan nilai kohesi ?sehingga dengan begitu akan dapat mempengaruhi kekuatan tahanan tanah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kadar lempung terhadap karakteristik kekuatan tanah dasar (subgrade), apabila ada penambahan dan pengurangan kadar lempung pada tanah tersebut, serta untuk mengetahui berapa besar pengaruh prosentase penambahan dan pengurangan kadar lempung terhadap karakteristik kekuatan tanah dasar (subgrade) yang telah diambil sampelnya.Hasil dari penelitian ini adalah nilai indeks plastisitas (Ip) tanah lempung berplastisitas rendah pada proses penambahan dan pengurangan kadar lempung dari kadar lempung tanah asli mengalami peningkatan dan penurunan seiring dengan proses penambahan dan pengurangan prosentase kadar lempung, semakin bertambah prosentase kadar lempung, maka nilai Indeks Plastisitas semakin besar, sebaliknya semakin berkurang prosentase kadar lempung semakin kecil pula indeks plastisitasnya.?Kata Kunci: Engineering Properties, Daya Dukung Tanah, Subgrade, Variasi Clay Content
TINJAUAN PERILAKU PEJALAN KAKI DAN PENYEBERANG JALAN PADA KAWASAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HALUOLEO Ahmad, Siti Nurjanah; Soeparyanto, Try Sugiyarto
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.888 KB)

Abstract

Abstrak?Dari waktu ke waktu terlihat bahwa perilaku pejalan kaki semakin semrawut dalam melintas jalan maupun menyeberangi jalan, hingga sering menimbulkan kemacetan arus lalulintas dan khusu untuk kawasan sekolah atau kampus perilaku mereka akan menyebabkan kerusakan taman dalam lingkungan kampus.Tujuan penelitian ini, untuk mengevaluasi berbagai perilaku pejalan kaki dan penyebrang jalan yang melintasi kawasan Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo Kendari yang akan diamati secara langsung dengan cara mengevaluasi karakteristiknya yakni : tingkat keamanan, tingkat kenyamanan dan tingkat kelancaran pejalan kaki.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan survei. Sampel diambil dari mahasiswa pejalan kaki yang berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo, yang berjumlah 71 orang secara acidental sampling dari total sampel 710 orang.?Hasil Penelitian dari segi umur untuk kelompok umur 18-22 tahun para pejalan kaki sebesar 70,17 % yang merasa aman dalam perjalanan. Sedangkan menurut jenis kelamin, kelompok laki-laki ada 70,17 % yang menyatakan aman dalam berjalan kaki. Untuk perempuan hanya ada 70,27 % yang menyatakan aman.Ditinjau dari segi umur, dimana pada kelompok umur 18-22 tahun ada 59,64 %? diantara pejalan kaki merasa nyaman dalam perjalanannya dan ada 40,35 % yang merasa tidak nyaman dalam perjalanan mereka.? Sedangkan menurut jenis kelamin, kelompok laki-laki ada 68,96 % yang merasakan nyaman dalam berjalan kaki. Untuk perempuan, hanya ada 56,75 % yang menyatakan nyaman, sisanya 43,24 %? menyatakan tidak nyaman.Ditinjau dari segi umur antara 18 - 22 tahun, terdapat 71,92 % diantara mereka mengatakan tidak lancar dalam perjalanan mereka ke kampus ataupun perjalanan pulang kembali ke rumah atau ke tempat kost.? Khususnya pada kelompok yang berumur antara 18 - 22 tahun, terdapat 71,92 % diantara mereka mengatakan tidak lancar dalam perjalanan mereka ke kampus ataupun perjalanan pulang.?Kata kunci : Pejalan kaki, aman, nyaman, Lancar dan selamat
ANALISIS KAPASITAS BUNDARAN (STUDI KASUS BUNDARAN MANDONGA KOTA KENDARI) Nuhun, Ridwansyah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4090.271 KB)

Abstract

AbstractMandonga roundabout is one of the important roundabout in Kendari, which serve the traffic flow from different directions, namely the current traffic flow coming from Sam Ratulangi street, Drs. H. Abd. Silondae, and R Soeprapto street. The high volume of traffic that passes through the roundabout causing quite chaotic meetings vehicles from different directions, either from the direction of Sam Ratulangi street. The high volume of traffic that passes through the roundabout causing quite chaotic meetings vehicles from, Drs. H. Abd. Silondae street. The high volume of traffic that passes through the roundabout causing quite chaotic meetings vehicles from, and R. Soeprapto street. The high volume of traffic that passes through the roundabout causing quite chaotic meetings vehicles from. Based on these problems, the authors will try to analyze the performance of the Mandonga roundabout. Hopefully, by the research performance of the roundabout at the roundabout Mandonga constituent can find solutions to conflicts that occur in the flow of the traffic roundabout. The purpose of this research was conducted to analyze the performance levels Mandonga roundabout, on the present and future.Performance analysis method using the method Indonesian Highway Capacity Manual 1997 (MKJI). The results showed that the largest flows occur at the ceiling of 09:00 to 10:00 hours WITA by the degree of saturation ( DS ) is the arm ( AB ) 0.294 , ( BC ) .233 , ( CA ) 0.213 . Roundabout traffic delays mean = 1.6 sec / pcu, Delay roundabout = 5.147 sec / smp. Opportunities Queue roundabout at least 2 % and a maximum of 7 %. From the analysis of the Roundabout Mandonga forecasting traffic flow is only able to serve up to 2021 with the highest DS 0.817, indicating that Roundabout Mandonga require a traffic management , or geometric changes.Recommendations for solving problems using geometric changes are backed and wide meperkecil islands side on each arm. And the results obtained that the performance of the Roundabout Mandonga decreased significantly. Namely the braid ( AB ) value of 0.642 DS , ( BC ) value of 0.522 DS , ( CA ) with the degree of saturation ( DS ) 0.582 . Roundabout traffic delays mean = 2.94 sec / pcu, Delay roundabout = 6.94 sec / smp, Opportunities Queue roundabout at least 6 % and a maximum of 23 %.?Keywords: Roundabout, Performance, Prediction?AbstrakBundaran Mandonga merupakan salah satu bundaran penting di Kota Kendari, yang melayani arus lalulintas dari berbagai arah, yaitu arus arus lalulintas yang berasal dari Jl. Sam Ratulangi, Jl. Drs. H. Abd. Silondae, dan Jl. R Soeprapto. Tingginya volume lalulintas yang melewati bundaran ini menyebabkan terjadinya pertemuan kendaraan yang cukup semrawut dari berbagai arah jalan, baik dari arah Jl. Sam Ratulangi, Jl. Drs. H. Abd. Silondae, dan Jl. R Soeprapto.? Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penyusun mencoba menganalisis kinerja bundaran Mandonga tersebut.? Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kinerja bundaran Mandonga, pada kondisi sekarang dan yang akan datang.Metode analisis kinerja dengan menggunakan metoda Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus terbesar terjadi pada pagu hari jam 09.00-10.00 WITA dengan nilai Derajat Kejenuhan (DS) yaitu pada lengan (AB) 0,294, (BC) 0,233, (CA) 0,213. Tundaan lalulintas bundaran rata-rata = 1,6 det/smp, Tundaan bundaran = 5,147 det/smp. Peluang Antrian bundaran minimal 2% dan maksimal 7%. Dari hasil analisa peramalan Bundaran Mandonga hanya mampu melayani arus lalulintas sampai tahun 2021 dengan DS tertinggi 0,817, Hal ini mengindikasikan bahwa Bundaran Mandonga memerlukan suatu manajemen lalulintas, ataupun perubahan geometrik.?Rekomendasi pemecahan masalah dengan menggunakan melakukan perubahan geometrik yaitu memundurkan dan meperkecil lebar sisi pulau-pulau pada tiap lengan. Dan hasil yang diperoleh bahwa kinerja Bundaran Mandonga menurun signifikan. Yaitu pada jalinan (AB) nilai DS 0,642, (BC) nilai DS 0,522, (CA) dengan nilai derajat kejenuhan (DS) 0,582. Tundaan lalulintas bundaran rata-rata = 2,94 det/smp, Tundaan bundaran = 6,94 det/smp. Peluang Antrian bundaran minimal 6% dan maksimal 23%.?Kata Kunci: ?Bundaran, Kinerja, Prediksi

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue