cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 5 Documents clear
ANALISA PERILAKU PONDASI KELOMPOK TIANG AKIBAT BEBAN GEMPA PADA GEDUNG KULIAH UMUM UNIVERSITAS HALU OLEO Sulha, Sulha; Kimsan, Masykur; Wahyudin, Wahyudin
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1086.574 KB)

Abstract

Konstruksi beban berat yang biasanya menggunakan jenis pondasi dalam akan mengalami permasalahan yang lebih rumit. Dimana pondasi dalam, yang berupa tiang digabung dalam satu kelompok. Permasalahan makin rumit jika pondasi berada pada daerah tanah lunak dan rawan gempa sehingga pondasi mengalami perpindahan melebihi batas yang diizinkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung aksial dan lateral pondasi kelompok tiang pancang pada Gedung Kuliah Umum Universitas Halu Oleo. Dengan mengubah jarak antar tiang dari 2d, 3d dan 4d pada konfigurasi P8 dan P8. Sehingga diketahui pengaruh penambahan jarak tiang terhadap daya dukung, penurunan dan defleksi pondasi. Pada penelitian ini menggunakan pula aplikasi bantu berupa Plaxis 3D Foundation dalam mensimulasikan kondisi pondasi akibat beban yang bekerja.Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi pada Plaxis 3D Foundation penambahan jarak antar tiang memberikan daya dukung aksial dan lateral yang semakin besar, perubahan jarak antar tiang dapat pula mengurangi defleksi yang terjadi. Namun perubahan jarak antar tiang memberikan nilai penurunan yang semakin besar pada pondasi.
ANALISA TEKNIS PERBAIKAN PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN HALUOLEO DI KOTA KENDARI Azikin, Thahir; Welendo, La; Tawaqqal, Mitro
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.939 KB)

Abstract

Kerusakan jalan adalah hal yang sangat kompleks, berbagai macam bentuk yang dapat mengakibatkan kerusakan jalan salah satunya adalah kondisi lingkungan akibat genangan air, tidak terpeliharanya drainase jalan, serta beban kendaraan, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan pada permukaan jalan dan memberikan tindakan untuk perbaikan kerusakan jalan.Ruas jalan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu? pada ruas jalan Haluoleo Kota Kendari, pada ruas jalan tersebut terdapat berbagai bentuk kerusakan, jenis pengambilan data yaitu berupa data primer seperti, bentuk kerusakan jalan, volume lalulintas. Metode yang digunakan mengacu pada metode bina marga didasarkan pada urutan proritas penanganan dari rentang nilai 0 sampai lebih dari 7 untuk mendapatkan penanganan jalan yang tepat.Hasil penelitian Terdapat 6 jenis kerusakan ?seperti amblas dengan? luas kerusakan 176,46 m2 (38,55%), retak kulit buaya 53 m2 (11,78%), retak memanjang 4,17 m2 (0,93%), pelepasan butiran 22 m2 (4,89%), kegemukan 5,5 m2 (1,22%). Dan lubang 159,67 m2 (35,48%). Lalu lintas harian rata-rata tertinggi terjadi pada hari minggu dengan nilai 4176 satauan mobil penumpang (Smp/hari), maka didapatkan nilai kelas jalan sebesar 5. Untuk nilai kondisi jalan di ambil angka rata-rata dari total angka kerusakan pada setiap segmen yaitu 17, maka nilai kondisi jalan yaitu 6 yaitu masuk dalam program pemeliharaan berkala, angka 3 masuk dalam rehabilitasi peningkatan jalan, dan untuk tindakan penanganan disesuaikan berdasarkan jenis kerusakan
ANALISA PENGGUNAAN MATERIAL LAPISAN TANAH PENUTUP (TOP SOIL) PADA GALIAN TAMBANG NIKEL DI MOROMBO KONAWE UTARA SEBAGAI CAPPING LAYER PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA Nuhun, Ridwansyah; Sarita, Umran; Sanjaya, Rahmat
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.095 KB)

Abstract

Pada umumnya permasalahan yang sering ditemui pada jalan-jalan di wilayah Sulawesi Tenggara dari beberapa laporan perencanaan khususnya di Konawe Utara yakni nilai CBR subgrade yang termasuk dalam kategori rendah (CBR < 6%) terlebih pada kondisi musim penghujan, sehingga kondisi demikian tentunya membutuhkan tebal perkerasan yang cukup besar seperti sub base, base dan surface untuk mengakomodasi ESAL selama umur rencana. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008, Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi yang di tetapkan oleh Pemerintah pusat sebagai wilayah tambang nasional, dimana dalam kurun waktu 5 Tahun terakhir Wilayah administratif Konawe Utara terjadi eksplorasi logam mineral seperti nikel yang cukup signifikan. Sedangkan Untuk mendapatkan bahan baku tersebut pada umumnya perusahaan pertambangan melakukan pengerukan/menggali tanah ? 5 - 7 m dari permukaan tanah eksisting, sehingga hasil galian tambang tersebut menjadi limbah yang tidak terpakai.
ANALISIS KUALITAS MATA AIR MOTONUNO KECAMATAN LOHIA KABUPATEN MUNA Talanipa, Romy; Putri, Tryantini Sundi; Asrah, Asrah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.916 KB)

Abstract

Mata air adalah salah satu sumber air yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhannya. Desa Lakarinta merupakan salah satu desa yang menggunakan mata air sebagai sumber utama air mereka. Mata air ini bernama mata air Motonuno yang berada di desa Lakarinta Kecamatan Lohia Kabupaten Muna. Kebiasaan warga desa setempat yang suka mencuci dan mandi langsung di mata air tersebut akan membuat mata air akan tercemar dengan kandungan zat-zat yang berbahaya dari aktifitas yang mengakibatkan kualitas dari mata air menurun dan akan berdampak pada kesehatan warga desa.Berdasarkan hal tersebut perlu diadakan pengujian kualitas air dengan meliputi parameter fisika,kimia dan mikrobiologi yang bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas air tersebut sudah memenuhi standar kualitas air bersih sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan agar layak untuk di konsumsi oleh warga desa.Hasil pengujian laboratorium dengan menggunakan parameter fisika, kimia dan mikrobiologi yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa mata air Motonuno telah memenuhi standar kualitas air bersih dan air minum sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan. Jadi, tidak terdapat pencemaran di mata air Motonuno sehingga layak untuk dikonsumsi.
UJI KARAKTERISTIK BAJA TULANGAN BETON DI PASARAN KOTA KENDARI BERDASARKAN PERSYARATAN SNI 07-2052-2002 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KAPASITAS TAMPANG BALOK BETON BERTULANG Mustika, Wayan; Fitriah, Fitriah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.864 KB)

Abstract

Steel product circulating in marketing especially in Kendari City marketing there is any kinds of type, steel that is visually doesn't fulfill diameter scale and length also many circulating in marketing, but quality of steel is not only measured with length and the diameter only, needs further assaying about nature and steel characteristic between by it to refer to Indonesian Standard (SNI) for stell product which is new that is SNI 07-2052-2002. This research aim to investigate scale (weight, diameter and cross-area), knows mechanical properties (molten strain, strength draws and strain), analyses scale (weight, diameter and cross-area) and mechanical properties (molten strain, strength draws and strain) based on standard SNI 07-2052-2002, and know influence result of inspection of molten strain (fy) to reinforced concrete beam cutting capacities.Result of inspection of scale property (diameter, heavily and cross-area) for all sample applied in research to indicate that most of sample has fulfilled the scale property except one of sample with sample code RM doesn't fulfill diameter scale and weight according to clauses of SNI 07-2052-2002. Result of inspection of mechanical properties (molten strain (fy), strength draws (fmaks) and strain (?)) indicates that all sample applied fulfills clauses of SNI 07-2052-2002, result of analysis to molten strain influence (fy) result of assaying to reinforced concrete beam cutting capacities indicates that nominal moment (Mn) happened at specimen result of assaying with molten strain (fy) showing each the happening of improvement of nominal moment (Mn) if it is compared to nominal moment (Mn) with molten strain (fy) a minimum of based on SNI 07-2052-2002

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue