cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 5 Documents clear
STUDI TINJAUAN PENGATURAN SIMPANG JALAN PEREMPATAN ZAHRA PADA JALAN EDI SABARA Muh. Thahir Azikin; Haswinda, Haswinda
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v10i2.29974

Abstract

Penelitian ini menganalisis kinerja lalu lintas dilihat dari sisi derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian pada kondisi sekarang serta mengevaluasi masalah pada simpang jalan di perempatan Hotel Zahra sehingga dapat memberikan suatu rekomendasi pelayanan untuk peningkatan kapasitas jalan. Metode penelitian MKJI 1997, untuk menghitung data geometrik yang dibutuhkan yaitu, diameter simpang, lebar simpang dan panjang simpang serta data volume lalu lintas yang dihitung adalah data dari semua kendaraan arus lalu lintas yang masuk dan keluar pada simpang jalan di perempatan Hotel Zahra. Hasil Derajat Kejenuhan (DS) pada hari minggu yakni: DSAB dengan nilai 0,23, DSBC dengan nilai 0,16, DSCD dengan nilai 0,21 dan nilai DSDA 0,22. DS pada hari senin yakni: DSAB dengan nilai 0,13, DSBC dengan nilai 0,26, DSCD dengan nilai 0,38 dan nilai DSDA 0,25. Sebaliknya untuk Tundaan (D) pada hari minggu Yakni: DAB dengan nilai 2,123, DBC dengan nilai1,965, DCD dengan dan nilai 2,075, dan DDA 2,111. Tundaan pada hari senin Yakni: DAB deangan nilai 1,901, DBC 2,208, DCD dengan nilai 2,550, dan DDA 2,166. Berdasarkan perhitungan antrian didapatkan rata-rata antrian berada antara 2% - 4% sehingga sangat kecil kemugkinan akan terjadi yang namanya antrian kendaraan sehingga kondisi jalan yang berada di bundaran hotel zahra sangat baik Dan nilai Berdasarkan perhitungan antrian didapatkan rata-rata antrian berada antara 3% - 5% sehingga sangat kecil kemugkinan akan terjadi yang namanya antrian kendaraan dan peluang antrian tertinggi berada pada 4% - 8% sehingga kondisi jalan yang berada di bundaran hotel zahra sangat baik.
PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH KACA SEBAGAI BAHAN TAMBAH FILLER PADA LAPIS PERMUKAAN AC-BC TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL Nasrul Nasrul; La ode Muhammad Fadil; Rini Sriyani
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v10i2.29970

Abstract

Pada campuran perkerasan aspal membutuhkan bahan pengisi filler untuk mendukung kinerja konstruksi lapis perkerasan agar mampu untuk menahan beban lalu lintas. Pada penelitian ini memanfaatkan limbah kaca yang memiliki sifat mengikat yang cukup tinggi sebagai bahan substitusi filler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan filler kaca dan tanpa filler kaca terhadap karakteristik marshall. Penetapan variasi filler kaca sebesar 0% 1%, 2%, 3%, 4%, 5% terhadap total berat filler. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan limbah kaca dengan variasi 1%, 2%, 3%, 4%, 5%  menghasilkan nilai stabilitas, marshall quotient, dan VFA yang lebih rendah dibandingkan dengan campuran 0% filler kaca. Sebaliknya terjadi peningkatan nilai flow, VMA, dan VIM seiring bertambahnya filler kaca dengan kadar filler 1%, 2%, 3%, 4%, 5%  sedangkan pada variasi 0% memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan filler kaca. Hal ini dikarenakan filler kaca tidak bereaksi terhadap aspal dimana filler added kaca tidak dapat mengabsorpsi aspal yang mengakibatkan persentase rongga menjadi meningkat sehingga ikatan antara aspal dan agregat dalam campuran menjadi lemah dan lebih lentur.
STUDI PERENCANAAN PENGEMBANGAN JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH PADA KECAMATAN LOHIA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EPANET V2.0 Munandar Munandar; Ranno Marlany Rachman; Tryantini Sundi Putri
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v10i2.29971

Abstract

Untuk mengetahui jumlah kebutuhan air bersih yang di butuhkan di kecamatan Lohia pada tahun 2031 dan Untuk mengetahui hasil evaluasi perencanaan jaringan distribusi pipa air bersih PDAM Unit Lohia di Kecamatan Lohia pada kondisi pengembangan tahun 2031 menggunakan program Epanet V2.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sesuatu melalui Analisis proyeksi jumlah penduduk dan kebutuhan air bersih, Perhitungan sistem perpipaan distribusi air bersih, Perhitungan dengan software EPANET V2.0 Berdasarkan hasil analisa kebutuhan air bersih untuk wilayah kecamatan lohia dapat di simpulkan bahwa Kebutuhan air bersih pada daerah kecamatan Lohia berdasarkan jumlah penduduk yaitu pada tahun 2021 sebesar 90,024 liter/detik, tahun 2025 sebesar 96,653 liter/detik dan tahun 2031 sebesar 105,028 liter/detik. Berdasarkan jumlah pelanggan yaitu pada tahun 2021 sebesar 88,026 liter/detik, tahun 2025 sebesar 95,567 liter/detik dan tahun 2031 sebesar 106,719 liter/detik. Hasil evaluasi ekisting jaringan pipa distribusi PDAM unit Lohia pada tahun 2021 diperoleh tekanan pada seluruh titik simpul tidak terpenuhi (negative pressure) tertinggi pada junction 13 dengan nilai pressure -33,71 m danhead pompa tidak bisa mengalirkan air. Untuk tahun 2031diperlukan perubahan dan pemasangan  Pompa baru (H=100), pembangunan bak reservoir, perubahan diameter pipa serta pengembangan berupa pemasangan jaringan pipa distribusi di beberapa sektor yang belum teraliri.
STUDI PERENCANAAN ELEVASI PEMBANGUNAN SHRIMP ESTATE DI DESA KAWITE-WITE KECAMATAN KABAWO KABUPATEN MUNA Nini Hasriyani Aswad; Fitriah Masud; Muriadin Muriadin; Siti Alawiyah Toresa
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v10i2.29972

Abstract

Perencanaan pembangunan shrimp estate dikawasan pesisir pantai dipengaruhi oleh Pasang surut air laut fenomena alam mengenai permukaan perairan, yang berubah-ubah tunggang (range) dan ketinggiannya sesuai dengan perubahan posisi bulan dan matahari terhadap bumi menurut fungsi waktu. Hal ini menunjukkan bahwa pasang surut air laut dapat mempengaruhi pola kerja dan bahkan budaya dari masyarakat. Perencanaan ini adalah untuk Mengetahui elevasi muka air laut maksimum, minimum dan rata rata terhadap pasang surut yang terjadi di kawasan pesisir Desa Kawite-wite Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna, analisi dengan menggunakan. Metode pengukuran langsung Metode Admiralty dan metode Least Square. Hasil dari penelitian penelitian yaitu, Elevasi muka air laut tertinggi untuk pengamatan diperoleh sebesar 373 cm dan elevasi muka air laut terendah untuk pengamatan sebesar 102 cm, sedangkan untuk elevasi muka air laut tertinggi untuk prediksi diperoleh sebesar 375 cm dan elevasi muka air laut terendah untuk prediksi 80 cm. Berdasarkan nilai Formzhal Metode Admiralty adalah sebesar 0,59, tipe pasang surutnya adalah Campuran Harian Ganda ( Mixed Tide Prevailing Semidiurnal ) atau dalam sehari terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dengan nilai ketentuan 0,25 < F = 0,59 < 1,5. 
STUDI PEMANFAATAN ASPAL BUTON LIQUID PADA CAMPURAN ASPAL BETON Siti Fauziah Badaron; M. Husni Maricar
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v10i2.29973

Abstract

Untuk menguji kinerja aspal dengan menggunakan Asbuton dalam mensubsitusi peranan aspal minyak yang makin langkah dan mahal dalam upaya memanfaatkan bahan lokal yang ada. Rumusan masalah bagaimana menentukan kadar aspal optimum pada campuran Aspal beton dengan Asbuton liquid dan bagaimana karakteristik campuran aspal beton dengan menggunakan Asbuton liquid sebagai bahan pengikat. Penelitian ini bertujuan menentukan kadar aspal optimum pada campuran Aspal beton dengan Asbuton liquid sebagai bahan pengikat dan menganalisis karakteristik campuran Aspal beton dengan menggunakan Asbuton liquid pada perkerasan laston AC-WC. Metode penelitian dilakukan dilaboratorium secara berurut mulai dari uji sifat fisik aggregat, job mix desain, uji Marshall Test, kemudian menentukan KAO (Kadar Aspal Optimum). Hasil pengujian dan analilis diperoleh nilai kadar aspal optimum (KAO) campuran Asbuton liquid adalah 7,3 % dan berdasarkan hasil Analisis karakteristik campuran aspal buton dapat lihat bahwa penggunaan Aspal Buton Liquid pada campuran aspal beton relatif agak tinggi dengan nilai stabilitas yang rendah. Hal ini disebabkan karena kadar bitumen dalam larutan liquid lebih rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue