cover
Contact Name
Luluk Nur Azizah
Contact Email
luluknurazizah_25@ymail.com
Phone
-
Journal Mail Official
nurussafaatillah@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN
ISSN : 25023780     EISSN : 2621881X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
MANAJEMEN mencakup: 1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Strategic 3. Manajemen Sumber Daya Manusia 4. Manajemen Produksi 5. Manajemen Keuangan
Arjuna Subject : -
Articles 210 Documents
ANALISIS PENYESUAIAN TARIF DASAR PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN LAMONGAN Henny Mahmudah
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 1, No 2 (2016): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v1i2.24

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan tarif yang diberlakukan oleh perusahaan daerah air minum (PDAM) Lamongan. Untuk mengetahui cara penentuan harga pokok produksi di perusahaan daaerah air minum (PDAM) Lamongan. Metode analisis data yang digunakan yaitu: Full Cost  Recovery adalah Metode pemulihan biaya secara penuh (cost recovery method), dan menggunakan penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP), BT= Biaya Total, BL=  Biaya Langsung, BTL= Biaya Tidak Langsung. Hasil penelitian yang diperoleh dari kebijakan tarif yaitu sesuai Peraturan Menteri dalam Negeri nomor 23 tahun 2006 bahwa tarif dasar pada tahun 2014 sebesar 2500 M3,mengalami kerugian dengan Cara Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP). Metode penentuan harga pokok produksi dengan memperhitungkan seluruh biaya produksi, dengan hasil HPP pada tahun 2012 sebesar: 2.765, tahun 2013 sebesar: 2.969, tahun 2014 sebesar: 3.777 Dari hasil analisis disimpulkan bahwa Penyesuaian Tarif PDAM Kabupaten Lamongan 2014 terhadap Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 23 Tahun 2006. cara  penentuan harga pokok produksi yang dilakukan oleh PDAM Kabupaten Lamongan dengan menggunakan metode dalam penyusunan HPP adalah dengan menggunakan metode full costing. Metode Full costing merupakan metode penentuan harga pokok produksi dengan memperhitungkan seluruh biaya produksi.Keywords : Penyesuaian Tarif Dasar (PDAM)
TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM EKONOMI ISLAM An'im Fattach
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 2, No 3 (2017): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v2i3.56

Abstract

Masalah permintaan dan penawaran sudah tidak asing lagi bagi kita yang pernah mempelajari teori mikro ekonomi yang terdapat pada ilmu ekonomi. Permintaan dan penawaran juga sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi manusia dalam melakukan kegiatan perekonomian. Tentang produksi, supply, harga, keuntungan, produsen, pemasaran, pasar di bahas dalam konsep penawaran. Begitu juga dalam konsep permintaan yang membahas tentang konsumsi, konsumen, demand, kebutuhan hidup, harga yang selalu menjadi prioritas utama dalam menjalankan konsep permintaan. Tidak jauh beda dengan konsep permintaan dan penawaran dalam perspektif ekonomi Islam yang membahas tentang hal-hal yang di sebutkan tetapi memiliki batasan-batasan dalam berekonomi yaitu syariat yang berhubungan langsung dengan Allah SWT dan sumber-sumber Islam seperti Al-Qur’an dan As-Sunnah serta ijtihad dari para ulama atau para ekonom Islam. Dimana di Indonesia sama sekali belum di terapkan tentang konsep permintaan dan penawaran secara ekonomi Islam yang merupakan konsep baik dalam meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia, yang bisa di bilang Indonesia terlalu menfokuskan kegiatan perekonomian pada sistem mencari keuntungan besar dan materialistis.Keywords : Konsep Permintaan Islam, Konsep Penawaran Islam, Harga
ANALISIS PENDIDIKAN TERHADAP PAD (PENDAPATAN ASLI DAERAH) DI KABUPATEN LAMONGAN PERIODE TAHUN 2010 – 2014 Abid Muhtarom
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 1, No 1 (2016): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v1i1.1

Abstract

Pendidikan merupakan suatu faktor yang mempengaruhi output suatu daerah. Jumlah penduduk yang besar, khususnya penduduk dengan usia produktif, akan meningkatkan jumlah angkatan kerja yang tersedia. Jumlah tenaga kerja yang besar disertai dengan pendidikan yang memadai akan memacu PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang tinggi.Penelitan ini menggunakan penelitian eksplanatori, yaitu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang bagaimana Analisis Pendidikan Terhadap PAD (PendapatanAsli Daerah) Kabupaten Lamongan (Husaini, 2008:5).Dari hasil perhitungan didapatkan angka korelasi antara Pendidikan dengan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan sebesar -0,898. Artinya hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat tetapi negatif. Korelasi negatif menunjukan bahwa hubungan antara Pendidikan dengan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan tidak searah atau berlawanan. Data dapat dilihat probalitas (sig) sebesar 0,019 yang lebih kecil dari 0,05, maka ada hubungan kedua variabel pendidikan dengan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan singnifikan. Permasalahan-permasalahan dikarenakan banyaknya pendidikan yang rendah yang ada di Kabupaten Lamongan sebagian besar tergolong sebagai unskilled labor atau tenaga kerja tidak terdidik.Keywords : Pendidikan, Pendapatan Daerah dan Tenaga Kerja
ANALISIS JENIS LAYANAN DAN HARGA PREMI TERHADAP PEMBELIAN POLIS ASURANSI KESEHATAN ANAK DAN INVESTASI PADA PT. PRUDENTIAL ASSURANCE UNIT LAMONGAN Lilik Nurcholidah
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 2, No 2 (2017): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v2i2.47

Abstract

Konsumen dalam proses pengambilan keputusan mempertimbangkan faktor jenis layanan dan harga yang merupakan salah satu kriteria penting dalam keputusan membeli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil penelitian didapatkan Variable variable Jenis layanan (X1) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli polis asuransi (Y), thitung untuk variabel jenis layanan lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 1,706 > 1,677 dan probabilitas <α yaitu 0,002 < 0,05. Variable harga premi (X2) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli polis asuransi (Y), thitung untuk variabel harga premi lebih besar dari ttabel yaitu  sebesar 1,967>1,678 dan probabilitas <α yaitu 0,003< 0,05. Variable variable jenis layanan dan harga premi secara simultan  memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli polis asuransi, nilai signifikan F sebesar 0,000 < 0,05 (5%) dan F hitung  lebih besar dari F tabel, yaitu sebesar  9,358 > 3,905. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan variabel harga premi lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian, nilai korelasi 0,490, sedangkan vaiabel jenis layanan mempunyai nilai korelasi 0,475.Keywords : Jenis layanan, harga premi, keputusan membeli
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIBIT IKAN (Studi Evaluasi Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Bibit Ikan Pada IBAP Lamongan) Danu Kusbandono; Muhammad Yanto
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 3, No 2 (2018): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.962 KB) | DOI: 10.30736/jpim.v3i2.183

Abstract

Benih ikan berkualitas baik dibutuhkan dalam tahapan utama pembesaran ikan. Peningkatan benih berkualitas mampu didapatkan dengan pengontrolan panti benih dan pakan benih. Benih berkualitas mampu dipenuhi dengan produksi benih secara intensif dan berkelanjutan. Ketersediaan pakan alami yang cukup merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan hasil benih yang berkualitas. Pakan alami belum mampu digantikan oleh pakan buatan, sehingga kualitas dan kuantitas pakan alami menjadi faktor penentu kualitas benih ikan laut (Sumiarsa dan Irwan, 2010).Di Lamongan banyak dijumpai penjual bibit ikan, mulai dari pedagang yang berada di rumah hingga penyedia jasa penjualan secara online . Salah satu penjualam online di Lamonganadalah IBAP(Instalasi Budidaya Air Payau)Lamongan. IBAP Lamongan ini merupakan situs jual benih ikan online,yang mempunyai beragam jenis dan berbagai macam variasi ukurannya untuk para petani ikan dan pembudidaya dengan memberikan harga terjangkau sesuai kebutuha.Begitu banyak penjual bibit ikan yang ada di Lamongan, dimana srategi pemasaran antar kompetitor sangatlah berpengaruh. Dalam strategi komunikasi pemasaranIBAP Lamongan memfasilitasi pemasaran produknya. IBAP Lamonganmenggunakan alat promosi dalam strategi komunikasi pemasaran di masyarakat adalah program penyuluhan pada komunitas petani ikan di tingkat kabupaten maupun sekitar area LamonganPenelitian ini merupakan evaluasi keefektifan yang berniat untuk mengevaluasi apakah program yang dilaksanakan oleh IBAP Lamongan dalam upaya meningkatkan penjualan, loyalitas pelanggan, dan pemahaman konsumen di Kabupaten Lamongansudah efektif atau belum efektif. Penelitian ini menggunakan kerangka model CIPP (Context, Input, Process, Product), metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis penelitian ini adalah melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.Temuan dalam program penelitian ini berjalan dengan lancar karena dukungan pelanggan yang antusias, keterbatasan pemasaran dan infrastruktur untuk membuat program berjalan lambat. Harus ada alat promosi tambahan, sehingga pelanggan dan masyarakat umum akan menjadi tahu akan adanya IBAP Lamongan. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, Evaluasi Efektivitas, Analisis CIPP, Bibit Ikan.
PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.) Mohammad Yaskun; Puguh Cahyono
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 1, No 3 (2016): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v1i3.38

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur faktor-faktor yang ada dalam implementasi CSR yang dilakukan oleh PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.  yang berpengaruh terhadap citra perusahaan bagi pihak inetrnal dan eksternal perusahaan (masyarakat yang merasakan dampak langsung keberadaan PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk.). Hasil penelitian ini dari uji statistik yang telah dilakukan terhadap hipotesis awal  penelitian, hanya X7 (sektor sarana umum) berpengaruh signifikan secara negatif terhadap citra perusahaan (berlawanan dengan dugaan awal penelitian). Sedangkan X1 (program kemitraan), X2 (sektor pendidikan), X3 (sektor kesehatan), X4 (sektor pelestarian alam), X5 (sektor bencana alam), X6 (sektor olahraga, seni dan budaya), dan X8 (sektor sarana ibadah). Berdasarkan kajian lebih lanjut terhadap hasil uji statistik tersebut, terdapat fakta bahwa hanya 30% dana dari program CSR PT. Semen Indonesia yang disalurkan di Gresik sedangkan 70%nya ada di di Tuban. Kurang maksimalnya sosialisasi dan publikasi atas program-program CSR Semen Indonesia sehingga responden tidak mendapakan informasi yang cukup mengenai program-program CSR tersebut. Pelaksanaan dari program-program CSR yang tidak merata sehingga manfaatnyapun hanya dirasakan sebagian masyarakat saja.Keywords : Corporate Sosial Resposibility (CSR), citra perusahaan
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KOMSUMEN PADA MEREK CARDINAL DI RAMAYANA BUNGURASIH SIDOARJO Muhammad Muklis Sulaeman
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 3, No 3 (2018): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v3i3.198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh variabel kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen produk cardinal di Ramayana Bungurasih 2) Menganalisis  variabel yang memberikan konstribusi paling dominan dalam meningkatkan kepuasan konsumen produk cardinal di Ramayana Bungurasih. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan explanatory research dengan metode survei (Survey Method) dengan teknik pengambilan sample secara acak sederhana terhadap 110 responden. Teknik pengambilan data yaitu dengan angket, wawancara, survei dan dokumenter. sedangkan data yang diambil adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Variabel Independen yaitu kualitas dan harga memiliki pengaruh baik secara simultan, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 4,889 ≥ Ftabel = 3,081 dengan signifikansi = 0,009, dan secara parsial dapat dilihat dari nilai masing-masing thitung = 1,173 ≤ ttabel = 1,659 untuk variabel kualitas (x1), dan thitung = 1,958 ≥ ttabel = 1,659 untuk variabel harga (x2), yang dapat di simpulkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) Dari kedua variabel independen yaitu kualitas produk dan harga, yang memberikan kontribusi pengaruh paling dominan adalah variabel harga. Kata Kunci : Kualitas Kerja, Harga, Kepuasan Konsumen.
ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDY KASUS DI CV. LAMONGAN SPORTS CENTER) Yunni Rusmawati DJ
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 2, No 3 (2017): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v2i3.61

Abstract

Perusahaan Lamongan Sports Center (LSC) adalah gabungan dari berbagai usaha jasa diantaranya lapangan futsal, kolam renang, fitnes serta rumah makan. Dengan meningkatnya daya persaingan usaha yang bergerak dibidang yang sama, berbagai upaya dilakukan Lamongan Sports Center agar para pelanggan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari tempat lain. Oleh karena itu lamongan Sports Center menggunakan strategi pemasaran experiential marketing yang meliputi sense, feel, think, act dan relate untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah experiential marketing berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan di Lamongan Sports Center. Apakah experiential marketing berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan di Lamongan Sports Center. Dan unsur experiential marketing manakah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan Lamongan Sports Center. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden mengunakan metode purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda dengan hasil sebagai berikut:Y = 0,503 + 0,319 X1 + 0,222 X2 + 0,234 X3 + 0,304 X4 + 0,232 X5.Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti yaitu Sense / Panca indera (X1), Feel / Perasaan (X2), Think / Cara berpikir (X3), Act / Kebiasaan (X4) dan Relate / Pertalian (X5) terbukti secara parsial mempengaruhi variabel dependen Loyalitas Pelanggan (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel sense (panca indera), feel (perasaan), think (cara berpikir), act (kebiasaan) dan relate (pertalian) berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam terhadap loyalitas pelanggan. Variabel sense (X1) paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai sebesar 0,319.Keywords : Experiential Marketing, Sense (panca indera), Feel (perasaan), Think (cara berpikir), Act (kebiasaan), Relate (pertalian), Loyalitas Pelanggan
EVALUASI KAPASITAS PRODUKSI DAN EFISIENSI BIAYA TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA PT. CAHAYA INDAH MADYA PRATAMA Hery Suprapto
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 1, No 1 (2016): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v1i1.6

Abstract

Didalam suatu perusahaan permasalahan biaya yang paling utama. Hal ini di perlukan untuk menetapkan serta mengendalikan beberapa jumlah biaya yang akan di gunakan untuk produksi, guna meningkatkan efisiensi khususnya efisiensi biaya produksi yang digunakan untuk biaya operasional perusahaan.Suatu kapasitas organisasi merupakan konsep dinamik yang dapat diubah dan dikelola. Masalah yang hendak dicari jawabanya dalam penelitian ini adalah 1) Apakah kapasitas produksi efisiensi biaya berpengaruh secara parsial terhadap kelancaran produksi 2) Apakah kapasitas produksi dan efisiensi biaya berpengaruh secara simultan terhadap efisiensi biaya 3) Manakah diantara produksi efisiensi biaya yang berpengaruh paling dominan terhadap kelancaran produksi. Sejalan dengan masalah tersebut maka penelitian ini dilakasanakan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, uji dertiminasi, uji t, uji F. Dari hasil metode analisa data diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda Y = -1089.911 + 0,579X1 + 0,453 X2 . Untuk Koefisien kolerasi parsial, X1 sebesar  0,579 dan X2 sebesar 0,453. Koefisien kolerasi berganda sebesar 0,997. Uji Determinasi diperoleh hasil sebsar 0,994. Untuk Uji t, diperoleh hasil kapasitas produksi (X1) thitung 11.147 > ttabel 4,303. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, efisiensi biaya (X2) thitung 5.007  > ttabel 4,303, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan Uji F fhitung 175.569 > F tabel 19,00, maka Ho ditolak dan Ha diterimaKeywords : Evaluasi kapsitas produksi, Efisiensi biaya dan kelancaran proses produksi
ANALISA EFISIENSI BIAYA PRODUKSI UNTUK PENINGKATAN LABA KOTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARGET COSTING (STUDY KASUS PADA PENGRAJIN BATIK SENDANG PACIRAN LAMONGAN) Titin Titin
JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) Vol 2, No 2 (2017): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jpim.v2i2.52

Abstract

Perusahaan yang ingin berkembang atau paling tidak bertahan hidup harus mampu menghasilkan produksi yang tinggi dengan kualitas yang baik. Hasil produksi yang tinggi akan tercapai apabila perusahaan memiliki efisiensi produk yang tinggi . dalam  penelitian penerapan Target Costing dalam upaya efisiensi biaya produksi untuk peningkatan laba kotor pada pengrajin sendang paciranLamongan, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu dengan menentukan biaya standar (standard costing), biaya target (terget costing) dan membandingkan hasil perhitungan dari standard costing dan target costing. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan target costing pada pengrajin sendang paciran  Lamongan lebih efisien dibandingkan dengan metode standard costing, dengan penerapan target costing ini maka prusahaan dapat memperoleh penghematan biaya sebesar Rp. 70.415.474 untuk batik jenis sutra, Rp. 141.107.678 untuk batik jenis maseris dan Rp. 438.325 untuk batik jenis gobila/botolan. Sedangkan peningkatan laba kotor pada perusahaan menurut standard costing yang dihasilkan sebesar Rp. 214.378.704 untuk batik jenis sutra, Rp. 267.672.696 untuk batik  jenis maseris dan Rp. 13.199.796 untuk batik jenis gobila sedangkan laba kotor menurut target costing sebesar Rp. 274.694.178 untuk sarung jenis sutra, Rp. 388.680.374 untuk batik  jenis maseris dan Rp. 13.638.121 untuk batik  jenis gobila.Keywords : Biaya Produksi, Laba Kotor, Target Costing

Page 1 of 21 | Total Record : 210


Filter by Year

2016 2023