cover
Contact Name
Taufik Hidayat
Contact Email
thidayat.ft@unwir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknik.komputer@unwir.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda KM.03, Singaraja, Indramayu - Jawa Barat 45312
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
TEKNOKOM : Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 26218070     EISSN : 26863219     DOI : https://doi.org/10.31943/teknokom
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer (TEKNOKOM) with frequency 2 (two) times a year, ie in March and September. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving closely related to the field of ICT and System Computer.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM" : 16 Documents clear
ANALISA SOFTWARE GRBL CONTROLLER UNTUK MESIN MINI CNC PLOTTER 3 - AXIS DENGAN MENGGUNAKAN MIKRO KONTROLER ATMEGA 328 Suwandi, Herwani; Tri Setianto, Septian
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.529 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.17

Abstract

Dalam sebuah industri khususnya manufaktur terdapat mesin CNC dengan berbagai macam jenis seperti Milling, Frais, Bubut dan banyak lagi yang berfungsi untuk membuat suatu bahan mentah dari besi yang di ukir menjadi suatu barang yang berguna bagi kebutuhan manusia, yang biasanya terdiri dari 2 hingga 6 axis. Penulis membuat prototype mesin mini CNC plotter 3 - axis dari bahan standar dengan software yang opensource sehingga seluruh masyarakat bisa mencoba mempelajari mesin CNC tersebut, adapun software yang akan digunakan sebagai kontrol dari mesin mini CNC plotter tersebut adalah GRBL Controller dan juga mesin ini menggabungkan software aplikasi inscape yang berguna sebagai converter menjadi GCode.Dalam penulisan penelitian ini metode penelitian yang digunakan penulis yaitu dengan melakukan metode kuantitatif yang akan menjelaskan sistem dari software mesin mini CNC plotter 3 - axis sehingga menjadi satu kesatuan sistem yang akan dijelaskan dari data - data G-Code yang sudah dibuat.
MANFAAT PENERAPAN MARKETING ONLINE (MENGGUNAKAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL) BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) Mukhsin
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.493 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.25

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat namun juga metode perdagangannya. Pertumbuhan e-commerce yang semakin banyak berguna menjadi tempat jual-beli barang secara online yang bisa digunakan oleh pengusaha. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dimana marketplace untuk UMKM dimanfaatkan oleh pemilik usaha kecil menengah. Selama ini kendala yang selalu dihadapi oleh UMKM adalah masalah pemasaran, apalagi untuk UMKM di daerah. Media Sosial masih sebagai aktifitas pribadi, itu yang masih terlihat di pelaku UMKM, belum terjadi adanya kesungguhan Media Sosial menjadi bagian aktifitas strategis yang mewakili usaha. UMKM menjadi bagian dari perhatian karena kemampuan memahami bidang IT memang masih sangat beragam, sehingga kepedulian terhadap UMKM dimulai dari lingkungan sekitar dengan memacu partisipasi UMKM menggunakan media yang terjangkau menurut daya konsumsi UKM. Dengan adanya e-commerce merupakan peluang bagi UMKM, karena dengan menggunakan marketplace memungkinkan pasar UMKM akan lebih luas dan promosi lebih murah. Dari sisi promosi keuntungan berjualan di marketplace untuk UMKM melalui online adalah bisa menjaring lebih banyak pelanggan yang lebih luas. Semua orang yang terhubung dengan internet bisa melihat promosi tanpa terbatasi oleh geografis.
RANCANGAN ALAT INDIKATOR LEVEL TEGANGAN BATERAI BERBASIS OPERATIONAL AMPLIFIER (OP AMP) Pauzan, Muh
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.315 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.26

Abstract

Telah dilakukan rancangan alat indikator level tegangan dengan memanfaatkan operational amplifier (op amp) sebagai komparator. Alat yang dibuat digunakan untuk mengetahui level tegangan dua baterai Li-Ion 3.7V yang disusun seri. Tegangan habis (end voltage) untuk dua baterai adalah 6 V dan tegangan maksimumnya 8.4 V. Tapi pada alat yang dibuat ditentukan 8 V sebagai tegangan maksimum. Terdapat empat indikator, pertama indikator LED merah untuk 25% (6.5V) tegangan baterai, LED kuning untuk 50% (7V), LED hijau untuk 75% (7.5V) dan LED biru untuk 100% (8V) tegangan baterai. LED akan menyala jika output op amp adalah high. Output high terjadi jika tegangan masuk Vin yang melalui pin 2 lebih besar daripada tegangan referensi ref pada pin 3 op amp.Dilakukan perhitungan secara teoritis kemudian dibuat rangkaiannya menggunakan softwareProteus.
IMPLEMETASI METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) DALAM PENENTUAN TEMPAT WISATA AGRO (STUDI KASUS DI KECAMATAN PEGANTENAN, PAMEKASAN, MADURA) Hoiriyah, Hoiriyah; Bahri, Syaiful
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.804 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.27

Abstract

Penggunaan sistem penunjang keputusan pada saat ini sudah semakin banyak digunakan tidak hanya saja oleh para pakar pengambil keputusan tetapi juga oleh masyarakat dalam penentuan pilihan terhadap suatu hal. Mengunjungi tempat wisata bagi masyarakat sekarang telah menjadi sebuah kebutuhan. Informasi yang relevan dan akurat tentang tempat wisata perlu disajikan lebih interaktif, agar pengguna informasi merasa terbantu. Karena itu dibutuhkan sebuah metode untuk dapat menyajikan informasi yang disampaikan, karena itu data diolah menggunakan metode sistem penunjang keputusan yang memberikan layanan interaksi dengan pengguna dengan menentukan nilai bobot kepentingan untuk setiap kriteria. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki. Beberapa kriteria penunjang keputusan antara lain Ketersediaan sumber daya dan daya tarik wisata, Fasilitas pariwisata dan fasilitas umum, Aksesebilitas, Kesiapan dan Keterlibatan masyarakat, dan Posisi strategis pariwisata. Berdasarkan nilai yang telah diberikan pada kriteria dan alternatif maka didapat hasil bahwa nilai Desa Plakpak mendapatkan rangking pertama dengan persentase 11.2 %, ditingkat kedua yaitu Desa Tebul Timur dengan persentase 10.4 %, diperingkat tiga Desa Tlagah 10.3 %, maka Desa terbaik adalah Desa Plakpak.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI JASA PELABUHAN KAPAL TANKER (Studi Kasus: PT. PERTAMINA (PERSERO) RU VI BALONGAN) Mukhfid; Suparman, Maman
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.81 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.31

Abstract

Dalam menjaga ketahanan Energi khususnya di daerah Indramayu. PT.Pertamina (Persero) Refinery Unit VI (RU VI) Balongan mengolah minyak mentah dan menyalurkan hasil pengolahan melalui jalur darat dan jalur laut. Dalam pendistribusian melalui laut, Kapal-kapal tanker yang beraktivitas di pelabuhan tidak lepas dari jasa pelabuhan yang terdiri dari jasa labuh, jasa tambat, jasa pandu, jasa tunda, jasa service, jasa rambu dan jasa penerimaan uang perkapalan (PUP) 7A & 7F. Fungsi Marine sebagai operator pelabuhan di RU VI Balongan memiliki tanggung jawab dalam mengelola jasa pelabuhan mulai dari pengurusan dokumen, perhitungan jasa pelabuhan sampai dengan pembayaran kepada KUPP Indramayu dan PT. Pelindo II cabang cirebon. Saat ini proses pengelolaan jasa pelabuhan di bagian administrasi belum optimal dimana dalam penyajian data jasa pelabuhan setiap kapal membutuhkan waktu yg lama, dalam pembuatan laporan bulanan operator menginput kembali yang telah di proses dari awal sampai akhir bulan sehingga melakukan aktifitas yang tidak produktif, penelusuran data lama dan tingkat keamanan data masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem informasi jasa pelabuhan dengan tujuan untuk menyempurnakan proses pengelolaan jasa pelabuhan saat ini. Metodologi dalam “Pengembangan Sistem Informasi Jasa Pelabuhan Kapal Tanker Di PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan” ini dengen pendekatan Terstruktur dan Tools yang digunakan adalah FOD, DAD, ERD. Diharapkan hasil dari sistem informasi yang dikembangkan memberikan informasi yang cepat dan tepat bagi tim manajemen dalam menerima laporan bulanan untuk pembayaran jasa setiap tahunnya kebutuhan dan muatan operasional kilang dan kapal ,fasilitas dermaga dan tenaga kerja dalam membantu di pelabuhan.
PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN GAMEGDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE )DALAM MEMBANGUN GAME PLATFORM BERBASIS MOBILE Andriyat Krisdiawan, Rio; Darsanto
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.897 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.33

Abstract

Permainan atau yang sering disebut games merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang dalam mencari hiburan dan kesenangan. Perkembangan games dari masa kemasa semakin beragam jenis dan aktivitasnya. Mulai dari games tradisonal yang dilakukan secara konvensional sampai dengan games yang dilakukan dengan teknologi.Dilihat dari perkembangan teknologi, games bukan lagi sebagai aktivitas yang sulit untuk dimainkan, games dapat dimainkan dimana saja melalui perangkat teknologi apapun.Perkembangan games selain dari teknologi, juga sangat berkembang dari segi jenis/genre dari games itu sendiri, yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna/player. Berbagai genre game pun muncul, seperti genre action, adventure, RPG, simulasi, strategi dan lainnya.Pada penelitian kali ini peneliti berfokus kepada subgenre games action yaitu platform games. Beberapa platform games yang terkenal yaitu Mario bros, Jumping Flash, Donkey Kong. Games yang ringan tetapi memiliki unsur kesenangan dan menantang bagi yang memainkannya. Peneliti merasa tertarik dalam meneliti bagaimana membangun sebuah game platform dengan teknik pengembangan game GDLC (Game Development Life Cycle), dengan model perancangan game menggunakan model UML(Unifield Modeling Language). Game yang akan dikembangkan yaitu game platform yang merupakan subgenre dari genre actiongames yang dapat dijalankan pada perangkat mobile phone berbasis android.
SISTEM MONITORING MESIN MENGGUNAKAN MULTIPROSESOR SERI AVR DENGAN METODA POOLING Travada SP, Eko; Darsanto
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.648 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.34

Abstract

Pemilihan teknologi untuk mendeteksi mesin industri dengan nilai ekonomis rendah, mudah perawatan tapi dengan presisi yang baik umumnya menjadi pilihan di dalam suatu industri agar biaya operasional tidak terlalu tinggi. Teknologi yang bisa digunakan adalah mikrokontroller. Mikrokontroller adalah suatu prosesor yang penggunaan bersifat khusus bukan untuk multi user seperti halnya mikroprosesor di suatu perangkat komputer. Mikrokontroler dengan kelebihannya yaitu memiliki nilai ekonomis tapi tetap memiliki presisi yang baik memiliki keterbatasan di kecepatan dan kapasitas memory. Untuk itu dibutuhkan suatu algoritma yang cukup efisien agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Tantangan dalam riset ini adalah menggunakan mikrokontroler secara real time (waktu nyata) untuk memonitor mesin yang berjumlah puluhan. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu multiprosesor dalam arti menggunakan mikrokontroller lebih dari satu unit dan algoritma tertentu agar dapat secara bersamaan memonitor mesin dan saat itu juga menampilkan kondisi mesin industri yang berjumlah puluhan. Dalam penelitian ini jumlah mesin yang dimonitor yaitu 80 buah dan bisa dirubah sesuai setting di memori mikro.
DEVICE-TO-DEVICE (D2D) COMMUNICATION PADA JARINGAN SELULAR R. Purnama
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.8 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.35

Abstract

Didalam sebuah sistem telekomunikasi selular yang konvensional, perangkat-perangkat pengguna (UE) adalah tidak dimungkinkan untuk saling berkomunikasi secara langsung (direct communication) didalam bandwidth selular yang berlisensi. Semua komunikasi yang berlangsung harus melalui eNB atau base station (BS) sebagai jaringan inti (core network). Suatu kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas jaringan dalam memenuhi permintaan-permintaan yang terus berkembang dari para pengguna telah membawa pada evolusi jaringan-jaringan telekomunikasi selular dari generasi pertama (1G) hingga generasi ke lima (5G). Sebuah metode baru D2D Communication diperkenalkan dalam standar telekomunikasi selular konvensional terbaru LTE. Metode D2D Communication ini diantaranya diterapkan pada sistem radio keselamatan publik (public safety radio system). Dan saat ini, sistem radio keselamatan publik yang berbasis LTE tersebut sedang dipertimbangkan untuk digunakan karena dapat mengurangi biaya-biaya operasional dan pembangunan jaringan. Fungsi-fungsi komunikasi secara langsung dengan membypass eNB (tanpa melibatkan eNB) telah diperkenalkan didalam standar spesifikasi 3GPP Release 12 LTE-Advanced untuk sistem radio keselamatan publik sehingga komunikasi-komunikasi dapat disediakan bahkan jika sebuah eNB mengalami down (failure atau kerusakan) karena adanya suatu bencana dengan skala yang besar, gempa bumi atau tsunami dsb. Fungsi-fungsi Device Discovery yang memungkinkan D2D komersial juga diperkenalkan pada release 12 tersebut.
ANALISA SOFTWARE GRBL CONTROLLER UNTUK MESIN MINI CNC PLOTTER 3 - AXIS DENGAN MENGGUNAKAN MIKRO KONTROLER ATMEGA 328 Herwani Suwandi; Septian Tri Setianto
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.529 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.17

Abstract

Dalam sebuah industri khususnya manufaktur terdapat mesin CNC dengan berbagai macam jenis seperti Milling, Frais, Bubut dan banyak lagi yang berfungsi untuk membuat suatu bahan mentah dari besi yang di ukir menjadi suatu barang yang berguna bagi kebutuhan manusia, yang biasanya terdiri dari 2 hingga 6 axis. Penulis membuat prototype mesin mini CNC plotter 3 - axis dari bahan standar dengan software yang opensource sehingga seluruh masyarakat bisa mencoba mempelajari mesin CNC tersebut, adapun software yang akan digunakan sebagai kontrol dari mesin mini CNC plotter tersebut adalah GRBL Controller dan juga mesin ini menggabungkan software aplikasi inscape yang berguna sebagai converter menjadi GCode.Dalam penulisan penelitian ini metode penelitian yang digunakan penulis yaitu dengan melakukan metode kuantitatif yang akan menjelaskan sistem dari software mesin mini CNC plotter 3 - axis sehingga menjadi satu kesatuan sistem yang akan dijelaskan dari data - data G-Code yang sudah dibuat.
MANFAAT PENERAPAN MARKETING ONLINE (MENGGUNAKAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL) BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) Mukhsin
TEKNOKOM Vol. 2 No. 1 (2019): TEKNOKOM
Publisher : Department of Computer Engineering, Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.493 KB) | DOI: 10.31943/teknokom.v2i1.25

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat namun juga metode perdagangannya. Pertumbuhan e-commerce yang semakin banyak berguna menjadi tempat jual-beli barang secara online yang bisa digunakan oleh pengusaha. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dimana marketplace untuk UMKM dimanfaatkan oleh pemilik usaha kecil menengah. Selama ini kendala yang selalu dihadapi oleh UMKM adalah masalah pemasaran, apalagi untuk UMKM di daerah. Media Sosial masih sebagai aktifitas pribadi, itu yang masih terlihat di pelaku UMKM, belum terjadi adanya kesungguhan Media Sosial menjadi bagian aktifitas strategis yang mewakili usaha. UMKM menjadi bagian dari perhatian karena kemampuan memahami bidang IT memang masih sangat beragam, sehingga kepedulian terhadap UMKM dimulai dari lingkungan sekitar dengan memacu partisipasi UMKM menggunakan media yang terjangkau menurut daya konsumsi UKM. Dengan adanya e-commerce merupakan peluang bagi UMKM, karena dengan menggunakan marketplace memungkinkan pasar UMKM akan lebih luas dan promosi lebih murah. Dari sisi promosi keuntungan berjualan di marketplace untuk UMKM melalui online adalah bisa menjaring lebih banyak pelanggan yang lebih luas. Semua orang yang terhubung dengan internet bisa melihat promosi tanpa terbatasi oleh geografis.

Page 1 of 2 | Total Record : 16