cover
Contact Name
Karin Amelia Safitri
Contact Email
karinka1803@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jsht@vokasi.ui.ac.id
Editorial Address
Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 26221764     EISSN : 26221152     DOI : -
Core Subject : Humanities,
Jurnal Sosial Humaniora Terapan is a journal which contains publications in applied science including the social sciences and humanities.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2: January - June 2022" : 8 Documents clear
Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan) Maslatun Nisak
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.205

Abstract

Trend Fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian seseorang dengan cara berpakaian yang baru, up to date dan mengikuti perkembangan zaman.  Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang melatarbelakangi dan dampak dari gaya hidup konsumtif mahasiswi manajemen dalam Trend Fashion. Penelitian ini menggunakan teori masyarakat konsumsi dari Jean Paul Baudrillard. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi jurusan manajemen yang masih aktif mulai dari angkatan 2019-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi ada 2 diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri mahasiswi yaitu keinginan. Sedangkan faktor eksternal terdiri atas faktor pergaulan, tuntutan zaman, iklan dengan promo-promo yang menarik dan online shop. Dampak yang terjadi adalah mahasiswi terlambat membayar uang SPP bahkan sampai menunggak pada waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pihak Rektor Universitas Islam Lamongan dapat memberi masukan dan saran dalam pengambil kebijakan. Selain itu, subjek tidak mampu mengontrol diri ketika melihat produk fashion yang bagus, cantik, dan ngetrend.
Tren dan Kebutuhan Talenta Penyiaran Pada Kehumasan Pemerintah di Era Digital Peny Meliaty Hutabarat
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.237

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi tentang tren dan kebutuhan talenta penyiaran digital pada kehumasan pemerintah. Di era digital, praktisi humas semakin erat berhubungan dengan teknologi karena terekspos pada beragam saluran komunikasi baru, atau yang dikenal dengan multiplatform.  Praktisi humas juga dituntut memiliki kompetensi yang semakin berkembang, tidak hanya pada aspek komunikasi tetapi juga management, brand, broadcasting hingga social media. Dalam beberapa tahun terakhir, hampir seluruh produk kehumasan berkaitan dengan produksi audio visual dan multimedia. Untuk itu, penelitian ini berupaya menggali tren dan kebutuhan terhadap talenta digital bidang penyiaran, khususnya di kehumasan pemerintah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui wawancara dengan beberapa praktisi humas di lembaga pemerintahan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perguruan tinggi dan sektor pendidikan terkait kompetensi yang kian dibutuhkan di masa ini. Selain itu, melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh pemetaan kompetensi yang semakin lengkap tentang keterampilan bidang penyiaran apa saja yang dibutuhkan oleh humas pemerintah.Kata kunci: humas pemerintah, talenta penyiaran, kompetensi humas, kompetensi penyiaran, penyiaran digital
PENYEDIAAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RS HERMINA DEPOK nur fadilah dewi
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.211

Abstract

Rekam medis sebagai gambaran mutu rumah sakit. Standar penyediaan dokumen rekam medis pelayanan rawat jalan adalah ≤10 menit. Kecepatan dalam penyediaan berkas rekam medis ke poliklinik menjadi salah satu indikator mutu pelayanan di rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyediaan berkas rekam medis rawat jalan di RS Hermina Depok tahun 2021. Penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan observasi serta study literatur, total sampel sebanyak 100 berkas rekam medis medis rawat jalan, perbandingan jumlah berkas yang memenuhi standar penyediaan dokumen rekam medis pelayanan rawat jalan yaitu ≤10 menit dengan yang tidak memenuhi yaitu >10 menit, serta faktor-faktor penyebab keterlambatan berkas rekam medis yang dikategorikan berdasarkan unsur  manajemen 5Myaitu man, money, material, machine, dan method. Hasil penelitian didapatkan (1) Rata-rata kecepatan penyediaan berkas rekam medis rawat jalan dengan jumlah sampel 100 berkas yang dilakukan tanggal 26 – 28 April 2021 adalah 15 menit 40 detik. Waktu tercepat dalam penyediaan berkasrekam medis yaitu 1 menit 36 detik, sedangkan waktu terlama dalam penyediaan berkas rekam medis yaitu 38 menit 57 detik. (2) Proporsi penyediaanberkas rekam medis rawat jalan pada tanggal 26 – 28 April 2021 yang memenuhi standar (≤10 menit) sebesar 33% (33 berkas). (1) Rata-rata kecepatan penyediaan berkas rekam medis rawat jalan dengan jumlah sampel 100 berkas yang dilakukan tanggal 26 – 28 April 2021 adalah 15 menit 40 detik.Waktu tercepat dalam penyediaan berkas rekam medis yaitu 1 menit 36 detik, sedangkan waktu terlama dalam penyediaan berkas rekam medis yaitu 38 menit 57 detik. (2) Proporsi penyediaan berkas rekam medis rawat jalan pada tanggal 26 – 28 April 2021 yang memenuhi standar (≤10 menit) sebesar33% (33 berkas) (3) Faktor manusia/man merupakan faktor yang paling mempengaruhi keterlambatan penyediaan berkas rekam medis rawat jalan diRS Hermina Depok, antara lain minimnya petugas running boy.
EFEKTIVITAS PROGRAM REHABILITASI BERSUMBERDAYA MASYARAKAT TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DENGAN GANGGUAN GERAK Aditya Denny Pratama; Jihan Syifa Prayudipta
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.225

Abstract

Children with disabilities with movement disorders are losing (in whole or in part) their body functions in motor activities (moving), such as running, fine motor skills, speaking, and others that for their activity daily living and self-care. To help serve people with disabilities, there are programs that are packaged in the form of community-based rehabilitation. This study aims to determine the effectiveness of community-based rehabilitation programs for persons with disabilities with movement disorders. The method used in this research is descriptive qualitative. The results showed that the implementation of the community-based rehabilitation program at Yayasan Pembinaan Luar Biasa Nusantara di Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia was effective in providing education to create independence for persons with disabilities with movement disorders. Effectiveness is based on respondents who meet the inclusion criteria and indicators of the community-based rehabilitation matrix, namely, parents and persons with disabilities can access to health centers, education, and are involved in every activity in the community. The inhibiting factors that affect the effectiveness of the program, namely the lack of teachers or administrators from Yayasan Pembinaan Luar Biasa Nusantara Depok Guidance Foundation who participate in a series of community-based rehabilitation programs are an obstacle.
PENGARUH INFLUENCER, LIFESTYLE DAN BRAND IMAGE TERHADAP IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA GENERASI MILENIAL KOTA PEKANBARU) Muhammad Khairul Rizal Surbakti
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.180

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini terhadap impulse buying serta didukung jurnal yang ada sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh influencer, lifestyle, dan brand image terhadap impulse buying di e-commerce. Populasi pada penelitian ini yaitu generasi milenial kKota Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 400 orang yang di ambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Secara komperhensif semua variabel yang terdiri dari influencer, lifestyle,dan brand imagesignifikan dalam mempengaruhi impulse buying. Masih sedikit penelitian sebelumnya mengenai impulse buying yang menggunakan variabel yang sama, terlebih mengenai e-commerce.
PERSEPSI & SIKAP PUBLIK TERHADAP AKUN INSTAGRAM INSTITUSI PENDIDIKAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI TERPERCAYA Mareta Maulidiyanti; Pijar Suciati; Khairunnisa Devani Putri; Barijani Mahesa Putra
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.217

Abstract

Peran Hubungan Masyarakat (Humas)  pada institusi pendidikan semaki strategis. Program yang dilaksanakan juga menggunakan berbagai medium, salah satunya dalah program kehumasan siber melalui media sosial. Program Pendidikan Vokasi UI melalui Kantor Humas menjadikan media sosial sebagai salah satu medium untuk berkomunikasi dengan publinya. Instagram @vokasi_ui menjadi media sosial utama yang dijadikan sebagai medium informasi utama setelah website resmi. Keberadaan akun instagram @vokasi_ui diharapkan mampu mendorong pengikutnya untuk tertarik membuka kanal informasi lainnya seperti website, youtube maupun facebook. Penelitian ini berusaha melihat bagaimana persepsi dan sikap publik terhadap aku ini Persepsi dilihat dalam Konteks, Komunikasi, Kolaborasi dan Koneksi. Sikap dilihat dalam dimensi kognitif, konatif dan afektif.  Metode yang digunakan adlaah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan denga  survei kepada 208 pengikut akun @vokasi_ui yang dipilih secara acak dengan convinience sampling.Data kualitatif diperoleh dari jawaban pertanyaan terbuuka pada survei. Dari analisis deskriptif yang dilakukan, terlihabat bahwa masyarakat memiliki persepsi dan sikap positif terhadap akun @vokasi_ui sebagai sumber informasi resmi yang terpercaya. Data ini menunjukkan bahwa Humas Vokasi UI sudah berhasil menciptakan persepsi positif di media sosial dan dapat menjadikannya sebagai peluang untuk menciptakan pengikut yang loyal. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan uji pengaruh persepsi terhadap sikap untuk melihat apakah persepsi dan sikap positif ini saling mempengaruhi atau tidak. Saran praktis bagi Humas Vokasi UI adalah sinergi konten antara website dan instagram serta media sosial Vokasi UI lainnya perlu dilakukan untuk memperkuat citra positif tersebut. Kata kunci : Persepsi, Sikap, Media Sosial, Humas Pendidikan, Instagram
PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT PEMBANGUNAN JALUR LINTAS SELATAN (JLS) (Studi Pada Masyarakat Kawasan Pantai Wisata Kabupaten Malang) Lintang Ayu Pramesti Sekar Ningrum
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.202

Abstract

Pembangunan jalur lintas selatan kabupaten Malang yang menjadi salah satu kebijakan dari pemerintah provinsi Jawa Timur, Artinya memberikan dampak terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial ekonomi masyarakat akibat dari pembangunan jalur lintas selatan atau JLS di kabupaten Malang. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang dihasilkan dari adanya kebijakan pembangunan ini. Kebanyakan lebih mengarah kepada perubahan ekonomi yang dihasilkan. Dampak yang dihasilkan tentunya dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kebijakan untuk mendiskusikan lebih lanjut bagaimana kebijakan pembangunan selanjutnya yang akan dilaksanakan. Perlunya pemerintah untuk mengkaji lebih dalam dan ditinjau dari berbagai aspek bagaimana kebijakan yang diterapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena pembangunan pada dewasa ini harus menjadikan masyarakat sebagai subjek pembangunan.
PERAN JRO MANGKU SEBAGAI OPINION LEADER DALAM KOMUNIKASI KEBENCANAAN GUNUNG AGUNG DI AMERTABHUANA, KARANGASEM, BALI Amelita Lusia Cecilia
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 2: January - June 2022
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i2.221

Abstract

Indonesia is the largest archipelago in the world, located between the continents of Asia and Australia, as well as the Indian and Pacific Oceans. It is located at the confluence of three of the world's active tectonic plates, namely the Indo-Australian, Eurasian, and Pacific plates, so it has the potential to be prone to natural disasters, including volcanic eruptions. The handling of these mountain disasters has tended to be less effective for various  reasons. One of the important efforts to do is through mitigation, which is a series of efforts to reduce disaster risk, both through physical development as well as awareness and capacity building in dealing with disaster threats. The forms of disaster mitigation activities includeeducation, counseling, and training both conventionally and modernly. In terms of conventional disaster mitigation, it can be done through opinion leaders, such as Balinese Hindu religious leaders in the Karangasem area. This research was conducted to see the role of Pemangku or Jero Mangku, namely people who are purified through the Ekajati/mawinten process, in conveying information about the eruption of Mount Agung. He serves the congregation in the temple. For Balinese Hindus, he is considered a human intermediary with the Creator, so his words are believed to beinstructions from the Almighty. This study uses a qualitative method with a literature study approach. The results showed that local people who havecultural values that are closely related to Balinese Hinduism, hear the information conveyed by Jro as something that contains the truth because Jro has a close relationship with Sang Hyang Widhi (the Creator). This shows that in mitigating the Mount Agung disaster, maximum efforts are needed to involve the role of Jro Mangku.Keywords: Mitigation, volcanoes, disasters, religious leaders, Balinese Hindus, opinion leader 

Page 1 of 1 | Total Record : 8