cover
Contact Name
Defia Riski Anggarini, S.E, M.Si
Contact Email
defiaranggarini@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
technobiz@teknokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
TECHNOBIZ : International Journal of Business
ISSN : -     EISSN : 26553457     DOI : -
TECHNOBIZ : International Journal of Business merupakan jurnal yang memuat artikel dan kajian ilmiah dalam bidang ekonomi dan bisnis secara umum seperti ekonomi publik dan moneter, ekonomi keuangan daerah, ekonomi lingkungan, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, akuntansi perilaku, auditing, akuntansi syariah, akuntansi pendidikan, sistem informasi akuntansi, akuntansi lingkungan, corporate social responsibility, akuntansi perbankan, pasar modal dan good corporate governance.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER" : 7 Documents clear
DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN: APAKAH PERAN PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL? Citra Lutfia; Widi Hidayat; Frida Fanani Rohma
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dalam memediasi hubungan antara manajemen laba, tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba, kepemilikan manajerial, tata kelola perusahaan dan kinerja keuangan tidak berdampak terhadap nilai perusahaan yang perlu menjadi perhatian. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadinya manajemen laba tidak dapat memicu reaksi pasar. Menariknya, tidak ditemukannnya hubungan tata kelola mengindikasikan bahwa dmungkinkan terjadi asimetri informasi yang menyebabkan pemilik saham institusional tidak puas atas kinerja manajerial, sehingga memutuskan untuk menjual sahamnya ke pasar dan berdampak pada penurunan nilai perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan tidak berdampak pada hubungan variabel mediating. Dengan demikian, perlu digarisbawahi bahwa tendensi pelaporan tanggung jawab sosial masih rendah serta dimungkinkan investor di Indonesia cenderung berpikir jangka pendek, sedangkan pengungkapan tanggungjawab sosial merupakan strategi jangka panjang perusahaan dalam menjaga keberlangsungan perusahaan yang kurang dipertimbangkan
PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS DAN KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017) Catherine Tania; Budi Kurniawan
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing perusahaan multinasioal di Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah transfer pricing yang diproksikan dengan nilai dari related party transaction (RPT) penjualan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada laporan keuangan atau laporan tahunan yang telah dipublikasikan oleh perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Dengan menggunakan metode purposive sampling, di dapat total sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 88 data dari 22 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan hasil regresi yang menggambarkan bahwa variable tax, tunnelling incentive, dan mekanisme bonus berpengaruh secara signifikan terhadap penerapan transfer pricing.
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HOUSE OF SHOPAHOLIC DI BANDAR LAMPUNG Desi Derina Yusda
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.284

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada House Of Shopaholic di Bandar Lampung. Populasi dalam  penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung pada House Of Shopaholic di Bandar Lampung dengan jumlah sampel sebanyak 198 responden menggunakan teknik pengambilan sampel incidential, pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Secara  simultan, promosi, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada House Of Shopaholic. Secara parsial, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada House Of Shopaholic di Bandar Lampung dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada House Of Shopaholic di Bandar Lampung. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 52,3% yang menunjukkan bahwa promosi dan harga memiliki kemampuan untuk menjelaskan keputusan pembelian, sedangkan sisanya 47,7% dapat dijelaskan oleh variable atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : keputusan pembelian,  promosi, harga
PERSON ORGANIZATION FIT, MOTIVASI KERJA, DAN KEPUASAAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL Stefanus Rumangkit; Jeremiah Haholongan
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.449

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat komitmen organisasional dan sejauh mana komitmen organisasional dipengaruhi oleh person organization fit, motivasi kerja dan kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap dari setiap fakultas yang ada di IIB Darmajaya yaitu sebanyak 91 dosen tetap. Sampel pada penelitian ini menggunakan probability sample. Metode penelitian menggunakan metode assosiatif dengan pendekatan sebab akibat atau kuantitatif. Metode analisis data mengunakan kuisioner dan studi kepustaan (Library research). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian analisis regresi linear berganda diperoleh kesimpulan bahwa komitmen organisasioanl dipengaruhi oleh person organization fit , motivasi kerja dan kepuasan kerja dan sisanya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya. Hasil uji t diperoleh kesimpulan person organization fit tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional. Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional. Kata Kunci :  Person organization fit, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional.
ANALISIS TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH: STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI LAMPUNG Toni Nurhadianto; Nur Khamisah
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.453

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis transparansi pengelolaan keuangan daerah pada pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Obyek penelitian ini dilakukan pada 15 website resmi pemerintah daerah di Provinsi Lampung pada tahun anggaran 2016. Transparansi pengelolaan keuangan daerah dinilai mengunakan content analysis dengan melihat empat kriteria pengukuran yaitu ketersediaan, aksesibilitas, ketepatan waktu dan frekuensi pengungkapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat transparansi pengelolaan keuangan di pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Lampung masih dalam kategori sedikit (Scant or None) atau tidak cukup transparan. Hal ini menunjukkan bahwa transparansi belum menjadi prioritas bagi pemerintah daerah di Provinsi Lampung. Selain itu, daerah yang memiliki tingkat transparansi yang tinggi memiliki karakteristik opini audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang cukup banyak. Penelitian ini diharapkan  dapat digunakan sebagai dasar pemikiran dan masukan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan daerah kabupaten/kota di Provinsi Lampung.Kata kunci: Transparansi, Pengelolaan keuangan daerah, Good governance.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA UNTUK MENGGUNAKAN MODEL PEMBAYARAN AUTODEBET DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN SPP Angga Permadi Karpriana
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.335

Abstract

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Untan dalam penggunaan autodebet untuk pembayaran biaya kuliah. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 119 mahasiswa FEB Untan yang tidak mendapatkan beasiswa Bidikmisi pada 2017/2018. Data primer dan kuesioner digunakan dalam penelitian ini. Data di analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM). Hipotesis di uji dengan program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat menggunakan autodebet. Namun, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat menggunakan autodebet.
PENGARUH DAYA TARIK, KEPERCAYAAN, DAN KEAHLIAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Berlintina Permatasari
TECHNOBIZ : International Journal of Business VOL 2, NO 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/tb.v3i2.446

Abstract

Berbagai taktik pemasaran dilakukan agar produk semakin kompetitif dan menjadi pilihan konsumen. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menggunakan selebriti pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik, kepercayaan, dan keahlian Valentino Rossi sebagai celebrity endorser terhadap keputusan pembelian motor Yamaha R Series di Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, sedangkan untuk teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel daya tarik, kepercayaan, dan keahlian memiliki efek yang signifikan dan positif dalam keputusan pembelian.Kata Kunci: keputusan pembelian, celebrity endorser, daya tarik, kepercayaan, keahlian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7