cover
Contact Name
Muhammad Yunus
Contact Email
m.yunus@polije.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtim.sekawan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandeng No.25, Bintaro, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83511
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia
ISSN : 27152529     EISSN : 26849151     DOI : https://doi.org/10.35746/jtim.v2i1
Core Subject : Science,
Cakupan dan ruang lingkup JTIM terdiri dari Databases System, Data Mining/Web Mining, Datawarehouse, Artificial Integelence, Business Integelence, Cloud & Grid Computing, Decision Support System, Human Computer & Interaction, Mobile Computing & Application, E-System, Machine Learning, Deep Learning, Information Retrievel (IR), Computer Network & Security, Multimedia System, Sistem Informasi, Sistem Informasi Geografis (GIS), Sistem Informasi Akuntansi, Database Security, Network Security, Fuzzy Logic, Expert System, Image Processing, Computer Graphic, Computer Vision, Semantic Web, Animation dan lainnya yang serumpun dengan Teknologi Informasi dan Multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2022): November" : 5 Documents clear
Analisis Pengaruh Kesiapan Pengguna Terhadap Penerimaan SIPENPIN Menggunakan Technology Readiness Acceptance Model (Studi Kasus : Masyarakat Desa Penambangan Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso) Erlina Dwi Nahzdifah; Fahrobby Adnan; Tio Dharmawan
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 3 (2022): November
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i3.254

Abstract

Pemerintah Desa Penambangan telah mengembangkan dan menerapkan sistem informasi yaitu Sistem Informasi Penambangan Pintar (SIPENPIN) yang ditujukan kepada masyarakat Desa Penambangan Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso yang berusia minimal 17 tahun. SIPENPIN dibuat agar pelayanan dan pengaduan di Desa Penambangan bisa dilakukan secara online dengan sistem pelayanan yang sudah disediakan. Namun, dalam implementasi SIPENPIN terdapat masalah yaitu masih minimnya penggunaan SIPENPIN oleh masyarakat Desa Penamabangan. Berdasarkan hasil survey awal penelitian dari 30 orang sampel masyarakat Desa Penambangan dapat ditarik sebuah kesimpulan awal bahwa minat masyarakat Desa Penambangan dalam menggunakan aplikasi SIPENPIN masih minim. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kesiapan dan penerimaan pengguna dalam menggunakan SIPENPIN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan pengguna SIPENPIN serta menganalisis pengaruh kesiapan pengguna terhadap penerimaan SIPENPIN dengan menggunakan seluruh variabel yang ada dalam metode Technology Readiness Acceptance Model (TRAM). Jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 97 responden dari masyarakat Desa Penambangan yang berusia minimal 17 tahun. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa tingkat kesiapan pengguna SIPENPIN sebesar 2,245 yang berarti tingkat kesiapannya masih rendah. Selain itu, dari penelitian ini dapat diketahui bahwa sikap optimis dapat mempengaruhi rasa kemanfaatan dalam menggunakan SIPENPIN, sikap inovatif dapat mempengaruhi rasa kemanfaatan dan kemudahan dalam menggunakan SIPENPIN dan rasa kemanfaatan dan kemudahan dalam menggunakan SIPENPIN dapat mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan SIPENPIN. Sedangkan, sikap ketidakamanan dan ketidaknyamanan tidak mempengaruhi rasa kemanfaatan dan kemudahan pengguna dalam menggunakan SIPENPIN.
Desain Scanner untuk Digitalisasi Naskah Lontar Aksara Sasak dengan Smart Phone Menggunakan Black Box Testing Andi Sofyan Anas; Muhammad Tajuddin; R. Fanny Printi Ardi
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 3 (2022): November
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i3.260

Abstract

Lontar is one of the cultural heritages that has information about the history of the Sasak civilization in Lombok, NTB in the past. The problem currently being faced is the lontar which is not well maintained. While the lontar used as Sasak script will wear out soon, because it is not durable. Utilization of technology is one of the media that can be used as a solution to overcome these problems. The process of digitizing letters is carried out. The use of technology will make the lontar into a digital form and will not be obsolete if the lontar is stored for a long time and the information contained in the lontar can be protected for a long time. This study presents the reconstruction of the Ancient Sasak Lontar Manuscript using scanning technology, which is used to obtain point cloud data from ancient structures, and modeling methods built using point cloud data. This study describes the use of the point cloud data acquisition process using terrestrial and native measurement point cloud measurements (to eliminate point noise, smoothing, data registration, object extraction, and so on.) the information is correct and the target structure is complete, and then builds a Sasak ejection surface model of triangular meshes, texture mapping of real models obtained through photographs. Testing is done by black box testing and all data entered is tested with various data that are not in accordance with the rules. Black Box Testing is done by testing scanners and applications without seeing/knowing the internal structure of the scanner and software.
Pemeriksaan Pola Kalimat Otomatis Pada Sebuah Karangan Menggunakan POS Tagging Bahasa Indonesia Dan LALR Parser Sukmandaru Hari Wijayanto; Feddy Setio Pribadi
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 3 (2022): November
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i3.263

Abstract

Dalam era perkembangan teknologi yang pesat ini, berbahasa mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk berkomunikasi dengan sesama secara lisan maupun tulisan. Komunikasi akan berlangsung dengan baik jika bahasa yang digunakan dapat dipahami sehingga pesan dapat tersampaikan. Dalam komunikasi tulisan, keterampilan menulis diperlukan untuk menghasilkan tulisan yang dapat menyampaikan pesan dengan baik. Salah satu bentuk hasil dari keterampilan menulis adalah sebuah karangan. Penulisan karangan harus memperhatikan kaidah pemakaian bahasa yaitu fonologi, morfologi, dan sintaksis. Pentingnya kaidah tersebut khususnya sintaksis atau struktur dan pola kalimat dapat mengungkapkan ide yang dapat tersampaikan dengan baik dan mudah untuk dipahami melalui karangan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam memeriksa pola kalimat pada sebuah karangan secara otomatis. Dalam pemeriksaan ini diimplementasikan dengan bahasa pemrograman python pada jupyter notebook menggunakan library nltk untuk proses preprocessing, library flair nlp untuk proses part of speech tagging bahasa Indonesia dan penggunaan tabel lalr parser untuk pemeriksaan pola kalimat. Pola kalimat yang digunakan pada pemeriksaan ini adalah S-P, S-P-O, S-P-K, S-P-O-K, S-P-Pel-K, dan S-P-O-Pel-K. Hasil dari penelitian ini adalah berupa pemeriksaan pola kalimat otomatis pada sebuah karangan sederhana dengan batasan menggunakan kalimat tunggal dan kalimat aktif. Pemeriksaan ini dapat memeriksa 14 dari 16 kalimat pada karangan dengan nilai keberhasilan sebesar 87,5% dan nilai keakuratan sebesar 62,5%. Faktor yang mempengaruhi hasil tersebut adalah variasi komponen pola kalimat yang masih terbatas dan penggunaan flair nlp dalam proses pos tagging yang dapat menghasilkan label jenis yang berbeda pada suatu kata yang dipengaruhi oleh letak posisi kata tersebut pada sebuah kalimat.
Evaluasi Web Usability Pada Website ATR/BPN Sumbawa Menggunakan Heuristic Evaluation Husin Husin; Sabri Balafif; Muhamamad Iqbal
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 3 (2022): November
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i3.308

Abstract

Electronic-based government develops in harmony with advances in technology to improve public services. A common problem that often occurs is that many online public service sites do not pay attention to their use so not a few website users get confused, bored, or even lose their way because of an inappropriate appearance. In addition, many online administration sites nev-er evaluate the usability of the website. The focus of this study aims to empirically test the usa-bility of the ATR/BPN Sumbawa website based on the level of severity with the heuristic evalu-ation principle. This research is a quantitative study using a questionnaire with a total of 30 re-spondents, 10 people consisting of active users including ATR/BPN Sumbawa employees, and 20 people who are community users of the website. This research is based on the assessment of ten heuristic evaluation principles with a usability scale system. This research begins with data col-lection, analysis, or testing as well as website assessment and recommendations. The results can be concluded about the evaluation of website usability according to the ten heuristic principles and according to respondents from 43 questionnaire statements as a whole the ATR/BPN Sum-bawa website has fulfilled the 10 heuristic characteristics. Each value in each variable gives an average value agreeing with the indicators in the heuristic principle.
Sistem Informasi Manajemen Pada Puskesmas Kota Jayapura Berbasis Web Andrian Sah; Jusmawati Jusmawati; Siti Nurhayati; Mursalim Tonggiroh; Septinus Bonay
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 3 (2022): November
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i3.323

Abstract

The North Jayapura Public Health Center, which is one of the health service centers, is one of the health institutions that is being developed. The North Jayapura Health Center handles a large number of patients and this causes serious problems in obtaining information about patients, patient visits for treatment, patient medical records and also data on drugs that have been used by the health center. In addition to the problem of patient data collection and archiving medical records is an important thing that needs to be considered. Moreover, at the Puskesmas, patient data collection, starting from patient registration and archiving patient medical records, is still done manually, meaning that everything is still written on piles of paper and stored on storage shelves, so that when the puskesmas needs patient data, visit reports , as well as data reports of drugs that have been used, it takes a long time to find where the data is stored. The Jayapura City Health Center management information system application that was created can be used to assist the Jayapura City Health Center in the patient service process, patient data collection, drug data collection and others. Admin can operate all the functions in this system. Pharmacists can carry out the drug data collection process and provide prescriptions. Doctors can give medicine, make diagnoses and actions.

Page 1 of 1 | Total Record : 5