cover
Contact Name
Sumliyah
Contact Email
sumliyah@umc.ac.id
Phone
+6285659748716
Journal Mail Official
zakiyyah@umc.ac.id
Editorial Address
Jl. Fatahillah, Watubelah, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Integral : Pendidikan Matematika
ISSN : 20864590     EISSN : 27147541     DOI : https://doi.org/10.32534/jnr
Core Subject : Education,
INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: Desain Pembelajaran Matematika Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas Media Pembelajaran Matematika Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika Alat Peraga Pembelajaran Matematika Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Teori Belajar Matematika Sejarah dan Filsafat Matematika Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Media Pembelajaran berbasis IT Lesson Study Pembelajaran Matematika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL" : 6 Documents clear
KEMAMPUAN HOTS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL GEOMETRI Elix Budiyanta; Aan Hendroanto; Harina Fitriyani
Integral : Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.662 KB) | DOI: 10.32534/jnr.v11i1.1134

Abstract

Higher-order thinking (HOTS) is a high-level thinking ability in the cognitive processes that a person has in solving problems, having critical, creative, argumentative and ability skills make decisions. HOTS is one of the important competencies students have. But, in fact the results of the PISA 2018 survey show that students' scientific, literacy, and mathematical abilities in Indonesia are still weak. Therefore, this study aims to identify the extent of the ability of HOTS possessed by junior high school students in solving mathematical problems in geometry at the Literacy Contest Competition held by the Ahmad Dahlan University Mathematics Education Study Program in 2018. This study uses a qualitative descriptive study. The subject of this research was the contestants for the semi-final round of the Mathematics Literacy Contest competition which consisted of 7 teams with 3 students each. The object of this research is HOTS ability. Data analysis used qualitative descriptive analysis. The results showed that the HOTS abilities possessed by junior high school students in solving geometry problems in the Mathematics Literacy Contest race were on average less in the stages of evaluating and creating stages. Keywords : Higher Order Thinking Skill, Junior High School, Geometry. Abstrak Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada proses kognitif yang dimiliki seseorang dalam memecahkan masalah, yaitu keterampilan berpikir kritis, kreatif, berargumen dan kemampuan mengambil keputusan. HOTS merupakan salah satu kompetensi penting untuk dimiliki peserta didik. Namun, Faktanya hasil survei PISA 2018 menunjukkan bahwa kemampuan sains, literasi, dan matematika siswa di Indonesia masih lemah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana kemampuan HOTS yang dimiliki oleh siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika soal geometri pada ajang Lomba Kontes Literasi yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa SMP/MTs kelas 8 lomba Kontes Literasi matematika yang terdiri dari 7 tim dengan jumlah masing-masing tim adalah 3 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan HOTS yang dimiliki siswa SMP dalam memecahkan soal geometri pada lomba Kontes Literasi matematika rata-rata kurang dalam tahapan mengevaluasi dan tahapan mencipta. Kata kunci: Kemampuan HOTS, Siswa SMP, Geometri.
Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp Santika Lya Diah Pramesti
Integral : Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.17 KB)

Abstract

Learning mathematics can be monitored to what extent its development by conducting an evaluation process. One of the evaluation models of mathematics learning uses the CIPP evaluation model. This research is to find out the syntax of CIPP model mathematics learning evaluation and the results of the CIPP model mathematics learning evaluation in MAN IC in Pekalongan City. Data analysis techniques used qualitative research case study analysis that was evaluative. CIPP evaluation model is an evaluation model consisting of context, input, process, and product. In context evaluation, mathematics learning has covered most of the quality and appropriateness of mathematics learning goals according to the madrasa vision and mission. In context, the analysis results obtained by the percentage classified in the category of very good. Judging from the input that includes students, curriculum, teaching materials, teachers, and infrastructure to achieve the objectives of the mathematics learning program are in the very good category. Evaluation of the process of learning mathematics includes evaluating the requirements for implementing learning and implementing learning. In the process, the percentage is categorized as good. Judging from the product evaluation regarding teacher learning tools and learning achievement included in the very good category. Keywords: CIPP, Evaluation, Mathematics Learning Abstrak Pembelajaran matematika dapat dipantau sejauhmana perkembangannya dengan melakukan proses evaluasi. Model evaluasi pembelajaran matematika salah satunya menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini untuk mengetahui sintaks evaluasi pembelajaran matematika model CIPP dan hasil evaluasi pembelajaran matematika model CIPP di MAN IC Kota Pekalongan. Teknik analisis data menggunakan analisis penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat evaluatif. Model evaluasi CIPP merupakan model evaluasi yang terdiri dari context (konteks), input (masukan), process (proses), dan product (produk). Evaluasi context, pembelajaran matematika telah mencakup sebagian besar kualitas dan kesesuaian tujuan pembelajaran matematika sesuai visi dan misi madrasah. Secara context, hasil analisis diperoleh persentase tergolong dalam kategori sangat baik. Dilihat dari input yang mencakup siswa, kurikulum, bahan ajar, guru, dan sarana prasarana untuk mencapai tujuan program pembelajaran matematika berada pada kategori sangat baik. Evaluasi process pembelajaran matematika meliputi evaluasi persyaratan pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Secara process diperoleh persentase tergolong dalam kategori baik. Dilihat dari evaluasi product mengenai perangkat pembelajaran guru serta prestasi belajar termasuk pada kategori sangat baik. Kata kunci: CIPP, Evaluasi, Pembelajaran Matematika
PROFILE OF THINKING GEOMETRY LEVELS OF PGSD STUDENT PROGRAMS BASED ON VAN HIELE THEORY Umar Umar; Mohammad Archi Maulyda; Muhammad Erfan; Vivi Rachmatul Hidayati; Arif Widodo
Integral : Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The level of Van Hiele geometry thinking is the level of cognitive development of students in understanding the concept of geometry and solving geometry problems based on Van Hiele's level of thinking. Van Hiele divides the level of geometrical thinking of students in understanding geometry material into level 0 (visualization), level 1 (analysis), level 2 (informal deduction), level 3 (formal deduction), and level 4 (rigor). The purpose of this study is to measure and describe the level of geometrical thinking of PGSD study program students based on Van Hiele's theory. This research uses a quantitative descriptive approach. The population in this study were PGSD study program students at one of the State Universities in the City of Mataram. In this study, as many as 130 students of PGSD study programs at one of the state universities in the city of Mataram. The sampling technique used was cluster random sampling. The instrument used in this study was the Van Hiele geometry test developed by Usiskin (1987) which was translated into Indonesian. The results showed that the level of thinking geometry of PGSD study program students based on Van Hiele's theory was at the following levels: (1) 32% of students were at pre 0 level of thinking or had not yet reached level 0 (visualization). (2) 38% of students are at level 0 thinking (visualization). (3) 30% of students are at level 1 thinking level (analysis). (4) There are no students who reach the level of thinking geometry at level 2 (informal deduction), level 3 (formal deduction), and level 4 (rigor). Keywords: level of geometry thinking, van hiele theory, PGSD student Abstrak Tingkat berpikir geometri Van Hiele merupakan tingkat perkembangan kognitif peserta didik dalam memahami konsep geometri dan menyelesaiakan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele. Van Hiele membagi tingkat berpikir geometri peserta didik dalam memahami materi geometri menjadi tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mendeskripsiskan tingkat berpikir geometri mahasiswa program studi PGSD berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD di salah satu Universitas Negeri di Kota Mataram. Suampel dalam penelitian ini sebanyak 130 mahasiswa program studi PGSD di salah satu universitas negeri di kota Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes geometri Van Hiele yang dikembangkan oleh Usiskin (1987) yang telah dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat berpikir geometri mahasiswa program studi PGSD berdasarkan teori Van Hiele berada pada beberapa tingkat sebagai berikut: (1) 32% mahasiswa berada pada tingkat berpikir pra 0 atau belum mencapai tingkat 0 (visualisasi). (2) 38% mahasiswa berada pada tingkat berpikir tingkat 0 (visualisasi). (3) 30% mahasiswa berada pada tingkat berpikir tingkat 1 (analisis). (4) Tidak ada mahasiswa yang mencapai tingkat berpikir geometri pada tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Kata kunci: tingkat berikir geometri, teori van hiele, mahasiswa PGSD The level of Van Hiele geometry thinking is the level of cognitive development of students in understanding the concept of geometry and solving geometry problems based on Van Hiele's level of thinking. Van Hiele divides the level of geometrical thinking of students in understanding geometry material into level 0 (visualization), level 1 (analysis), level 2 (informal deduction), level 3 (formal deduction), and level 4 (rigor). The purpose of this study is to measure and describe the level of geometrical thinking of PGSD study program students based on Van Hiele's theory. This research uses a quantitative descriptive approach. The population in this study were PGSD study program students at one of the State Universities in the City of Mataram. In this study, as many as 130 students of PGSD study programs at one of the state universities in the city of Mataram. The sampling technique used was cluster random sampling. The instrument used in this study was the Van Hiele geometry test developed by Usiskin (1987) which was translated into Indonesian. The results showed that the level of thinking geometry of PGSD study program students based on Van Hiele's theory was at the following levels: (1) 32% of students were at pre 0 level of thinking or had not yet reached level 0 (visualization). (2) 38% of students are at level 0 thinking (visualization). (3) 30% of students are at level 1 thinking level (analysis). (4) There are no students who reach the level of thinking geometry at level 2 (informal deduction), level 3 (formal deduction), and level 4 (rigor). Keywords: level of geometry thinking, van hiele theory, PGSD student Abstrak Tingkat berpikir geometri Van Hiele merupakan tingkat perkembangan kognitif peserta didik dalam memahami konsep geometri dan menyelesaiakan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele. Van Hiele membagi tingkat berpikir geometri peserta didik dalam memahami materi geometri menjadi tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mendeskripsiskan tingkat berpikir geometri mahasiswa program studi PGSD berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD di salah satu Universitas Negeri di Kota Mataram. Suampel dalam penelitian ini sebanyak 130 mahasiswa program studi PGSD di salah satu universitas negeri di kota Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes geometri Van Hiele yang dikembangkan oleh Usiskin (1987) yang telah dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat berpikir geometri mahasiswa program studi PGSD berdasarkan teori Van Hiele berada pada beberapa tingkat sebagai berikut: (1) 32% mahasiswa berada pada tingkat berpikir pra 0 atau belum mencapai tingkat 0 (visualisasi). (2) 38% mahasiswa berada pada tingkat berpikir tingkat 0 (visualisasi). (3) 30% mahasiswa berada pada tingkat berpikir tingkat 1 (analisis). (4) Tidak ada mahasiswa yang mencapai tingkat berpikir geometri pada tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Kata kunci: tingkat berikir geometri, teori van hiele, mahasiswa PGSD The level of Van Hiele geometry thinking is the level of cognitive development of students in understanding the concept of geometry and solving geometry problems based on Van Hiele's level of thinking. Van Hiele divides the level of geometrical thinking of students in understanding geometry material into level 0 (visualization), level 1 (analysis), level 2 (informal deduction), level 3 (formal deduction), and level 4 (rigor). The purpose of this study is to measure and describe the level of geometrical thinking of PGSD study program students based on Van Hiele's theory. This research uses a quantitative descriptive approach. The population in this study were PGSD study program students at one of the State Universities in the City of Mataram. In this study, as many as 130 students of PGSD study programs at one of the state universities in the city of Mataram. The sampling technique used was cluster random sampling. The instrument used in this study was the Van Hiele geometry test developed by Usiskin (1987) which was translated into Indonesian. The results showed that the level of thinking geometry of PGSD study program students based on Van Hiele's theory was at the following levels: (1) 32% of students were at pre 0 level of thinking or had not yet reached level 0 (visualization). (2) 38% of students are at level 0 thinking (visualization). (3) 30% of students are at level 1 thinking level (analysis). (4) There are no students who reach the level of thinking geometry at level 2 (informal deduction), level 3 (formal deduction), and level 4 (rigor). Keywords: level of geometry thinking, van hiele theory, PGSD student Abstrak Tingkat berpikir geometri Van Hiele merupakan tingkat perkembangan kognitif peserta didik dalam memahami konsep geometri dan menyelesaiakan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele. Van Hiele membagi tingkat berpikir geometri peserta didik dalam memahami materi geometri menjadi tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mendeskripsiskan tingkat berpikir geometri mahasiswa program studi PGSD berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD di salah satu Universitas Negeri di Kota Mataram. Suampel dalam penelitian ini sebanyak 130 mahasiswa program studi PGSD di salah satu universitas negeri di kota Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes geometri Van Hiele yang dikembangkan oleh Usiskin (1987) yang telah dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat berpikir geometri mahasiswa program studi PGSD berdasarkan teori Van Hiele berada pada beberapa tingkat sebagai berikut: (1) 32% mahasiswa berada pada tingkat berpikir pra 0 atau belum mencapai tingkat 0 (visualisasi). (2) 38% mahasiswa berada pada tingkat berpikir tingkat 0 (visualisasi). (3) 30% mahasiswa berada pada tingkat berpikir tingkat 1 (analisis). (4) Tidak ada mahasiswa yang mencapai tingkat berpikir geometri pada tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Kata kunci: tingkat berikir geometri, teori van hiele, mahasiswa PGSD
LESSON STUDY: PENINGKATAN SOFT SKILLS CALON GURU MATEMATIKA Fina Hanifa Hidayati
Integral : Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Preparation is needed for every teacher even pre-service teachers to teach mathematics. Soft skills which is related to the ability to cooperate, communicate, initiative, ability to lead, assist, independent effectiveness, plan and organize, and the ability to present is needed in an effort to improve the quality of pre-service teachers. Lesson Study was carried out in an effort to improve the soft skills of 30 pre-service mathematics teacher. This is a qualitative descriptive study using observation sheet and soft skills assessment during Lesson Study process. Group interview forum also used to explore research data. The implementation of Lesson Study had enhanced soft skills and foster readiness and built innovation in the preparation of the mathematics learning implementation for pre-service mathematics teachers. Keywords: lesson study, soft skills, pre-service mathematics teachers. Abstrak Sebagai calon guru matematika diperlukan persiapan yang matang secara menyeluruh untuk mengajarkan matematika. Soft skills yang kaitannya dengan kemampuan bekerjasama, berkomunikasi, inisiatif, kemampuan untuk memimpin, mendampingi, efektivitas mandiri, merencanakan dan mengorganisasi, serta kemampuan dalam presentasi diperlukan dalam upaya peningkatan kualitas calon guru. Lesson Study dilaksanakan dalam upaya peningkatan soft skills 30 mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan penilaian soft skills selama proses Lesson Study. Forum grup interview juga dilaksanakan untuk menggali data penelitian. Pelaksanaan Lesson Study telah meningkatkan soft skills dan menumbuhkan kesiapan dan menciptakan inovasi dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran matematika bagi calon guru matematika. Kata kunci: lesson study, soft skills, calon guru matematika
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Ummi Kalsum
Integral : Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is to determine whether the application of Think Pair Share learning models can improve mathematics learning outcomes. This research uses the Classroom Action Research (CAR) method which is carried out in two cycles in which each cycle is passed through four stages, namely: (1) action planning, (2) action implementation, (3) action observation, and (4) reflection of action. The results of this study indicate that the application of Think Pair Share (TPS) learning models can improve mathematics learning outcomes. This is supported by the following facts: (1) The activeness of students in the teaching and learning process increased by 6.3%. These results are shown in cycle 1 of 76.55% and in cycle 2 of 82.85%. (2) The average value of the test results obtained by students increased by 0.92%. These results are shown in cycle 1 of 83.31% and in cycle 2 of 84.23%; (3) Completeness of learning outcomes increases by 5%. These results are shown in cycle 1 of 77.5% and in cycle 2 of 82.5%. (4) The activeness of students in discussions has the greatest increase compared to the results of tests and the completeness of the learning outcomes of other students. This is due to students giving a positive response to the tasks given by the teacher by actively discussing in pairs / groups. Keywords :Classroom Action Research, Think Pair Share, Learning Outcomes. ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi tindakan, dan (4) refleksi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar meningkat sebanyak 6,3 %. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 76,55 % dan pada siklus 2 sebesar 82,85%. (2) Nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa meningkat 0,92 %. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 83,31% dan pada siklus 2 sebesar 84,23%; (3) Ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 5%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 77,5% dan pada siklus 2 sebesar 82,5%. (4) Keaktifan siswa dalam diskusi mengalami peningkatan terbesar dibandingkan dengan hasil tes dan ketuntasan hasil belajar siswa lainnya. Hal tersebut disebabkan siswa memberi respon yang positif terhadap tugas yang diberikan guru dengan aktif berdiskusi dalam pasangan/ kelompok. Kata-kataKunci:Penelitian Tindakan Kelas, Think Pair Share, Hasil Belajar.
RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DI ERA COVID-19 Titi Rohaeti; Sumliyah sumliyah
Integral : Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2020): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The learning process in the Covid-19 era did not allow lecturers and students to meet or conduct face-to-face meetings, so that the teaching and learning process was carried out online in accordance with campus decisions. Google Clasroom is one application that can be downloaded for free from the play store as an alternative in the formation of classes in cyberspace. This study aims to determine the response of students of Mathematics Education at the University of Muhammadiyah Cirebon who used Google Classroom after 11 meetings during the co-19 period. The method in this research is descriptive using a questionnaire distributed via Google form to students in semester 2, 4, and 6. Keywords: google classroom, online, covid-19 Abstrak Proses pembelajaran di era Covid-19 tidak memungkinkan dosen dan mahasiswa bertemu atau melakukan tatap muka secara langsung, sehingga dalam proses belajar mengajar dilakukan secara daring sesuai dengan keputusan daei kampus. Google Clasroom merupakan salah satu aplikasi yang dapat didownload secara gratis dari play store sebagai alternatif dalam pembentukan kelas di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa Pendidikan Matematika Unversitas Muhammadiyah Cirebon yang menggunakan Google Classroom setelah 11 pertemuan pada masa covid-19. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan angket yang disebar melalui google form kepada mahasiswa semester 2, 4, dan 6. Kata kunci: google classroom, daring, covid-19

Page 1 of 1 | Total Record : 6