cover
Contact Name
Rendy Rinaldy Saputra
Contact Email
-
Phone
+6282282977324
Journal Mail Official
jpgmistitalmultazam@gmail.com
Editorial Address
Jendral Sudirman Kota Baru Wates Kec. Balik Bukit
Location
Kab. lampung barat,
Lampung
INDONESIA
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Published by STIT AL MULTAZAM
ISSN : 24771848     EISSN : 25801759     DOI : -
Core Subject : Education,
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARANIPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME KECAMATAN BALIK BUKIT Agustiawan, Yudhi; Novaria, Novaria; Febrilia, Mega
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 1 Sukarame berdasarkan dari hasil observasi ditemukan bahwa masih belum optimal karena guru kurang variatif dalam menggunakan metode sehingga mempengaruhi nilai atau hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung dengan data bahwa hasil belajar rata-rata siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016/2017 masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Dari uraian tersebut, penulis akan mengunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray. Dengan tujuan penelitian (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS (3) meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas IV. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan penelitian yakni pada siklus I dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan dari hasil refleksi tahapan penelitian siklus I peneliti membuat daftar permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran serta mengevaluasi proses dan hasil untuk digunakan sebagai perbaikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Stray terbukti dapat meningkatkan (1) keterampilan guru dari 2,8 pada siklus I meningkat menjadi 3,3 dengan kategori sangat baik (2) meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran dari 2,85 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,22 dengan kategori sangat baik pada siklus II dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari 69% dengan kategori baik pada siklus II menjadi 82% dengan kategori sangat baik pada siklus II.
ANALISA APLIKASI PENGHAFAL DOA – DOA ISLAM BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI MANDRASAH DINIYAH Ulum, Misbaul; Idris, Muhammad
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prayer is part of all religious communities and especially for Muslims. Prayer is usually taught from an early age so that it is easy to memorize. And basically the prayer in Islamic religion is obligatory according to the word of Allah SWT. (Surah Al-A'raf: 55). In this digital era, technology has been greatly facilitated by existing technology because from what used to be prayer only in books, there is now an application that provides various prayer content that is attractively packed. This memorization application is made with the Android Studio application which is an application tool for developing android applications. In addition, there are several programming languages that must be mastered in making applications, Java, Html5, and Css3. In the system development method, researchers use the Waterfall method because this method is very suitable for making an application. Due to the limited knowledge of researchers in making applications, this time the application can only be opened online and cannot be opened offline. From the results of this study the application of memorizing prayer is interesting and has features of prayer reading, audio prayer, video prayers whose contents are very interesting to read and play.
ANALISIS SIKAP LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP PERILAKU SISWA MENGENAI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SD MUHAMMADIYAH PRINGSEWU Puastuti, Dwi; Kusnadi, Danang
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan lingkungan mempunyai peran penting dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Pemberian pengetahuan lingkungan sangat penting diberikan sejak dini yaitu dari mulai sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Karena pada siswa sekolah dasar sudah dibekali dengan pengetahuan lingkungan, diharapkan siswa memiliki sikap untuk meningkatkan peduli lingkungan termasuk hidup bersih dan sehat dilingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis sikap lingkungan hidup terhadap perilaku siswa mengenai kebersihan lingkungan di SD Muhammadiyah Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional (correlational approach) yaitu mencari hubungan di antara variabel bebas dengan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sikap lingkungan hidup mempunyai hubungan dengan perilaku siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah di SD Muhammadiyah Pringsewu. Dalam penelitian ini terbukti bahwa sikap lingkungan hidup mendukung perilaku siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Pembentukan persepsi dan sikap yang positif dapat diperoleh dari keteladanan warga seklah terutama pendidik atau guru yang dalam kegiatan sehari-hari memberikan contoh kepada siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dengan adanya keterpaduan antara persepsi dan sikap lingkungan hidup diharapkan tercipta perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang semakin berkualitas
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI PADANG DALOM Yunita, Irwa; Irawan, Dedi; Yulia, Liyan Desi
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang belum mencapai taraf maksimal pada pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Padang Dalom. Kegiatan pembelajaran di sekolah lebih banyak menggunakan metode ceramah di setiap pokok materi, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di SD Negeri Padang Dalom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Langkah-langkah yang dipilih peneliti dalam analisis data adalah model Miles dan Huberman. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di SD Negeri Padang Dalom berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan pada model Inkuiri yang memiliki enam langkah pembelajaran yaitu: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menguji hipotesis, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan. Guru mampu menerapkan metode ini sesuai dengan langkahlangkah yang ada, meskipun dalam kenyataannya guru mengalami kendala dalam pengondisian kelas selama kegiatan diskusi berjalan tetapi guru mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan baik.
SISTEM APLIKASI PEMBELAJARAN JUZ ‘AMMA MENGGUNAKAN WEB MOBILE UNTUK MENINGKATKAN MINAT HAFALAN SURAT PENDEK SISWA MI MIFTAHUL HUDA SENDANG AGUNG Andoyo, Andreas; Aji, Dwiki Wachyu; Mukodimah, Siti
JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Publisher : STIT AL MULTAZAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

With the development of technology in the world that is increasingly sophisticated and makes it easier for humans in the world of work and others.Especially by using a smartphone one of the tools in the modern era that cannot be separated from human hands, smartphones can also be a tool to memorize Juz Amma more easily. Parents will also support if the smartphone is used for positive activities and parents do not feel worried that their child is wrong to use negative activities. The results of the research using the Inventor app which is in the form of the Juz Amma application.

Page 1 of 1 | Total Record : 5