cover
Contact Name
Swasti Maharani
Contact Email
adminpub@mykreatif.com
Phone
-
Journal Mail Official
educatife@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Salaam, Sawit, Boyolali
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Educatif: Journal of Education Research
ISSN : 26863669     EISSN : 26862077     DOI : -
Core Subject : Education,
Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & October).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 4 (2022): October" : 25 Documents clear
Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar Nur Indah Lailya Mawar Sari; Paradika Angganing; Sugeng Riyadi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan motivasi PPKn di Kelas III SDN 01 Nangsri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2020/2021. (2) mengetahui penerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar PPKn di Kelas III SDN 01 Nangsri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas III semester 2 di SDN 01 Nangsri Tahun ajaran 2020/2021, yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar PPKn pada siswa kelas III SDN 01 Nangsri Kebakkramat Karanganyar tahun 2020/2021 dapat ditingkatkan dengan menerapan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan indikator ketercapaian ≥75% untuk motivasi belajar dan untuk hasil belajar KKM ≥ 75. Persentase motivasi belajar siswa, yaitu: sebelum tindakan yaitu sebanyak 41% (8 Siswa), pada siklus I sebanyak 60% (12 siswa) dan pada siklus II sebanyak 84% (17 Siswa). Sedangkan Persentase ketuntasan hasil belajar PPKn siswa sebelum tindakan sebesar 15% (3 Siswa), pada siklus I sebesar 55% (11 siswa), dan pada siklus II sebesar 95% (19 siswa).
Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Powerpoint Interaktif Wuri Susilowati; Toni Harsan; Krisdianto Hadiprasetyo
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.119

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar IPS melalui media powerpoint interaktif pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Jetiswetan Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Validasi data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi antar peneliti. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya. Ketuntasan kemampuan berfikir kritis pada pra siklus sebanyak 6 siswa atau 54,5% meningkat pada siklus I menjadi sebanyak 7 siswa atau 63,7%; kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 10 siswa atau 90,9% dengan kategori baik/amat baik. Hasil belajar IPS siswa pra siklus mengalami ketuntasan sebanyak 5 siswa atau 45,5% kemudian mengalami kenaikan pada siklus I yakni 7 siswa atau 63,7%; dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebanyak 10 siswa atau 90,9%. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) muatan IPS yang ditetapkan lembaga sebesar 70. Penelitian berhasil karena indikator kinerja sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan kamampuan berfikir kritis dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Jetiswetan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2020/2021.
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerarapan Model Pembelajaran Discovery Learning Septya Ardhi Prasetya; Toni Harsan; Krisdiyanto Hadiprasetyo
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatan keaktifan melalui penerarapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 kebak, Kecamatan, Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2020/2021; 2) Meningkatan hasil belajar melalui penerarapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Kebak,. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Kebak tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 10 siswa. Keaktifan belajar siswa pada siklus I siswa yang masuk ke dalam katagori aktif terdapat 4 siswa atau 40 %. Pada siklus II siswa mempunyai keaktifan tinggi meningkat menjadi 8 siswa atau 80 %. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan terbukti dengan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa atau 70% sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar naik menjadi 9 siswa atau 90 %. Siswa dikatakan tuntas bila mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal ≥ 75, dan secara klasikal disebut tuntas belajar bila dikelas tersebut terdapat 80 % siswa yang telah mencapai KKM.
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Penerapan Media Slide Powerpoin Hafid Hari Prihantono; Paramitta Purbosari; Sularmi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.121

Abstract

Penelitiam ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan media slide powerpoin pada muatan pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana dalam mengumpulkan informasi data dengan observasi, tes, dokumentasi, wawancara, dan angket. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskripif. Hasil penelitian sebagai berikut: motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra siklus ke siklus 1 sebesar 22,83 % dan siklus I ke siklus II sebesar 11,35%, yaitu dari 57,08 % pada siklus I meningkat menjadi 68,43 % pada siklus II, dan berada pada kategori tinggi. Pada data hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang terlihat dari meningkatnya ketuntasan kelas, yaitu dari 40% atau 4 siswa meningkat menjadi 90% atau 9 siswa. Walaupun masih terdapat 10% atau 1 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM, tetapi 90 % atau 9 siswa di kelas IV ini telah mendapat nilai di atas KKM dengan kategori baik dan sangat baik.
Peningkatan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Salasatun Mahmudah; Mukti Widayati; Para Mitta Purbosari
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.122

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat sekolah mengadakan pembelajaran daring untuk mencegah penularan virus. Guru harus kreatif dalam melaksanakan pembelajaran, meskipun tidak bertatap muka. Kemampuan literasi siswa kurang berkembang yang berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa dan dengan 2 siklus penelitian. Pada teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu tahap reduksi, pemaparan data, dan penyimpulan. Pada kegiatan pra siklus kemampuan literasi siswa yang sudah sesuai sebanyak 46,6% atau 7 siswa, dan hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 33% atau 5 siswa. Selanjutnya, pada kegiatan siklus I sudah menerapkan model pembelajaran problem based learning hasilnya pada kemampuan literasi siswa yang sudah sesuai sebanyak 66,6% atau 10 siswa, dan hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 60% atau 9 siswa. Pada siklus II, kemampuan literasi siswa yang sudah sesuai sebanyak 86,8% atau 13 siswa, dan hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 87% atau 13 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, disimpulkan bahwa kemampuan literasi dan hasil belajar siswa sudah meningkat serta sudah mencapai target yaitu 80% pada masing-masing variabel.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Video Pembelajaran Herlyna Enggar Febrianingrum; Farida Nugrahani; Giyatno
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.123

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar dengan penerapan video pembelajaran pada materi siklus air bagi siswa kelas V SD Negeri Jetis 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar materi siklus air melalui video pembelajaran ada siswa kelas V SD Negeri Jetis 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Model penelitian ini menggunakan tipe campuran kualitatif dan kuantitatif yang didukung dengan pelaksanaan pembelajaran siklus. Siklus meliputi empat tahap, yakni: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan persentase hasil tes pada tiap-tiap siklus menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar bagi siswa kelas V SD Negeri Jetis 04 Sukoharjo. Aktivitas belajar siswa pada saat diterapkan video pembelajaran pada pembelajaran IPA dapat meningkat dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 74,57 dengan ketuntasan 57% menjadi 82,57 serta ketuntasan mencapai 100%.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Edutainment di SD Negeri 2 Minggarharjo Agus Sriyanto; MS Khabibur Rahman; Esi Sumarsih
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.125

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui metode edutainment pada siswa kelas V SDN 2 Minggarharjo semester II tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan di SDN 2 Minggarharjo. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas V, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, obyek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar melalui metode edutainment. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sebuah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan penelitian adalah 53,00. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM 4 orang dengan persentase 40 %. Pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 71,00. Siswa dengan nilai di atas KKM 6 orang persentase 60%. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 84,00. Siswa yang mendapat nilai diatas KKM 9 orang dengan tingkat persentase menjadi 90%. Masih ada 1 siswa atau tingkat persentase 10% siswa yang belum mencapai KKM. Tetapi, target pembelajaran sudah tercapai yaitu 75%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode edutainment dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada materi kubus di kelas V SDN 2 Minggarharjo, Eromoko, Wonogiri semester II Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Melalui Powerpoint dan Inquiry Based Learning di SDN Bulakrejo 02 Sri Hartini; Farida Nugrahani; Giyatno
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPS melalui penggunaan media powerpoint dan model pembelajaran Inquiry Based Learning pada siswa kelas V SDN Bulakrejo 02. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas V, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, obyek penelitian adalah minat dan hasil belajar melalui penggunaan media Powerpoint dan model pembelajaran Inquiry Based Learning. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur yaitu pengumpulan, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya sebuah peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari peningkatan minat belajar siswa kelas V siklus I katagori tinggi sebanyak 4 siswa atau persentasenya 23%, dan pada siklus II kategori tinggi sebanyak 14 siswa atau persentasenya 78%. Untuk hasil belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS meningkat, sebelum tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM (≥70) sebanyak 5 siswa atau persentase ketuntasan sebanyak 28%, siklus I sebanyak 7 siswa atau 39 %, pada siklus II sebanyak 15 siswa atau 83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Based Learning dengan media Powerpoint dapat meningkatkan minat dan hasil belajar muatan pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Bulakrejo 02 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Peningkatan Aktivitas Siswa dan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Concept Sentence Annisa Nuur Fitriana; MS Khabibur Rahman; Esi Sumarsih
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.127

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis narasi melalui model concept sentence pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tanggulangin. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Tanggulangin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis satistik deskriptif dan deskriprif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas siswa mencapai kategori baik dan dinyatakan berhasil; (2) keterampilan menulis narasi pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 69,2 %, kemudian siklus II meningkat menjadi 84,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model concept sentence dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tanggulangin.
Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Rila Pangesthi; Farida Nugrahani; Giyatno
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 4 (2022): October
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i4.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran (role playing) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” melalui zoom meeting pada siswa kelas IV semester II SD Negeri 1 Platarejo kecamatan Giriwoyo kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru yang memberikan tindakan kelas, sedangkan siswa kelas IV SD negeri 1 Platarejo sebagai subjek utama penerima tindakan. Untik tindakan pembelajaran terdapat dua siklus dimana masing-masing siklus meluputi planning, action, observation dan reflection. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Teknik dokumentasi mengetahui serangkaian kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Teknik angket digunakan untuk mendapatkan perkembangan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase yaitu data-data yang telah dikumpulkan, dianalisis dan dikelola dengan mengukur presentasenya. Hasil peningkatan kreativitas perolehan ketuntasan skor dari siklus I sebesar 49% dan meningkat pada siklus II sebesar 67%. dan prestasi belajar meningkat dari siklus I sebesar 44% menjadi 72% di siklus II.

Page 1 of 3 | Total Record : 25