cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
syntaxidea@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Syntax Idea
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26846853     EISSN : 2684883X     DOI : -
Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah. Syntax Idea merupakan jurnal yang dikelola oleh non lembaga pendidikan di wilayah Jawa Barat yang progress untuk menjadi wadah bagi publikasi ilmiah didaerah dan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea" : 40 Documents clear
Menyingkap Sisi Gelap Pendidikan sebagai Arena Reproduksi Kesenjangan Sosial Berdasarkan Perspektif Pierre Bourdieu Allolayuk, Ardyanto
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i8.1407

Abstract

Pendidikan dipandang sebagai sarana mobilitas sosial bagi seluruh masyarakat, khususnya peserta didik dari kelompok sosial kelas bawah. Fungsi pendidikan sebagai sarana mobilitas sosial hanya dapat diwujudkan ketika institusi pendidikan formal membuka kesempatan yang sama bagi peserta didik, tanpa membedakan asal-usul sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkapkan sistem reproduksi kesenjangan sosial dalam pendidikan yang menjadi penyebab ketidakadilan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan menghasilkan kesimpulan akan pentingnya kerja sama yang sinergi antara peserta didik, guru, keluarga, pemerintah, dan masyarakat dalam dunia pendidikan. Pemerintah dan seluruh warga harus mengupayakan berbagai langkah yang dapat mengatasi hambatan yang sering dijumpai peserta didik kelas bawah. Berbagai usaha bersama diharapkan mampu semakin membuka kesempatan yang sama bagi semua peserta didik dalam “arena” pendidikan, sehingga pendidikan dapat sungguh menjadi sarana mobilitas sosial peserta didik.
Konsep Community Based Tourism Sebagai Strategi Pengembangan Kain Songket Sidemen Di Bali Wangi Bhuanaputri, Ni Kadek Ajeng; Dharma Putra, I Putu Ryan; Wahyudi, I Made Indra; Cantika Ratih, Ni Made Ayu; Adam, Marcellino Dominicius
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v6i8.1412

Abstract

Kain Songket Sidemen yang autentik dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di tengah pandemi COVID-19 di Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen. Kain Songket Sidemen merupakan kain khas tradisional dengan proses pembuatan, motif kain yang kental dengan budaya Bali dan penuh makna. Kain Songket Sidemen ini menjadi produk wisata budaya khas Desa Sidemen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan input data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, dan wawancara mendalam dengan yang terdiri dari Pengurus Desa Sidemen, pengerajin Kain Songket Sidemen, dan penjual Kain Songket Sidemen sebagai data primer, serta studi dokumentasi sebagai data sekunder. Strategi pengembangan Kain Songket Sidemen sebagai produk wisata budaya dengan konsep Community Based Tourism serta strategi Stabilitas, merupakan strategi untuk meningkatkan nilai-nilai kearifan budaya lokal Bali, meningkatkan pemasaran dan peran pemerintah dan masyarakat, serta meningkatkan kebutuhan pasar. Maka dari itu Kain Songket Sidemen perlu dikembangkan untuk mendukung kelestarian budaya dan menerapkan community based tourism dalam pengembangannya sehingga dapat meningkatkan kualitas pariwisata Bali upaya penerapan pariwisata berkelanjutan di era pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini, yaitu mengindentifikasi potensi dari pengembangan produk wisata budaya Kain Songket Sidemen dalam mendukung pariwisata berkelanjutan dengan menerapkan konsep community based tourism serta strategi pengembangan penjualan produk wisata budaya Kain Songket Sidemen yang autentik dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di tengah pandemi COVID-19 di Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen.
Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model STAD Putriasari, Irda
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i8.1430

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model STAD pada Peserta Didik Kelas XII IPS 4 Semester Genap SMA Negeri 1 Singkep Tahun Pelajaran 2019 / 2020” merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya peningkatan nilai peserta didik dalam memahami Laporan Keuangan. Hal ini dilakukan karena banyaknya peserta didik yang mengangap akuntansi pelajaran yang sulit, sehingga pada beberapa materi akuntansi jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) masih rendah. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi peserta didik kelas XII IPS 4 Semester Genap SMA Negeri 1 Singkep dengan menggunakan model STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Singkep, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga kelas XII IPS 4. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya sebagai berikut: membuat perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, mengadakan pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan, dan merefleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan untuk siklus selanjutnya. Data penelitian berupa dokumentasi perencanaan, hasil observasi (pengamatan), dan hasil menulis. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen pununjangnya adalah RPP, Lembar observasi, dokumentasi, dan analisis hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar pada materi Laporan Keuangan, hal ini ditunjukkan adanya peningkatan yang mencapai KKM siklus I 52,17% meningkat menjadi 91,30% pada siklus II.
Augmenting Students’ Speaking Skill Through Vlog as an Innovation in Learning Salsabila, Ainan
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v6i8.1405

Abstract

In this era of globalization, technology media has become an important role that can be used in the world of education. Especially vlog can be used as content to explore creative potential for everyone to augment speaking skills. Vlog defines as the documentation using video component as a medium media to record that they want to talk about it. The purpose of this research article of the innovation in learning through vlog is to augment students’ confidence speaking skill in their classroom. The data of this research used case study in the form of descriptive analysis using qualitative research methods. Data collection techniques were collected by observation of eight grader graduate in SMP Darul Ulum Depok. The results of this research revealed that after the students conducted the vlog, the students successfully in the criteria points for improving speaking skill and they more enjoy in speaking performance. Besides, the use innovation through vlog can enhanced students’ fluency, pronunciation, vocabulary, and good performance.
Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Teori Belajar Behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung Hastiwi, Fina; Ratnaningsih, Arum; Suyoto, Suyoto
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i8.1418

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengembangkan produk berupa media ular tangga, (2) mengetahui kelayakan media ular tangga, (3) mengetahui respon peserta didik, dan (4) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga berbasis teori belajar behavioristik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1 Pucangagung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE meliputi 5 tahap yaitu analysis, design, develop, implement, and evaluate. Desain penelitian menggunakan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dengan menggunakan Percentange Aggrement. Hasil penelitian pengembangan media ular tangga berbasis teori belajar behavioristik: (1) produk berupa permainan ular tangga sebagai referensi sumber dan media bagi pembelajaran, (2) hasil validasi kelayakan media ular tangga mendapatkan rata-rata 3,62 dengan kriteria sangat layak. Uji reliabilitas mendapatkan PA 99,3% dengan kriteria sangat reliabel, (3) hasil respon uji terbatas dengan 8 peserta didik mendapatkan persentase 94,9% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon lebih luas dengan 16 peserta didik mendapatkan persentase 97,8% dengan kriteria sangat baik, (4) adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I mendapatkan PA 98,7%, pertemuan II mendapatkan PA 99,4%, dan pertemuan III mendapatkan PA 99,4% sehingga memperoleh kriteria sangat baik.
Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita Karimah, Nur; Ngazizah, Nur; Ratnaningsih, Arum
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v6i8.1429

Abstract

Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2021. Latar Belakang dari penelitian ini yaitu masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik yaitu mengenai aspek keterampilan proses belum terlaksana dengan baik serta karakter yang masih perlu pembenahan. Pembelajaran pada masa pandemi sekarang serba digital sehingga pembelajaran perlu dikembangkan bahan ajar digital yang menarik, maka dari itu dikembangkan ensiklopedia digital berbasis keterampilan proses dan karakter. Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan Ensiklopedia Digital, (2) Mengetahui Kelayakan Ensiklopedia Digital, (3) Mengetahui Kepraktisan Ensikopedia Digital di SD Negeri Kenteng, Kecamatan Purworejo kelas V Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian yang dilakukan yaitu Research & Development (R&D). Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu ADDIE. Desain uji coba yaitu uji coba terbatas di kelas V SD Negeri Kenteng. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan Percentage Aggreement. Hasil penelitian yaitu: (1) dihasilkan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karkater (2) hasil kelayakan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karkater dari tiga validator oleh dua dosen ahli dan guru SD memperoleh nilai secara keseluruhan 3,7 dengan kategori sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Uji reliabel diperoleh percentage agreement 93,25% dengan kategori sangat reliabel. (3) Respon peserta didik terhadap ensiklopedia digital pada uji coba lebih luas diperoleh persentase 91,1% dengan kategori sangat baik dan (4) keterlaksanaan persentase 98,46% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
Analisis Kestabilan Lereng pada Ruas Jalan Nimbontong-Taja-Lereh Di KM 123+700 Chandra, Alfian Adie
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i8.1406

Abstract

Topografi di Papua umumnya merupakan daerah yang terdiri atas gunung dan lembah yang mempunyai kemiringan lereng beragam. Sarana transportasinyapun sedemikian rupa direncanakan sehingga harus melalui lereng tersebut. Salah satunya yaitu pada ruas jalan Nimbontong-Taja-Lereh. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui faktor keamanan lereng dan mencari desain penanggulangan longsoran berdasarkan faktor keamanan lereng yang diperoleh dari analisis kestabilan lereng pada ruas jalan Nimbontong-Taja-Lereh di Km 123+700. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan perhitungan yaitu topografi dan parameter tanah. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan survey lokasi, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi literatur/ sumber penelitian seperti instansi pemerintah, dan swasta. Pada ruas jalan tersebut dilakukan pemotongan lereng agar jalan yang dibuat aman dan nyaman untuk dilalui para pengendara. Namun pada beberapa titik terjadi penurunan permukaan badan jalan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kestabilan lereng agar dapat mengidentifikasi penyebab longsor tersebut. Analisis stabilitas lereng pada ruas jalan Nimbontong-Taja-Lereh menggunakan program bantu GeoSlope 2007. Dari analisis yang telah dilakukan, dengan kondisi diberi beban jalan dan tekanan air pori maka dapat diambil kesimpulan bahwa lereng pada ruas jalan Nimbotong-Taja-Lereh Km 123+700 termasuk lereng yang kritis terhadap longsor karena faktor kemanan lereng berada dibawah 1,07. Faktor penyebab longsor yang menentukan adalah akibat tekanan air pori karena setelah dilakukan analisis menggunakan beban jalan sebesar 12 Kpa, hasil analisis menunjukkan factor keamanan masih diatas 1,07.
Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar IPS pada Masa Covid -19 Di SMP Shidqia Islamic School Bekasi Putri, Desiana Andika; Eriza, Irvia
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v6i8.1428

Abstract

Pada saat ini, dunia sedang dihadapi dengan fenomena pandemic Covid-19. Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid – 19, pemerintah mengambil kebijakan dengan Social Distancing termasuk kebijakan bidang pendidikan melalui penyelenggaraan belajar dari rumah physical distancing, study from home. penerapan metode zoom meeting dalam proses study from home dapat memberikan pembelajaran yang efektif seperti adanya umpan balik terkait, menggabungkan kolaborasi kegiatan belajar mandiri, serta personalisasi pembelajaran yang berdasarkan kebutuhan peserta didik menggunakan tanya jawab dengan berkomunikasi langsung dengan pendidik. Dengan tetap mengikuti aturan Social Distancing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penerapan media pembelajaran zoom meeting dalam proses study from home terhadap hasil belajar IPS kelas 8 di SMP Shidqia Islamic School. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media zoom meeting terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Shidqia Islamic School, besarnya presentase pengaruh variabel bebas (Zoom Meeting) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar IPS) yang disebut koefisien determinasi / R squeare (R2) yaitu sebesar 0,264, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Media pembelajaran online zoom Meeting terhadap hasil belajar IPS adalah sebesar 26,4%.
Urgensi Pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Demi Mewujudkan Kepastian Hukum Nurmalasari, Nurmalasari
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v6i8.1414

Abstract

Pengumpulan dan penyebarluasan data pribadi merupakan pelanggaran terhadap privasi. Seseorang karena hak privasi mencakup hak menentukan memberikan atau tidak memberikan data pribadi. Namun demikian kurangnya pengaturan mengenai perlindungan data pribadi menyebabkan rentan terjadinya penyalahgunaan didunia maya. Tujuan dari penelitian ini guna melihat urgensi perlunya RUU Perlindungan Data Pribadi disahkan, serta menganalisis tawaran konsep RUU Perlindungan Data Pribadi guna untuk menjadikan landasan bagi penegak hukum. Metode penelitian ini yuridis normatif dengan metode pengumpulan data yaitu studi pustaka dan analisis secara deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RUU Perlindungan Data Pribadi memang perlu untuk segerah disahkan mengingat banyak hal yang mendorong RUU tersebut, diantaranya mengenai peningkatan kasus pembobolan data pribadi, melindungi dan menjamin hak dasar warga negara, serta agar memberikan kepastian hukum kepada warga negara. Sehingga dengan adanya RUU Perlindungan Data Pribadi ini dapat mengakomodir beberapa asas-asas hukum nasional, mulai dari keadilan, kepastian dan kemanfaatan hukum. Selanjutnya mengenai konsep RUU Perlindungan Data Pribadi merupakan upaya pemerintahan untuk membangun landasan atau aturan yang khusus dan komprehensif demi menjaga data pribadi khususnya mengenai hak privasi masyarakat Indonesia, terlebih lagi tuntutan di era kemajuan teknilogi membuat kejahatan semakin komplek dan tak terbatas.
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Nurjanatin, Nurjanatin
Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v3i8.1413

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran pokok yang tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi lebih menekankan pada pengamalan dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu guru Pendidikan Agama Islam hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik secara menyeluruh yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan model Problem Based Learning menjadi sebuah pendekatan pembelajaran yang berusaha menerapkan masalah yang terjadi dalam dunia nyata sebagai sebuah konteks bagi para peserta didik dalam berlatih bagaimana cara berfikir kritis dan mendapatkan keterampilan dalam pemecahan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singkep pada siswa kelas XI MIPA.2 pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari-Maret 2020. Jumlah siswa sebanyak 27 orang. Data dalam penelitian ini berupa, aktifitas belajar siswa, dan hasil evaluasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi/ pengamatan dan tes soal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata 75,7 menjadi pada siklus II rata-rata 80,0. Sedangkan tingkat ketuntasan mengalami peningkatan secara signifikan yaitu dari 21 siswa yang tuntas atau sebesar 77,8 % pada siklus I meningkat menjadi 25 siswa yang tuntas atau sebesar 92,60 % pada siklus II.

Page 1 of 4 | Total Record : 40


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 6 No 9 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 8 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 7 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 6 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 5 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 4 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 3 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 2 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 1 (2024): Syntax Idea Vol 5 No 12 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 11 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 10 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 9 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 8 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 7 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 6 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 5 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 4 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 3 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 2 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 1 (2023): Syntax Idea Vol 4 No 12 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 11 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 10 (2022): Syntax idea Vol 4 No 9 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 8 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 7 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 6 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 5 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 4 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 3 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 2 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea Vol 3 No 12 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 11 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 10 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 9 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 7 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 6 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 5 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 4 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 3 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 2 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 1 (2021): Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 11 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 10 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 9 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 8` (2020): Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 6 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 5 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 4 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 3 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 2 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 1 (2020): Syntax Idea Vol 1 No 8 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 6 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 4 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 3 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 2 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 1 (2019): Syntax Idea More Issue