cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
syntaxidea@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Syntax Idea
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26846853     EISSN : 2684883X     DOI : -
Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah. Syntax Idea merupakan jurnal yang dikelola oleh non lembaga pendidikan di wilayah Jawa Barat yang progress untuk menjadi wadah bagi publikasi ilmiah didaerah dan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea" : 20 Documents clear
Analisis Hubungan Beban Kerja dengan Kondisi Psikologis Perawat Relawan Covid-19 Firda Apriyanti; Yati Afiyanti; Syamsul Firdaus
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1734

Abstract

Perawat relawan merupakan garda terdepan dalam melakukan perawatan COVID-19. Mereka memiliki risiko lebih besar terpapar karena sering berinteraksi dengan pasien yang dicurigai atau positif COVID-19. Kondisi psikologis adalah kondisi mental yang bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari seorang individu perawat relawan COVID-19. Jika kondisi psikologis seseorang terganggu maka akan berpengaruh pada kehidupannya, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan produktivitas kerja perawat tersebut. Kondisi psikologis perawat relawan erat kaitannya dengan beban kerja perawat relawan itu sendiri karena beban kerja yang terlalu banyak dapat menyebabkan ketegangan dalam diri seseorang sehingga menimbulkan stres, kecemasan hingga dapat mengakibatkan depresi dan dapat memengaruhi perannya sebagai perawat relawan COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan beban kerja dengan kondisi psikologis perawat relawan COVID-19. Metode pada penelitian ini menggunakan desain analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 200 orang perawat relawan COVID-19 berdasarkan teknik sampling yang mengacu pada teori Maxwell (1999). Tempat penelitian ini dilakukan di seluruh Indonesia. Analisis data menggunakan uji Chi-square, instrumen yang digunakan adalah kuesioner dalam bentuk Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara beban kerja terhadap kondisi psikologis depresi, cemas dan stres perawat relawan COVID-19
Implementasi Framework Cobit 5 pada Sistem Iformasi Akademik Ripki Kristiawan; Rochmat Setiyawan
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1737

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas sistem informasi akademik terhadap ketercapaian visi dan misi kampus. Penelitian yang dilakukan meliputi studi pustaka, wawancara, penyebaran kuisioner, dan melakukan analisis terhadap hasil penyebaran kuisioner dan untuk mendapatkan nilai aktual dari tingkat kapabilitas sistem informasi akademik dan faktor yang mempengaruhi sistem informasi akademik. Peneliti menggunakan framework COBIT 5 pada 1 domain yaitu domain Monitor, Evaluate and Assess (MEA) untuk melakukan penelitian tentang kapabilitas sistem informasi akademik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kematangan Teknologi Informasi (TI) sub domain MEA01 mendapatkan indeks sebesar 3,72, sub domain MEA02 sebesar 3,78 dan sub domain MEA03 sebesar 3,80 sehingga diperoleh hasil rata rata maturity level pada domain MEA saat ini mencapai nilai kematangan 3,77 (Predictable Process), kemudian dari hasil kematangan Teknologi Informasi berupa rekomendasi solusi untuk peningkatan kapabilitas sistem informasi akademik pada kampus. Kesimpulan hasil akhir pada penelitian ini, sistem informasi akademik pada kampus T sudah dapat terkelola dan terukur oleh kebutuhan pengguna, namun belum mencapai optimal dari kebutuhan pengguna
Pengalaman Kepala Ruangan dalam Mengelola Ruangan yang Merawat Pasien Covid 19 Brension Relly; Yati Afiyanti; Muhammad Syafwani
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1717

Abstract

Wabah Covid 19 baru-baru ini telah berkembang dari keadaan darurat kesehatan masyarakat menjadi pandemi global utama. Ketika pandemi Covid 19 muncul sebagai krisis perawatan kesehatan global, para ilmuwan di seluruh dunia secara aktif mengembangkan intervensi profilaksis dan terapeutik. Pada masa pandemi manajemen strategi kepala ruangan memegang peranan yang sangat penting. Strategi yang diambil harus mampu beradaptasi dengan sangat cepat, baik level organisasi, korporat, unit bisnis, atau level operasional. pengelolaan Man, Money, Material, Machines, dan Method dalam unsur manajamen menjadi hal yang krusial untuk di kelola oleh seorang kepala ruangan Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi secara mendalam Pengalaman Kepala Ruangan dalam mengelola Ruangan Yang Merawat Pasien Covid 19. Metode penelitian dengan Data kualitatif diperoleh melalui indepth interview pada 10 orang partisipan Rumah Sakit A dan B di Palangka Raya Kalimantan tengah dengan mengunakan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menemukan 6 tema utama yaitu (1).Pengelolaan Sumber Daya Manausia Perawat, (2).Pengelolaan Keuangan, (3). ketersedian bahan habis pakai, (4).Kesiapan alat medis, (5) Metode pengelolaan ruangan, (6).evaluasi manajemen pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, sarana, ketersedian alat, metode tata kelola ruangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan dan evaluasi kepala ruangan selama pandemic Covid 19 perlu pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, ketersediaan bahan habis pakai, alat dan metode tata kelola ruangan menjadi perhatian khusus para manajer rumah sakit yang melakukan pemberiaan layanan kesehatan kepada pasien Covid 19.
Evaluation of Signalized Intersection Performance Using SIDRA and MKJI 1997 Tessar Rizky Permana Nasution
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1715

Abstract

Jl. Brigjen Katamso - Jl. Ir. H. Juanda 4-way Intersection is one of the signalized intersections in Medan. The performance of this intersection decreases along with the increasingly viscous flow of vehicles passing at the intersection. The Level of Service at the intersection is in the F category because the mean intersection delay is more than 60 seconds. To determine the solution to the existing traffic problems, efforts are needed to understand the current traffic system. This study uses a simulation model with SIDRA Intersection Version 8 software to calculate the delays and the Level of Services compared with the 1997 MKJI method calculation data. Based on the 1997 MKJI method, the mean intersection delay is 78.67 seconds with the Level of Services is LOS E. Based on the SIDRA Intersection simulation results, the mean intersection delay is 104.6 seconds with the Level of Services = LOS F. From the calculation results using the MKJI 1997 and SIDRA Intersection, there are differences in the value of the mean delay
Analisis Performa Load Time Sister Menggunakan Layanan KampusGoPublic Firman Pratama
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1736

Abstract

SISTER merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang berjalan menggunakan Virtual Box. SISTER diinisiasi pertama kali oleh Kemristekdikti pada tahun 2017 dan wajib diterapkan oleh seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. SISTER dipergunakan untuk layanan administrasi Dosen Perguruan Tinggi. Kondisi dilapangan belum seluruh Perguruan Tinggi menjalankan aplikasi SISTER dengan baik dengan berbagai permasalahan teknis yang ada yaitu SISTER hanya dapat diakses melalui jaringan private Perguruan Tinggi, Sehingga Dosen yang memiliki mobilitas tinggi sulit untuk mengakses SISTER dari jaringan publik atau internet. Agar SISTER dapat diakses dari internet dibutuhkan IP Public yang biasanya disediakan oleh Internet Service Provider (ISP) atau cloud service provider yang membutuhkan biaya yang relatif mahal. KampusGoPublic menyediakan alternatif untuk Perguruan Tinggi yang ingin membuat SISTER yang telah berjalan pada jaringan private Perguruan Tinggi masing-masing dapat diakses melalui jaringan internet dengan terhubung melalui VPN dengan protocol SSTP ke VPN Server KampusGoPublic. Untuk menganalisa performa protocol SSTP pada layanan KampusGoPublic yang digunakan oleh Akademi Pariwisata Nusantara Jaya diperlukan pengujian. Metode yang digunakan mengadopsi metode eksperimen. Pengujian menggunakan teknik page load time untuk mencari waktu rata-rata yang diperlukan untuk host dalam menampilkan halaman web server SISTER yang berada pada jaringan private. Sehingga packet pada server private akan melewati SSTP server untuk dapat diakses dari jaringan publik. Berdasarkan hasil pengujian Page Load Time rata-rata, layanan KampusGoPublic yang menggunakan protocol SSTP berjalan dengan baik dengan waktu load page tercepat 1,75 detik pada mode Cache Enable dan 3,78 pada mode Cache Disable sehingga metode SSTP dianggap ideal sebagai bridging data antara server yang ada pada jaringan private dan VPN Server untuk dapat dihubungkan ke jaringan publik
Sistem Pakar Menentukan Keahlian Siswa Menggunakan Metode Forward Chaining Librian Yudhista Prambudi; Achmad Zakki Falani
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1711

Abstract

SMK Negeri 5 Surabaya termasuk salah satu SMK unggulan di Surabaya yang menghasilkan alumni yang siap kerja. Pemilihan kompetensi keahlian di SMK Negeri 5 Surabaya cenderung subjektif, karena adanya dorongan orang tua dan teman yang menyarankan masuk kompetensi keahlian tertentu, sehingga siswa merasa salah masuk kompetensi keahlian tersebut. Pada SMK Negeri 5 Surabaya tidak ada tes khusus untuk menentukan kompetensi keahlian apa yang cocok dengan siswa tersebut, dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan penulis yang mendasari penelitian ini untuk dibuatnya sebuah aplikasi Sistem Pakar berbasis web menggunakan framework Laravel dan menggunakan parameter berdasarkan hasil rapor dan kriteria ketuntasan minimal pada kelas X sebagai acuan dasar dengan tujuan untuk mempermudah para siswa siswi dalam memberikan second opinion terhadap kompetensi keahlian yang dimiliki para siswa. Metode yang digunakan dalam pembuatan Sistem Pakar ini adalah menggunakan metode Forward Chaining, metode yang memberikan rule based dari inferensi yang melakukan penalaran berdasarkan suatu masalah dan akan menyimpulkan suatu solusi. Serangkaian proses telah dilewati penulis mulai dari pengumpulan data dengan cara observas, dan wawancara, perancangan sistem, implementasi, dan pembuatan aplikasi terciptalah sebuah aplikasi Sistem Pakar ini dapat mengatasi keluhan siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran karena kurangnya minat belajar karena tidak sesuai dengan yang diinginkan
Pengaruh Sosialisasi Kader Posyandu terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang IMD dan Asi Eksklusif Septya Rosa; Maiza Duana
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1692

Abstract

Pemberian Inisiasi Menyusu Dini (IMD) pada bayi usia < 0-6 dan pemberian Asi Eksklusif sampai umur 2 tahun telah ramai di lakukan oleh masyarakat, namun masih terdapat masalah kesehatan yang dijumpai di Kecamatan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pengetahuan tentang IMD dan asi eksklusif sebelum dan sesudah sosialisasi metode slide ceramah pada kader posyandu di kecamatan seunagan. Metode penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dengan cara pre-test and post-test, Populasi dalam penelitian ini adalah 35 kader posyandu, Penentuan sampel dilakukan dengan total sampling menggunakan kriteria inskusi dan eksklusi sehingga jumlah kader menjadi 35 kader posyandu. Analisis data menggunakan Univariat, Bivariat dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini dengan nilai pre-test 3,09 nilai post-test 6,09 dan nilai PValue 0,000. Kesimpulan penelitian ini yaitu sosialisasi kader posyandu terhadap peningkatan pengetahuan IMD dan asi eksklusif dengan metode slide ceramah efektif dan berpengaruh. Saran kepada kader posyandu untuk lebih tingkatkan lagi pengetahuan IMD dan asi eksklusif, ketika berada di lapangan sudah lebih siap dalam menghadapi masyarakat.
Pengampuan sebagai Dasar Pemberhentian Sementara dari Jabatan Notaris Chairil Lailia Maharani; Dyah Ochtorina Susanti; Moh Ali
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1712

Abstract

Seorang Notaris yang diberi kewenangan haruslah telah cakap agar dapat dibebani dengan kewenangan, tidak mungkin seseorang berwenang apabila ia tidak cakap. Konsep tersebut muncul dalam Pasal 9 Ayat 1 Huruf b juncto Pasal 12 Huruf b Undang-Undang Jabatan Notaris. Pasal tersebut memberi penjelasan bahwa Notaris dapat diberhentikan sementara apabila Notaris tersebut berada dibawah pengampuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu Menemukan makna kriteria pengampuan yang dapat digunakan sebagai batasan ukuran pemberhentian sementara. Pada penelitian ini digunakan pendekatan yuridis normatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Notaris berada dalam masa pengampuan maka notaris tersebut dapat dikatakan sebagai orang yang tidak cakap dan tidak dapat melakukan perbuatan hukum. Hal ini dapat di buktikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris. Pemberhentian sementara Notaris diatur dalam ketentuan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris
Pembelajaran Pedagogik Spiritual Umi Salamah; Aam Abdussalam; Makhmud SyafeI; Endis Firdaus
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1691

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan evaluasi itu berlangsung selama proses belajar mengajar yang diselenggarakan oleh pendidik, dan peserta didik tidak hanya sebagai objek pendidikan tetapi juga sebagai subjek. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Dalam dunia pendidikan, pembelajaran dapat memberdayakan peserta didik menjadi manusia yang mandiri dan mampu merebut berbagai peluang dalam kehidupan saat ini yang sangat kompetitif. Hal ini jika dikaitkan dengan pedagogik spiritual, hasil yang diharapkan sebagai bahan evaluasi oleh seorang pendidik adalah ketika peserta didiknya menanamkan sifat-sifat ketauhidan didalam dirinya sehingga menjadi khalifah Allah yang amanah di muka bumi dengan mengembangkan segala potensi yang ada dalam dirinya tersebut. Keberhasilan dari proses pembelajaran dan evaluasi tersebut, tidak akan terlepas dari komponen-komponen penunjang di dunia pendidikan yakni komponen visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, pendidik, peserta didik, manajemen pengelolaan, pembiayaan, sarana prasarana, lingkungan, jaringan komunikasi dan kerja sama, serta evaluasi pendidikan dan dasar strategi pembelajaran yang diterapkan
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi Isnalita Nofta Rosa Lina; Joko Widodo; Sri Wahyuni
Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46799/syntax-idea.v4i1.1694

Abstract

Pelayanan yang berkualitas dapat memberikan rasa senang kepada para pelanggan yang dapat berdampak pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan menerapkan metode purposive area yakni di Onelight Photography, Jl. Ikan Mungsing no. 20 Banyuwangi. Dalam menentukan jumlah responden memakai teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin yaitu sebanyak 53 responden. Teknik mengumpulkan data yang dipakai yaitu kuesione, observasi, dan wawancara. Pengolahan data memakai editing, skoring, serta tabulasi. Analisis inferensial menggunakan analisis data yang meliputi analisis garis regresi sederhana, analisis varian regresi, uji F, efektivitas garis regresi, serta standart error of estimates. Perolehan penelitian memperlihatkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi yaitu Fhitung = 256,806 > Ftabel = 4,03 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,913 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Jumlah persentase pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi sebesar 83,4%. sementara selebihnya yakni 16,6% didominasi faktor lain yang tak dibahas seperti promosi, produk dan harga. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi sebesar 83,4%.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 6 No 9 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 8 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 7 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 6 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 5 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 4 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 3 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 2 (2024): Syntax Idea Vol 6 No 1 (2024): Syntax Idea Vol 5 No 12 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 11 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 10 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 9 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 8 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 7 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 6 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 5 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 4 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 3 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 2 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 1 (2023): Syntax Idea Vol 4 No 12 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 11 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 10 (2022): Syntax idea Vol 4 No 9 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 8 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 7 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 6 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 5 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 4 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 3 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 2 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea Vol 3 No 12 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 11 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 10 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 9 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 7 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 6 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 5 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 4 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 3 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 2 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 1 (2021): Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 11 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 10 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 9 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 8` (2020): Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 6 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 5 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 4 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 3 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 2 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 1 (2020): Syntax Idea Vol 1 No 8 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 6 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 4 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 3 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 2 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 1 (2019): Syntax Idea More Issue