cover
Contact Name
Ns. Imelda Feneranda Seravia Tambi, M.Kep
Contact Email
imeldatambi90@stikesdirgahayusamarinda.ac.id
Phone
+6281350117017
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl.Pasundan No. 21, Samarinda, Kalimantan TImur
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK)
ISSN : -     EISSN : 27152707     DOI : -
Core Subject :
JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda, which is published twice a year in October and April that contains scientific articles on community service in the fields of health, social, politics, administration, public policy, law, engineering, education, economics, counseling, psychology, agriculture, forestry, religion, communication and informatics. Articles are written in Bahasa Indonesia and English.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2023): April" : 5 Documents clear
OPERA (Optimalisasi PERan cArgiver) DALAM PENANGANAN KEGAWADARURATAN PADA LANSIA DI MASYARAKAT PEMULUTAN BARAT, OGAN ILIR sutrisno sutrisno
Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK) Vol 4 No 2 (2023): April
Publisher : JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52841/jpmk.v4i2.335

Abstract

Peran cargiver dalam mencegah kegawatdaruratan yang dapat terjadi kapan saja pada lansia. Caregiver merawat lansia di rumah tidak selalu berlatar belakang pendidikan kesehatan. Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko kegawatdaruratan pada lansia karena usia yang bertambah seperti faktor riwayat penyakit lansia, faktor perubahan fisiologis dan psikologis. Risiko kegawatdaruratan dapat berdampak pada terjadinya cidera, terjatuh, bahkan kematian. Berdasarkan survei yang dilakukan di wilayah Desa Sembadak Kecamatan Pemulutan Barat Kebupaten Ogan Ilir, beberapa anggota keluarga yang merawat lansia sebagai caregiver belum mengetahui bagaimana penanganan awal kegawatdarurat pada lansia. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan informasi, edukasi terkait optimalisasi cargiver dalam penanganan kegawadaruratan pada lansia. Metode yang digunakan dengan pre dan post test terkait materi kemudian dilanjutkan dengan metode ceramah terkait materi peran cargiver dalam penanganan kegawadruratan pada lansia. Hasil pengabdian masyarakat ini terdapat peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Diharapkan dari pengabdian masyarakat ini akan meningkat pengetahuan cargiver tentang perannya sebagai cargiver keluarga yang merawat lansia di rumah.
PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN TENTANG GERMAS DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 koko wahyu
Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK) Vol 4 No 2 (2023): April
Publisher : JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52841/jpmk.v4i2.336

Abstract

Pandemik Covid-19 berhasil mengubah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari baik di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di jalan dan dimanapun. Untuk melawan virus covid-19, maka hal utama yang perlu dilakukan adalah menerapkan Germas. GERMAS merupakan gerakan nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif. Keberhasilan GERMAS dapat terlaksana dengan program pemberdayaan masyarakat. Tujuan umum pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melalui pemberdayaan kader kesehatan adalah mensosialisasikan kepada kader kesehatan di Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta tentang kegiatan GERMAS dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 varian omicron, upaya pencegahannya serta pemeriksaan kesehatan bagi kader secara berkala, dan pelaksanaan senam covid-19 dalam mencegah penularan COVID-19 varian omicron ini. Hasil pelatihan menunjukkan pengetahuan kader mengalami peningkatan sebanyak 85%. Diharapkan pengabdian masyarakat dapat diterapkan oleh kader kesehatan dan ditindaklanjuti oleh Dinas kesehatan dan jejaring puskesmas di wilayah kerja masing-masing.
PENINGKATAN KINERJA TENAGA PERAWAT DENGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK Silvia Sintari
Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK) Vol 4 No 2 (2023): April
Publisher : JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52841/jpmk.v4i2.342

Abstract

Komunikasi merupakan modal utama dalam suatu interaksi. Melalui komunikasi akan dapat menciptakan suasana interaksi yang baik. Komunikasi terapiutik menjadi modal dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menigkatkan kinerja perawat melalui komunikasi terapiutik. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Pelaksanan pengabdian masyarakat telah terlaksana dengan baik. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta pengabmas setelah diberikan materi mengenai komunikasi terapiutik yag terlihat dari adanya peningkatan rerata pretest dan postest yaitu 2,6±0,82 menjadi 4±0,84. Komunikasi terapiutik menjadi sarana dan alat dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga akan dapat meningkatkan kinerja perawat.
PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN DAN MANAJEMEN POSYANDU LANSIA PADA KADER KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BENGKURING KOTA SAMARINDA Khumaidi Khumaidi; Bahtiar Bahtiar
Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK) Vol 4 No 2 (2023): April
Publisher : JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52841/jpmk.v4i2.344

Abstract

Latar Belakang: Layanan posyandu lansia merupakan salah satu usaha kesehatan masyarakat bagi kesehatan lansia. Optimalisasi pengetahuan dan keterampilan kader merupakan hal yang krusial. Kader diharapkan mampu menerapkan komunikasi dan cara memberikan penyuluhan kesehatan dengan baik dan diterima oleh lansia. Metode: Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2022 di Aula Pertemuan Puskesmas Bengkuring Kota Samarinda. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 1 (satu) hari yang dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pemaparan materi berkaitan dengan pengelolaan dan manajemen pelayanan posyandu lansia. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sesi kedua berupa demonstrasi dan simulasi pengelolaan posyandu lansia dengan pendekatan 5 meja. Sebelum pemaparan materi, peserta diberikan daftar pertanyaan (pre-test). Adapun untuk evaluasi kegiatan diberikan daftar pertanyaan yang sama (post-test). Pertanyaan yang diberikan sebanyak 10 item. Hasil: Rerata hasil pretest terkait pengetahuan dan keterampilan pengelolaan dan manajemen posyandu lansia adalah 8 dan meningkatkan menjadi 9,6 pada posttest. Kesimpulan: Edukasi dan peningkatan keterampilan berkelanjutan diharapkan dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kader terhadap lansia.
Gambaran Masalah Psikososial Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Majene Boby Nurmagandi; Irfan; Risna Damayanti; Eva Yuliani; Ika Muzdalia; Suherman
Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK) Vol 4 No 2 (2023): April
Publisher : JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih Published by Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) STIKES Dirgahayu Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52841/jpmk.v4i2.348

Abstract

Latar Belakang: Narapidana merupakan seorang terpidana yang menjalani hukuman di lembaga pemasayarakatan berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Kondisi ini dapat membuat narapidana rentan mengalami masalah psikososial. Tujuan: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui gambaran masalah psikososial dan melakukan intervensi secara langsung melalui edukasi dan terapi keperawatan ners untuk mengatasi masalah psikososial narapidana. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan alat dan bahan berupa lembar kuesioner self report question, projektor dan perangkat sound system. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri atas 3 tahapan yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yakni 1) melakukan informed consent, 2) melakukan skrining menggunakan form SRQ, 3) melakukan intervensi keperawatan pada narapidana yang mengalami depresi dan ansietas yang membutuhkan perawatan, 4) melakukan edukasi terkait masalah psikososial. Jumlah narapidana yang diskrining sebanyak 116 orang dengan seluruhnya berjenis kelamin laki-laki. Hasil: Hasil skrining diperoleh masalah psikososial yang dialami oleh narapidana yakni depresi dan ansietas, serta intervensi langsung yang diberikan yakni terapi keperawatan ansietas serta edukasi ansietas dan depresi. Kesimpulan: Sebagian besar narapidana di lembaga pemasyarakatan Majene mengalami masalah psikososial yakni ansietas dan depresi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5