cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2018): June 2018" : 6 Documents clear
EKSISTENSI KETELADANAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA Subekhan Subekhan; Syifa Nur Annisa
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2018): June 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologi pai.v5i1.1049

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku menyimpang di kalangan remaja, Pemuda dan pelajar semakin meningkat.Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan karakter bagi anak adalah agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki prinsip, tidak mudah goyah jika dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang melanda negeri Indonesia tercinta. Sanggup memegang teguh nilai-nilai luhur dan taat pada agama, sehingga akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan sejahtera. Berdasarkan latar belakang tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana eksistensi keteladanan pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi keteladanan pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini termasuk penelitian literer yang berfokus pada referensi buku dan sumbersumber yang relevan. Pencarian data dicari dengan jenis penelitian Library Research dan pendekatan kualitatif literatur yaitu suatu penelitian kepustakaan murni, menggunakan metode dokumentasi yang mencari data mengenai hal-hal berkaitan dengan focus penelitian yang berupa catatan atau buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen harian, catatan rapat, jurnal dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi keteladanan dalam pendidikan karakter perspektif pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah memberikan dorongan dan motivasi pada anak agar lebih rajin dalam melaksanakan tugas dan yang paling penting harus dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Eksistensi dalam pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebagai daya upaya untuk mewujudkan perkembangan budi pekerti.Serta Ki Hajar Dewantara ini dalam konsep pendidikan karakter yang mengusung antara keseimbangan kecerdasan ilmu dan akhlak peserta didik sehingga dapat menghasilkan generasi yang cerdas dan memiliki budi pekerti yang baik serta karakter yang religius, berani, tegas dan berpendirian teguh. Serta menjadikan salah satu solusi dalam mengembangkan dan membangun kembali pendidikan nasional yang telah diporak-porandakan oleh dekadensi moral di era globalisasi mengingat pendidikan nasional yang saat ini memiliki segudang persoalan.
IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 MENES (Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Menes Kabupaten Pandeglang) Subekhan Subekhan; Iin Inayati Sobariah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2018): June 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologi pai.v5i1.1050

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode jigsaw pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Menes kabupaten Pandeglang dan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Menes kabupaten pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan desain kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Menes Kabupaten Pandeglang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VIII A sebagai kelas ekperimen yang menggunakan metode pembelajaran jigsaw dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (ceramah).Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uij-t. hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 73,417 dan nilai siswa kelas kontrol 62,361. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan pengujian berupa uji-t pada taraf signifikan 5% dan diperoleh nilai sebesar 2,895> 2,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara kelompok siswa metode Jigsaw dengan kelompok siswa mengikuti pembelajaran dengan model konvensional.
KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINTASAN SEJARAH Aep Saeful Anwar; Nani Mulyani
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2018): June 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v5i1.1037

Abstract

Abstrak. Dewasa ini, perkembangan pendidikan Islam tidak lepas dari sejarah perkembangan agama Islam sendiri. Kebutuhan manusia akan pengetahuan agama yang dapat menuntunnya ke jalan yang benar, terjawab oleh pendidikan melalui kualitas dan pemahaman keagamaannya. Agama Islam merupakan agama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, mengandung implikasi kependidikan sebagai rahmat bagi sekalian alam. Hal ini terbukti secara konkrit bahwa Al-Qur`an sebagai mozaik dan konten pendidikan Islam yang berkembang dari masa ke masa dan tidak pernah berubah, baik dari segi isi dan lainnya. Dalam agama Islam, terkandung suatu potensi yang mengacu kepada dua fenomena perkembangan. Pertama, potensi psikologis dan paedagogis yang mempengaruhi manusia untuk menjadi pribadi yang berkualitas bijak dan menyandang derajat mulia melebihi makhluk-makhluk lainya. Kedua, potensi pengembangan kehidupan sebagai khalifah di muka bumi yang dinamis dan kreatif serta responsif terhadap lingkungan sekitarnya, baik yang bersifat alamiah maupun ijtimaiyah, dimana Tuhan menjadi potensi sentral perkembangannya.
Pengaruh Media CD Interaktif Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sindangjaya Kecamatan Sindangjaya, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten) Jusaini Jusaini
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2018): June 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologi pai.v5i1.1040

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan penggunaan media Compac Disc interaktif dibanding siswa yang diajar dengan media pembelajaran berupa modul dalam mata pelajaran Bahasa Inggris; 2) Pengaruh interaksi antara media pembelajaran berdasarkan tipe minat belajar terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris; 3) Minat belajar siswa jika diajar dengan media pembelajaran Compac Disc interaktif dibanding menggunakan media pembelajaran modul; serta 4) Hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa yang berminat belajar rendah jika diajar dengan menggunakan media pembelajaran Compac Disc interaktif dibanding menggunakan media pembelajaran modul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi target yaitu seluruh siswa kelas VII di Gugus 10 di Kabupaten Tangerang, sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN l Sindangjaya yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel berupa multistage random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dan melalui tahapan-tahapan. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu perlakuan penggunaan media pembelajaran CD interaktif, instrumen minat belajar, dan tes hasil belajar Bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program statistik SPSS 20 untuk analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa ANAVA dua jalur untuk menguji hipotesis, dilanjutkan dengan uji Tukey. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas dengan Kolmogorof-Smirnov yang sama dengan Liliefors dan uji homogenitas dengan Levene yang terdapat dalam SPSS 20. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikasi 5% (0,05). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media CD interaktif ( X=67,11) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran modul (X=62,50) dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran berdasarkan tipe minat belajar terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang berminat belajar lebih tinggi jika diajar dengan penggunaan media pembelajaran CD interaktif (X=86,80) daripada menggunakan media pembelajaran modul (X=83,60). Hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa yang berminat belajar rendah lebih rendah jika diajar dengan penggunaan media pembelajaran CD interaktif (X=34,30) daripada menggunakan media pembelajaran modul (X=36,50). Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran CD interaktif lebih efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris.
PROFESI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI Juhji Juhji; Adila Suardi
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2018): June 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologi pai.v5i1.1043

Abstract

Abstrak. Dalam percakapan sehari-hari, sering terdengar istilah profesi atau profesional, perlu diketahui bahwa profesi keguruan merupakan profesi yang sedang berkembang saat ini. Pemikiran tentang hakikat profesi keguruan kerap kali diperbincangkan. Bagi calon guru, pengetahuan tentang profesi keguruan harus benar-benar dimiliki untuk dapat mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Dengan demikian, mutu pendidikan harus sangat diperhatikan bagi para guru untuk menyelamatkan profesinya. Menanggapi persoalan tersebut, dalam mengembangkan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi, guru harus bisa mengembangkan intelegensi dasar peserta didik. Unsur tersebut harus ditanamkan dalam diri peserta didik sekuat-kuatnya agar terpatri di dalam dirinya. Keterampilan berpikir kritis sangat penting bagi peserta didik karena dengan keterampilan tersebut, peserta didik mampu bersikap rasional dan memilih alternatif terbaik bagi dirinya agar bisa menghadapi era globalisasi dan tidak ketinggalan zaman apalagi sampai terbawa arus globalisasi. Di samping itu, untuk mempertahankan profesinya, guru juga harus memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya, mampu berkomunikasi dengan baik kepada anak didiknya, serta mempunyai jiwa kreatif dan komitmen tinggi terhadap profesinya. Dengan demikian, tantangan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi tidak akan menggusurnya pada posisi yang tidak baik.berpikir
MEMPERTAHANKAN BUDAYA ORGANISASI MELALUI BEST PRACTICES PENDIDIKAN SPIRITUAL LEADERSHIP PADA PONDOK PESANTREN Dede Husni Mubarok; Malik Fatoni
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 5 No 1 (2018): June 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologi pai.v5i1.1047

Abstract

Abstrak. Lembaga pendidikan pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Transformasi pendidikan haruslah terjadi, hal ini dipengaruhi oleh kiai sebagai pemimpin dalam mentransformasi lembaga pendidikan. Perubahan ini terjadi pada budaya pesantren yang meliputi pendidikan spiritual, penyeleksian ustaz, dan santri. Karisma kepemimpinan yang dimiliki kiai, menurut sejarahnya, mampu menjadi sumber dan inspirasi perubahan dalam masyarakat. Kiai dengan karismanya tidak hanya dikategorikan sebagai elit agama, tetapi juga sebagai elit pesantren dan tokoh masyarakat yang memiliki otoritas tinggi dalam menyimpan dan menyebarkan pengetahuan keagamaan Islam serta berkompeten dalam mewarnai corak dan bentuk kepemimpinan di pesantren. Tipe karismatik yang melekat pada diri pemimpin menjadikan tolok ukur kewibawaan lembaga pendidikan pesantren.

Page 1 of 1 | Total Record : 6