cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2019): June 2019" : 9 Documents clear
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS Moch. Subekhan
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1943

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta siswa dan siswa sehingga siswa kurang aktif dalam belajar. Kurangnya interaksi dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan metode Pembelajaran Talking Stick. Metode ini melibatkan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran sangat penting, karena dengan siswa mengambil peran aktif, siswa akan merasa belajar lebih bermakna. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Alquran dan Hadits di MTsN 1 Lebak, 2). Bagaimana keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Alquran dan Hadis dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick di MTsN 1 Lebak, 3). Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits pada MTsN 1 Lebak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Alquran dan Hadits pada MTsN 1 Lebak 2). Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Alquran dan Hadis dengan menggunakan metode learning stick dalam MTsN 1 Lebak, 3). Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbicara tongkat pada keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits di MTsN 1 Lebak. Penelitian ini dilakukan di MTsN Lebak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol tidak setara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Alquran dan Hadis. Dari nilai posttest siswa di kelas eksperimen memiliki rata-rata = 88,4. Untuk kelas kontrol memiliki nilai posttest rata-rata = 82,0 dan pengujian hipotesis dengan t hitung> t tabel maka Ha diterima. Ada pengaruh dari penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap keaaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Alquran dan Hadis. Kata kunci: Talking Stick, Metode dan Pembelajaran Aktif Abstrak.This research is motivated by the lack of interaction between teachers and students and students and students so that students are less active in learning. Lack of interaction can occur because it is caused by several factors, such as learning methods that make students less active in the learning process. One effort to overcome this is by applying the talking stick learning method. This method involves students being active in the learning process. Student learning activeness in the learning process is very important, because with students taking an active role, students will feel more meaningful learning. Based on the background above, the formulation of the problem in this study are: 1). How to apply the talking stick learning method to the subjects of the Qur'an and Hadith in MTsN 1 Lebak, 2). How is the active learning of students in the subjects of the Qur'an and Hadith using the talking stick learning method in MTsN 1 Lebak, 3). Is there any effect of the talking stick learning method on student learning activeness in the subjects of the Qur'an and Hadith on MTsN 1 Lebak. The objectives of this study are: 1). To find out the application of the talking stick learning method to the subjects of the Qur'an and Hadith on Lebak 1 MTsN. 2). To find out the learning activeness of students in the subjects of the Qur'an and Hadith by using the talking stick learning method in MTsN 1 Lebak, 3). To find out the effect of the talking stick learning method on student learning activeness in the subjects of the Qur'an and Hadith on Lebak 1 MTsN. This research was conducted at Lebak 1 MTsN. The research method used in this study was a quasi-experimental research design with non-equivalent control group design. Data collection instruments used were observation, interviews, questionnaires, and documentation. Based on the results of this study it can be concluded that student learning activeness has increased after applying the talking stick method to the subjects of the Qur'an and Hadith. From the posttest value students in the experimental class had an average = 88.4. For the control class has an average posttest value of = 82.0 and hypothesis testing with the price of t count > t table then Ha is accepted. There is an influence from the application of the talking stick learning method to the active learning of students in the subjects of the Qur'an and Hadith. Keywords: Talking Stick, Method and Active Learning
PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Didin Ma'munudin; Eneng Muslihah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1921

Abstract

Kitab Ta’lim Muta’alim merupakan salah satu di antara sekian banyak ilmu yang mengajarkan tentang bagaimana beretika dalam berilmu, diantaranya bagaimana menghormati ilmu, teman, dan guru, serta metode belajar yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di MTs. Mathla’ul Anwar Linahdlatil ‘Ulama Putri Kananga Kec. Menes Kab. Pandeglang, 2) untuk mengetahui pemahaman siswi terhadap pelajaran akidah akhlak di MTs. Mathla’ul Anwar Linahdlatil ‘Ulama Putri Kananga Kec. Menes Kab. Pandeglang, dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim terhadap pemahaman siswi pada mata pelajaraan akidah akhlak di MTs. Mathla’ul Anwar Linahdlatil ‘Ulama Putri Kananga Kec. Menes, Kab. Pandeglang. Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan statistik dan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan tes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 peserta didik yang diambil dari 140 siswi. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh koefisiensi korelasi 0,95 dan uji signifikasi antara variabel X (pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim) terhadap variabel Y (pemahaman siswi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak) diperoleh tHitung = 17,46 dan ttabel = 1,70, dan koefisiensi determinasi pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 90,25% dan sisanya 9,75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, dimana sebesar 90,25% dipengaruhi oleh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dan 9,75% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti lingkungan, metode, dan mata pelajaran. Kata kunci: Pemahaman, pembelajaran, Ta’lim Muta’alim Abstract. The Book of Ta'lim Muta’alim is one of many sciences that teaches about how to be ethical in knowledge, including how to respect knowledge, friends and teachers, and good learning methods. The purpose of this study were 1) to determine the learning of kitab Ta'lim Muta’alim in MTs. Mathla’ul Anwar Linahdlatil ‘Ulama Putri Kananga sub district Menes district. Pandeglang, 2) to find out female students' understanding of morality learning in MTs. Mathla’ul Anwar Linahdlatil ‘Ulama Putri Kananga sub district Menes district. Pandeglang and 3) to find out whether or not there was an influence of the learning of the Ta'lim Muta’alim book on female students' understanding of the moral learning in MTs. Mathla’ul Anwar Linahdlatil of ‘Ulama Putri Kananga sub district Menes district. Pandeglang The method used in this study was descriptive method using statistical approach and data collection techniques using questionnaire, observation and test. Samples used in this study amounted to 35 students taken from 140 students. Based on the results of statistical calculations using the Product Moment formula, it was obtained a correlation coefficient of 0.95 and a significance test between the variables X (the learning the Book of Ta'lim Muta'alim) to the Y variable (the understanding of students in Akidah Akhlak Subject) was t Count = 17.46 and T,table = 1.70, and the coefficient of determination of effect of variable X on the Y variable was 90.25% and the remaining 9.75%. This study could be concluded that the learning the Book of Ta'lim Muta'alim (Variable X) is very influential on the understanding of students in Akidah Akhlak Subject (variable Y), where 90.25% was influenced by the learning of Ta'lim Muta'alim and 9.75% was influenced by other factors, such as environment, methods, and subjects. Keywords: Learning, Ta’lim Muta’alim, understanding
IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DAN BANDUNGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING Mochammad Mu'izzuddin; Juhji Juhji; Hasbullah Hasbullah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode sorogan dan bandungan di Pesantren Nurul Hidayah; mengetahui hubungan metode sorogan dengan kemampuan membaca kitab kuning; mengetahui hubungan metode bandungan dengan kemampuan membaca kitab kuning; dan mengetahui hubungan metode sorogan dan bandungan secara bersama-sama dengan kemampuan membaca kitab kuning. Metode yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu seluruh santri di Pesantren Nurul Hidayah Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, wawancara, dan tes. Data diolah dengan menggunakan Program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode sorogan dan bandungan di Pesantren Nurul Hidayah dilaksanakan setiap hari yaitu setiap selesai salat wajib setiap harinya. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara metode sorogan dengan kemampuan membaca kitab kuning yaitu sebesar 0,433; terdapat hubungan positif dan signifikan antara metode bandungan dengan kemampuan membaca kitab kuning yaitu sebesar 0,442; serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara metode sorogan dan bandungan secara bersama-sama dengan kemampuan membaca kitab kuning di Pesantren Nurul Hidayah Kasemen, Kota Serang yaitu sebesar 0,576. Kata kunci: Kemampuan Membaca Kitab Kuning Metode Bandungan, Metode Sorogan Abstract. This study aimed to determine the implementation of the sorogan and bandungan methods in the Nurul Hidayah Islamic Boarding School; to determine the relationship between a sorogan method and the ability to read the yellow book; to determine the relationship between a bandungan method and the ability to read the yellow book; and to determine the relationship sorogan and bandungan methods together with the reading skills to the yellow book. The method used was a survey with a correlation approach. The population and samples in this study were all students of the Nurul Hidayah Islamic Boarding School in Kasemen Distric, Serang City, Banten Province, which numbered 60 students. The data were collected through questionnaires, interview, and test. The data were processed by used SPPS Program version 16.0. The results showed that the implementation of the sorogan dan bandungan methods in the Nurul Hidayah Islamic Boarding School was carried out every time, i.e. every day after the obligatory prayer. There was a positive and significant relationship between a sorogan method and the ability to read the yellow book at 0.433; there was a positive and significant relationship between a bandungan method and the ability to read the yellow book at 0.442; and there was a positive and significant relationship between the sorogan and bandungan methods together with the ability to read the yellow book in the Nurul Hidayah Islamic Boarding School at 0.576. Keywords: Abiliy to Read The Yellow Book, Bandungan Method, Sorogan Method
METODE MENDIDIK (Analisis Kandungan Al-Qur’an Suroh Al-Nahl Ayat 125) Hafid Rustiawan
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1922

Abstract

Al-Qur’an suroh al-Nahl ayat 125 diturunkan di Mekah bersamaan dengan ayat sesudahnya, yaitu setelah terjadi peristiwa Perang Uhud, yang mengakibatkan banyaknya syuhada yang gugur dan salah satunya adalah paman Rasulullah SAW yaitu Hamzah. Ayat al-Qur’an tersebut berisi tentang metode yang harus digunakan dalam berda’wah, agar da’wah dapat berlangsung dengan baik dan tujuan tercapai secara efektif. Menurut al-Qur’an suroh al-Nahl ayat 125, terdapat tiga macam metode yang harus digunakan dalam berda’wah, yaitu bi al-hikmah, mau’izoh al-hasanah, dan wa jadilhum bi al-lati hiya ahsan. Bi al-hikmah adalah cara atau metode yang bijak, lemah lembut, atau tidak secara kasar; mau’izoh al-hasanah berarti pepatah atau nasihat yang baik, menyentuh perasaan, sehingga mampu menyadarkan orang yang mendengarnya; dan jadilhum bi al-lati hiya ahsan yaitu diskusi yang lebih baik, yaitu berlandaskan argumentasi yang kuat, baik secara akli maupun nakli, yang dalam penyampaiannya juga secara santun atau lemah lembut. Metode-metode tersebut tidak hanya digunakan untuk berda’wah secara khusus, tetapi juga dalam proses pendidikan, sebab pada keduanya terdapat konstelasi yang menunjukkan adanya persamaan, yaitu tujuannya, dimaana keduanya dilakukan dalam rangka untuk menyeru dan menyadarkan manusia menuju jalan Allah atau beribadah kepada Allah SWT. Kata kunci: Metode, Mendidik , al-Quran, Abstract. Al-Qur'an suroh al-Nahl verse 125 was revealed in Mecca together with the following verse, namely after the Ummud war, which caused many martyrs to be killed at that time and one of them was the uncle of the Prophet Muhammad. namely Hamzah. Ayat al-Qur'an contains methods that must be used in proselytizing, so that the ministry goes well and achieves its objectives effectively. According to the Qur'an, sura al-Nahl verse 125, there are three kinds of methods that must be used in preaching, namely, as understood from the meanings contained in the sentence bi al-hikmah, mau'izoh al-hasanah and from the sentence wa jadilhum bi al lati hiya ahsan. Bi al-hikmah, can be understood as a method or method that is wise, or meek not roughly, mau'izoh al-hasanah means a saying or good advice, which is touching so as to awaken the person who hears it, and so bi bi lati hiya ahsan, which is a better discussion, which is based on strong argumentation, both in accreditation, and nakli, which in its delivery is also polite or gentle These methods are not only used to underlie specifically, but also in the educational process, because in both of them there is a constellation that shows the equality, that is, in its purpose, that is, both are carried out in order to call upon and make people aware of God's way or worship to Allah SWT. Keywords: method, mendidik, Al-qur,an
INTEGRASI MEDIA POWERPOINT DENGAN METODE CARD SORT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MAKNA Q.S. AL-MUJADILAH (58): 11 DAN Q.S. AR-RAHMAN (55): 33 DI KELAS VII Budiarti Gahara
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1944

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi media powerpoint dengan metode card sort dalam Pendidikan Agama Islam pada materi makna Q.S. al-Mujadilah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33 di kelas VII. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research), yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data dan menelaah buku-buku literatur perpustakaan terkait dengan pembahasan. Data diambil dari dokumentasi, naskah, bahan, dan manuskrip yang berkaitan erat dengan kajian media powerpoint, metode card sort, Pendidikan Agama Islam, materi makna pada surat al-Mujadilah ayat 11 dan Q.S. ar-Rahman ayat 33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual kartu sortir sebagai media dalam pendekatan pembelajaran yang menggunakan metode CardSort sebagai media visual diperlukan dalam pembelajaran agar memperkaya pengalaman belajar peserta didik, pengalaman belajar dalam kerucut pengalaman Edgar Dale yang terdiri dari dua belas tingkatan memberikan gambaran bahwa pengalaman belajar yang diperoleh siswa dapat melalui proses perbuatan atau mengalami sendiri, semakin kongkret siswa mempelajari bahan pengajaran semakin banyak pengalaman yang diperoleh siswa demikian pula sebaliknya. Kata kunci: media powerpoint, metode card sort, Pendidikan Agama Islam Abstract. This study aims to analyze how to integrate PowerPoint media with card sorting methods in Islamic Education in the material meaning of Q.S. al-Mujadilah verse 11 and QS. ar-Rahman verse 33 in class VII. The method used is descriptive qualitative using literature (library research), namely research by collecting data and examining library literature books related to the discussion. Data taken from documentation, manuscripts, materials, and manuscripts that are closely related to PowerPoint media, card sorting methods, Islamic Education, material meaning in Surah al-Mujadilah verse 11 and Q.S. ar-Rahman verse 33. The results of the study show that visual card sorting media as a medium in learning that uses the Card Sort method as a visual media needed in learning to enrich students' learning experiences, learning experiences in the cone of Edgar Dale's experience of two considerations of getting help about learning experiences obtained by students can go through the work process or improve themselves, the more concrete students look for materials to improve the experience gained by students and vice versa. Keywords: media PowerPoint, card sorting method, Islamic educatio
PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUANG Rengga Satria
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1923

Abstract

Penelitian ini dibatasi hanya dengan melihat pembaruan Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang pada abad ke-20, tepatnya pada tahun 1907-1970 M. Pendekatan dalam penelitian ini adalah sosio-historis dengan menganalisis manuskrip dan dokumen-dokumen sejarah. Penelitian ini termasuk library research. Penelitian ini membuktikan bahwa lembaga pendidikan Islam tradisional di Minangkabau sama sekali tidak statis, karena mereka selalu kreatif dan secara berangsur-angsur menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang sebagai representasi lembaga pendidikan Islam tradisional di Minangkabau yang mampu merespons modernisasi tanpa menghilangkan seutuhnya tradisi Islam yang sudah mengakar di Minangkabau. Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang merupakan salah satu surau yang mengalami pembaruan menjadi madrasah sebagai respons terhadap modernisasi pendidikan Islam yang berjalan pada paruh abad ke-20 M. Kata kunci: Madrasah Tarbiyah Islamiyah, pembaruan pendidikan Islam, surau Abstract. This research proved that the traditional Islamic education institutions in Minangkabau were not at all static, because they were always creative and gradually adjust to environmental changes. Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang is a representation of traditional Islamic education institutions in Minangkabau that able to respond to modernization without eliminating the whole Islamic tradition that has taken root in Minangkabau. Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang is one of surau that undergoing a renewal into a madrasah in response to the modernization of Islamic education that ran in the mid of 20th century AD. This research was limited by only observe the renewal of the Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang in the 20th century, precisely in the years 1907-1970 AD. The approach of this study was socio-historical by analyzing manuscripts and historical documents. This research belong to the library research. Keywords: Madrasah Tarbiyah Islamiyah, renewal of Islamic education, surau
PENERAPAN TEKNIK MARKETPLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR DI KELAS IX G SMP NEGERI 15 KOTA SERANG Taufiqoh Taufiqoh
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana proses perapan tehnik market place activity dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, mengetahui kesesuaian penerapan tehnik market place activity dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta mengetahui apakah proses penerapan tehnik market place activity dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi iman kepada hari akhir di kelas IX G SMP Negeri 15 Kota Serang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dibatasi pada penerapan tehnik market place activity dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar materi iman kepada hari akhir di kelas IX G SMP Negeri 15 Kota Serang Semester 1 Tahun 2017-2018. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini prosentasi ketercapaian pada siklus pertama mengalami peningkatan pada siklus kedua, hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa melalui Penerapan Tehnik Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Iman Kepada Hari Akhir. Kata kunci: Tehnik Market Place Activity, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam Abstract. This study aims to find out how the process of applying market place activity techniques in Islamic Education and Characteristics, knowing the suitability of the application of market place activity techniques in Islamic Education and Characteristics, and knowing whether the process of applying market place activity techniques can improve the learning outcomes of Islamic Education and character in the matter of faith in the final day in class IX G of 15 Junior High School Serang City in the academic year 2017/2018. This research is a classroom action research limited to the application of market place activity techniques in Islamic Education and Character Education Learning as an effort to increase the learning activities of material faith in the final day of class IX G of 15 Junior High School Serang City Semester 1 2017/2018. Based on the results of this Classroom Action Research the percentage of achievement in the first cycle experienced an increase in the second cycle, the findings of the study showed that through the Application of Market Place Activity Techniques in Improving Learning Outcomes in Islamic Education and Characteristics of Faith in the End Times. Keywords: Market Place Activity Techniques, learning outcomes, Islamic Education Keywords: Market Place Activity Techniques, learning outcomes, Islamic Education
ADAB BERMEDIA SOSIAL DALAM PANDANGAN ISLAM Juminem Juminem
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1799

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informatika, sedang mengalami masa keemasan, satu diantaranya media sosial. Media sosial seakan-akan sudah menjadi kebutuhan hidup manusia, setiap saat orang mengakses internet demi terhubung dengan perkembangan berita yang ada di media sosial, seperti kabar dari orang tua, saudara, teman, rekan bisnis, atau kabar dari suatu grup tertentu. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis bagaimana adab bermedia sosial dalam pandangan Islam. Metode penulisan menggunakan kajian pustaka dengan merujuk beberapa sumber referensi baik sumber primer maupun sumber sekunder yang berasal dari beberapa buku, al-Qur’an, al-Hadits, maupun jurnal. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa seorang muslim dalam bersosialisasi dengan menggunakan media sosial hendaknya senantiasa menjunjung tinggi adab dalam bersosialisasi, dengan saling menghormati sesama mahluk ciptaan Allah, karena setiap perbuatan yang dikerjakan di dunia akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Manfaat media sosial cukup banyak untuk mencari ridho Allah SWT, tergantung penggunaannya, apakah digunakan untuk hal-hal yang baik atau buruk. Kata kunci: Adab, Islam, media sosial Abstract. The development of technology, especially communication and informatics technology, is being developed golden, one that is approved by social media. Social media seems to be a necessity for human life, every time people access the internet to connect with the development of news on social media, such as news from parents, siblings, friends, business associates, or news from any particular group. The purpose of the discussion of this article is to analyze how social media is in the view of Islam. The comparison method uses literature studies with several reference sources both primary sources and secondary sources derived from several books, the Koran, the Hadith, and journals. Based on the results of the analysis, it was concluded that a Muslim in socializing using social media asked to always uphold adab in socializing, with mutual respect for fellow creatures created by Allah, by conducting research done in the world will be accounted for in the hereafter. The benefits of social media are enough to seek Allah's blessing, depending on its use, it can be used for good or bad things. Keywords: Adab, Islam, social media
HUBUNGAN PEMBELAJARAN KITAB RIYADUL BADI’AH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH Lutfiyah Lutfiyah; Rumbang Sirojudin; Rd Hidayatullah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 1 (2019): June 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/geneologipai.v6i1.1941

Abstract

Secara formal, pembelajaran diterapkan agar siswa mendapat prestasi belajar. Salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu daya tangkap siswa terhadap materi berbeda-beda, sedangkan jam pelajaran yang diberikan di dalam kelas sangat terbatas, sehingga pencapaian prestasi belajar tidak merata. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha atau inovasi untuk menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya dengan mengikuti pembelajaran kitab Riyadul Badi’ah. Belajar merupakan proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman yang dialami. Kitab Riyadul Badi’ah merupakan kitab yang membahas tentang masalah-masalah fiqih. Dengan mempelajari kitab Riyadul Badi’ah diharapkan mampu mengantarkan siswa kepada pemahaman yang lebih baik dalam keilmuan Fiqih. Dengan begitu, siswa diharapkan akan memiliki prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kitab Riyadul Badi’ah di MTs Ashhabul Maimanah Susukan Tirtayasa Kab. Serang, mengetahui prestasi belajar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sususkan Tirtayasa Kab. Serang pada mata pelajaran Fiqih, dan mengetahui hubungan antara pembelajaran kitab Riyadul Badi’ah dengan prestasi belajar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sususkan Tirtayasa Kab. Serang pada mata pelajaran Fiqih. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu, dan didapatkan 30 siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,70. Setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” product moment diketahui bahwa angka 0,70 berada di antara 0,60 – 0,80 dengan interpretasi variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang tinggi. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji signifikansi diketahui t hitung = 5,18 (> t tabel = 1,70), dengan interpretasi terdapat korelasi yang positif antara pembelajaran kitab Riyadul Badi’ah dengan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. Adapun kontribusi variabel X dan Y dengan menggunakan koefisien determinasi sebesar 49%, sedangkan sisanya 51% dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Fiqih, Pembelajaran, kitab Riyadul Badi’ah, prestasi Abstract. Formally, learning is applied so that students get learning achievements. One of problems faced is the students' capture of material is different, while the lessons given in the class are very limited so that learning achievement is uneven. Therefore, it takes effort or innovation to solve the problem,one of them is by participating in the learning of Book Riyadul Badi'ah. Learning is a process of behavior change as a result of experience experienced. Book Riyadul Badi'ah is a book that discusses the issues of fiqh. By studying the Book of Riyadul Badi'ah, it is expected to be able to deliver students to a better understanding of Fiqh. That way, the students are expected to have good learning achievements. The purpose of this study were to find out the learning of Kitab Riyadul Badi'ah at MTs Ashhabul Maimanah Susukan Tirtayasa Serang District, to determine the learning achievements of students at MTs Ashhabul Maimanah Sususkan Tirtayasa Serang District on Fiqh subject, and to find out the relationship between the learning of Kitab Riyadul Badi'ah and the learning achievements of MTs Ashhabul Maimanah Sususkan Tirtayasa students in Serang District on Fiqh subject. The method used was a quantitative correlation. The sampling technique used was a purposive sampling, namely sampling based on specific objectives, and it was used 30 students as samples. The research instruments used included observation, documentation, interview, and questionnaires. The results showed that the correlation coefficient index (rxy) was 0.70. After consulting the interpretation table "r" product moment, it was known that the number 0.70 is between 0.60-0.80, with the interpretation of variables X and Y, there was a high correlation. Furthermore, based on the results of the significance test, it was known that t count = 5.18 (> t table = 1.70), with the interpretation there was a positive correlation between the learning of Kitab Riyadul Badi'ah and the student achievement in Fiqh subject. The contribution of variables X and Y using the determination coefficient of 49%, while the remaining 51% can be influenced by other factors. Keywords: Fiqh, learning achievement, learning of Riyadul Badi’ah

Page 1 of 1 | Total Record : 9