cover
Contact Name
Evinna Cinda Hendriana
Contact Email
evinnacinda@yahoo.com
Phone
+6285393531008
Journal Mail Official
journal@stkipsingkawang.ac.id
Editorial Address
Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Published by STKIP Singkawang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built Organization and Editorial team to publish scientific paper. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of learning, teaching, education in elementary school. All finding in scientific paper can be published in this journal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023" : 7 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar rahma ainur; Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi; Putri Hana Pebriana; Yanti Yandri Kusuma; Mufarizuddin Mufarizuddin
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.3630

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita anak di kelas III SDN 013 kumantan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita dengan menerapkan model CIRC pada siswa kelas III SDN 013 Kumantan. Design penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan jenis penelitian kualitatif.  Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 013 Kumantan yang berjumlah sebanyak 9 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas guru dan siswa dan tes membaca pemahaman siswa yang berupa pemberian soal tertulis yang dikerjakan secara individu. Teknik analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah perpaduan dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualiatatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan pemecahan masalah selama proses pembelajaran berlangsung. Data kuantitatif dalam penelitian ini adalah nilai tes membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan klasikal. nilai rata-rata dan persentasi ketuntasan klasikal siklus I pertemuan I 44,44%, pada siklus I pertemuan II 55,55% dan siklus II pertemuan I 66,67% pada siklus II Pertemuan II 88,89%. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di Sekolah Dasar.
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG SI KANCIL DAN BUAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR Widiya Santika; Bambang Hermansah; Susanti Faipri Selegi
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.3762

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik dongeng kelas IV SD. Pendekatan dalam penelitian ini mengggunakan metode deskriftif kualitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV A, B, C D dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, dan uji keabsahan data yang digunakan yaitu Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng kelas IV SD termasuk kedalam kategori baik, namun ada 5 siswa yang masih mempunyai kemampuan dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng yang rendah. Hal ini terbukti berdasarkan hasil analisis peneliti tentang kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerita dongeng pada indikator kemampuan menentukan unsur tema, kemampuan menentukan unsur tokoh, kemampuan menentukan unsur latar, kemampuan menentukan unsur alur, dan kemampuan menentukan unsur amanat.
Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Syarina Maharani; Sylvia Lara Syaflin; Bambang Hermansah
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.3757

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengunaan model pembelajaran time token terhadap hasilbelajar siswa tema 7 kelas V SDN 3 srikaton. Desain penelitian ini ialah penelitian pre exsperimental dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN 3 srikaton yang berjumlah 22 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan sampling jenuh. Sampel ini terdiri dari semua siswa kelas IV dengan jumlah kurang 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji pired sample t test. Hasil analisis data diperoleh  = 0,000 lebih kecil dari  = 0,432 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas v sdn 3 srikaton tahun pembelajaran 2021/2022.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Putri Anadia; Sylvia Lara Syaflin; Bambang Hermansah
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.3756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPA  kelas V SDN 1 Negeri Pakuan. Desain penelitian ini adalah penelitian preetest-posttest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri 1 Negeri Pakuan dengan jumlah 296 orang , dengan menggunakan sample teknik random sampling, sampel kelas 5A sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media power point dan kelas 5B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, pengumpulan data menggunakan metode tes dalam bentuk tes essay. Data yang diperoleh menggunakan uji t independent samples test, hasil analisis data diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar  0,000 < 0.05 sehingga ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, berarti  ada pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Negeri Pakuan. 
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 3 TANJUNG LAGO Sintia Utami; Jayanti Jayanti; Susanti Faipri Selegi
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.3758

Abstract

Tujuan penelitian ini “untuk mengetahui adanya pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata  pelajaran IPS di SD Negeri 3 Tanjung Lago. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan Desain Nonequivalent Control Group Design, populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas V SD Negeri 3 Tanjung Lago sampel oleh peneliti adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 18 orang, dan kelas VB yang berjumlah 17 orang, yang secara keseluruhan siswa kelas VA dan VB berjumlah 35 orang, Teknik Uji T Independent Sample t test dan instrument pengumpulan data berdasarkan angket, dokumentasi dan observasi Hasil penelitian di kelas eksperimen menunjukkan bahwa angket bisa meningkatkan minat belajar, dilihat dari uji normalitas bahwa nilai signifikan kelas VA sebesar  0,695 > 0,05 dan untuk nilai signifikan kelas VB sebesar 0,241 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa signifikan posttest untuk kelas VA dan kelas VB yaitu lebih besar dari 0,05 sehingga data tersebut dinyatakan berdistribusi normal.  Dapat dilihat untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T independent sample t test dengan kriteria nilai Sig. Levene’s Test for Equality of Varuances adalah sebesar 0,228 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa varians data antara Posttest Kontrol dan Posttest Eksperimen adalah Homogen. Sedangkan tabel Output Independent Sampel test pada bagian Equal Varuances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruhmedia interaktif bisa meningkatkan minat belajar siswa di lihat dari kelas eksperimen mengalami pengaruh dengan menggunakan media animasi dan kelas kontrol tidak mengalami pengaruh karena menggunakan model konvensional atau ceramah.
PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD Putri Saymita; Kiky Aryaningrum; Susanti Faipri Selegi
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.3750

Abstract

Penelitian ini bertujuan dengan analisis Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Dalam Model Experiental Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 91 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Design, Populasi di dalam penelitian ini merupakan keseluruhan kelas VA, VB, dan VC dan sampel kelas VA dan VC / subjek penelitian 20 siswa, Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal (Essay), observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan Uji independent Sampel T Test. Hasil penelitian di kelas eksperimen menunjukkan bahwa tes essay hasil belajar meningkat, dilihat dari uji normalitas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi Shapiro-Wilk untuk variabel pretest dan posttest lebih besar dari 0,05 sehingga variabel berdistribusi normal. Dapat dilihat untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T dengan kriteria nilai Sig. Levene’s Test for Equality of Varuances adalah sebesar 0,287 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa varians data antara Posttest Eksperimen dan Posttest Kontrol adalah Homogen. Sedangkan tabel Output Independent Sampel T Test pada bagian Equal Varuances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel T Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan lingkungan bisa meningkatkan hasil belajar siswa di lihat dari kelas eksperimen mengalami pengaruh dengan menggunakan model Experiental Learning dan kelas kontrol tidak mengalami keefektifan karena menggunakan model konvensional atau ceramah.
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN GENDER Yogi Setya Novanto; Tomo Djudin; Ahmad Yani T; Abd Basith; Eka Murdani
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) Vol 8, No 1 (2023): VOLUME 8 NUMBER 1 JANUARY 2023
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpdi.v8i1.4260

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan ialah untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar berdasarkan gender. Penelitian ini dilakukan pada MIS Ushuluddin Singkawang. Pendekatan penelitian memakai penelitian kuantitatif dengan metode survei, Populasi yang terlibat pada penelitian ini semua siswa kelas V MIS Ushuluddin Singkawang. Teknik sampel yang digunakan berupa sampling jenuh. Kemudian sampel yang terpilih sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 34 laki-laki dan 22 perempuan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa, tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa berdasarkan gender pada materi panas dan perpindahannya pada kelas V MIS Ushuluddin Singkawang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7