cover
Contact Name
Lativa Qurrotaini
Contact Email
qurrota29@umj.ac.id
Phone
+6285646497123
Journal Mail Official
holostika@umj.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikann UMJ Jl. KH Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
ISSN : 25796151     EISSN : 26148242     DOI : https://doi.org/10.24853
Core Subject : Education,
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2017 (versi cetak), dan mulai dionlinekan pada tahun 2018.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019)" : 9 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 12 PAMULANG, BANTEN Wicaksono, Dirgantara; Iswan, Iswan
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perubahan hasil belajar pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten, setelah mengikuti proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Adapun waktu penelitian dilakukan dari bulan Juli 2018  sampai dengan September 2018, dengan subjek 37 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten.  Pada saat penelitian ini dilakukan, peneliti mengambil tema tentang peduli terhadap makhluk hidup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 7,01, siklus II sebesar 7,54, dan siklus III sebesar 7,80. Peningkatan hasil belajar ini diikuti pula dengan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas belajar. Selain itu penerapaan model ini juga terbukti dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaranyang ditunjukkan dari tingginya aktivitas peserta didik yang berkaitan dengan daya kritis, berani menyampaikan pertanyaan dan argumentasi serta memberikan solusi. 
ANALISIS RESPON MAHASISWA DALAM PENERAPAN GROUP WORK RULES PADA METODE PRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Amalia, Arsyi Rizqia; Uswatun, Din Azwar
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam penerapan Aturan Kerja Kelompok dalam metode presentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 49 siswa dari Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar semester 2 Tahun Akademik 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juni 2019 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner untuk respons siswa dalam menerapkan Aturan Kerja Kelompok tentang metode presentasi di Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator yang meliputi: 1) kemampuan untuk bekerja sama dalam suatu kelompok, 2) keaktifan, 3) kontribusi ide / pemikiran, 4) tanggapan terhadap teman-teman kelompok, dan 5) kemampuan untuk bertanya / menjawab. Hasil penelitian ini bahwa penerapan Aturan Kerja Kelompok pada metode presentasi di Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki dampak positif pada respon siswa. Berdasarkan penilaian dosen, rata-rata klasik diperoleh, yaitu kemampuan untuk mengekspos materi adalah 78,32; kemampuan mengajukan pertanyaan adalah 76,43; dan kemampuan untuk menjawab pertanyaan adalah 80,08. Sedangkan penilaian siswa memperoleh hasil yang baik pada kemampuan untuk bekerja sama, keaktifan, kontribusi ide / pemikiran, tanggapan terhadap teman kelompok, dan kemampuan untuk bertanya / menjawab.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) Hayyun, Muhammad; Duri, Bella Aulia
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang masih rendah, sehingga penulis tertarik untuk meneliti apa penyebab rendahnya hasil belajar matematika tersebut dan mengajukan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pengukuran sudut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa (19 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol) dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t independen dan diperoleh thitung sebesar 3.798 yang berarti lebih besar dari ttabel 2.035, dengan taraf sig. 0,001 < 0,05. Hasil uji t tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dan di kelas control, dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDI Darul Falah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepala sekolah, guru, siswa, serta peneliti selanjutnya.
PENGEMBANGAN BUKU ENTERDAL (ENSIKLOPEDIA TEMATIK SUMBER DAYA ALAM) TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Wibowo, Dodik Ari; Poerwanti, Endang; Kuncahyono, Kuncahyono
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (Mulyatiningsih, 2014:200-201). Hasil dari penelitian pengembangan buku enterdal (ensiklopedia tematik sumber daya alam) berdasarkan penilaian persentase hasil validasi tahap satu dan dua pada penelitian ini yaitu 66,25% menjadi 82,5% ahli media dan sumber belajar, 90% menjadi 92,85% oleh ahli materi, dan 90,66% menjadi 96% oleh ahli pembelajaran. Selanjutnya pada hasil uji coba produk untuk mengetahui respon siswa memperoleh persentase 88,94%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku enterdal (ensiklopedia tematik sumber daya alam) yang dikembangkan dengan model ADDIE memiliki kevalidan yang sangat baik dan menarik, sehingga layak digunakan sebagai seumber belajar pelengkap bagi siswa kelas IV.
PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD DHARMA KARYA Lestari, Mas Roro Diah Wahyu; Septianingrum, Tiyas Dwi
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca masyarakat indonesia dan program gerakan literasi sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengasah kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, analisis, kreatif dan inovatif melalui berbagai aktivitas antara lain: membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Penelitian dilakukan di SD Dharma Karya karena SD Dharma Karya adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan program gerakan literasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah agar peneliti mengetahui dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang program gerakan literasi sekolah serta agar peneliti dapat meneliti lebih dalam mengenai program gerakan literasi sekolah di SD Dharma Karya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dan 7 narasumber yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Miles dan Huberman yang terdiri dari : data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (Penarikan kesimpulan/Verifikasi) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa program gerakan literasi di SD Dharma Karya berjalan secara efektif. Didukung oleh sarana dan prasarana di SD Dharma Karya yang sangat memadai serta pihak sekolah yang memiliki peran penuh dalam mendukung program gerakan literasi sekolah terlaksana.
ANALISIS KOMPETENSI KEPERIBADIAN MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI Maula, Luthfi Hamdani; Wardana, Aditia Eska
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil kompetensi siswa PGSD di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi tingkat akhir siswa PGSD di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 65 siswa, data diperoleh melalui tulisan dan tes oral kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan kisaran nilai siswa dari 60 hingga 90 dengan skor rata-rata 74,35. Sementara itu, siswa perempuan yang dibebaskan memiliki rata-rata siswa yang lebih besar daripada siswa laki-laki.
STUDI KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ANGKATAN 2016 MELALUI UJIAN KOMPREHENSIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI Wardana, Aditia Eska; Nurochmah, Andi; Sutisnawati, Astri
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ujian komprehensif harus diikuti oleh siswa departemen pendidikan termasuk Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan kompetensi sosial siswa melalui pengujian komprehensif program studi pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Wawancara dan tes dilakukan pada 65 siswa dari program studi pendidikan guru sekolah dasar, penguji ujian komprehensif yang terdiri dari delapan dosen PGSD UMMI. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi sosial siswa program studi pendidikan guru sekolah dasar melalui ujian komprehensif dikategorikan baik, karena mereka yang melampaui kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 69% atau 45 siswa, sedangkan 31% atau sebanyak Sebanyak 20 siswa di bawah KKM untuk kompetensi sosial.
PENGARUH WAYANG SUKURAGA TERHADAP LITERASI SISWA KELAS TINGGI SD KOTA SUKABUMI Nurasiah, Iis; Lyesmaya, Dyah; Sumiarsa, Dedea
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang sukuraga terhadap literasi siswa sekolah menengah tingkat atas. Jenis yang diteliti adalah dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan Noneequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Cibungur dan Limusnunggal Kota Sukabumi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest, dan metode dokumentasi. Pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen menggunakan media wayang sukuraga sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Pembelajaran dilakukan 4 kali di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan materi yang sama, yaitu mendengarkan cerita. Hasil perhitungan menunjukkan siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai akhir rata-rata dari kelas eksperimen adalah 85 sedangkan kelas kontrol adalah 78. Selain itu, hasil tes dari uji T menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan dalam hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wayang sukuraga memiliki pengaruh terhadap literasi siswa kelas IV dalam materi mendengarkan cerita.
PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENCETAK INSAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL DI SEKOLAH DASAR Nurochmah, Andi; Sutisnawati, Astri; Wardana, Aditia Eska
Jurnal Holistika Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah pengelolaan satuan pendidikan dalam rangka mencetak insan generasi muda yang unggul. Metode penelitian ini evaluasi. Alat pengumpulan data  yaitu, wawancara,  dokumentasi dan observasi. Berdasarkan pengolahan data  maka  pengelolaan satuan pendidikan  pada sekolah dasar dalam rangka mencetak generasi muda yang unggul adalah ditentukan oleh faktor  kemampuan kepala sekolah bersama guru, pengawas, dan orang tua siswa, sehingga kesiapan pimpinan sekolah dan guru dapat menyukseskan pendidikan dasar untuk dapat mencetak generasi muda yang unggul.Saran untuk kepala sekolah dasar hendaknya selalu memiliki upaya untuk peningkatkan kemampuan sebagai  pemimpin perubahan dan mengoptimalkan pembinaan kepada guru  agar menjadi lebih berkualitas dan profesional.

Page 1 of 1 | Total Record : 9