cover
Contact Name
Didik Supriyanto
Contact Email
didiksupriyanto21@gmail.com
Phone
+6281553110298
Journal Mail Official
jurnalscholastic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Hayam Wuruk 31 Wates Umpak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
ISSN : -     EISSN : 26866234     DOI : -
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The journal is published by Department of Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) STITNU Al Hikmah Mojokerto.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Mei" : 8 Documents clear
Pentingnya Ilmu Jiwa Agama dalam Kehidupan (Tinjauan: Teori dan Konsep Ilmu Jiwa) Sudirman Sudirman
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Religion Soul Science is defined as a science that studies the symptoms of a normal, mature and civilized human soul. Psychology is now used generally for the study of human behavior and experience. Psychology of religion examines the influence of religion on attitudes and behavior of people or mechanisms that work within a person, because the way a person thinks, behaves, reacts and behaves cannot be separated from his beliefs, because beliefs are included in personal construction.
Perkembangan Ushul Fiqh di Era Modern Masyhadi Masyhadi
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemikiran hukum Islam sudah mengalami perkembangan Sejak zaman Rasulullah Saw., Namun demikian, corak atau metode pemikiran belum terbukukan dalam tulisan yang sistematis. Dengan kata lain, belum terbentuk sebagai suatu disiplin ilmu tersendiri. Penulis mencoba mengulas tuntas tentang perkembangan Ushul Fiqh menjadi sebuah disiplin ilmu tersendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan penelaahan dokumen. Hasil dalam penelitian ini yakni dalam perkembangan ushul fiqih, atau pemikiran Ushul Fiqh yang membentuk pola penafsiran tertentu terhadap Al-Qur'an terus berkembang, setidaknya dari generasi shahabat sampai pertengahan abad ke 4 Hijriyah dimana pemikiran Ushul Fiqh mencapai kematangannya, dapat diterima pemikiran yang kompromistis bahwa Al-Qur'an dengan kemukjizatan berbagai aspek yang terkandung di dalamnya telah mendorong dan menginspirasi munculnya berbagai corak pemikiran ilmiyah termasuk pemikiran Ushul Fiqh sekaligus corak pemikiran ushuli mempengaruhi metode penafsiran.
Pembaharuan Hukum Keluarga Islam di Indonesia (Ditinjau dalam Undang-Undang No.1 Tahun 1974) Holan Riadi
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keluarga Islam atau ahwal al-syakhshiyyah telah berlaku di Indonesia sejak lahirnya undang-undang no. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Penyusunan Hukum Keluarga Islam di Indonesia (HKI) tahun 1991. Hukum Keluarga Islam yang dijalankan di Indonesia tidak persis sama dengan yang terdapat dalam kitab-kitab klasik (fikih). Dari materi Hukum Keluarga yang ditemukan dalam peraturan perundang-undangan, terdapat beberapa ketentuan baru yang berbeda dengan yang terdapat dalam kitab-kitab Hukum Islam (fikih) klasik seperti catatan perkawinan, pembatasan usia perkawinan, poligami, ahli waris dan wasiat wajibah. Ketentuan baru tersebut dikeluarkan setelah proses pembaharuan pemikiran oleh para ulama dan fuqaha Islam kontemporer. Untuk memperbaharui hukum keluarga Islam, mereka menggunakan reformasi doktrinal intra dan ekstra.
Pendidikan Islam dan Peranannya dalam Manajemen Pendidikan Ahmad Ahmad
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai lembaga yang semakin kompleks sehingga lembaga pendidikan Islam membutuhkan organisasi yang tertata secara sistematis, baik dan benar. Kompleksitas lembaga pendidikan Islam terlihat dari kebutuhan dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan serta pendekatan majamen. Itulah mengapa kebutuhan untuk menggunakan pendekatan ilmu manajemen di lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam menjadi bagian yang menarik bagi kalangan praktisi dan ahli pendidikan sampai sekarang.
Implementasi Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA B pada Bidang Studi Bahasa Jawa di SMA Al Azhar Menganti Gresik Muhammad Abdullah Faqih
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the application of the demonstration method in improving student achievement. Data obtained from interviews, observations and documentation. The research subjects were students of class XI MIPA SMA Al Azhar Menganti Gresik. Based on the results of observations, obtained data on the pre-action of class completeness. This is evidenced from the results of the implementation of the first cycle of 71 and in the second cycle it became 80.29 above the indicators of learning success. Based on these data, the researcher concludes that the demonstration method can improve student achievement in the field of Javanese language studies.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak MI Dengan Media Permainan Tradisional Di Kampung Main Mojopahit Misbahur Khoir
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pendampingan ini bertujuan untuk meneliti strategi dalam menghidupkan motivasi belajar siswa demi menjaga keberlangsungan pendidikan dalam kebijakan Study From Home (SFH) pada masa pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Amiruddin dan warga sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi yang digunakan untuk menghidupkan motivasi belajar siswa dalam kebijakan SFH di tengah wabah COVID-19 berupa media permainan tradisional terbukti dapat menghidupkan motivasi belajar siswa. Hambatan yang ditemui guru yaitu berkenaan dengan aspek orang tua peserta didik, dan sarana pembelajaran. Manfaatnya berupa tumbuhnya motivasi belajar siswa, melatih kedisiplinan siswa, serta membantu meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak.
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MI BRAWIJAYA II TROWULAN sumartini rahayu
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada hubungan yang tidak bisa diabaikan antara sinergi orang tua dan guru dalam disiplin pendidikan karakter siswa. Hubungan keduanya terjadi dalam dua arah, di satu sisi sinergi orang tua dan guru berperan dalam membentuk perilaku karakter disiplin siswa. Di sisi lain, pandangan karakter disiplin ilmu tertentu juga menjadi katalisator munculnya karakter disiplin ilmu lainnya. Dalam konteks pendidikan karakter disiplin siswa di era modern, sinergi orang tua dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Brawijaya II Kabupaten Trowulan menemukan adanya perluasan sinergi antara orang tua dan guru dengan fenomena pendidikan karakter disiplin siswa yang mengkhawatirkan. Sedangkan faktor penyebab rusaknya karakter siswa di MI Brawijaya II Kabupaten Trowulan adalah dipengaruhi oleh guru dan orang tua, serta sistem pendidikan yang diberlakukan di madrasah.
The Influence of Integration of Four Skills to the Performance of Undergraduate Students on TOEFL Sample Test Nurul Azizah Ria Kusrini; Eka Rizki Amalia
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 3 No 1 (2021): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nowadays, there are a number of approaches to teach English. All of them have been used and developed along the time to help the foreign students to reach a better proficiency of English as foreign language. For few years, there have been many opinions that reinforce the idea of integrating four skills to create a real communication atmosphere as authentic as possible. They propose to mix reading and listening comprehension with oral and written expression in teaching English. Hence, this investigation aims to identify whether by including integration of four skills into the lesson can bring significant affects or not to the performance of undergraduate students in doing a TOEFL sample test. To reach this, observation of lessons will be recorded on checklist and the application of a standardized test will be applied in order to establish the relationship between two variables, the integration of four skills in lesson and the affects to the students’ performance in doing TOEFL sample test. Finally, it can be properly affirmed that the integration of the four skills of the English language influences the students’ performance concerning English as a foreign language.

Page 1 of 1 | Total Record : 8