cover
Contact Name
Didik Supriyanto
Contact Email
didiksupriyanto21@gmail.com
Phone
+6281553110298
Journal Mail Official
jurnalscholastic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Hayam Wuruk 31 Wates Umpak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
ISSN : -     EISSN : 26866234     DOI : -
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The journal is published by Department of Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) STITNU Al Hikmah Mojokerto.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Mei" : 9 Documents clear
Evektivitas Media Permainan Edukatif terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini pada Kelompok A di RA Darurrohim Al Hasan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan M Mujib Utsmani; Arina Manasikana
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan bahasa merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan anak, yakni kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompok sosial. Melalui berkomunikasi beberapa sasaran khusus akan tercapai untuk mendorong mereka bisa mengemukakan sesuatu melalui perasaan, melalui buku - buku dan bahan bacaan lainnya. Tetapi pada penelitian kali ini, peneliti memakai objek penelitian meliputi bermain kofabar (kotak alphabet dan gambar). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media permainan edukatif terhadap kemampuan Bahasa anak usia dini pada kelompok A di RA Darurrohim Al Hasan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dapat dilakukan secara optimal, yakni dengan memberikan kegiatan edukatif dan menyenangkan supaya anak didik selama melakukan pembelajaran daring atau dari rumah tidak mengalami kejenuhan.
Manajemen Tata Kelola Zakat di Indonesia Masyhadi Masyhadi
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pengelolaan dan penggunaan zakat di Indonesia, keberadaannya merupakan suatu kepastian yang tidak terhingga. Meskipun pemerintah memiliki keinginan yang kuat untuk memformalkan zakat di Indonesia, namun formalisasi terus berkembang dan meningkat dari waktu ke waktu. Di sisi lain, dapat dikatakan bahwa itu adalah kepedulian negara terhadap semangat zakat Islam. Namun di sisi lain, regulasi zakat yang dikeluarkan oleh pemerintah telah kehilangan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga yang diciptakan oleh pemerintah. Artikel ini mengkaji perkembangan zakat di Indonesia, khususnya sejarah politik pengelolaan dan penggunaan zakat di Indonesia dari masa ke masa.
Perencanaan dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Akhmad Akhmad
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan merupakan unsur yang sangat penting dan strategis sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Proses perencanaan sebagai rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan keputusan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dilakukan. Dalam pendidikan Islam, perencanaan merupakan salah satu faktor kunci untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan yang efektif baik di tingkat nasional maupun lokal. Namun, dalam praktik pendidikan Islam, perencanaan pendidikan dipandang sebagai unsur pelengkap dan tujuan tidak tercapai secara optimal. Pentingnya perencanaan strategis bagi pengembangan pendidikan Islam di Indonesia menunjukkan bahwa masih perlu dilakukan upaya dalam penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia untuk memposisikan diri agar pendidikan Islam benar-benar dapat mencapai tujuannya.
Dinamisasi Pasar Global Kaitannya dengan Kebangkitan Ekonomi Islam Holan Riadi
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasar global adalah pintu gerbang yang luas bagi produsen untuk memperdagangkan barang dan jasa. Persaingan muncul sangat cepat dan produsen menggunakan strategi pemasaran untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Ekonomi kapitalis dan sosialis masih mendominasi ekonomi global. Karena keunggulan kedua sistem dan didukung oleh kerangka ekonomi yang mudah ditemukan dan persaingan global, pengembangan masyarakat yang berorientasi material, perhatian dan kemauan untuk memahami dan menerapkan sistem ekonomi lainnya. dan berdasarkan iman yaitu ekonomi Islam. Apalagi di era globalisasi saat ini, inilah cara terbaik bagi seluruh umat Islam untuk memperkenalkan budaya dan ajaran Islam ke seluruh penjuru dunia. Keberadaan pasar global menghilangkan hubungan lebih lanjut. Bahkan, terkait dengan Surry, dan perbatasan seolah hilang dalam bidang ekonomi, khususnya perdagangan. Pasar global mengalami fluktuasi yang sangat cepat dalam perkembangan ekonomi, dan kebangkitan ekonomi Islam adalah gerakan yang terus menerus, dan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam perekonomian harus memberikan keuntungan dalam hidup berdampingan.
Peranan Ta’limul Muta’allim dalam Pembelajaran Modern Nur Syahid
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The book ta'limul muta’allim is a book that discusses learning methods, learning objectives, learning principles, learning strategies and so on which as a whole aims to guide a person on morals and morality. Akhlakul karimah are all good or praiseworthy deeds that are embedded in the human soul which will then become a good habit. The aim of morals is for humans to be virtuous, behave, behave well towards God and towards fellow creatures, so that he will become higher and more perfect than other creatures and get the blessing of Allah SWT, to finally get the happiness of the world and the hereafter. The book of taklim which is actually one of the books that discusses how a person's morality begins to enter the world of education so that he can get useful knowledge. Then mastering the material of the book Ta'limul Muta'allim will give effect to the formation of students' morality since the learning process. Mastery of the material ta'limul muta'allim will provide an understanding of what knowledge must be known, what is the purpose of seeking knowledge in the view of Islam and how they respect teachers and others.
Penguasaan Konsep Ekonomi terhadap Pola Perilaku Konsumsi Siswa H. Ihsan
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep ekonomi siswa terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner. Responden survei adalah 50 siswa kelas XI IPA SMA Negri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Hipotesis dirumuskan dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Berdasarkan uji parsial atau uji-t, diperoleh hasil bahwa penguasaan konsep ekonomi berpengaruh terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPA SMA Negri 1 Sidoarjo, Sidoarjo, Sidoarjo. 2). Berdasarkan uji parsial atau uji t diketahui bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPA SMA Negri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. 3). Berdasarkan uji simultan atau uji F diperoleh bahwa kombinasi faktor penguasaan konsep ekonomi dan status sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap pola perilaku konsumsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo persawahan.
Implementasi Budaya Antri Melalui Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosianal pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Pacet Mojokerto Siti Mudjaidah
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Budaya Antri Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif deskriptif dan studi pustaka (liblary research). Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan teknik pengumpulan datanya dokumentasi dan riset kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah budaya antri dapat melatih anak untuk belajar manajemen waktu, belajar bersabar menunggu giliran, belajar disiplin dan melatih kejujuran, belajar menghormati hak orang lain, belajar bersosialisasi dan berkomunikasi. Budaya antri dapat ditanamkan kepada anak-anak, dalam hal ini anak dibiasakan untuk menunggu giliran sesuai urutan dan tidak saling mendahului ketika masuk ruang belajar atau ruang bermain. Maka disimpulkan bahwa budaya antri dapat meningkatkan perkembangan sikap sosial emosional anak dalam proses perubahan tingkah laku dan penyesuaian diri anak terhadap lingkungan tempat tinggal dan anak dapat bersosialisasi, bekerjasama, dalam melatih anak supaya bisa untuk saling menghargai dan melatih karakter terhadap orang lain. Lakukan kebiasaan proses mengantri setiap kegiatan.
Aqsâm Al-Qur`ân Achmad Muchammad
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu tema dalam ‘Ulûm al-Qur`ân ialah aqsâmal-Qur`ân yang berarti sumpah-sumpah Al-Qur`an. Sumpah-sumpah Al-Qur`an dapat dipahami paling tidak dengan dua pemahaman; pertama, redaksi kalimat sumpah yang terdapat dalam al-Qur`an, dan kedua, sumpah-sumpah Allah selaku Penutur kalam yang tertuang dalam kitab suci Al-Qur`an. Yang pertama mencakup sumpah siapa pun yang diugkap Al-Qur`an, misalnya sumpah yang diucapkan setan ketika diusir oleh Allah dari surga (QS. Al-A’râf/7: 16-17), sumpah orang-orang kafir yang tidak percaya adanya hari kebangkitan (QS. Al-Nahl/16: 38), dan sebagainya. Adapun sumpah kategori kedua hanya meliputi sumpah-sumpah yang berasal dari Allah dalam Al-Qur`an seperti dalam QS. Al-‘Ashr/103: 1-3, dan lainnya. Selain jumlahnya yang cukup banyak, kalimat sumpah dalam kitab suci umat Islam tersebut juga mempunyai daya tarik tersendiri sehingga diperlukan pembahasan khusus dalam kajian ilmu-ilmu Al-Qur`an.Dari sini lahirlah sejumlah karya yang difokuskan untuk membedah sumpah dalam Al-Qur`an, seperti dilakukan oleh Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dan beberapa ulama lainnya. Daya tarik dari sumpah Al-Qur`an yang dimaksud antara lain terdapat dalam tujuan sumpah itu sendiri. Jamak diketahui bahwa tujuan sebuah berita atau informasi dibubuhi dengan sumpah adalah untuk menguatkan kebenaran dari isi berita dan informasi tersebut. Lalu, apakah tujuan sumpah semacam ini juga sama dengan tujuan sumpah-sumpah Al-Qur`an, sebab: Bila sumpah Al-Qur`an ditujukan untuk kaum beriman niscaya tidak ada maknanya sebab tanpa sumpah pun mereka akan mempercayainya. Sedangkan jika diarahkan untuk pembaca non-mukmin atau kaum kafir tentu tak ada manfaatnya, bukankah sejak semula mereka telah ingkar? Atau barangkali ada maksud tertetu kenapa firman Tuhan tersebut dikuatkan dengan sumpah? Di sinilah salah satu alasan kenapa sumpah dalam Al-Qur`an urgen untuk dibicarakan. Dalam makalah ini penulis mencoba mengurai sumpah-sumpah Al-Qur`an diawali dengan langkah pengenalan tentang makna sumpah secara kebahasaan dan keistilahan, lalu unsur-unsur dari suatu kalimat sehingga dapat disebut sumpah, ayat-ayat yang dibubuhi sumpah, sampai faedah sumpah dalam Al-Qur`an.
Pengembangan Bahasa Arab Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Wangkal Krembung Sidoarjo Mochamad Syaifudin
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 4 No 1 (2022): Mei
Publisher : LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ta’allamu al-Arabiyah Fa Innaha Juzun Min Dinikum (Pelajarilah bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah bagian dari agamamu), begitu kira-kira ungkapan yang disampaikan oleh Khalifah kedua, Umar bin Khottob. Beliau berpandangan begitu pentingnya bahasa Arab bagi tingkat keberagamaan seseorang. Ini bisa dipahami lantaran dalam ritual ibadah mahdloh, semua doa dipanjatkan dalam bahasa Arab. Kalaupun seorang hamba bisa membaca Arab tapi tanpa mengetahui makna kandungannya tentu tingkat penghayatan dan peresapan pesan dalam ritus itu akan berbeda dengan mereka yang memahami bahasa Arab. Sehingga bisa diungkapkan logika sederhana, tingkat kekhusyuan ibadah seorang hamba tergantung sejauhmana ia memahami apa yang ia panjatkan dalam bahasa Arab, begitu pula sebaliknya, walaupun ada perbedaan pandangan tentang faktor lain dalam menentukan kekhusyuan ibadah seseorang. Karena itu Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Wangkal Krembung Sidoarjo memandang perlunya mengajarkan bahasa Arab sebagai pelajaran yang terpisah dari baca tulis al-Qur’an, sejarah nabi, tata laku ibadah, akidah keyakinan dan materi keagamaan lain walaupun seluruh materi itu ditulis dalam buku ajar dengan menggunakan bahasa Arab. Kalau hanya mengacu kepada apa yang tertulis dalam kitab ajar, tentu bahasa Arab hanya dianggap sebagai bahasa yang pasif, karena tujuannya hanya untuk bisa membaca dan memahami tanpa mampu untuk menjadikan alat komunikasi baik lisan maupun tulisan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa juga dengan pertimbangan kalau pembelajaran bahasa Arab hanya bertumpu pada bahasa yang tertulis dalam buku ajar tentu bahasa santri akan ketinggalan dengan perkembangan bahasa Arab yang begitu cepat. Karena selain tetap memakai literatur buku berbahasa Arab yang sudah diberi arti dan penjelasan minimalis, bahasa Arab juga diajarkan dengan sistem integratif, menggabungkan apa yang tercantum dalam teks buku ajar juga dengan materi kebahasaan yang bersifat murni dan aplikatif. Sehingga ke depan pembelajaran bahasa Arab ini akan membantu santri untuk memahami buku ajar berbahasa Arab secara mandiri, syukur-syukur bisa menyampaikan gagasan atas sebuah persoalan dengan menggunakan bahasa Arab baik lisan maupun tulisan. Dengan penguasaan semacam itu peluang santri untuk melanjutkan misi belajarnya ke negara-negara Timur Tengah akan semakin besar. Menuntut ilmu di Timur Tengah dengan ulam-ulama besar yang menggunakan bahasa Arab tentu menjadi dambaan setiap santri. Mudah-mudahan dikabulkan Allah SWt. Amien.

Page 1 of 1 | Total Record : 9