cover
Contact Name
Ira Yuniati
Contact Email
-
Phone
+6285380062865
Journal Mail Official
lateralisasi@umb.ac.id
Editorial Address
Kampus I, Jl. Bali Po Box 118 Kota Bengkulu 38119
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Lateralisasi
ISSN : 2354936X     EISSN : 26144522     DOI : https://doi.org/10.36085
Core Subject : Education, Social,
Jurnal terbitan di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pada jurnal ini membahas tentang Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Daerah yang merupakan jurnal berbasis Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, beserta penelitian yang berkaitan dengan implementasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI" : 13 Documents clear
KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA TULIS PADA ARTIKEL JURNAL SPEKTRUM INDUSTRI DAN KAITANNYA DENGAN PERKULIAHAN PENYUNTINGAN Rachma Putri; Sudaryanto M, Pd.
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1075

Abstract

(1) Deskripsi bentuk kesalahan berbahasa Indonesia tulis meliputi ejaan, diksi, dan morfologi pada artikel jurnal Spektrum Industri Vol. 17. No.  1 (2) Deskripsi bentuk keterkaitan analisis kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada artikel jurnal Spektrum Industri Vol. 17 No. 1 dengan perkuliahan Penyuntingan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA EDISI KELIMA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN BAHASA) Sudaryanto Sudaryanto
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1210

Abstract

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V) tidak hanya dimaknai sebagai produk dari pengembangan bahasa Indonesia, tetapi lebih dari itu, juga memiliki pengaruh terhadap praktik pendidikan bahasa Indonesia di sekolah. Ditinjau dari perspektif filsafat pendidikan bahasa, keberadaan KBBI V sangat membantu para guru dalam mengajarkan Bahasa Indonesia dengan sejumlah metode pembelajaran. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis ialah informasi yang tersaji di dalam KBBI V meliputi kelas kata, ragam, bahasa, dan bidang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBBI V dapat dimanfaatkan dalam metode abjad, metode analitis, metode analitis-sintetis, metode eja, metode global, metode kalimat, metode kata lembaga, dan metode sintetis. Tiap-tiap metode ini merupakan bentuk perpaduan antara hal-ihwal kebahasaan dan pendidikan bahasa Indonesia, terutama dalam konteks pembinaan bahasa, sesuai dengan Pasal 16 ayat (2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia.Kata Kunci: KBBI V, Pembelajaran Bahasa Indonesia, metode-metode pembelajaran
Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X IIS 4 SMAN 8 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019 Mahdijaya - Mahdijaya; Ajat - Manjato; Ririn - Novita
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1243

Abstract

ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan distraktor butir soal Bahasa Indonesia kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia sswa kelas X IIS 4 SMAN 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distraktor soal.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 4 SMAN 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik wawancara dan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara manual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki validitas tidak valid karena dari sebagian besar butir soal atau sebesar 70% dinyatakan tidak valid. (2) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi karena memiliki koefisien reliabilitas  (3) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki taraf kesukaran yang sedang karena sebagian besar butir soal atau sebesar 50% mempunyai taraf kesukaran yang sedang. (4) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki daya pembeda yang negatif atau tidak baik karena sebagian besar butir soal atau sebesar 57,5% memiliki daya pembeda yang negatif. (5) Soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 memiliki distraktor kurang berfungsi dengan baik karena sebagian besar butir soal atau sebesar 60% yang distraktornya kurang berfungsi dengan baik.Kata kunci: analisis, butir soal, ujian akhir semester, bahasa Indonesia.
KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU St. Asiyah - St. Asiyah; Yanti - Paulina; Tiara Rescha Lestari
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1244

Abstract

Abstrak Teks eksposisi merupakan teks yang mengungkapkan pikiran, perasaan atau pendapat penulis untuk diketahui orang lain. Teks eksposisi berusaha menjelaskan suatu prosedur atau proses, memberikan definisi, menerangkan, menjelaskan, menafsirkan gagasan, menerangkan bagan atau tabel, dan mengulas sesuatu. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu ? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat : Sebagai masukan bagi guru bahasa Indonesia, yaitu memperbaiki pembelajaran mengidentifikasi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif.  Subjek penelitian ini siswa kelas VIII B SMP 13 Bengkulu jumlahnya 30 siswa. Teknik Pengumpulan Data menggunakan Teks. Hasil penelitian ini dengan Rata-rata aspek pernyataan pendapat (tesis) siswa kelas VIII B di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Presentase skor 72.5 %. Rata-rata kemampuan aspek argumen-arumen siswa kelas VIII B di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Presentase skor 76 %.  Karena jawaban test pada siswa dalam aspek argumen-argumen menunjukkan kurang terorganisasi (Argumen-argumen), tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak  lengkap. Rata-rata kemampuan penegasan ulang pendapat siswa kelas VIII B di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Presentase skor  75.2 %. Karena jawaban test pada siswa dalam aspek penegasan ulang pendapat menunjukkan pemanfaatan kata cukup canggih, pilihan kata dan ungkapan sesekali kurang tepat tetapi tidak mengganggu. Rata-rata kemampuan mengidentifikasi teks eksposisi siswa kelas VIII  B SMP Negeri 13 Kota Bengkulu adalah Nilai rata-rata presentase 74.58 %.Kata Kunci : Kemampuan, Teks Eksposisi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT BENGKULU SINGARAN PATI (RAJA SUNGAI HITAM) KARYA ELVI ANSORI Septina - Lisdayanti; Meizi Rizkika Cahyani
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1245

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan cerita Bengkulu Singaran Pati (Raja Sungai Hitam) karya Elvi Ansori? Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan cerita rakyat Bengkulu Singaran Pati (Raja Sungai Hitam) karya Elvi Ansori. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik studi pustaka dengan langkah-langkah sebagai berikut, (1) membaca buku cerita rakyat Bengkulu Singaran Pati (Raja Sungai Hitam) secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh atas makna totalitas karya yang dianalisis, (2) membaca ulang cerita rakyat Bengkulu Singaran Pati (Raja Sungai Hitam) sambil menandai bagian cerita yang menyatakan isi cerita sambil menggaris bawahi, (3) mengumpulkan kalimat yang telah ditandai tadi kedalam daftar data. Teknik analisis data adalah (1) mengelompokkan atau mengklasifikasi kalimat kedalam kategori nilai-nilai pendidikan, (2) menganalisis lebih lanjut setiap kategori data untuk data interpretasi, (3) mendeskripsikan hasil analisis dan interpretasinya, (4) menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Bengkulu Singaran Pati (Raja Sungai Hitam) karya Elvi Ansori dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan nilai pendidikan moral yang paling dominan dengan bentuk hubungan manusia dengan sesama.Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan, Cerita Rakyat, Bengkulu, Singaran Pati (Raja Sungai Hitam)
MINAT BACA MAHASISWA TINGGI KEMAMPUAN BACA AKADEMIK RENDAH (Studi Mahasiswa FKIP-UMB Bengkulu Semester IV Tahun Akademik 2018/2019 ) Syanurdin - Syanurdin
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1246

Abstract

ABSTRAKMembaca itu rumit. Apa artinya? Rumit dimaksudkan bahwa ketika sedang membaca banyak faktor-faktor yang saling berhubungan, membentuk semacam koordinasi untuk menunjang pemahaman terhadap bacaan. Ada saatnya pada tahap membaca tertentu, kemampuan intelektual dibutuhkan; dan pada saat yang lain dibutuhkan faktor pengetahuan, pengalaman, persepsi untuk menelaah, menyintesis, menilai, dan membantu berimajinasi. Proses membaca yang tidak sederhana itu yang menyarankan pada setiap orang agar belajar meningkatkan kemampuan keterampilan membaca. Di sinilah kecepatan dan kemampuan membaca akademik   itu dibutuhkan.Kata kunci: Minat baca tinggi  kemampuan baca akademik rendah
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HARGA SEBUAH PERCAYAKARYA TERE LIYE Man - Hakim; Neneng - Astina
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1247

Abstract

AbstrakMasalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Harga Sebuah PercayakaryaTere Liye?Penelitian ini adalah untuk memperoleh pendeskripsian nilai-nilai pendidikan karakter.Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik daftar data dengan langkah-langkah sebagai berikut, (1) membaca novel secara keseluruhan untuk memperoleh gambaran secara umum, (2) membaca ulang  novelsambil menandai bagian karya yang berhubungan dengan masalah penelitian yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dengan cara menggarisbawahi dengan tinta warna, (3) mengumpulkan bagian-bagian teks novel yang telah digarisbawahi pada daftar data. Teknik analisis data adalah (1) kutipan yang telah dikumpulkan pada daftar data, kemudian diidentifikasi berdasarkan bentuk nilai-nilai pendidikankarakter, (2) kutipan-kutipan sama dikelompokan menjadi satu kelompok, (3) dianalisis lebih lanjut untuk proses dideskripsikan, (4) menginterpretasikan, dan (5) menarik kesimpulan penelitian.Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novelHarga Sebuah Percaya karya Tere Liye ditemukan sebanyak 72 data.Nilai pendidikan karakter adalah religius adalah berdoa  meliputi (a) berdoa untuk meminta petunjuk dalam mengambil keputusan dan (b) berdoa diberikan jalan terbaik, dan (c) berdoa untuk meminta keluarga Nayla menyetujui hubungan mereka, (d) tidak melakukan kejahatan, dan (e) berdoa untuk diberikan keselamatan, kerja keras wujudnya meliputi (a) rajin bekerja, (b) efesien dalam menggunakan waktu, (c) tidak milih pekerjaan, (e) bekerja hampir 24 jam, kreatif wujudnya meliputi (a) menghasilkan karya baru dan (b) memiliki pemikiran yang cerdas, dan (c) melakukan sesuatu sesuai situasi dan kondisi, percaya diri wujudnya meliputi (a) optimis/memiliki keyakinan yang tinggi dan (b) bertanggung jawab, (c) tidak memiliki rasa takut, (d) memiliki kebanggaan atas apa yang dikerjakan, (e) percaya diri dengan sosok yang diidolakan, (f) memuji diri sendiri, rasa ingin tahuwujudnya meliputi(a) selalu ingin tahu urusan orang lain, (b) suka bertanya, (c) memiliki niat untuk belajar, bersahabat/komunikatif wujudnya meliputi (a) mudah bergaul, (b) cepet menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, (c) memiliki sikap kebersamaan dan kerja sama, dan (d) mudah tersenyum, (e) pembawaan riang, dan (f) memiliki kemampuan meyakinkan orang lain, peduli sosial wujudnya meliputi (a) peduli dengan orang lain, (b) membantu sesama, (c) memberikan petunjuk yang baik, (d) tokoh Marguireta memiliki rasa empati pada Jim, (e) tokoh Pate mengajari Jim membaca dan menulis, menghargai prestasi wujudnya meliputi (a) mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih, (b) memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah, dan (c) mendapatkan penghargaan, dan tanggung jawab wujudnya meliputi (a) menepati janji, (b) melakukan kewajiban, dan (c) memiliki jiwa menjaga dan melindungi.Kata Kunci : nilai pendidikan karakter, novel Harga Sebuah Percaya
PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHAFAL DI DESA KUTOREJO KABUPATEN KEPAHIANG Jelita - Zakaria; Yanti - Paulina
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1248

Abstract

AbstrakBahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Melalui penguasaan kosa kata seseorang atau anak dapat mengembangkan interaksi dengan orang lain. Penguasaan kosakata Bahasa Indonesia yang dimiliki anak TK Bustanul Athafal Desa Kutorejo rendah dibanding dengan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia di sekolah TK lainnya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak di sekolah Taman Kanak-kanak Bustanul Athafal Desa Kutorejo tersebut. Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak usia 4-6 tahun di  Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athafal Desa Kutorejo Kabupaten Kepahiang. Tujuan peneitian mendeskripsikan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak 4-6 tahun yang sedang belajar dan berinteraksi di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik mengolah data yaitu dengan cara editing, coding/pengkodean, tabulasi dan menghitung presentase rata-rata. Hasil penelitian menunjukan  kosakata bahasa Indonesia  yang dikuasai oleh anak usia 4-6 tahun di TK Asisiah Bustanul Athfal Desa Koto Rejo Kabupaten Kepahiyang adalah: 1) Berdasarkan klarifikasi kosa kata,  kata benda lebih dominan, disusul dengan kata sifat, kata kerja, kata keterangan, kata bilangan, kata ganti, kata seru, kata depan, kata hubung, dan kata sandang tidak ditemukan dalam penelitian ini. 2) Berdasarkan umur, penguasaan kosakata anak umur 6 tahun lebih banyak daripada anak usia 5 dan 4 tahun. 3) Berdasarkan jenis kelamin, anak perempuan lebih banyak menguasai kosakata daripada anak laki-laki. 4) Berdasarkan pekerjaan orang tua, terlihat pada hasil penelitian bahwa anak yang orang tuanya bekerja sebagai guru berbeda penguasaan kosakatanya dengan anak yang orang tuanya bekerja sebagai petani, pedagang dan buruh. 5) Berdasarkan sosial ekonomi, terlihat bahwa anak yang memiliki sosial ekonomi bagus  penguasaan kosakatanya lebih  tinggi, sebaliknya anak yang memiliki sosial ekonomi kurang bagus penguasaan kosakatany  rendah.Kata Kunci: Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak
NILAI MORAL DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA Ira - Yuniati; Hasmi - Suyuthi; Thara Zetira Elfanni; Mahdijaya - Mahdijaya
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1249

Abstract

Abstrak Kata Kunci: Nilai Moral Baik dan Buruk,  NovelOrang-Orang Biasa. Nilai-nilai Moral adalah ajaran baik atau buruk perbuatan atau kelakuan, akhlak, kewajiban, budi pekerti dan susila yang digunakan untuk menentukan batas-batas dari sifat, perangai, kehendak atau perbuatan secara layak dapat dikatakan benar, salah, baik, buruk.Masalah penelitian ini adalah 1)Bagaimana nilai moral baik yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata? 2) Bagaimana nilai moral buruk yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata?, Tujuan penelitian ini adalah 1)Mengdeskripsikan nilai moral baik yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata? 2) Mengdeskripsikan nilai moral buruk yang terdapat dalam novel  Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata? Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah  teknik studi pustaka dengan langka-langka sebagai berikut,(1)Membaca keseluruhan novel Imperpect karya Meira Anastasia untuk memperoleh pemahaman  menyeluruh atas makna karya yang dianalisis.(2)Membaca ulang novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata sambil menandai bagian novel yang menyatakan unsur instrinsik dan bentuk-bentuk nilai moral.(3)Mengumpulkan nilai moral novel Imperpect karya Meira Anastasia.(4)Mengumpulkan Unsur instrinsik novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata. Teknik analisis data adalah(1)Mengelompokkan atau mengklasifikasi unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata.(2)Mengelompokkan atau mengklasifikasi nilai moral yang terdapat dalam novelOrang-orang Biasa Karya Andrea Hirata.(3)Kemudian data dianalisis lebih lanjut sesuai dengan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan struktural.(4)Mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata.(5)Menafsir nilai moral dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata.(6)Mengambil kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam novel terdapat 59 data nilai moral, yang terdiridari 39 nilai moral baik dan 20 nilai moral buruk. Nilai moral baik yang terdapat dalam novel yang meliputi: 1) Hubungan manusia dengan Tuhan. Meliputi nilai moral baik: berdoa 1 kutipan. Dan nilai moral buruk: tidak ditemukan di dalam novel. 2) Hubungan manusia dengan diri sendiri. Meliputi nilai moral baik: (a) kesabaran 1 kutipan, (b) keikhlasan 3 kutipan, (c) optimis 2 kutipan, (d) pantang menyerah 6 kutipan, (e) bekerja keras 2 kutipan. Dan nilai moral buruk: (a) tidak sabar 1 kutipan, (b) pesimis 3 kutipan. 3) Hubungan manusia dengan lingkup sosial dan lingkungan alam. Meliputi nilai moral baik: a) peduli sesama 5 kutipan, (b) kejujuran 7 kutipan, (c) kasih sayang 2 kutipan, (d) kebahagiaan 5 kutipan, (e) bertanggung jawab 5 kutipan. Dan nilai moral buruk: (a) tidak peduli sesama 1 kutipan, (b) tidak bertanggung jawab 1 kutipan, (c) bohong 2 kutipan, (d) kejahatan, keji, tidak bermoral 12 kutipan. Nilai moral baik yang mendominasi dibandingkan nilai moral buruknya.Saran dalam penelitian ini adalah (1) untuk ke depannya penulis mengharapkan kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menambah wawasan tentang nilai moral baik maupun buruk. (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya penelitian ini menjadi motivasi bagi peneliti sendiri
KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE Loliek Kania Atmaja; Mardan - Mardan; Pita - Pramudia
Lateralisasi Vol. 8 No. 2 (2020): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v8i2.1250

Abstract

Abstrak     Konflik adalah kejadian yang tergolong penting, sesuatu yang bersifat tidak menyenangkan yang terjadi dan atau dialami oleh tokoh-tokoh cerita yang bersifat dramatik, mengacu pada pertarungan antara dua kekuatan yang seimbang dan menyiratkan adanya aksi dan aksi balasan. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah konflik batin tokoh utama dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pendeskripsian konflik batin tokoh utama dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik daftar data dengan langkah-langkah sebagai berikut, (1) membaca novel Si Anak Badai karya Tere Liye, (2) membaca ulang  novel Si Anak Badai karya Tere Liye sambil menandai bagian karya yang berhubungan dengan masalah penelitian dengan cara menggaris bawahi dengan tinta warna, (3) mengumpulkan bagian-bagian teks novel yang telah digarisbawahi pada lembar pencatat data dalam bentuk daftar data. Teknik analisis data adalah (1) mengidentifikasi konflik batin tokoh utama yang telah terkumpul dalam daftar data, (2) mengklasifikasikan kedalam kategori sesuai dengan masalah penelitian yaitu konflik tokoh utama, (3) menganalisis konflik tokoh utama dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye untuk dideskripsikan, (4) menginterpretasikan konflik tokoh utama yang terdapat dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye, dan (5) menarik kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian konflik batin tokoh utama dalam novel Si Anak Badai karya Tere Liye dapat diambil kesimpulan, yaitu konflik batin tokoh utama ditemukan sebanyak 78 data meliputi marah ditemuakan sebanyak 4 data, cemas ditemukan sebanyak 5 data, kesal ditemukan sebanyak 3 data, rasa takut ditemukan sebanyak 14 data, kebingungan ditemukan sebanyak 13 data, rasa bersalah ditemukan sebanyak 7 data, kecewa ditemukan sebanyak 8 data, panik ditemukan sebanyak 10 data, penderitaan ditemukan sebanyak 2 data, penyesalan diri ditemukan sebanyak 1 data, sedih ditemukan sebanyak 2 data dan malu ditemukan sebanyak 8 data. Koflik batin tokoh utama yang paling dominan muncul adalah rasa takut dengan 14 data. Sedangkan yang paling sedikit adalah penyesalan diri dengan 1 data. Saran dalam penelitian ini (1) hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk penelitian berikutnya. (2) kepada pembaca dan pemerhati karya sastra memperdalam pengkajian karya sastra, (3) perlu penelitian yang relevan agar penelitian selanjutnya dapat dijadikan sebagai referensi.Kata Kunci: Konflik Batin, Tokoh Utama, novel Si Anak Badai

Page 1 of 2 | Total Record : 13