cover
Contact Name
Syahril
Contact Email
syahril@iainbengkulu.ac.id
Phone
+6281271987140
Journal Mail Official
maktabah@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
Rektorat Lantai 2 Jalan Raden Fatah Pagar Dewa IAIN Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Al Maktabah Jurnal kajian Ilmu dan Perpustakaan
ISSN : 25029355     EISSN : 26572346     DOI : http://dx.doi.org/10.29300/mkt
Core Subject : Science,
Jurnal kajian ilmu dan perpustakaan yang diterbitkan oleh Pusat perpustakaan IAIN Bengkulu untuk mewadahi para pustakawan dan peneliti dalam mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER" : 8 Documents clear
Revitalisasi Pengelolaan Perpustakaan Universitas Bengkulu Nanik Rahmawati
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5495

Abstract

Revitalisasi pengelolaan perpustakaan merupakan suatu terobosan inovasi yang relevan dengan perubahan lingkungan strategis. Proyek Perubahan ini memiliki peranan yang strategis bagi Universitas Bengkulu dalam upaya pengembangan layanan prima untuk merespon tuntutan dan perubahan paradigma birokrasi. Inovasi dalam proyek perubahan ini mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di layanan administrasi bebas pustaka khususnya di Universitas Bengkulu.    Proyek perubahan ini menghasilkan kebijakan strategi pengembangan layanan bebas pustaka yaitu dengan adanya kebijakan sebagai dasar hukum operasional layanan. Strategi pengembangan layanan bebas pustaka melibatkan bagian evaluasi dan pembelajaran, UPT Perpustakaan Unib serta ruang baca 8 fakultas terintegrasi menjadi kesatuan layanan. Sistem layanan bebas pustaka merupakan inovasi yang dirancang oleh Universitas Bengkulu yang dilaksanakan secara kolaboratif di lingkungan universitas melalui sistem informasi yang terintegrasi dengan tujuan baik staf maupun mahasiswa mampu untuk beradaptasi secara dinamis melalui pengembangan layanan secara berkelanjutan sehingga universitas  mampu menjadi organisasi yang agile dan adaptif menuju organisasi pembelajar.Sistem pengembangan layanan bebas pustaka merupakan salah satu manajemen perubahan dalam reformasi birokrasi dalam rangka memberikan layanan yang efektif dan efisien agar dapat bersaing menuju SDM unggul. Proyek perubahan ini juga sejalan dengan Visi universitas yaitu menuju world class universty.
Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq Kota Bengkulu Falahun Ni'am; Muhammad Hidayaturrahman; Nur Hidayat
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5269

Abstract

Pendidikan literasi merupakan hal yang perlu diperhatikan di dalam semua sektor pendidikan, karena dengan kemampuan literasi yang baik akan menumbuhkan sikap selektif dan hati-hati dalam menerima sebuah informasi. Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tertua di Indonesia yang menanamkan pendidikan literasi yang berpegang teguh pada kejelasan sanad keilmuan. Karakteristik pesantren tersebut membut penulis ingin meneliti dan membahas tentang pendidikan literasi yang ada pada salah satu pondok pesantren di kota Bengkulu yaitu pondok pesantren  Sentot Ali Basya Ja’al Haq. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian berupa studi kasus. Pendidikan literasi pada pondok pesantren  Sentot Ali Basya Ja’al Haq terlihat pada proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode yang fokus pada literasi yang kuat, metode tersebut berupa: Maknani (Tarjamah Harfiyah), Sorogan, Bandongan/Wetonan, dan Musyawarah (diskusi).
PENERAPAN SLiMS PADA LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI Mezan el-Khaeri Kesuma; Irva Yunita; Jaka Fitra; Nadya Amalia Sholiha; Herlini Oktaria
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5148

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan SLiMS pada layanan sirkulasi di perpustakaan Perguruan Tinggi telah berjalan secara optimal; (2) untuk mengetahui adakah masalah dalam penerapan SLiMS pada layanan sirkulasi di perpustakaan Perguruan Tinggi. Penelitian ini termasuk kedalam metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dengan penerapan SLiMS   sangat membantu sekali dalam layanan perpustakaan khususnya layanan sirkulasi. Software ini juga sangat membantu mahasiswa dalam pelayanannya sebagai pemustaka dan meringankan pekerjaan serta meningkatkan performa pustakawan.
Perpustakaan “Kerano Kuncoro” Peranmu Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Merdansah Merdansah
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5394

Abstract

Perpustakaan “Kerano Kuncoro” peranmu Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan “Kerano Kuncoro” dalam pemberdayaan masyarakat Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penulis melakukan wawancara mendalam terhadap tujuh orang informan yang dipilih berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan trianggulasi sebagai uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini yaitu peran perpustakaan “Kerano Kuncoro” dalam pemberdayaan masyarakat Desa Sri Kuncoro dalam meningkatkan kualitas hidupnya agar menjadi pribadi yang mandiri dan berpotensi. Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh perpustakaan “Kerano Kuncoro” dalam bidang pendidikan, lingkungan, dan ekonomi. Masyarakat menjadi lebih giat dan termotivasi dengan adanya program pemberdayaan tersebut.
Paradigma Baru Kompetensi Arsiparis Dalam Menghadapi Era Digital Trina Nur Faturohmah; Nina Mayesti
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5708

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membawa dunia pada perubahan dimana era ini ditandai dengan melimpahnya data dan informasi. Namun, kemajuan ini tidak serta merta memberi peluang yang mudah bagi arsiparis untuk berkembang. Pandangan profesi arsiparis saat ini masih kurang familiar di mata masyarakat Indonesia, oleh karenanya muncul tuntutan akan pengembangan kompetensi arsiparis atau kemampuan baru yang harus dimiliki untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode literature review atau tinjauan pustaka. Ada tiga poin penting yang dibahas dalam artikel ini yaitu memahami kompetensi arsiparis, transformasi kearsipan di era digital, dan mempersiapkan kompetensi arsiparis dalam menghadapi era digital.Kata kunci :  kompetensi, arsiparis, transformasi, era digital.
Kesiapan Perpustakaan Desa Kerano Kuncoro dalam Penerapan Sistem Otomasi Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) Lailatus Sa'diyah; Purwaka Purwaka
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.4844

Abstract

Perpustakaan desa sebagai pengelola informasi harus berkembang dengan kemajuan teknologi yang ada. Pada dasarnya tujuan dari otomasi perpustakaan adalah untuk mencapai kegiatan pengelolaan yang efektif dan efisien. Otomasi diharapkan dapat membantu pustakawan dalam menyelesaikan kegiatan administrasi menjadi lebih mudah dalam pengelolaan sehingga dapat memberikan layanan yang cepat dan tepat bagi pemakai perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan petugas perpustakaan desa Kerano Kuncoro. Metode pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dampak Kemiskinan Informasi Masyarakat Dalam Transaksi Berbelanja Online Adista Nurfitria; Laksmi Laksmi
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak kemiskinan informasi dalam transaksi berbelanja online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kajian budaya. Literatur yang terjaring dalam artikel ini sebanyak 14 artikel berita yang didapat dari portal berita online yang terbit pada tahun 2021, dan 15 literatur ilmiah dengan periode tahun terbit dari 2007-2020. Adapun hasil dari penelitian ini adanya gap tentang pengertian dari pembelian menggunakan metode pembayaran COD terjadi karena faktor minimnya pengetahuan konsumen akan transaksi berbelanja online. Selain itu kurangnya edukasi yang dilakukan oleh pihak e-commerce kepada konsumen tentang transaksi berbelanja online yang tersedia secara terperinci dan peraturan pemerintah yang belum sempurna dalam melindungi konsumen saat melakukan proses transaksi berbelanja online melalui e-commerce. Kesimpulan menunjukan, kemiskanan informasi terjadi karena adanya kesalahpahaman dari konsumen tentang pengertian metode pembayaran COD yang benar dan ideal. Saran yang dapat diberikan adalah dengan membuat konten edukasi tentang produk dan layanan yang diberikan serta menyempurnakan peraturan tentang transaksi berbelanja online.
Preservasidan Konservasi Upaya Pustakawan Mempertahankan Koleksi Bahan Pustakadi UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu Isran Elnadi
Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/mkt.v6i2.5265

Abstract

Perawatan dan pelestarian bahan pustaka dilakukan dengan tujuan, melestarikan kandungan informasi bahan pustaka. metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu studi literatur, dengan menitikberatkan pada segi mengupas, meringkas dan mengumpulkan suatu literatur, kemudian diberikan anaslisinya. Adapun hasil dari Peresrvasi dan konservasi koleksi bahan pustaka ini menujukan, Pada dasarnya perawatan dan pelestarian itu bisa dilakukan dengan alih bentuk, dengan menggunakan media lain, atau melestarikan bentuk aslinya selengkap mungkin. Perawatan dan pelestarian bahan pustaka, meliputi kegiatan : a) reproduksi bahan pustaka, b) penjilidan dan laminasi, c) alih bentuk media dan pencegahan. Adapun faktor penyebab kerusakan bahan pustaka yaitu, faktor fisik atau mekanis, faktor kimiawi atau iklim. Kegiatan dan pelestarian bahan pustaka diperlukan sumber daya manusia yang handal. Kendala dalam pelestarian bahan pustaka yaitu, kurangnya tenaga pelestarian, belum adanya lembaga yang menanganinya secara khusus dan kurangnya dana.

Page 1 of 1 | Total Record : 8